Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform 5 Jenis AI yang Diprediksi Paling Top di 2021...

5 Jenis AI yang Diprediksi Paling Top di 2021 | Inspirasi Software yang Dinanti-Nanti

-

Faktanya, semua hal akan berubah secara dinamis dari waktu ke waktu. Kecerdasan buatan adalah salah satunya yang turut berubah trend-nya dari tahun ke tahun.

Mungkin sampai hari ini Anda sudah pernah merasakan beraneka ragam teknologi berbasis kecerdasan buatan yang sangat membantu meringankan beban pekerjaan dan kehidupan. Akan tetapi bagaimana dengan tahun depan?

Sejumlah pakar dan pengamat IT telah membagikan prediksi mereka terkait trend AI 2021 terpopuler. Tentunya jenis-jenis AI ini bisa Anda pakai untuk membangun aneka software pintar baru di masa depan.

Apa sajakah mereka? Yuk langsung saja kita meluncur ke pembahasan berikut ini, selamat membaca!

5 Trend AI 2021 yang Wajib Anda Ketahui

kecerdasan-buatan-1

Situasi pandemi global dan perubahan signifikan dalam kehidupan manusia di tahun 2020 membawa perubahan yang sangat banyak bagi dunia IT. Melonjaknya pemanfaatan kecerdasan buatan adalah salah satunya.

Semenjak masyarakat diminta untuk berlindung di rumah saja selama pandemi, kehadiran kecerdasan buatan adalah solusi terbaik untuk menolong banyak orang menyelesaikan aneka pekerjaan secara otomatis.

Kecerdasan buatan adalah sistem kepintaran yang sengaja diprogram agar mesin komputer bisa beroperasi mengolah data dengan sendirinya. Kecerdasan buatan adalah opsi terbaik untuk mengautomatisasikan beragam pekerjaan, sehingga, user tidak perlu repot mengendalikan kerja mesin atau komputer sedari awal.

Ada banyak sekali contoh dari pengaplikasian kecerdasan buatan ini di tahun 2020 sendiri. Salah satu contoh kecerdasan buatan adalah rekomendasi produk sesuai keinginan user pada e-commerce. Contoh lainnya terdapat pada aplikasi hiburan berbasis streaming yang bisa memberikan rekomendasi kepada Anda terkait film atau lagu yang pas dengan selera Anda.

Tak sedikit para pengamat IT menilai bahwa semenjak terjadinya pandemi, maka di tahun-tahun ke depan kita akan memiliki lebih banyak inovasi canggih IT berbasis AI. Dalam dunia IT, kecerdasan buatan adalah cabang dari sistem machine learning (ML).

Perpaduan smart machine dengan algoritma pembelajaran mandiri khas kecerdasan buatan adalah hal yang berperan besar dalam upaya masyarakat berjuang hidup berdampingan dengan wabah pandemi. Alasan ini yang menjadikan kecerdasan buatan adalah aspek IT yang tidak akan lekang oleh waktu.

Bagaimana dengan trend AI 2021 yang sudah menanti di depan mata kita? Berikut ini adalah 5 trend AI 2021 yang patut Anda ketahui – siapa tahu, Anda bisa menemukan inspirasi produk software tercanggih dengan memanfaatkan trend-trend AI terbaru berikut ini:

Artikel Terkait  4 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dalam Push Notifications

1. AI Untuk Mendeteksi dan Mencegah Wabah

Trend 2021 pertama untuk kecerdasan buatan adalah sistem pintar komputer untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran wabah sedini mungkin. Trend ini diramalkan akan cukup melejit di tahun 2021, belajar dari ketidaksiapan masyarakat terhadap wabah pandemi di 2020.

Para pakar IT meyakini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk trend AI ini berkembang, mengingat masyarakat modern saat ini juga sudah mempunyai peralatan serta sistem IT dasarnya.

Beberapa produk software berbasis AI untuk pendeteksian wabah bisa terwujud dalam inovasi berikut:

  • Pemanfaatan algoritma visi komputer untuk membuat sistem identifikasi pengenalan wajah untuk memonitor individu sakit tanpa gejala di tengah kerumunan.
  • Pembuatan drone pintar untuk patroli aktivitas masyarakat tanpa kontak fisik serta mendeteksi suhu tinggi dari individu di keramaian
  • Teknologi visi komputer untuk mengumpulkan, mengolah dan melaporkan secara cepat data-data terkait persebaran wabah di masyarakat.

Plus, akan menjadi hal yang baik sekaligus mulia jika Anda kelak ingin turut serta mengembangkan teknologi AI di ranah medis dan membantu masyarakat luas.

2. Komputasi “Hybrid Cloud” Si Penyimpanan Cerdas

Trend kedua di masa depan dari kecerdasan buatan adalah pengembangan komputasi ‘hybrid cloud’ cerdas untuk mempermudah semua perusahaan, instansi dan lembaga dalam menyimpan sekaligus menyinkronisasi data-data penting mereka.

Hybrid cloud adalah perpaduan dari private cloud dan public cloud. Ruang penyimpanan pintar ini dapat menjadi jawaban “all in one” bagi semua perusahaan. Semisal perusahaan Anda bisa menyimpan layanan umum di komputasi publik, sementara data-data sensitif dicadangkan di sisi private cloud. Cara yang lebih praktis sekaligus hemat ruang dibandingkan penyimpanan manual.

Hybrid cloud juga diprediksi akan cepat terkenal tahun depan karena saat ini pun, sudah ada lebih dari 74% perusahaan yang tertarik mencoba sistem hybrid cloud ini. Sistem hybrid dinilai paling pas untuk budaya baru kantor yang mana para pegawai bekerja dari rumah pasca pandemi.

Bagaimana dari segi keamanan? Anda tidak perlu cemas, karena sistem hybrid cloud memiliki proteksi yang mumpuni canggih. Tertarik untuk mengembangkan software pintar lainnya berbasis hybrid cloud ini?

3. Transformasi E-commerce yang Semakin di Depan

Saat ini, AI memang sudah diaplikasikan ke sistem e-commerce. Namun di tahun depan, pemanfaatan AI untuk e-commerce akan menguat, jadi bersiap-siaplah!

Lonjakan kasus virus Corona memberi dampak positif bagi perkembangan bisnis online (e-commerce). Terbukti di tahun 2020 ini saja, mayoritas masyarakat mulai beralih membeli barang dan aneka kebutuhan secara online. Alhasil, pemanfaatan AI pada dunia bisnis akan semakin berkembang ke arah yang positif.

Untuk Anda yang bekerja di ranah IT development e-commerce, maka Anda harus mulai menyiapkan beragam update baru untuk platform Anda. Di tahun 2021 diprediksi bahwa AI akan semakin canggih dalam upaya memahami gaya konsumen e-commerce berbelanja, sehingga akhirnya AI bisa menjadi ‘asisten pribadi’ setiap konsumen saat hendak berbelanja.

Lebih lanjut tentunya AI dapat digunakan untuk memaksimalkan rasa kepuasan dan loyalitas konsumen secara online berkat rekomendasi serta strategi bisnis yang lebih tepat sasaran. Akhirnya dengan AI, setiap bisnis e-commerce bisa bersaing secara lebih sehat dan kompetitif.

Artikel Terkait  Point Penting untuk Membuat Aplikasi yang Bisa Digunakan Sehari-hari?

4. Sistem Analisis Big Data Tercanggih

kecerdasan-buatan-3

Analisis big data dapat dikatakan menjadi tugas dan cikal bakal kemunculan AI untuk pertama kalinya di masyarakat. Saat ini, kita semua sudah hidup di era big data, di mana ada jutaan data multimedia yang tersebar, terekam, terkumpul hingga teranalisis oleh mesin di setiap detiknya.

Banyaknya data akhirnya menuntut sebuah sistem cerdas komputer untuk membantu manusia mengolah data-data tersebut. Dari sini, lahirlah sistem artificial intelligence (AI).

Bahkan selama masa-masa pandemi yang sulit di tahun 2020, masyarakat turut belajar untuk mencari cara tercepat agar bisa menganalisis serta menafsirkan data persebaran pandemi di seluruh dunia. Dengan bantuan AI, tim peneliti dan industri medis sudah bisa membuat laporan real time jumlah kasus baru pandemi di setiap harinya.

AI juga mempermudah tim peneliti mengumpulkan data studi literatur terkait pandemi atau mempublikasikan studi milik sendiri secara cepat ke masyarakat. Dengan begini, semua orang dapat lebih cepat dan mudah untuk teredukasi saat menghadapi wabah.

Kehadiran AI membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat. AI jugalah yang menjadi jawaban mengapa fenomena pandemi saat ini tidak separah pandemi-pandemi lain yang pernah melanda dunia dalam sejarah.

Sebagai ahli IT, Anda bisa turut berkontribusi dengan memaksimalkan penggunaan AI untuk memperlancar komunikasi antar tim medis dengan masyarakat. Sehingga, tidak akan ada lagi sekat yang membatasi warga dengan dokter, meskipun warga tersebut tinggal di daerah pedalaman.

Atau, Anda bisa mengembangkan sistem pendeteksian persebaran pandemi yang dapat dimonitor siapa saja. Alhasil, pihak medis dapat bergerak dengan lebih cepat untuk turun ke lapangan dan menolong pasien.

Sementara warga lainnya dapat melindungi diri dan tidak mengunjungi areal yang sedang terjangkit wabah. Apa lagi inovasi lainnya yang bisa Anda gagas untuk masyarakat di tahun depan dengan AI?

Artikel Terkait  5 Tren Pengembangan Aplikasi Seluler Teratas pada tahun 2020

5. Sistem Keamanan Ketat yang Pintar

Trend terakhir dari pengaplikasian kecerdasan buatan terdapat pada keamanan siber. Keamanan siber masih menjadi PR panjang bagi dunia IT, karena semakin canggih teknologi yang kita miliki justru diimbangi dengan semakin canggih teknik hacking dari oknum usil hacker.

Akhirnya, AI dipandang sebagai sebuah alternatif baru untuk memperkuat perlindungan siber beragam produk IT di tahun 2021 mendatang. Memakai sistem keamanan ketat yang juga pintar dipandang sebagai perpaduan kombinasi yang tepat.

Berdasar penelitian yang pernah dilakukan, sudah ada sekitar 72% perusahaan, organisasi dan instansi yang bekerja dengan baik karena memakai AI dalam sistem keamanannya. AI terbukti mampu lebih cepat dalam mengenali adanya ancaman siber yang mungkin tidak Anda sadari, seperti penggunaan password lemah atau sama, hingga ancaman-ancaman penyusupan malware diam-diam ke PC.

Selaku developer, Anda bisa turut berinovasi dengan mengembangkan tools keamanan siber berbasis AI yang dapat diperjualbelikan ke beragam perusahaan ataupun institusi. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan tentang trend AI 2021. Semoga artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda seputar trend AI di tahun yang akan datang, ya!

Jangan lupa mengikuti sosial media dan website Appkey.id untuk mengetahui lebih aneka informasi terbaru dan menarik dari dunia IT. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya