Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Pastikan Web Aman dengan Rekomendasi Online Responsive Checker Ini

Pastikan Web Aman dengan Rekomendasi Online Responsive Checker Ini

-

2021 adalah awal yang baik untuk mengecek ulang dan memaksimalkan performa website Anda. Pengecekan dan pemaksimalan website ini penting supaya web Anda tidak mengalami banyak kendala ketika dirilis dan digunakan oleh user. Caranya?

Salah satu jenis pengecekan website yang bisa Anda lakukan adalah responsive design checker alias mengecek tingkat responsive design website. Melakukan responsive design checker merupakan hal yang penting sekaligus wajib bagi setiap website, sebab website Anda tentunya akan diakses dari beragam jenis gadget dengan beragam jenis layar.

Agar website Anda mampu tampil secara optimal di setiap jenis gadget, maka Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu dengan bantuan tools online responsive checker.

Artikel kali ini akan membahas seputar rekomendasi responsive website checker yang dapat Anda gunakan secara gratis dan online. Plus, akan ada tips praktis untuk memaksimalkan performa website di bagian akhir artikel khusus untuk Anda. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya bersama!

7 Tools Online Responsive Website Checker Gratis untuk Anda

responsive-design

Sudah seberapa responsive design website Anda? Jika Anda masih belum tahu jawaban atas pertanyaan tersebut, itu tandanya Anda belum pernah mengecek website Anda dengan online responsive checker. Hati-hati, jika dibiarkan terus-menerus, mungkin saja website Anda ternyata saat ini tidak dalam kondisi prima dan Anda tidak menyadarinya!

Website yang responsive dan bisa tampil optimal terbukti mampu membuat user merasa nyaman saat mengunjungi web dan mencari informasi yang mereka butuhkan.

Tampil optimal yang dimaksud adalah website mampu menyesuaikan tampilannya agar terbuka memenuhi seluruh layar gadget milik user, mempunyai daya loading yang baik, dan mampu membuat tampilan fitur serta icon yang paling pas dengan versi web dimuat (versi web smartphone atau web PC).

Untuk itulah sangat dianjurkan bagi para pengelola website agar senantiasa melakukan pengecekan memakai responsive website checker.

Mengelola sebuah website memang bukan perkara 1 atau 2 hari saja, alih-alih, ini adalah tugas berkelanjutan. Jika website Anda tidak sering dicek dengan responsive design checker, Anda tidak akan mendapat informasi terbaru terkait situasi dan performa website.

Bayangkan semisal Anda mengakses website yang tidak bagus performanya, seperti tidak mampu tampil penuh di layar gadget Anda atau icon dan fitur-fiturnya tidak dapat termuat dengan baik. Tentunya Anda tidak akan merasa nyaman mengakses website yang seperti itu, bukan?

Cara termudah untuk mengecek, menguji dan memastikan tampilan website Anda sudah prima adalah dengan menggunakan tools online responsive checker. Responsive checker adalah tools khusus untuk memudahkan developer menguji dan mengukur sudah sejauh mana tingkat responsive dari sebuah website. Tools responsive checker ini juga dapat Anda manfaatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Agar tidak pusing mencari dan memilih tools responsive checker terbaik, berikut ini kami sudah siapkan rekomendasi tool responsive checker yang bisa Anda gunakan:

Artikel Terkait  Waspada BlackRock Malware, Bisa Menyerang Instagram, TikTok, hingga WhatsApp!

Responsinator

Responsive checker rekomendasi pertama bernama Responsinator. Layanan Responsinator mampu menampilkan tampilan website Anda saat diakses melalui gadget kecil sejenis smartphone dan tablet, Cukup masukkan URL link website Anda dan klik tombol uji coba, maka Anda sudah bisa melihat seberapa responsive website Anda ketika diakses oleh user melalui gadget kecil.

Di sini Anda bisa menilai tampilan setiap halaman website lengkap dengan komponen-komponen yang dimiliki di dalamnya seperti tampilan fitur menu, tombol-tombol, icon, dan widget.

Responsinator menyediakan pengecekan tampilan website di banyak tipe smartphone berbasis Android maupun iOS. Jadi, Anda bisa melakukan pengecekan untuk banyak jenis device tanpa perlu pusing bergonta-ganti tools.

Akses Responsinator sekarang di: https://www.responsinator.com/

Responsive Design Checker

Berikutnya adalah Responsive Design Checker yang bisa juga membantu Anda mengecek tingkat responsive website pribadi maupun website bisnis.

Semua layanan pada Responsive Design Checker gratis dan siap pakai, plus dilengkapi dengan beraneka jenis fitur unggulan di dalamnya guna memudahkan melakukan testing.

Canggihnya, Anda bisa mengecek performa website dalam beragam situasi dengan Responsive Design Checker. Mulai dari ditampilkan pada layar PC yang besar sampai pada layar smartphone yang kecil.

Pun Anda juga bisa melakukan pengecekan tingkat respon dari website saat dimuat dalam posisi landscape dan portrait dalam smartphone maupun tablet. Tertarik untuk mencoba?

Akses Responsive Design Checker di: https://responsivedesignchecker.com/

Mozilla Firefox Tool

Browser Mozilla Firefox juga memiliki tools responsive website checker bawaan untuk melakukan uji coba performa web secara gratis. Dengan tools dari Mozilla Firefox ini, Anda tidak perlu untuk melakukan registrasi/sign up sama sekali dan bisa melakukan pengecekan secara gratis.

Sebagai hasil pengujiannya, Anda bisa memperoleh persentase dan laporan rinci terkait tampilan website dalam beragam varian layar gadget yang memuatnya.

Untuk menggunakan tools ini, Anda cukup memiliki browser Mozilla Firefox. Kemudian, ikuti cara-cara berikut:

  1. Buka Mozilla Firefox.
  2. Cari sub-menu ‘Web Developer’.
  3. Klik Responsive Design View.
  4. Begitu Anda mengklik opsi tersebut, website Anda akan ditampilkan pada sebuah background layar hitam dalam jendela yang bisa diatur skalabilitasnya. Jika tampilan website dirasa kurang pas, Anda bisa menyesuaikan resolusi website langsung dari tampilan dengan memakai mouse, memilih ukuran default, atau memasukkan ukuran perbandingan secara manual pada box width dan height yang tersedia.

Artikel Terkait  Apa Itu White Box Testing? Developer Wajib Tahu!

Google Resizer

Google pun tak kalah tertinggal dari menyediakan tools online responsive checker untuk dapat Anda pakai secara gratis. Melalui toolsnya yang bernama Google Resizer, Anda bisa melakukan pengecekan tampilan website pada 3 jenis perangkat berbeda yakni smartphone, tablet dan desktop PC.

Google Resizer juga menyediakan support tambahan untuk menguji tampilan website dalam mode landscape (360 sampai 1024 pixel) dan mode portrait (480 sampai 1600 pixel).

Google Resizer ini juga bisa Anda tambahkan sebagai ekstensi/plugin ke browser Chrome Anda untuk lebih memudahkan saat dipakai. Akses Google Resizer gratis di: https://design.google/library/introducing-resizer/

Screenfly

Berikutnya ada responsive design checker unggulan bernama Screenfly. Berbeda dengan responsive website checker sebelumnya, Screenfly melayani pengecekan tampilan website dari smartphone, tablet, PC hingga smart TV dengan resolusi berbeda-beda.

Anda juga bisa melakukan pengecekan tampilan website secara individual (single-check) untuk mendapatkan laporan hasil uji coba yang lebih akurat dan mendetail.

Akses Screenfly di: https://screenfly.org/

Am I Responsive?

Nama tools Am I Responsive? juga cukup populer di kalangan para developer website, pasalnya tools ini adalah platform pengecekan tampilan web terlengkap untuk gadget-gadget Apple. Web ini memungkinkan Anda untuk melakukan perbandingan tampilan web secara langsung.

Anda pun bisa memilih hendak menguji web pada tampilan gadget Apple yang mana, mulai dari iPhone (320 x 480 pixel), MacBook (1280 x 802 pixel), iPad (768 x 1028 pixel) dan desktop (1600 x 992).

Akses Am I Responsive di: http://ami.responsivedesign.is/

Artikel Terkait  Lindungi Diri Anda dari Brute Force Attack | Pengertian & Tips Antisipasi

Screencheck

Rekomendasi tools terakhir adalah Screencheck. Screencheck memiliki fitur penggunaan yang simpel, cukup dengan memasukkan link website Anda pada box uji coba yang tersedia di website mereka.

Untuk fitur pengecekan gratis, Screencheck tidak banyak berbeda dari tools-tools lainnya. Bedanya, Anda bisa mengunduh versi aplikasi dari Screencheck untuk pemakaian yang lebih praktis.

Jika Anda tertarik mencoba Screencheck, Anda bisa mengaksesnya sekarang di: https://www.screencheck.com/

Bagaimana, sudahkah Anda mengecek performa tampilan website Anda dengan salah satu tools terbaik di atas? Apakah hasil performa dan responsive website Anda sudah optimal? Jika belum, jangan khawatir. Sebab, masih belum terlambat untuk Anda memaksimalkan kembali performa website.

Memaksimalkan performa website, khususnya dari segi tampilan desainnya, bisa menjadi persoalan yang sulit untuk sebagian orang. Terlebih jika Anda tidak begitu memahami konsep desain UI/UX website yang baik.

Tidak mengherankan jika tugas menentukan desain yang disukai setiap user adalah sebuah tantangan bagi setiap pengembang web.

Bagaimana kiranya strategi mendesain website yang baik agar mampu tampil responsive saat dimuat di gadget mana saja? Beberapa orang mengambil solusi dengan mengembangkan banyak website berbeda untuk setiap gadget.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya