Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Server / Hosting Web Hosting itu Sebenarnya Seperti Apa? Semua yang Wajib...

Web Hosting itu Sebenarnya Seperti Apa? Semua yang Wajib Diketahui Pemula

-

Memiliki website atau situs sendiri saat ini tidaklah sulit dilakukan. Anda hanya perlu alamat email untuk bisa mendaftarkan situs Anda. Website atau situs gratis bisa Anda dapatkan melalui wordpress.com ataupun melalui Blogger yang disediakan dari Google.

Bagi Anda yang menginginkan situs eksklusif tanpa ada embel-embel nama dari situs tempat Anda membuat website gratis seperti, .wordpress.com atau .blogspot.com, bisa memilih situs website yang berbayar.

Pada situs berbayar, Anda bisa menentukan sendiri nama domain situs sesuai dengan keinginan. Hal tersebut bisa dilakukan selama nama tersebut belum dipakai pada situs lain. Selain domain, Anda juga harus menyediakan hosting sendiri untuk bisa menjalankan situs Anda.

Meningkatnya Kegiatan Berbasis Digital

Disaat situasi pandemi COVID-19 ini masih berlangsung, tingkat aktivitas digital pada dunia maya semakin meningkat drastis. Beberapa penyebabnya yaitu, ruang gerak yang terbatas karena adanya virus, banyak kegiatan yang dilakukan dari rumah saja dan adanya himbauan untuk mengurangi interaksi secara langsung antar manusia. Untuk tetap bisa melakukan beberapa aktivitas tapi tetap berada di rumah saja, kegiatan berbasis digital lah jawabannya. Beberapa contoh kegiatan tersebut, seperti :

  1. Mulai dari sekolah dan kuliah online
  2. Pekerja kantoran yang menyelesaikan pekerjaannya dengan metode Work From Home
  3. Berbelanja lewat marketplace
  4. Munculnya microblog di Instagram
  5. Sharing tips and trick mengenai suatu hal lewat blog
  6. Dan banyak kegiatan yang diubah dari konvensional menjadi digital dengan memanfaatkan jaringan internet

Hosting

 

hosting

Maka dari itu, aktivitas blogging dan berjualan online mulai banyak dilakukan oleh masyarakat. Yang sebelumnya tidak berniat mencoba toko online, mulai beralih ke metode tersebut karena keterbatasan interaksi antar manusia. Saat mengakses situs-situs dan marketplace yang ada di internet, pernahkah Anda terpikirkan dimana data-data yang ada pada situs tersebut disimpan?

Atau bagaimana proses yang terjadi saat pengguna ingin mengakses suatu website sampai akhirnya website tersebut muncul pada web browsernya? Semuanya akan berkaitan dengan istilah hosting. Bagi Anda yang belum memiliki sebuah website mungkin istilah ini cukup asing, tapi tidak dengan orang-orang yang sudah memiliki website berbayar.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Header Website dan Blog Murah

Web Hosting

Jika sudah membahas mengenai hosting, pasti langsung berkaitan dengan web hosting. Web hosting adalah layanan yang bersifat online untuk bisa membuat situs web Anda dalam keadaan online dan bisa diakses banyak orang.

Layanan tersebut berupa tempat menyimpan data agar konten website situs bisa ditampilkan pada browser. Data tersebut bisa berupa video, gambar, tulisan, email, database sampai dengan script. Intinya, Anda meminjam space pada suatu server yang disediakan oleh penyedia jasa layanan hosting untuk menyimpan seluruh data-data yang diperlukan untuk menjalankan situs Anda dalam keadaan online.

Server yang dimaksud berupa komputer secara fisik yang bisa diakses kapan dan oleh siapa saja, karena server tersebut dijalankan tanpa adanya jeda penghentian layanan. Kemudian, web host akan bertugas untuk menjaga server dari serangan cyber berbahaya dan memastikan server tetap dalam keadaan aktif sehingga data selalu bisa diakses. Server web hosting ini nantinya akan dikelola pada data center yang berupa ruang penyimpanan data.

Cara Kerja Hosting

Cara kerja hosting dalam membantu situs Anda untuk menampilkan menu kontennya adalah seperti berikut :

  1. Ketika pengguna ingin mengakses situs Anda, maka mereka akan mengetikkan alamat domain situs pada search engine
  2. Browser akan mengirimkannya dalam format http, kemudian internet akan mengontak server hosting untuk meminta data
  3. Server yang menerima permintaan dari internet akan mengirimkan informasi yang dibutuhkan untuk menampilkan konten yang diinginkan dan mengirimkannya kembali ke internet
  4. Internet akan menerjemahkan semua data yang diterima dari server  menjadi data yang bisa dibaca dan ditampilkan web browser untuk situs yang Anda inginkan

Jenis-Jenis Hosting

Ada beberapa jenis hosting yang disediakan para penyedia jasa hosting, Anda dapat memilikinya sesuai dengan kebutuhan dan juga daya beli yang Anda miliki. Berikut beberapa pilihannya :

Shared Hosting

Server pada pilihan hosting ini bisa digunakan secara bersamaan oleh banyak pengguna. Sesuai dengan namanya, para penggunanya akan berbagi resource, computing power dan juga kapasitas server secara bersamaan. Server ini paling hemat dibandingkan dengan jenis server lainnya. Penyedia juga akan memperbaiki masalah pada server, jadi Anda tidak perlu memperbaikinya sendiri.

Tetapi, server ini juga memiliki kelemahan, seperti jika salah satu pengguna menyebabkan gangguan pada server seperti traffic tinggi atau overload, dampaknya akan berimbas pada pengguna lainnya karena sistem sharing. Kemudian juga pengguna memiliki akses yang terbatas pada servernya dan hanya memungkinkan untuk mengelola data-datanya sendiri.

VPS Hosting/VPS Server

 

server

Virtual Private Server juga masih menggunakan sharing system, tapi penyedia jasa sudah mengalokasikan berapa banyak bagian Anda sendiri pada server. Jadi porsi Anda lebih jelas dibandingkan shared hosting yang porsinya tergantung masing-masing pengguna. Ada yang menggunakan lebih banyak dan lebih sedikit. Kenaikan traffic pada situs lain juga tidak akan berpengaruh pada Anda. VPS masih jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga dedicated, pada hosting jenis ini Anda bisa mengkostumisasikan server yang Anda miliki serta memiliki akses root server VPS juga.

Tapi tetap saja, pada hosting ini ada pula kekurangannya, seperti Anda harus menginstal control panel sendiri dan juga memiliki pengetahuan dasar soal sistem operasi dan juga server. Dari segi harga juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis shared.

Artikel Terkait  Kelebihan Website Toko Online Untuk Jualan

Dedicated Server

Jika memilih jenis ini, Anda memiliki kontrol penuh untuk meningkatkan spesifikasi server, resource yang besar hanya untuk situs Anda saja karena 1 server fisik hanyalah Anda seorang yang menggunakannya. Memiliki dedicated server sama seperti memiliki server sendiri tapi tetap memiliki team support. Hosting ini juga cukup flexible karena anda bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Kekurangannya hampir mirip dengan VPS. Bagi Anda yang masih awan, hal ini tentunya merepotkan. Karena Anda harus menginstall control panel sendiri dan memiliki pengetahuan dasar terkait hosting. Serta saat Anda melakukan upgrade/downgrade, server harus dimatikan dan situs mengalami downtime.

Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Selain dari segi biaya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan web hosting terbaik. Tentu hal-hal tersebut harus dipertimbangkan. Beberapa contohnya seperti:

Space

Space yang berasal dari disk space merupakan kapasitas hardisk penyimpanan yang bisa Anda pergunakan. Beberapa penyedia ada yang menyediakan kapasitas hosting 300MB sampe 48GB, bisa juga 1 hosting dipergunakan untuk 5 website Anda. Semakin banyak konten data yang Anda miliki, maka semakin banyak space yang dibutuhkan.

Webmail

Ini merupakan fitur pengelolaan email dari server hosting yang bertugas mengelola keluar masuknya email dan tentu saja menyimpannya. Adanya fitur ini, memungkinkan Anda memiliki alamat email yang sama dengan domain Anda. Tanpa harus memakai nama Yahoo atau Gmail pada nama alamat email Anda, yang cenderung lebih personal daripada profesional.

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan juga, seperti kualitas data centernya, Cpanel (Control Panel), support yang ditawarkan, metode pembayaran dan bandwidth.

Web Hosting Gratis

Anda juga bisa mendapatkan hosting gratis, dengan menggunakan situs gratis yang  disediakan pada wordpress.com dan blogger. Pada blogger, data-data Anda semua akan disimpan pada memori akun Google Anda. Walaupun tersedia 15GB, tetapi kapasitas tersebut akan digunakan semua aplikasi dari Google untuk menyimpan data.

wordpress.com juga menyediakan domain dan hosting gratis, namun kapasitas penyimpanannya sangat sedikit. Walaupun gratis, tetapi kedua situs ini tidak cocok digunakan untuk kegiatan yang profesional.

Kesimpulan

Jadi Anda harus menentukan terlebih dahulu, apakah situs Anda memiliki traffic yang tinggi atau baru saja memulai bisnis dalam skala kecil. Jika masih pemula dan masih belum bisa menentukan pilihan, Anda bisa menjatuhkan pilihan pertama pada web hosting murah. Anda nantinya tetap bisa meng-upgrade hosting Anda seiring dengan meningkatnya traffic situs Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya