Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Cara Membuat Google Form : Semua yang Kamu Butuhkan...

Cara Membuat Google Form : Semua yang Kamu Butuhkan untuk Membuat Form yang Bagus Secara Gratis

-

Pernahkah kamu mendapatkan tugas untuk membuat kuesioner atau formulir?

Dahulu, membuat kuesioner atau formulir termasuk tugas yang kompleks. Karena, waktu itu untuk menyelesaikan tugas ini, prosesnya cukup rumit. Harus mempersiapkan segalanya; seperti menyusun draft pertanyaan, mencetak, hingga menyebarkan secara manual, dengan keliling mencari responden yang sesuai dengan kriteria untuk diminta jawabannya.

Kini, model kuesioner atau formulir konvensional sudah jarang digunakan dan telah digantikan oleh kuesioner atau formulir online yang sedang trend saat ini, yaitu Google Form.

Pembuatan kuesioner atau formulir menjadi lebih praktis dan mudah dengan Google Form. Karena, hanya beberapa langkah, kamu dapat membuat pertanyaan dengan cepat dan hasilnya pun bisa langsung disebar secara online lewat email dan link kepada para responden yang dituju. Berarti, kamu tinggal menunggu hasilnya saja dan tidak lama kemudian jawaban yang diminta dari responden akan segera muncul.

Nah, bagaimana cara membuat Google Form itu?

Cara membuat Google Form itu sederhana, tanpa perlu ada software khusus. Kamu hanya perlu perangkat komputer, ponsel pintar, dan koneksi internet yang stabil. Selain itu, cara membuat Google Form bisa dipelajari oleh siapapun. Namun, sebelum membahas bagaimana cara membuat Google Form, kami akan jelaskan terlebih dahulu apa itu Google Form.

Google Form adalah layanan dari Google yang digunakan untuk pembuatan kuesioner atau formulir online. Layanan ini dapat diakses secara gratis, asalkan kamu sudah memiliki Google Account.

Dalam layanan Google Form, kuesioner atau formulir yang telah disusun dapat langsung dikirim secara real-time kepada responden-responden yang telah ditentukan.

Tanggapan terhadap kuesioner atau formulir yang telah dikirim dapat dilihat di menu “Respons”.

Fungsi

 

google-form

Google Form dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi/data yang diperoleh dari orang lain untuk berbagai keperluan, mulai dari penelitian, jajak pendapat, kuesioner, formulir pendaftaran online, survey, dll.

Tak usah resah, seluruh data/informasi yang sudah masuk dan terkumpul tidak akan hilang atau tercecer. Sebab, semua data-data tersimpan di dalam database Google. Jadi, dapat dipastikan bahwa layanan ini sudah terjamin keamanannya.

Cara Bikin Kuesioner

Berikut langkah demi langkah cara bikin kuesioner. Simak ulasannya ya!

Langkah 1: Buka Google Form :

 https://docs.google.com/forms/d/1b8i2LoONu5i7dREclA9Xq28SrQPcHjv9ajGUyEa7730/edit

Langkah 2: Klik tiga garis di pojok kanan atas.

Nanti, di layar muncul pilihan Docs, Sheets, Slides, dan Forms.

 Langkah 3: Pilih Forms. Setelah itu, di layar kamu akan melihat tampilan Go to Google Forms.

Langkah 4: Klik Go to Google Form. Kamu masuk ke bagian “Formulir tanpa judul”, bagian untuk membuat kuesioner atau formulir. Klik tiga titik bertumpuk yang ada di kanan atas.

Langkah 5: Berikutnya, klik “Setelan”.

Langkah 6: Klik “Kuis”. Ketuk “Jadikan ini sebagai kuis”. Geser tombol ke kanan.

Langkah 7: Klik “Umum”. Centang “Kumpulkan alamat email”. Kemudian, “Simpan”.

Langkah 8: Kamu melihat lagi “Formulir tanpa judul” yang ditampilkan oleh sistem.

Langkah 9: Klik kolom “Formulir tanpa judul” dan ketik judul kuesioner yang paling sesuai dengan kuesioner yang akan dibuat.

Langkah 10: Pada kolom “deskripsi formulir”, berikan uraian deskriptif yang memberikan gambaran mengenai kuesioner yang akan dibuat itu. Hal ini agar responden mengerti dengan maksud dan tujuan dari penelitian kamu.

Langkah 11: Buatlah pertanyaan dengan jenis pertanyaan pilihan ganda (multiple choice). Karena, kuesioner biasanya menggunakan jenis pertanyaan seperti itu.

Langkah 12: Klik kolom “Pertanyaan Tanpa Judul”, lalu tulis pertanyaannya.

Langkah 13 : Perbanyak opsi jawaban. Caranya, yaitu dengan klik “Tambahkan opsi.” Pada umumnya, jenis pertanyaan pilihan ganda menggunakan tiga opsi. Ada opsi 1, opsi 2, dan opsi 3.

Langkah 14: Klik Opsi 1 untuk menulis jawaban pertama. Klik Opsi 2 untuk jawaban kedua. Klik Opsi 3 untuk jawaban ketiga.

Pada jenis pertanyaan pilihan ganda, jawaban yang diberikan kepada responden bisa “Mungkin”, “Iya”, atau “Tidak”.

Apabila, kamu ingin memperbanyak pertanyaan, klik logo duplikat yang berada di bawah. Tetapi, jika kamu hanya ingin memberikan satu pertanyaan saja, berarti pembuatan pertanyaan kuisioner telah selesai.

Selanjutnya, kamu bisa melihat preview kuesioner yang sudah kamu bikin itu di “pra tinjau.”

Langkah 15:

Klik tiga titik bertumpuk yang ada di kanan atas. Lalu, klik pra tinjau. Contoh kuesioner yang sudah kami buat dapat diihat dari pra tinjau.

Apabila, sudah puas dengan kuesioner yang telah disusun itu, maka bisa langsung dikirim. Tetapi, kalau kurang suka dengan temanya, karena tampilan dirasa kurang menarik, bisa diganti temanya. Caranya, dengan klik Change Theme. Pilih salah satu tema yang terlihat paling bagus. Kamu juga dapat mengubah tampilan Header, Gaya Huruf (Font), Background Warna dengan menekan tombol Customize.

Terakhir, kirim kuesioner tersebut ke orang yang telah dipilih. Caranya, yaitu dengan klik “Kirim” ke email. Selain itu, cara yang lain adalah copy link. Lalu, share di social media.

Artikel Terkait  DNS Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS

Cara Buat Google Formulir

Formulir yang dibuat di Google Form bisa digunakan untuk pembuatan formulir pendaftaran, pendataan, penelitian, dll. Namun, pada pembahasan kali ini, kami mengambil sample untuk pembuatan formulir pendaftaran anggota di suatu komunitas tertentu. Berikut cara buat form online di Google Form. Silahkan simak ya!

Langkah 1: Masuk ke Google Docs.

Langkah 2: Pilih tema yang paling pas untuk membuat tampilan formulir menjadi bagus dan menarik.

Langkah 3: Sama seperti saat pembuatan judul kuesioner, klik kolom “Formulir Tanpa Judul”. Lalu, ketik judul formulir pendaftaran yang akan kamu buat.

Langkah 4: Klik kolom “deskripsi”. Tulis kata-kata yang bersifat anjuran agar si pendaftar memberikan data/informasi yang jelas dan benar.

Buat pertanyaan, seperti nama lengkap, alamat, No. HP, dan Gender dari si pendaftar. Caranya, mengklik kolom “pertanyaan tanpa judul”.

Langkah 5: Klik kolom “Pertanyaan Tanpa Judul”, tulis nama lengkap. Lalu, pilih jenis pertanyaan dengan jawaban singkat (short answer).

Untuk membuat pertanyaan yang lain, seperti alamat, nomor Hp/WhatsApp, dan gender. Lakukan cara seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas. Tetapi, saat memulai untuk membuat pertanyaan yang lain. Klik logo duplikat untuk menambah kolom. Ketik kolom duplikasi. Lalu, tulis alamat. Begitu seterusnya hingga ke pertanyaan gender. Adapun untuk membuat pertanyaan Gender, pilih jenis pertanyaan dengan format pilihan ganda. Hal ini supaya dapat menampung jawaban laki-laki atau perempuan.

Langkah 6: Sebelum mengirim formulir, lihat tampilan formulir pendaftaran yang telah kamu buat di menu “pra tinjau.”

Contoh formulir pendaftaran yang kami buat seperti ini.

Langkah 7: Setelah merasa pas dengan formulir pendaftaran yang telah dibuat, kamu bisa mengirim formulir pendaftaran melalui email dan link.

  • Email dikirim ke alamat email orang yang kamu tuju.
  • Link disalin, lalu dibagikan ke blog, website, atau sosmed.

Melihat Respons

Untuk melihat Tanggapan, pembuat formulir dapat melihatnya di menu “Respons” di samping menu “Pertanyaan”. Dalam menu itu, bisa dilihat ringkasan siapa saja responden yang telah menanggapi formulir yang kamu kirim.

Kesimpulan

Itulah cara bikin form/kuesioner di Google Form. Semua yang dibutuhkan untuk membuat form/kuesioner yang bagus, fitur-fiturnya telah tersedia secara gratis di Google Form. Kamu hanya membutuhkan perangkat komputer dan akses internet cepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya