Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebSora: OpenAI Perkenalkan Model Baru Penghasil Video

Sora: OpenAI Perkenalkan Model Baru Penghasil Video

-

Last Updated on February 16, 2024 by APPKEY-YOGI

Hari ini melalui X (dulunya twitter) OpenAI memperkenalkan Sora, yaitu model baru AI yang dapat membuat video berdurasi selama satu menit dari teks (text-to-video model). Tentu ini menjadi hal menarik bagi para penikmat kecerdasan buatan untuk mengetahui lebih dalam tentang model baru ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan mengenai SoraAI dibawah ini!

openai, sora

Apa Itu Sora?

Sora merupakan model baru dari OpenAI yang diklaim dapat menghasilkan video dengan visual menarik dan dapat mempertahankan permintaan pengguna. Video yang dihasilkan berdurasi satu menit, sesuai dengan prompt yang diberikan oleh user. Model AI ini dapat menghasilkan pemandangan yang rumit dengan berbagai karakter. Selain itu, Sora juga dapat menghasilkan jenis gerakan tertentu, detail subjek dan latar belakang yang sangat akurat.

Model ini memiliki pemahaman bahasa yang mendalam sehingga memungkinkannya untuk menafsirkan perintah dengan akurat dan menghasilkan karakter yang menarik dengan emosi yang hidup. Sora juga dapat membuat beberapa adegan dalam satu video yang dihasilkan dengan mempertahankan karakter dan gaya visual secara akurat.

Sora adalah model difusi, yang menghasilkan video dengan memulai dari yang terlihat seperti noise statis dan secara bertahap mengubahnya dengan menghilangkan noise tersebut dalam banyak langkah. SoraAI mampu menghasilkan seluruh video sekaligus atau memperpanjang video yang dihasilkan untuk membuatnya lebih panjang.

Mirip dengan model GPT, Sora menggunakan arsitektur transformer, yang membuka kinerja skalabilitas yang unggul. Sora membangun penelitian sebelumnya dalam model DALL·E dan GPT. Model ini menggunakan teknik recaptioning dari DALL·E 3, yang melibatkan penghasilan caption yang sangat deskriptif untuk data pelatihan visual. Sehingga model tersebut dapat mengikuti instruksi teks pengguna dalam video yang dihasilkan dengan lebih setia.

Artikel Terkait  Kenali Apa Itu Phishing, Jangan Sampai Terlena

Selain mampu menghasilkan video hanya dari instruksi teks, model ini juga mampu mengambil gambar diam yang ada dan menghasilkan video darinya, menganimasikan isi gambar dengan akurat dan perhatian terhadap detail kecil.

Kelemahan Sora

Meskipun sora memiliki kemampuan yang menarik, model ini masih dalam tahap uji coba sehingga masih memiliki banyak kelemahan, seperti masih belum memahami konsep sebab akibat. Sebagai contoh, seseorang mungkin mengambil gigitan dari kue, tetapi setelah itu, kue tersebut mungkin tidak memiliki tanda gigitan.

Model ini juga belum bisa membedakan kiri dan kanan dan mungkin kesulitan dengan deskripsi yang tepat dari kejadian yang berlangsung sepanjang waktu, seperti mengikuti lintasan kamera secara spesifik.

Perkembangan

Meskipun OpenAI sudah resmi meluncurkan Sora, model AI ini masih terbatas. Saat ini Sora hanya bisa digunakan oleh professional siber (red teamer) agar dapat diteliti terlebih dahulu resiko atau bahayanya. Selain itu, model AI ini juga hanya dapat diakses oleh beberapa desainer, seniman visual dan pembuat film untuk mendapatkan penilaian agar bermanfaat bagi para kreatif yang professional.

Hingga saat ini OpenAI tidak menyebutkan kapan model AI ini bisa digunakan secara menyeluruh.

Prompt: The camera directly faces colorful buildings in burano italy. An adorable dalmation looks through a window on a building on the ground floor. Many people are walking and cycling along the canal streets in front of the buildings.

Sumber: https://openai.com/sora

Text To Video Serupa

Sebelum Sora resmi diumumkan, ada beberapa tools AI pembuat video yang lebih dulu diciptakan. Berikut diantaranya:

AI Runway

AI Runway merupakan platform yang dapat membuat video secara otomatis baik itu dari teks ke video, video ke video maupun gambar ke video. Tidak seperti Sora yang di klaim dapat membuat video berdurasi satu menit, video yang dihasilkan oleh AI Runway hanya berdurasi 18 detik saja. Meski hanya sebentar, video yang dihasilkan sangat bagus.

Artikel Terkait  Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Desain yang intuitif sangat memudahkan para pemula untuk menggunakannya, meski tanpa memiliki keahlian video editing sekalipun. Pengguna hanya perlu mendeskripsikan video yang ingin dibuat dengan kata-kata dan dalam beberapa detik saja, video dengan kualitas tinggi akan tercipta.

Pika AI

Pika AI adalah platform pembuat video otomatis yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memudahkan pengguna dalam membuat video dengan cepat dan mudah. Dengan Pika AI, pengguna dapat menciptakan berbagai jenis video, mulai dari animasi hingga video promosi tanpa harus memiliki keahlian khusus dalam desain atau editing video yang kompleks.

Teknologi kecerdasan buatan yang digunakan oleh Pika AI memungkinkan pengguna untuk membuat video berkualitas tinggi dengan efisiensi yang tinggi. Dengan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai fitur dan template yang disediakan oleh platform ini untuk menciptakan video sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pika AI memberikan kesempatan bagi siapa pun, baik pemula maupun profesional, untuk menghasilkan konten video yang menarik dan berkualitas tanpa harus menghabiskan waktu dan usaha yang besar. Dengan demikian, platform ini memungkinkan pengguna untuk lebih fokus pada kreativitas mereka dan menghasilkan video-video yang menarik dengan cepat dan efektif.

InVideo AI

InVideo AI adalah platform pembuat video online yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pengguna membuat video dengan cepat dan mudah. Dengan InVideo, pengguna dapat dengan mudah membuat berbagai jenis video seperti video promosi, tutorial, konten media sosial dan lainnya tanpa harus memiliki keterampilan desain atau editing yang rumit. Platform ini menyediakan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam proses pembuatan video.

Durasi maksimal video yang dapat dibuat dengan InVideo tergantung pada rencana langganan yang dipilih oleh pengguna. Umumnya, durasi video yang dihasilkan bisa bervariasi mulai dari beberapa detik hingga beberapa menit. Pengguna dapat memilih template yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan menyesuaikan konten, durasi serta elemen visual lainnya untuk menciptakan video yang menarik dan berkualitas.

Artikel Terkait  Apa Itu Latency: Pengertian, Pengaruh dan Perannya

Dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan, InVideo AI memungkinkan pengguna untuk membuat video-video yang profesional dengan cepat dan efisien. Platform ini memberikan kesempatan bagi siapa pun, mulai dari pemula hingga profesional untuk menghasilkan konten video yang menarik tanpa harus menghabiskan waktu dan usaha yang besar dalam proses pembuatan video.

Kesimpulan

OpenAI telah memperkenalkan Sora, sebuah model AI baru yang dapat menghasilkan video berdurasi satu menit dari teks. Sora memiliki kemampuan untuk menghasilkan visual yang menarik dan mempertahankan permintaan pengguna, menghasilkan pemandangan yang rumit dengan berbagai karakter dan menghasilkan jenis gerakan tertentu dengan detail subjek dan latar belakang yang sangat akurat.

Model ini menggunakan arsitektur transformer dan teknik recaptioning dari DALL·E 3 untuk mengikuti instruksi teks pengguna dengan lebih setia. Meskipun memiliki potensi yang besar, Sora masih dalam tahap uji coba dan memiliki beberapa kelemahan, seperti belum memahami konsep sebab akibat dan kesulitan dalam membedakan kiri dan kanan.

Saat ini, Sora hanya dapat diakses oleh profesional siber, desainer, seniman visual dan pembuat film untuk penilaian lebih lanjut. Sebelum Sora, telah ada beberapa tools AI pembuat video otomatis lainnya seperti AI Runway, Pika AI, dan InVideo AI yang masing-masing memiliki keunggulan dan keterbatasan tersendiri.

Ikuti WEBAPP untuk mendapatkan segala informasi terbaru dan menarik seputar dunia pengembangan aplikasi dan website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan semua informasi menarik dan artikel terbaru dari dunia teknologi dan pengembangan software setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya