Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Waspadalah Para Pengguna M-Banking, Ada Banking Trojan yang Mengintai...

Waspadalah Para Pengguna M-Banking, Ada Banking Trojan yang Mengintai Anda

-

Memakai internet banking atau mobile banking merupakan solusi praktis kekinian dalam melakukan transaksi. Namun Anda harus hati-hati, karena banking Trojan sedang mengintai hendak menyerang akun m-banking Anda.

Dulu, hampir semua kegiatan berlangsung dengan cara yang amat merepotkan. Hendak melakukan transfer uang saja, kita harus bersusah payah mengantre berlama-lama di bank. Teknologi dan internet pun lantas hadir menyediakan jawaban terbaik untuk mengatasi permasalahan ini. Inovasi tersebut tertuang dalam bentuk internet banking atau mobile banking.

Berkat adanya kecanggihan mobile banking, masyarakat kini dapat melakukan aneka transaksi perbankan dalam genggaman tangan masing-masing. Namun di balik semua kepraktisan tersebut, rupanya ada marabahaya yang mengintai Anda diam-diam, menunggu waktu yang tepat untuk menyerang mencuri data-data serta uang di rekening online Anda.

Banking Trojan adalah nama dari bahaya tersebut. Nama Banking Trojan 2020 salah satu malware berbahaya yang belakangan ini mengincar banyak akun bank online masyarakat. Bahkan, persebaran Banking Trojan 2020 ini jauh lebih masif dan kencang dibandingkan pada tahun 2018. Di tahun 2018, terdapat studi yang menampilkan lebih dari 215 ribu komputer masyarakat terserang Banking Trojan dan menjadi korban perampokan online.

Dari tahun ke tahun, jumlah serangan Banking Trojan adalah kasus yang selalu bertambah dan memprihatinkan. Padahal, ada banyak cara simpel untuk menyelamatkan diri dari serangan Banking Trojan 2020. Sehingga, Anda bisa terus memakai aplikasi m-banking secara aman dan nyaman untuk melakukan transaksi online.

Mari cari tahu lebih lanjut perihal serangan Banking Trojan pada artikel edisi kali ini dari Appkey. Temukan juga cara aman menggunakan m-banking pada bagian akhir artikel. Selamat membaca!

Apa Itu Banking Trojan?

banking-trojan

Rekening bank selalu menduduki peringkat teratas dalam daftar sasaran empuk incaran para hacker. Kecanggihan teknologi memang ibarat pisau tajam bermata dua, di mana selain menguntungkan masyarakat, juga memicu aksi perampokan yang lebih canggih dan modern. Kehadiran Banking Trojan adalah salah satu buktinya.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar beberapa nama serangan hacker berbahaya seperti virus komputer, ransomware WannaCry, dan malware. Namun sudahkah Anda pernah mendengar nama Banking Trojan? Apa itu Banking Trojan?

Banking Trojan adalah malware populer yang bisa menyerang beragam perangkat hardware, seperti komputer PC, laptop, smartphone, dan tablet. Berbeda dengan malware lainnya, Banking Trojan adalah malware yang sengaja dirancang untuk mewujudkan 1 tujuan yaitu mencuri uang dari rekening korban secara langsung dan online. Oleh sebab itulah, nama lain dari Banking Trojan adalah Trojan Mobile Banking.

Artikel Terkait  Database Adalah ? | Cara Meningkatkan Keamanan Database

Banking Trojan adalah malware dengan tingkat serangan yang tinggi dan amat berbahaya, sebab ia dapat menyamar dalam betuk selayaknya aplikasi resmi seperti aplikasi pendukung OS, anti virus, aplikasi game, dan lain sebagainya. Kemampuan sebagai aplikasi resmi ini memanglah kemampuan khas malware tipe Trojen. Alhasil, Banking Trojan dapat dengan mudah mengecoh para calon korbannya.

Meskipun baru viral kembali di tahun 2020, Banking Trojan ini terdeteksi pertama kali di Indonesia pada tahun 2018 melalui file bernama: Trojan-Banker.AndroidOS. Saat itu, Trojan ini sukses menginfeksi dan mencuri data plus uang dari 218 korban.

Lebih jauh lagi, Banking Trojan ternyata terbagi ke dalam sejumlah tipe yang berbeda-beda. Jadi, tak hanya 1, ada 5 jenis malware banking yang harus Anda ketahui untuk bisa diwaspadai. Apa sajakah malware-malware tersebut?

Untuk lebih jelasnya, kelima jenis Banking Trojan adalah:

DanaBot

DanaBot Banking Trojan adalah malware berbahaya dengan resiko tertinggi yang harus Anda waspadai. Trojan ini awalnya hanya tersebar di wilayah Australia, namun sampai hari ini, DanaBot sudah tersebar ke berbagai wilayah lain di dunia seperti Eropa dan Amerika Utara.

DanaBot dapat mengumpulkan beragam informasi login dari para korban. Kemudian, DanaBot akan memakai informasi tersebut untuk login dan membajak browser korban, memodifikasi web dari bank, dan mendapatkan akses untuk merekam PIN atau kode personal korban yang disimpan dalam remote server hacker.

Lebih mengerikannya lagi, DanaBot bisa melakukan screenshot layar gadget korban serta menampilkan daftar file yang tersimpan di gadget korban. Data-data ini juga dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk berbuat kejahatan.

Gozi / Ursnif

Selanjutnya adalah Gozi yang juga dikenal dengan Ursnif. Malware banking Gozi adalah malware trojan banking tertua yang sudah beredar sejak 2007 silam. Namun sampai saat ini, Gozi masih beredar di masyarakat, menunggu untuk menyerang jika ada kesempatan. Malware Gozi berbeda dengan DanaBot, di mana Gozi hanya fokus menyerang bank dan lembaga keuangan besar.

Zeus (ZBOT)

Zeus (ZBOT) adalah banking trojan yang mencuri data keuangan pada OS Windows. Ia juga muncul sedari tahun 2007, sama seperti Gozi, dan beredar melalui email spam dan link drive mencurigakan. Zeus Bot sudah menyerang jutaan komputer berbasis Windows dan melakukan sejumlah kerusakan parah, seperti memodifikasi web, mencuri data, mengambil screenshots, dan mencuri info-info sensitif dan kredensial akun dari Windows Protected Storage.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Online Shop Murah di Indonesia

Emotet

Jenis trojan banking keempat adalah Emotet yang bisa menipu anti virus pada hardware Anda sehingga kehadirannya tidak akan terdeteksi. Persebaran Emotet pada hardware mirip seperti persebaran worm komputer, dan digunakan oleh hacker untuk melakukan pemerasan serta mencuri data-data penting keuangan korbannya.

Dyre

Terakhir adalah Dyre, yang juga terkenal dengan beragam nama seperti Dyranges, Dyreza, dan Dyzap. Banking trojan ini bekerja dengan sistem fake login dan disebarluaskan melalui metode email pishing serta link mencurigakan. Selain dengan fake login, ada juga versi serangan Dyre lain yang menyerang via modular architecture dan server-side web-injects.

Ini Cara Bagaimana Banking Trojan Bisa Sampai di Gadget Anda

hacker-bank

Meskipun terdiri dari 5 jenis, ada 1 gambaran umum besar yang menjadi alur “perjalanan” dari banking Trojan sehingga ia bisa sampai di gadget Anda. Anda wajib tahu bagaimana mekanisme persebaran dan serangan banking trojan ini, supaya bisa lebih mudah melindungi diri dan menjaga keselamatan data mobile banking saat berjejaring.

Banking trojan adalah malware yang disebar melalui trik email pishing atau broadcast link mencurigakan link media sosial. Pengirim yang menyamar sebagai website resmi atau pihak resmi sebuah brand akan memberikan deskripsi yang memikat sehingga Anda tertarik untuk mendownload “aplikasi” dari link trojan yang diberikan.

Banking trojan juga dapat menyamar sebagai aplikasi resmi dengan teramat persis, sehingga Anda tidak akan merasa terkecoh. Begitu trojan terinstal, ia akan mulai mencuri aneka informasi sensitif Anda secara diam-diam.

Ketika Anda memakai aplikasi, banking trojan akan menampilkan antar muka / UI miliknya sendiri dan “memblokir” UI mobile banking yang asli. Jadi, ketika Anda memasukkan kode akses atau PIN rahasia, maka trojan sudah dapat merekam informasi tersebut untuk meretas akun Anda dan membobol uang di rekening Anda.

Langkah Mudah Melindungi Diri Anda dari Banking Trojan

Anda tidak perlu khawatir apalagi sampai paranoid dan menutup rekening online Anda supaya terhindar dari Banking Trojan. Ada cara-cara simpel untuk bisa melakukan transaksi online dengan aman dan bebas dari ancaman Banking Trojan. Cara-cara tersebut adalah:

Artikel Terkait  Apa itu DHCP? Cara Kerja dan Fungsinya

  • Tidak sembarangan membuka email mencurigakan atau link yang tidak jelas, karena bisa memuat aneka malware.
  • Sering mengupdate aplikasi mbanking agar sistem keamanan aplikasi selalu terbarui.
  • Mendownload aplikasi mbanking dari platform resmi seperti Google Play Store dan Apple App Store.
  • Pastikan alamat web bank yang Anda akses benar dan resmi, jangan sampai web yang diakses memiliki perbedaan huruf atau domain, besar kemungkinan web tersebut palsu.
  • Jangan memakai koneksi publik seperti WiFi gratis untuk melakukan transaksi karena data Anda dapat lebih mudah dicuri.
  • Rajin mengganti kode PIN mbanking agar hacker lebih sulit menebak PIN Anda.
  • Rajin mengecek aksesibilitas aplikasi pada perangkat, segera uninstal aplikasi yang meminta akses untuk tempat-tempat yang bukan ruang lingkup fungsinya.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang Banking Trojan. Semoga artikel edisi kali ini mampu menambah kewaspadaan dan pengetahuan Anda seputar keamanan memakai internet banking, ya! Sampai jumpa lagi di artikel menarik serta kaya akan wawasan lainnya hanya dari Appkey. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya