Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebEncoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

-

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: “010110111011101011010010110”. Bahasa ini disebut dengan biner, encoding adalah yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi satu sama lain atau untuk mengirimkan data antara komponen.

Tapi, mengapa mendesain komputer dengan sistem biner sebagai basis menggunakan alfabet normal? Nah, alasannya adalah bahwa sistem biner beradaptasi sempurna dengan struktur fisik sirkuit, di mana Anda hanya dapat menggunakan dua sinyal yang berbeda.

Tetapi kemudian, kode ini paling tidak sangat sulit untuk dipahami. Alasan keberadaan pengkodean karakter terkait dengan kebutuhan mengkonversi bahasa biner komputer dalam sesuatu yang lebih komprehensif bagi manusia. Berikut kami akan sajikan encoding dan decoding, serta proses encoding dan decoding.

Encoding Adalah

encoding-adalah

Dalam istilah dasar, manusia berkomunikasi melalui proses encoding dan decoding. Encoding adalah orang yang mengembangkan dan mengirim pesan. Seperti ditunjukkan pembuat enkode harus menentukan bagaimana pesan akan diterima oleh audiens, dan membuat penyesuaian sehingga pesan diterima dengan cara yang mereka inginkan diterima.

Encoding adalah proses mengubah pikiran menjadi komunikasi. Encoder menggunakan ‘media’ untuk mengirim pesan, panggilan telepon, email, pesan teks, pertemuan tatap muka, atau alat komunikasi lainnya. Tingkat pemikiran sadar yang masuk kepesan penyandian dapat bervariasi.

Pembuat enkode juga harus memperhitungkan ‘gangguan’ yang mungkin mengganggu pesan mereka, seperti pesan lain, gangguan, atau pengaruh. Audiens kemudian menerjemahkan atau menafsirkan, pesan untuk diri mereka sendiri yang sisebut dengan decoding.

Decoding adalah proses mengubah komunikasi menjadi pemikiran. Komunikasi yang ada tidak hanya dibicarakan namun juga dipikiran untuk suatu perubahan, sehingga menjadi sebuah audiens yang dapat diterima masyarakat.

Artikel Terkait  Cara setting Virtual Host di Localhost

Dalam dunia komputer, apa yang dilakukan encoding karakter bit adalah memisahkan bit ini menjadi masing-masing kelompok n bit, dan menetapkan simbol untuk setiap urutan yang diperoleh. Dengan cara sederhana, pengkodean karakter atau rangkaian karakter dapat dianggap sebagai tabel terjemahan, dimana setiap kelompok bit terkait dengan satu karakter.

Misalnya, pengkodean karakter 8-bit dapat mewakili urutan “10010101” sebagai huruf “a”, urutan “01101100” sebagai simbol “&”, dan seterusnya. Jika Anda melihat dari dekat, Anda akan melihat bahwa tidak ada kode yang diulang.

Ini adalah sesuatu yang ditetapkan pada tujuan untuk menghindari ambiguitas dan umum untuk semua pengkodean karakter. Pengkodean karakter seperti ini digunakan secara luas (bahkan ketika kita tidak menyadarinya) dalam sistem operasi, dokumen teks, dokumen HTML, dokumen email, dan lainnya.

Setiap bagian teks harus memiliki pengkodean karakter karena, pada akhirnya, semua digital informasi tidak lain adalah urutan bit. Inilah sebabnya mengapa karakter encoding adalah penting untuk bahasa pemrograman seperti HTML.

Karena dokumen HTML ialah bagian dari teks yang harus dibaca dan ditafsirkan (oleh browser dan masyarakat) ia harus memiliki pengkodean karakter. Salah satu cara yang tersedia untuk menentukan pengkodean karakter yang digunakan oleh dokumen adalah melalui elemen meta dan atribut charsetnya, yang harus dideklarasikan dibagian kepala dokumen.

Dalam contoh berikut, kami membuat deklarasi di mana kami menetapkan penggunaan encoding adalah oleh dokumen ke ASCII (dengan nama yang lebih disukai US-ASCII) sebagai karakter pengkodean halaman.

Berbicara masalah komunikasi, tentu saja, kita tidak hanya berkomunikasi secara verbal, kita memiliki berbagai opsi, atau saluran, untuk komunikasi. Pesan yang disandikan dikirim melalui saluran, atau rute sensorik, tempat pesan dikirimkan ke penerima untuk didekode.

Sementara komunikasi dapat dikirim dan diterima menggunakan rute sensorik, sebagian besar komunikasi terjadi melalui saluran visual penglihatan atau pendengaran (suara). Jika teman sekamar Anda menggunakan headphone dan asyik bermain video game, Anda mungkin perlu menarik perhatian mereka dengan melambaikan tangan sebelum Anda bisa bertanya tentang makan malam kepada mereka.

Artikel Terkait  Enkripsi Adalah : Bagaimana ini Melindungi Data Anda?

Model Komunikasi yang Melibatkan Proses Encoding

model-komunikasi

Model Transmisi Komunikasi

Model ini menggambarkan komunikasi sebagai proses satu arah linier dimana pengirim dengan sengaja mentransmisikan pesan kepenerima (Ellis & McClintock, 1990). Model ini berfokus pada pengirim dan pesan dalam pertemuan komunikasi.

Meskipun penerima termasuk dalam model, peran ini dipandang lebih sebagai target atau titik akhir daripada bagian dari proses yang sedang berlangsung. Anda dibiarkan menganggap bahwa penerima berhasil menerima dan memahami pesan atau tidak.

Pikirkan bagaimana pesan radio dikirim dari seseorang distudio radio kepada Anda untuk mendengarkan dimobil Anda. Pengirim adalah penyiar radio yang menyandikan pesan verbal yang ditransmisikan oleh menara radio melalui gelombang elektromagnetik dan akhirnya mencapai telinga Anda melalui antena dan pengeras suara untuk diterjemahkan.

Penyiar radio tidak tahu apakah Anda menerima pesannya atau tidak, tetapi jika peralatannya berfungsi dan salurannya bebas dari statis, maka ada kemungkinan besar bahwa pesan itu berhasil diterima.

Model Interaksi Komunikasi

Ini adalah model yang menggambarkan komunikasi sebagai proses dimana peserta berganti posisi sebagai pengirim dan penerima dan menghasilkan makna dengan mengirim pesan dan menerima umpan balik dalam konteks fisik dan psikologis (Schramm, 1997).

Alih-alih menggambarkan komunikasi sebagai proses linear, satu arah, model interaksi menggabungkan umpan balik, yang menjadikan komunikasi lebih interaktif, proses dua arah. Umpan balik mencakup pesan yang dikirim sebagai tanggapan terhadap pesan lain.

Sebagai contoh, instruktur Anda mungkin menanggapi poin yang Anda angkat selama diskusi kelas atau Anda mungkin menunjuk kesofa ketika teman sekamar Anda bertanya dimana remote control berada. Dimasukkannya loop umpan balik juga mengarah pada pemahaman yang lebih kompleks tentang peran peserta dalam pertemuan komunikasi.

Daripada memiliki satu pengirim, satu pesan, dan satu penerima, model ini memiliki dua pengirim dan penerima yang bertukar pesan. Setiap peserta berganti peran sebagai pengirim dan penerima agar pertemuan komunikasi tetap berjalan.

Meskipun ini tampak seperti proses yang jelas dan disengaja, Anda berganti-ganti antara peran pengirim dan penerima dengan sangat cepat dan seringkali tanpa pemikiran sadar.

Artikel Terkait  Skill Coding Sangat Dibutuhkan di Zaman ini, Berikut Tips Cara Mengembangkannya

Model Transaksi Komunikasi

Transaksi-Komunikasi

Model yang terakhir encoding adalah ini menggambarkan komunikasi sebagai proses dimana komunikator menghasilkan realitas sosial dalam konteks sosial, relasional, dan budaya. Dalam model ini, Anda tidak hanya berkomunikasi untuk bertukar pesan.

Anda berkomunikasi untuk menciptakan hubungan, membentuk aliansi antarbudaya, membentuk konsep diri Anda, dan terlibat dengan orang lain dalam dialog untuk menciptakan komunitas. Singkatnya, Anda tidak berkomunikasi tentang realitas Anda, komunikasi membantu membangun realitas Anda dengan realitas orang lain.

Kesimpulan

Peran pengirim dan penerima dalam model transaksi komunikasi berbeda secara signifikan dari model lainnya. Alih-alih membeli peserta sebagai pengirim dan penerima, masyarakat dalam pertemuan komunikasi disebut sebagai komunikator.

Berbeda dengan model interaksi, yang menunjukkan bahwa peserta berganti posisi sebagai pengirim dan penerima, model transaksi menunjukkan bahwa Anda secara bersamaan adalah pengirim dan penerima.

Misalnya, saat bertemu teman baru, Anda mengirim pesan verbal tentang minat dan latar belakang Anda, teman Anda bereaksi secara nonverbal. Anda tidak menunggu sampai selesai mengirim pesan verbal untuk mulai menerima dan mendekode pesan nonverbal teman baru Anda.

Sebaliknya, Anda secara bersamaan mengirim pesan verbal dan menerima pesan nonverbal teman Anda. Ini merupakan tambahan penting bagi model karena memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana Anda dapat menyesuaikan komunikasi Anda misalnya, mengadaptasi pesan verbal  ditengah pengirimannya berdasarkan komunikasi yang Anda terima secara bersamaan dari mitra komunikasi Anda.

Sekian penjelasan dari encoding adalah, semoga artikel ini bermanfaat. Ikuti dan allow notification dari situs Web App


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya