Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Waspada BlackRock Malware, Bisa Menyerang Instagram, TikTok, hingga WhatsApp!

Waspada BlackRock Malware, Bisa Menyerang Instagram, TikTok, hingga WhatsApp!

-

Saat ini, banyak orang memakai aneka aplikasi untuk memudahkan beragam aktivitas sehari-hari. Sayangnya, masih sedikit dari kita yang menyadari bahwa ada malware android berbahaya yang bisa mencuri data diri kita selaku pengguna.

Ya, serangan malware tidak hanya mengincar perangkat besar seperti komputer dan laptop atau jaringan situs website saja. Malware pun dikembangkan oleh para hacker untuk bisa menyerang aplikasi android. Sekarang ini, ada banyak jenis malware android – BlackRock malware adalah salah satunya.

Nama BlackRock malware adalah topik perbincangan hangat belakangan ini sebab diklaim dapat melakukan peretasan pada sejumlah aplikasi terkenal dengan jutaan pengguna seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, Netflix dan seterusnya. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa itu BlackRock malware dan bagaimana cara menghilangkan malware android!

Anda tidak perlu cemas, karena artikel edisi kali ini punya semua jawabannya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini seputar BlackRock malware. Selamat membaca!

Apa Itu BlackRock Malware?

apa-itu-malware

Tidak banyak orang sudah pernah mendengar BlackRock malware. Mungkin, Anda juga baru pertama kali mendengar apa itu BlackRock malware. Nama malware yang satu ini mencuat menjadi topik perbincangan banyak orang setelah Threat Fabric perusahaan keamanan siber ternama dunia mengumumkan adanya potensi serangan malware android mematikan dan amat berbahaya bernama BlackRock malware.

Artikel Terkait  Waspadalah Para Pengguna M-Banking, Ada Banking Trojan yang Mengintai Anda

Apa Itu Blackrock Malware? Apa Ancaman Bahaya yang Ia Bawa untuk Anda?

BlackRock malware adalah salah satu jenis serangan malware android yang dengan sengaja menargetkan aplikasi android populer. Sekiranya ada 337 aplikasi android ternama yang menjadi sasaran dari BlackRock malware. Beberapa nama aplikasi yang diklaim menjadi incaran dari BlackRock malware android adalah Instagram, TikTok, Netflix, WhatsApp, Gmail, Facebook, Snapchat, Youtube, Google Play Store, Tinder, Pinterest, Telegram, PayPal, Yahoo Mail, Tumblr, Reddit, Amazon, eBay, hingga Skype dan Twitter.

BlackRock malware adalah software jahat yang dibuat dari kode malware banking  (perbankan) bernama Xerxes. Xerxes sendiri masih turunan dari LokiBot Android, sebuah Trojan perbankan yang sempat beredari di tahun 2016 – 2017  silam. Meski  berasal dari trojan, kini BlackRock malware sudah “diupdate” sehingga bisa melakukan peretasan yang lebih canggih.

BlackRock malware memang dengan sengaja mengincar aplikasi yang banyak digunakan dan lantas mencuri data-data dari penggunanya. Semakin banyak data pengguna yang didapatkan oleh hacker, maka ia akan semakin untung. Data-data tersebut bisa saja dijual olehnya atau disalahgunakan untuk memperoleh lebih banyak keuntungan.

Namun jangan salah sangka. Aplikasi-aplikasi android di atas sesungguhnya tidak berbahaya karena dikembangkan oleh developer resmi. Bahaya datang dari malware android BlackRock yang berusaha  menyusup saat Anda melakukan update aplikasi dari sumber pihak ketiga seperti link website di luar Google Play Store.

Bagaimana Cara Kerja BlackRock Malware?

cara-kerja-malware

Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara kerja BlackRock malware? Pada dasarnya, malware android bekerja menyerang sistem keamanan OS (operating system) pada gadget-gadget android. Selepas bisa menembus mekanisme pertahanan gadget, malware akan mencuri banyak data Anda yang tersimpan di dalamnya, seperti daftar kontak, username, password, informasi-informasi pribadi, dan lain sebagainya.

BlackRock malware disinyalir mampu melakukan spam, menghilangkan notifikasi, mencuri data-data sensitif berupa password, PIN, dan keterangan rekening mobile banking atau kartu kredit lain yang terhubung ke akun-akun media sosial dan e-commerce. Cara kerja BlackRock malware cukup sederhana. Mula-mula, ia akan menyamar sebagai notifikasi bentuk update terbaru yang tampak  begitu persis dengan notifikasi resmi dari Google. Notifikasi tersebut akan mengingatkan Anda bahwa perlu melakukan pembaharuan aplikasi saat itu juga.

Trik menyamar sebagai notifikasi update ini cenderung berhasil memikat korban karena user tidak merasa curiga sama sekali. Korban akan menyangka ini adalah instruksi update resmi, sehingga merek pun melakukan update. Begitu BlackRock terpasang, malware sengaja  menyembunyikan ikonnya dari fitur app drawer, sehingga Anda tidak akan menyadari sebuah keanehan apapun.

Selanjutnya, malware BlackRock akan mengarahkan Anda menuju layanan aksesibilitas untuk memberikan akses kepada aplikasi dalam melakukan konfigurasi pada smartphone. Sebab masih mengira ini adalah bagian dari proses update, maka Anda pun tergerak untuk memberikan layanan aksesibilitas kepada malware. Yang tidak Anda duga adalah selanjutnya, malware akan memberikan sebuah izin tambahan sendiri di perangkat Anda. Izin tambahan ini adalah kemampuan aksesibilitas supaya bot bisa bekerja sesuka hati tanpa harus meminta persetujuan Anda.

Artikel Terkait  Pernah Mengalami Error 404 Not Found? Berikut Cara Mudah Mengatasinya!

Dari sini, semua bentuk pencegahan malware sudah dapat dikatakan terlambat untuk diaplikasikan. Segera setelah Anda memberikan akses layanan kepada malware, BlackRock sudah tersebar dengan cepat dan mulai mengumpulkan data-data sensitif seperti pesan teks, informasi kontak, keterangan rekening dan PIN / password aneka akun media sosial.

BlackRock malware juga melakukan serangan overlay, di mana ia menempatkan dirinya di jendela atas user interface (UI) aplikasi. Kemudian, Anda akan menggunakan malware sebagaimana saat memakai aplikasi biasa karena bentuk mereka yang memang mirip. Alhasil, BlackRock mulai dapat merekam semua bentuk ketikan, input data, dan juga data output yang Anda lakukan dengan smartphone.

BlackRock malware dapat menyebar cepat ke seluruh sistem android Anda tanpa meninggalkan jejak sama sekali. Dalam prosesnya pun, malware yang satu ini dapat mencegah kerja anti virus berkat sifat Trojan yang ia miliki di dalamnya. Malware yang satu ini benar-benar mengerikan, ya?
Cara Menghilangkan Malware Android Termudah | Wajib Simak!

Pertanyaan terakhir, bagaimana cara menghilangkan malware android? Banyak orang mengira bahwa cara menghilangkan malware android adalah hal yang rumit. Namun tetaplah tenang, karena ada cara-cara ampuh untuk mencegah perangkat kita terinjeksi dengan malware berbahaya serta menghapus malware tersebut dari perangkat.

Smartphone android memang sangat rentan terkena malware karena android pada dasarnya adalah aplikasi yang bersifat open source. Meskipun pihak Google tidak tinggal diam dengan turun membantu peningkatan keamanan dan pencegahan malware, tetap tidak ada salahnya bagi Anda selaku end user turut melindungi diri sendiri, bukan?

Ada banyak cara untuk menyelamatkan diri kita dari serangan BlackRock malware. Cara-cara tersebut antara lain:

Rajin Mengecek Izin Aksesibilitas

Perhatikan baik-baik aplikasi apa saja yang Anda berikan izin aksesibilitas pada perangkat Anda. Apakah semua aplikasi tersebut sudah 100% aman dan legal? Jika ada aplikasi yang menurut Anda sudah dibutuhkan lagi, lebih baik uninstal saja sekarang. Selain memberikan ruang kosong tambahan pada smartphone, aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat Anda kini hanyalah aplikasi yang penting dan sudah Anda tahu betul kelegalitasannya.

Jangan Mendownload Aplikasi Secara Bebas

Gunakanlah platform resmi Google Play Store sebagai satu-satunya tempat mendownload beragam aplikasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BlackRock malware dapat masuk ke smartphone apabila Anda melakukan pengunduhan aplikasi via link bebas di internet atau toko online aplikasi pihak ketiga. Sekali lagi, jangan lakukan hal ini. Terlebih jika file download aplikasi yang Anda dapat dari pihak ketika berakhiran .exe. Lebih baik segera hapus file tersebut karena file berakhiran .exe biasanya memuat virus.

Demikian pula dengan melakukan update aplikasi. Untuk keamanan dan kenyamanan bersama,  lebih baik lakukan update aplikasi langsung dari Google Play Store.

Mengecek Arus Keluar M-Banking

Untuk Anda yang memakai mobile banking (m-banking), ada baiknya untuk mengecek arus transaksi m-banking Anda secara berkala. Hal ini penting guna mengetahui adakah transaksi tidak sah yang berlangsung diam-diam dari akun rekening Anda. Jika ada, maka Anda bisa segera melakukan tindakan cepat seperti menghubungi pihak bank untuk menutup akun.

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Masih ada tips lainnya untuk mencegah terjadinya serangan malware BlackRock seperti memakai password kuat, sering-sering logout dari aplikasi saat sedang tidak digunakan, mengupdate OS Android versi terbaru, hingga mewaspadai email-email pishing dan link-link mencurigakan. Dengan adanya simulasi pencegahan dan kewaspadaan dini, Anda sudah melangkah jauh dari ancaman menjadi korban android malware BlackRock serta malware-malware jenis lainnya.

Demikianlah bahasan artikel edisi kali ini tentang malware android BlackRock beserta cara menghilangkan malware android BlackRock. Semoga pembahasan kali ini mampu menambah wawasan sekaligus tingkat kewaspadaan Anda saat memakai aplikasi, ya! Stay safe, dan jangan lupa untuk mengecek beragam artikel menarik lainnya seputar dunia IT hanya dari Appkey.id, ya. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya