Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Laravel Fitur Terbaru dan Terlengkap Laravel 2020

Fitur Terbaru dan Terlengkap Laravel 2020

-

Nama Laravel tentunya sudah tidak asing lagi di telinga pada programmer, khususnya yang mempunyai spesialisasi di ranah bahasa pemrograman PHP. Nama Laravel pun semakin kencang diperbincangkan belakangan ini sejak kemunculan fitur-fitur terupdate Laravel terbaru 2020 yang semakin menyempurnakan kinerja framework PHP ini.

Ingin tahu lebih lanjut apa itu Laravel serta fitur Laravel 2020 terbaru? Anda beruntung sebab kami sudah merangkum semua penjelasannya pada artikel berikut ini. Tanpa basa-basi lagi, mari langsung mulai membaca ke bagian selanjutnya. Happy reading!

Mengenal Laravel, Si Framework PHP Terbaik

laravel1

Teknologi adalah ilmu yang sangat dinamis. Perkembangan teknologi yang semakin kencang dari hari ke hari, faktanya melahirkan jutaan inovasi pada produk-produk teknologi yang sudah kita miliki saat ini. Salah satu dari inovasi tersebut adalah fitur-fitur Laravel 2020.

Nama Laravel mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berprofesi sebagai programmer website. Terlebih jika Anda adalah programmer yang mempunyai spesialisasi skill khusus atau mendalami bahasa pemrograman PHP. Laravel adalah sebuah framework PHP yang banyak digunakan dalam proses pembuatan website.

Sampai hari ini, banyak developer menggunakan bahasa PHP untuk proses perakitan website karena bahasa ini dinilai dinamis dalam mengolah aneka form data dalam website. Alhasil tidak mengherankan jika bahasa PHP bertahan dan terus eksis di kalangan programmer dari tahun 1995 sampai saat ini.

Artikel Terkait  10 Langkah Dasar Algoritma Pemrograman yang Penting Untuk Diketahui Pemula

Sebenarnya ada banyak sekali jenis framework website developing berbasis PHP yang bisa digunakan selain Laravel. Beberapa nama framework website selain Laravel tersebut ialah seperti Yii, Seagull, CakePHP, Bootstrap, Codeigniter, dan Symfony. Namun di antara semua jenis framework itu, Laravel terbaru 2020 adalah framework web berbasis PHP terbaik, paling dinamis dan juga paling fleksibel.

Dengan memakai Laravel terbaru 2020, Anda bisa mengerjakan aneka jenis proyek dengan stabil, baik itu proyek besar atau kecil sekalipun. Laravel terbaru 2020 juga akan sangat membantu para programmer pemula dalam proses belajar menggunakan software ini. Dibandingkan dengan framework lain, Laravel terkenal sebagai framework yang paling mudah dipelajari serta dipahami sebab proses kinerjanya mengikuti pola MVC (Model View Controller).

Sudah penasaran ingin tahu apa saja fitur-fitur Laravel 2020? Yuk keep scrolling untuk menemukan jawabannya di bagian selanjutnya!

11 Fitur Laravel 2020 Terbaru dan Kegunaannya

Di tahun 2020, Laravel tampaknya tidak ingin tertinggal dengan perkembangan teknologi di sekitarnya. Ya, kini kita sudah bisa merasakan beragam fitur Laravel 2020 alias Laravel terbaru untuk memaksimalkan kinerja pemrograman website berbasis PHP!

Laravel terbaru mempunyai fitur-fitur yang lebih berfokus di bagian end-user. Dengan kata lain, fitur-fitur Laravel 2020 yang super canggih dapat lebih mempermudah Anda saat menulis script pemrograman website dan menjalankannya.

Ingin tahu lebih lengkap tentang fitur-fitur Laravel 2020? Berikut ini kami sudah merangkum 11 fitur Laravel 2020 terbaru beserta kegunaan dan manfaatnya:

Command Line Tools

Fitur Laravel terbaru pertama adalah Command Line Tools bernama Artisan yang diketikkan ke CMD. Artisan mempunyai sejumlah fungsi canggih dan bermanfaat untuk Anda, seperti: mengubah status aplikasi menjadi up dan down, database migration, melihat log server secara realtime, database seeding untuk proses input data awal ke database, dan serve application.

Blade Component

Fitur Laravel terbaru yang satu ini digadang-gadang mirip dengan fitur Component milik Vue.js baik dari segi cara penggunaan hingga fungsinya. Beberapa fungsi dari Blade Component di Laravel adalah melakukan component classes, tag-based rendering, inline view component, dan attribute management.

Artikel Terkait  Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis MVC Pada Framework

Templating Engine

Berikutnya adalah fitur Templating Engine yang bermanfaat untuk mempermudah sistem coding di Laravel Terbaru. Templating Engine ini dikenal dengan nama “Blade”, dan sangat berguna untuk memparse sintaks (syntax) template ke HTML. Untuk menggunakan tools ini, Anda cukup mengubah nama file di Laravel menjadi “Blade”.

RESTful Routing

laravel2

RESTful Routing adalah fitur yang membantu Anda mempermudah mengelola request di Laravel terbaru. Beberapa contoh request yang sering digunakan dalam proses coding di Laravel terbaru seperti “Store”, “Post”, “Put”, “Get”, “Patch”, dan “Delete”. Kelebihan dari fitur Laravel terbaru ini adalah Anda bisa memakai fitur di dalam website yang dibuat. Alhasil, cara ini akan semakin mempermudah Anda saat membuat web atau melakukan perbaikan jika terdapat error (kesalahan) dalam web.

Route Caching

Laravel terbaru memiliki perintah baru bernama Route Caching (kode: php artisan route:cache). Fitur Route Caching ini sangat bermanfaat menjadikan kinerja view cache di Laravel menjadi sangat kencang dan cepat. Selain itu, kapanpun Anda menjalankan perintah Route Caching ini, maka sistem Laravel terbaru akan segera membuatkan cache dari route dalam proyek yang sedang dijalankan.

HTTP Client

Laravel terbaru turut menghadirkan fitur HTTP Client yang memudahkan user untuk mengakses “Rest” dalam logic PHP. Fitur yang satu ini bekerja dengan memanfaatkan wrapper package Guzzle (Package Zttp) untuk mengakses Rest tersebut. Seperti yang Anda mungkin sudah ketahui, sistem PHP sangat terkenal dengan Guzzle, sebuah package yang memungkinkan Anda untuk mudah mengirimkan request ke “Rest API”. Jadi dengan fitur HTTP Client ini, Anda dapat semakin gampang mengirimkan request ke “Rest” dalam logic PHP.

Test Driven Development Ready

Tak hanya untuk proses membangun website saja, Laravel terbaru 2020 juga menyediakan fitur khusus untuk melakukan test atau uji coba kode yang telah dibuat. Fitur tersebut bernama Test Driven Development Ready. Laravel terbaru memakai PHPUnit untuk test framework-nya. Jadi di sini, Anda harus menulis kode uji coba atau testing sebelum akhirnya menulis kode yang akan dipakai sebenarnya. Jadi, kesalahan coding (error) dapat lebih mudah diminimalisir atau dicegah.

Eloquent ORM

Fitur Eloquent ORM (Object Relational Model) mempunyai banyak keunggulan dibandingkan ORM biasa lainnya. Kehadiran Eloquent ORM di Laravel terbaru dapat mempermudah Anda dalam proses coding website dengan menulis kode-kode yang mudah, simpel, singkat dan praktis. Say goodbye pada aktivitas menulis beragam coding yang panjang, rumit dan merepotkan!

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Reseller Toko Online Murah

Elegan Code

Fitur ini telah didesain dengan pattern façade. Menggunakan fitur Elegan Code ini pun mempermudah Anda dalam bekerja, sebab Anda tidak perlu memakai API dari library yang rumit seperti me-load class dan menginstanisasinya. Laravel terbaru sudah menjamin Anda untuk dapat mengakses library dengan lebih mudah.

Laravel Airlock

Sistem Laravel Airlock adalah package dengan sistem otentikasi khusus kepada simple token, Single Page Application (SPA), dan aplikasi mobile. Laravel Airlock memungkinkan akun-akun yang Anda pakai untuk men-generate API Token sebanyak-banyaknya serta mendefinisikan implementasi role ke sistem.

Composer Powered

Fitur terakhir dari Laravel terbaru dalam artikel ini adalah Composer Powered. Fitur ini bermanfaat dalam proses instalasi sebuah library. Composer adalah fitur dependency management PHP yang siap membantu Anda mencari dan menginstalasi library untuk dipakai dalam proses programming.

Anda cukup menjalankan perintah kemudian proses pencarian dan instalasi library yang tersimpan di host berlangsung otomatis oleh Laravel terbaru. Canggih, bukan? Jadi, Anda hanya cukup membuat file di Laravel bernama composer.json berisikan library-library yang diperlukan untuk membangun website.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang update terbaru fitur Laravel 2020. Semoga ulasan dari kami di atas dapat memperkaya wawasan Anda seputar framework Laravel terbaru, ya! Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini. Temukan juga lebih banyak artikel menarik dan kaya wawasan lainnya seputar dunia IT hanya dari website dan media sosial kami. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya