Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Jaga Keamanan Data Selama Pandemi | Tips Aman Berjejaring

Jaga Keamanan Data Selama Pandemi | Tips Aman Berjejaring

-

Keamanan siber adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai masyarakat yang tumbuh dan berkembang bersama internet. Terlebih di era pandemi Covid-19 saat ini, ketika hampir semua aktivitas kita seperti sekolah, berbisnis dan bekerja dilakukan dari rumah menggunakan aneka aplikasi dan koneksi internet. Proses penginputan dan penyimpanan data secara online yang semakin intens selama pandemi ternyata turut membuka resiko 2x lipat lebih tinggi terhadap serangan hacker.

Faktanya, para hacker akan selalu membayang-bayangi masyarakat awam pengguna teknologi. Mereka mengintai di balik kegelapan, menunggu waktu yang tepat untuk menyerang. Kebocoran data dan serangan hacker tidak hanya menyasar masyarakat umum, tetapi juga institusi vital seperti rumah sakit dan perusahaan.

Di tahun 2017, 2 rumah sakit menjadi korban serangan Ransomware WannaCry dan mengakibatkan kebocoran database pasien. Sedangkan di tahun 2020, terjadi salah satu kasus security flaw pada salah satu aplikasi video conference yang ramai digunakan masyarakat untuk melakukan aktivitas sekolah dan meeting kantor. Aplikasi tersebut sangat populer dan praktis digunakan, hanya saja ia baru diketahui tidak melakukan enkripsi data penuh. Alhasil, potensi kebocoran data pengguna aplikasi tersebut sangat besar dan ‘mengerikan’. Belum lagi kejadian kebocoran data yang menimpa e-commerce terbesar di Indonesia yakni Tokopedia pada tahun 2020, mengakibatkan kebocoran 91 juta data konsumen oleh oknum hacker.

Kejadian-kejadian di atas membuktikan bahwa keamanan siber adalah PR untuk kita semua. Keamanan siber adalah hal yang masih cukup sering dikesampingkan oleh masyarakat karena beragam alasan, seperti tidak tahu-menahu perihal ancaman siber hingga terlena dengan aneka keseruan memakai internet dan aplikasi. Masih banyak masyarakat menganggap bahwa semua aplikasi dan data diri mereka sudah aman, sehingga mereka tidak memikirkan betapa pentingnya menjaga keamanan data saat pandemi.

Padahal, menjaga keamanan siber adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Seperti apa? Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara menjaga keamanan data saat pandemi, Anda tidak perlu cemas. Mari kita langsung simak artikel berikut ini tentang tips menjaga keamanan data saat pandemi. Selamat membaca!

10 Tips Simpel Menjaga Keamanan Data saat Pandemi

keamanan-data

Bekerja dan bersekolah dari rumah selama masa pandemi Covid-19 memang praktis. Anda tidak perlu repot pergi ke kantor atau sekolah cukup duduk manis di rumah, terhubung ke internet, lalu bekerja atau belajar memakai aplikasi meeting atau aplikasi bekerja jarak jauh. Semua pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Namun di balik semua kenyamanan itu, ada resiko keamanan siber yang sedang mengintai data-data diri Anda dan perusahaan.

Saat Anda menggunakan beragam jenis aplikasi untuk melancarkan pekerjaan, saat itu pula para hacker sedang menyusun strategi untuk menyerang aneka platform aplikasi dan website yang Anda gunakan untuk melakukan input data diri ataupun pekerjaan. Ingat, data-data tersebut adalah hal yang selalu menjadi incaran dari para hacker. Sekali mereka mempunyai data Anda, maka mereka bisa menyalahgunakannya untuk beragam hal seperti menjual data tersebut atau memakainya untuk mengajukan aneka pinjaman bodong.

Artikel Terkait  Web Lambat Karena Gambar? Cara Terpraktis Mengatasi “Serve Scaled Images” di Web

Oleh sebab itu, keamanan siber adalah hal yang patut kita sadari dan perhatikan lebih mendalam di era pandemi saat ini. Tujuan menegakkan keamanan siber adalah tak lain untuk melancarkan aktivitas berinternet dengan aman dan nyaman. Sehingga, meskipun kita setiap hari menggunakan beragam aplikasi dan terkoneksi ke internet, namun data-data diri kita dapat tetap aman.

Mewujudkan keamanan siber adalah hal yang cukup mudah. Di bawah ini, kami telah merangkum tips-tips menjaga keamanan siber saat era pandemi. Yuk lanjutkan scrolling!

Memakai Aplikasi Resmi

Tips pertama keamanan siber adalah memakai aplikasi resmi yang didownload dari Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi-aplikasi resmi selalu lebih aman digunakan ketimbang aplikasi yang didownload bebas menggunakan link yang tersebar di internet. Sebab, aplikasi resmi yang terdaftar di toko aplikasi sudah dipastikan bebas dari aneka muatan virus dan malware berbahaya.

Memakai Banyak Password Kuat

Hindari menggunakan 1 password yang sama untuk berbagai akun. Cara ini sering digunakan oleh masyarakat belakangan ini lantaran merasa malas membuat dan menghapalkan banyak password. Padahal, trik ini sangat keliru dan rentan dibobol oleh hacker. Begitu hacker sukses menjebol 1 akun Anda, maka besar kemungkinan dia akan bisa juga menjebol akun-akun Anda yang lain.

Jadi, kami sarankan untuk Anda menggunakan aneka password yang berbeda untuk setiap akun yang dipunya. Selain itu, usahakan untuk membuat kombinasi password yang rumit seperti terdiri gabungan angka, huruf kapital dan kecil, serta simbol. Hindari memakai kombinasi mudah ditebak seperti tanggal ulang tahun, plus, rajin-rajinlah mengganti password secara berkala.

Melakukan Streaming dari Platform Terpercaya

Jika Anda ingin melakukan streaming film di rumah saat libur weekend tiba, maka kami sarankan untuk memakai aplikasi streaming platform terpercaya. Saat ini sudah ada banyak aplikasi streaming resmi dan populer seperti Netflix, Iflix, HBO, Disney+ Hotstar, dan seterusnya. Bila perlu, baca ulang deskripsi aplikasi yang Anda unduh untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut resmi.

Kalau Anda melakukan streaming di website, pastikan bahwa format URL web tersebut sudah benar dan tidak ada perbedaan ejaan di dalamnya. Sebab, para hacker bisa saja membuat aplikasi atau situs web streaming tiruan yang sama persis untuk mengecoh Anda.

Kalau Anda mendownload file atau ekstensi untuk menonton film, pastikan format file video adalah .mpv, .avi, atau .mp4. Jangan sekali-kali membuka file berformat .exe karena biasanya file tersebut adalah virus atau malware.

Rajin Mengupdate OS (Operation System)

Anda masih suka malas mengupdate OS (Operation System) dari hardware? Tinggalkan kebiasaan tersebut sekarang, karena malas mengupdate OS sama dengan membuka kesempatan Anda menjadi korban serangan hacker.

Setiap operation system umumnya sudah memiliki mekanisme pertahanannya sendiri sehingga sulit dibobol oleh hacker. Setiap update OS yang Anda pasang akan memperbaharui algoritma sistem sehingga hacker akan kesulitan untuk menemukan ‘jalan masuk’ ke sistem OS pada perangkat Anda.

Artikel Terkait  Rekomendasi Tools Online Terbaik Untuk Mengecek Website Anda Down atau Tidak

Sesedikit Mungkin Memakai WiFi Umum Gratis

menjaga-keamanan-data

Memakai WiFi umum gratis memang menyenangkan, karena Anda bisa mengakses banyak hal dengan lancar tanpa perlu pusing kehabisan banyak beban kuota yang habis terpotong. Namun Anda harus berhati-hati karena jaringan WiFi umum bisa membaca dan menyimpan data-data Anda, seperti riwayat akses dan password.

Jangan melakukan aktivitas penting seperti berbelanja atau melakukan pekerjaan memakai koneksi WiFi publik. Sebab, kita tidak pernah tahu andaikan seluruh PIN ke akun rekening mobile serta akun ke data perusahaan Anda dengan diamati dan meninggalkan jejak yang bisa di-copy dari saluran WiFi umum oleh hacker.

Segera Hapus Link Mencurigakan

Hati-hati dengan aneka link mencurigakan yang Anda dapat dari grup chat, room chat teleconference, atau e-mail. Trik mengirimkan link mencurigakan ini sering kali disebut sebagai ‘pishing’. Pishing biasanya dilakukan lewat e-mail (e-mail pishing), namun seiring dengan kemudahan menggunakan media sosial, bukan tidak mungkin bahwa trik pishing dilakukan lewat platform lain.

Hacker biasanya akan mengrimkan pesan mencurigakan berisi aneka promosi atau informasi yang akan menarik perhatian Anda. Di dalam pesan tersebut umumnya terdapat aneka link berbahaya / mencurigakan, serta deskripsi yang mengarahkan Anda untuk membuka link. Kalau Anda sampai membuka link tersebut, maka Anda sudah membuka akses masuk bagi malware ke perangkat. Selain itu, hacker juga dapat masuk ke perangkat Anda dan mencuri data-data pribadi.

Membatasi Member Grup Chat

Jika Anda memiliki grup chat, pastikan bahwa orang-orang yang terlibat di dalamnya adalah orang-orang yang Anda kenal atau berkepentingan dengan urusan di dalam chat tersebut. Jangan bergabung ke grup chat asing, karena bisa saja salah satu dari mereka memiliki niat buruk ingin mencuri data, meretas akun atau menyebarkan spam.

Lakukan Back Up Data

Jangan lupa juga untuk melakukan back up data. Copy dan cadangkan data-data penting Anda ke pos-pos penyimpanan yang aman secara berkala, sehingga andai kata terjadi serangan pada salah satu server atau komputer sehingga data tidak bisa diakses, maka Anda masih mempunyai cadangan data.

Mengaplikasikan Enkripsi dan 2FA

Terapkan juga sistem keamanan enkripsi dan 2FA (2 Step Verification) untuk melindungi data-data chat dan email Anda. Saat ini sudah ada banyak aplikasi komunikasi yang memiliki fitur enkripsi dan 2FA, seperti GMail, Telegram, WhatsApp, dan Slack. Percakapan yang dilindungi dengan sistem enkripsi dan 2FA akan menjadi rahasia dan tidak bisa diakses oleh pihak ketiga (hackers) mana saja.
Memakai VPN dan Anti Virus

Tips keamanan siber terakhir adalah memakai VPN dan anti virus. VPN dapat Anda gunakan saat melakukan koneksi untuk terhubung dengan rekan kerja di saluran teleconference, sehingga alamat IP dan data Anda sulit untuk dibaca sembarangan oleh hacker. Sedangkan memasang anti virus dan anti malware adalah hal yang wajib untuk semua perangkat PC, laptop, smartphone karena anti virus dan anti malware adalah ‘tameng pertama’ yang berfungsi mendeteksi beragam serangan virus dan malware pada perangkat Anda.

Artikel Terkait  Pernah Mengalami Error 404 Not Found? Berikut Cara Mudah Mengatasinya!

Demikianlah pembahasan kali ini tentang tips menjaga keamanan siber dan keamanan data selama masa pandemi Covid-19. Selalu tingkatkan kewaspadaan saat berjejaring agar kita semua bisa melaksanakan beragam pekerjaan dan aktivitas secara online dengan aman dan nyaman. Lebih baik untuk kita waspada dan mencegah berbagai kemungkinan serangan hacker sedari dini, ketimbang menangis menjadi korban di kemudian hari.

Terima kasih sudah membaca artikel edisi kali ini sampai di sini. Temukan juga lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia IT hanya dari Appkey.id, ya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya