Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Apa Itu Bounce Rate? Berikut Cara Meningkatkannya

Apa Itu Bounce Rate? Berikut Cara Meningkatkannya

-

Pada dasarnya yang ingin dikatakan oleh bounce rate adalah seberapa besar perhatian yang didapat situs Anda dari pengunjungnya. Ini membantu Anda memahami apakah pengunjung berinteraksi dengan situs Anda, atau pergi setelah beberapa detik.

Langkah pertama, dan paling penting untuk menarik perhatian bisnis Anda melalui bounce rate adalah membuat situs web profesional. Setelah Anda melakukannya, dan siap untuk menilai seberapa baik kinerja situs web Anda dan apakah pengunjung terkesan, Anda dapat beralih ke matriks menggunakan bounce rate.

Dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan gambaran umum dari bounce rate dan memberikan beberapa tips menghindari pengguna meninggalkan situs web Anda.

Apa Itu Bounce Rate?

Google mendefinisikan bounce rate adalah persentase dari semua sesi di situs Anda di mana pengguna hanya melihat satu halaman. Dengan kata lain, jika pengguna mengunjungi situs Anda, tetapi tidak mengklik tombol lain atau melihat halaman selain yang pertama kali mereka buka, itu dianggap bounce.

Semua pengguna tersebut dibagi dengan jumlah total kunjungan ke situs Anda, memberikan Anda bounce rate. Jadi, bounce rate yang tinggi menunjukkan bahwa lebih banyak pengunjung yang datang ke situs Anda dan kemudian meninggalkan situs Anda sebelum mengklik apa pun, dan bounce rate yang rendah berarti bahwa pengunjung yang membuka situs Anda cenderung mengklik sesuatu yang lain sebelum pergi.

Mengingat bounce rate adalah matriks yang menunjukkan berapa banyak pengguna yang belum berinteraksi dengan situs Anda, bounce rate ini adalah ukuran yang baik untuk menilai kualitas situs Anda. Pengguna mungkin berpaling karena alasan desain sederhana.

Jika situs terlihat tidak profesional dan sulit digunakan, pengunjung mungkin lebih memilih untuk mencari sumber lain. Itulah mengapa sangat penting untuk mempelajari cara mendesain web untuk mengoptimalkan hasil Anda.

Bounce rate juga dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang penargetan dan iklan Anda. Pengunjung mungkin meninggalkan situs Anda dengan cepat jika mereka mengira Anda akan memberikan sesuatu yang berbeda dari yang sebenarnya disediakan situs Anda. Ini dapat terjadi jika Anda salah menggambarkan produk Anda, menargetkan audiens yang tidak akurat atau mengoptimalkan situs Anda untuk keyword yang salah.

Cara Memeriksa Bounce Rate

 

bounce-rate-2

Banyak alat analitik dapat membantu Anda menilai bounce rate. Saat Anda membuat situs web dengan platform yang ada, Anda dapat memanfaatkan alat analitik yang telah disediakan untuk lebih memahami perilaku pengunjung.

Anda juga dapat menggunakan Google Analytics untuk memahami bounce rate. Di sisi kiri, Anda dapat membuka ‘Perilaku’, lalu ke subbagian ‘Ringkasan’ untuk melihat sekilas bounce rate situs web Anda. Jika Anda menginginkan data bounce rate untuk halaman yang lebih spesifik, Anda dapat menemukannya di bagian ‘Konten Situs’, juga di bawah ‘Perilaku’.

Mengapa Bounce Rate Penting?

Bounce rate adalah indikator penting dari kesuksesan umum situs web Anda. Jika pengunjung lebih memilih meninggalkan situs Anda, maka situs Anda kurang diperhatikan, dan situs web Anda menghasilkan lebih sedikit penjualan.

Karena bounce rate adalah data yang menunjukkan tingkat pengunjung yang tidak mengeklik tombol lain setelah membuka situs Anda, bounce rate juga menunjukkan kurangnya pengunjung yang mengakses layanan Anda dan menyelesaikan transaksi.

Misalnya Anda menjual kaos secara online. Jika pengguna tiba di situs Anda, tetapi kemudian tidak mengklik kaos atau tombol beli dan malah kembali ke penelusurannya, kemungkinan itu adalah tanda bahwa Anda tidak melakukan penjualan.

Konsekuensi dari lebih sedikit pengunjung dan penjualan bisa sangat besar untuk bisnis kecil. Oleh karena itu, penting untuk mencatat bounce rate sehubungan dengan conversion rate, untuk melihat apakah kinerja situs Anda meningkat dengan cepat. Jika keduanya rendah, penting untuk mengevaluasi apa yang mungkin menyebabkan penurunan ini dan mengambil tindakan untuk membuat situs Anda lebih mudah dinavigasi, ramah pengguna, dan memuat cepat.

Aspek penting lainnya dari bounce rate adalah menyadari dampak SEO – nya. Bounce rate yang tinggi dapat menunjukkan kepada Google bahwa situs Anda tidak sesuai untuk pencari. Pada gilirannya, mesin telusur dapat menurunkan peringkat situs Anda, menyebabkan lebih sedikit lalu lintas untuk mencapai situs Anda. Lalu lintas yang lebih sedikit tentu saja juga dapat berdampak drastis pada bisnis kecil.

Artikel Terkait  Pedoman Mudah Membuat Hyperlink dengan HTML | Seri Belajar Ngoding

Lalu Apa Yang Dimaksud Dengan Bounce Rate Yang Baik?

 

bounce-rate-1

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apakah bounce rate Anda berada dalam kisaran yang tepat. Sayangnya, tidak ada satu jawaban yang jelas. Bergantung pada industri Anda dan jenis situs yang Anda miliki, Anda harus mengharapkan bounce rate yang berbeda. Misalnya, halaman yang menjual produk atau layanan , tidak boleh memiliki bounce rate yang sama dengan blog. Karena sasaran dari kedua situs berbeda, ekspektasi jumlah orang yang mengeklik ke titik lain di situs Anda juga harus berbeda.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan pada bounce rate adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses situs Anda. Bergantung pada layanan Anda, ada kemungkinan bahwa pengguna yang membuka situs Anda dari telepon seluler mungkin tidak mengeklik. Sebaliknya, mereka mungkin menunggu untuk menjelajahi situs Anda dari desktop. Oleh karena itu, Anda dapat melihat perbedaan besar dalam bounce rate antara ponsel dan komputer.

Menurut data dari Custom Media Labs, rata-rata pengguna desktop bounce ratenya adalah 42% dari waktu di seluruh industri dan jenis situs web. Mereka juga menemukan bahwa rasio pantulan rata-rata untuk perangkat seluler di seluruh industri sekitar 16% lebih tinggi.

Data ini menunjukkan bahwa ada banyak pengguna yang terpantul dan Anda dapat memiliki situs web yang sangat sehat yang melihat hampir setengah dari pengunjungnya keluar. Namun, selalu penting untuk berusaha meningkatkan bounce rate karena hal ini dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Cara Meningkatkan Bounce Rate

Faktor lain untuk benar-benar memahami bounce rate adalah menunjukkan dengan tepat apa yang menyebabkannya berubah dan dengan demikian bagaimana Anda dapat memperbaikinya. Seperti yang disebutkan, pantulan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Hal termudah untuk diperiksa adalah kecepatan memuat halaman. Anda dapat menggunakan alat seperti Page Speed insights dari Google untuk memeriksa waktu pemuatan situs web Anda.

Situs web yang membutuhkan waktu beberapa saat untuk dimuat, dapat menyebabkan pengguna berpaling tanpa melihat situs Anda. Anda dapat mengurangi waktu pemuatan situs Anda dengan memastikan bahwa Anda tidak membebani dengan foto atau video secara berlebihan, dan bahwa Anda membatasi jumlah font. Perubahan sederhana dapat berdampak besar pada berapa banyak pengunjung yang sebenarnya membuka situs web Anda.

Anda juga harus memeriksa kemampuan navigasi situs Anda dan desain User Experience. Navigasi situs web dan UX membantu pengunjung situs memahami cara menggunakan situs Anda dan menjangkau halaman yang diinginkan.

Desain yang buruk berarti bahwa pengunjung tidak dapat menemukan tombol yang mereka cari, atau sebaliknya, mengklik tombol akan menghasilkan hasil yang tidak diharapkan dan tidak diinginkan.

Kesalahan desain seperti itu dapat diperbaiki dengan mengubah teks atau visibilitas tombol di situs Anda. Memperhatikan detail kecil seperti warna tombol situs Anda dapat memengaruhi pengalaman pengguna di situs Anda.

Faktor penting lainnya dalam meningkatkan bounce rate adalah memastikan bahwa Anda menyampaikan produk Anda secara akurat di semua platform periklanan. Mudah untuk membayangkan skenario di mana Anda menjual produk yang menyediakan uji coba gratis.

Oleh karena itu, mungkin Anda merasa pantas untuk mengiklankan produk Anda secara gratis, karena ini membantu mendatangkan lebih banyak pengguna dan pada akhirnya dapat menghasilkan lebih banyak konversi daripada yang mungkin Anda dapatkan.

Namun, mungkin saja setelah pengguna menjangkau produk Anda dan memahami biaya sebenarnya yang menyertainya, mereka akan berpaling. Kurangnya kesesuaian antara iklan dan aktualitas dapat menyebabkan bounce rate yang tinggi. Untuk menurunkan bounce rate tersebut, penting untuk mengetahui dengan jelas apa sebenarnya produk yang Anda tawarkan dan berapa biayanya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya