Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidGoogle Maps vs Waze Map, Mana yang Lebih Baik...

Google Maps vs Waze Map, Mana yang Lebih Baik Untuk Berkendara?

-

Last Updated on November 14, 2023 by APPKEY-YOGI

Bagi kalian yang suka berpetualang atau bingung kemana arah jalan pulang, pasti yang terpikir di benak kalian adalah meminta bantuan kepada petunjuk arah. Kalau dulu orang-orang menggunakan kompas untuk menunjuk arah, di zaman yang modern sekarang sudah ada namanya google maps dan waze map yang sering digunakan untuk menunjukkan arah jalan.

Kalau kompas hanya bisa menunjuk arah, google maps dan waze map bisa sekaligus menunjukkan rute jalan.

Entah itu kalian harus belok kiri, belok kanan, ambil jalan di kanan, ambil jalan di kiri, arah utara, selatan, putar balik dan lainnya. Menggunakan google maps dan waze map sangat mudah bahkan kita tidak perlu pelatihan khusus untuk memakainya.

Mungkin banyak diantara kalian yang lebih familiar dengan google maps dibanding waze map bukan? Pada artikel ini kita akan menjelaskan secara tuntas tentang google maps dan waze map. Yuk simak!

google maps waze map

Google Maps

Google maps adalah peta atau penunjuk jalan online gratis yang diciptakan oleh google sejak tahun 2005. Selain dapat diakses pada ponsel, google maps ini juga dapat diakses melalui browser web.

Google maps dapat memberitahu kalian kapan harus belok kanan, belok kiri, putar balik, ambil jalan ke kanan, ambil jalan ke kiri. Selain itu dapat digunakan untuk mencari tahu dimana kalian saat ini, rute yang terbaik, toko kue terdekat, tempat makan terdekat dan lainnya. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh google maps.

Mengubah Rute

Kata pepatah, banyak jalan yang dapat dilalui untuk menuju Roma, banyak jalan pula yang bisa kalian tempuh untuk ke suatu tujuan. Misalnya jalan ke sekolah, ke kantor, ke mall atau ke rumah. Biasanya google maps akan memberikan jalan alternatif dan tercepat, namun kalian juga bisa mempertimbangkan untuk mengubah rute sesuai yang kalian inginkan.

Artikel Terkait  Tips Lengkap Bikin Aplikasi Android Mudah dan Cepat!

Mengukur Jarak

Biasanya untuk kepentingan tertentu kalian diharuskan untuk mengukur jarak, maka kalian bisa menggunakan google maps. Pada google maps setelah kalian memilih lokasi awal dan lokasi tujuan, akan diberikan informasi tentang jarak, waktu tempuh dan melalui rute yang mana. Misalnya via jalan by pass dengan jarak 40km ditempuh dengan waktu 45 menit.

Live View

Pada fitur ini kalian bisa seolah-olah berjalan-jalan di suatu jalan atau tempat hanya dengan mengarahkan dan menggesernya melalui ponsel atau komputer. Fitur ini akan mempermudah kalian melihat lokasi sebenarnya dari tempat yang kalian ingin datangi sehingga kalian bisa bersiap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Personalisasi

Fitur ini dapat memberikan kalian rekomendasi sarapan atau tempat makan malam yang enak. Ketika kalian sedang berkendara, google maps dapat memberikan kalian rekomendasi tempat wisata yang populer untuk dikunjungi. Selain itu kalian juga dapat menghindari daerah yang padat dan ramai.

Sesuaikan Kendaraan

Fitur ini memberikan kalian perkiraan waktu yang dapat ditempuh dengan memakai mobil, memakai sepeda motor atau berjalan kaki. Jadi kalian bisa mempersiapkan diri kapan sekiranya berangkat agar kalian tidak terlambat atau melewati momen-momen yang berharga.

Menambah Lebih dari Satu Tujuan

Jika kalian ingin pergi dari kota Kenanga ke kota Mawar tapi perlu mampir ke beberapa tempat, misalnya ke kota Jempiring dan Sandat, kalian bisa menambahkan beberapa lokasi sekaligus.

Caranya dengan ketik atau pilih dulu titik awal dan tujuan kalian lalu klik tanda titik tiga di bagian atas kanan dan klik tambah pemberhentian.

Waze Map

Waze Map adalah aplikasi navigasi dan lalu lintas yang diakuisisi oleh google pada tahun 2013. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Israel bernama Waze Mobile pada tahun 2006. Jadi bisa dikatakan saat ini google memiliki dua aplikasi navigasi yaitu google maps dan waze.

Artikel Terkait  Info Aplikasi : 5 Cara Terbaik Melengkapi Info Toko Aplikasi

Aplikasi ini mirip dengan google maps yaitu memberikan informasi info kecelakaan, waktu tempuh, detail rute, info kemacetan juga jika ada penutupan jalan.

Namun bedanya adalah waze map juga memberikan informasi terperinci tentang setiap belokan yang dilalui seperti jalan ini merupakan jalan yang rawan kecelakaan, informasi tentang razia, perubahan jalan yang menjadi jalan satu arah dan lainnya.

Tentunya terdapat keuntungan dan kerugian mengenai hal ini terutama informasi mengenai razia lalu lintas. Menguntungkan bagi pengendara karena bisa menghindari razia tapi merugikan polisi yang bertugas untuk menegakkan peraturan lalu lintas.

Berikut adalah beberapa info mengenai fitur dari waze map.

google maps waze map

Share Route

Kalian bisa berbagi jalur atau rute yang biasa kalian lewati kepada pengguna lainnya.

Smart Traffic

Fitur ini akan memberikan informasi kepada kalian berapa lama kalian akan terjebak dalam kemacetan, tapi fitur ini tidak sepenuhnya akurat. Hanya dapat memperkirakannya saja.

Smart Baterai

Menggunakan aplikasi khususnya aplikasi peta atau GPS tentunya akan mengonsumsi baterai. Waze map terdapat fitur hemat baterai hingga 85% dibandingkan dengan aplikasi GPS lainnya sehingga akan sangat membantu terutama jika berkendara dalam waktu yang lama.

Smart Calendar

Fitur ini akan memberikan informasi kepada kalian jika terjadi kecelakaan di sebuah rute. Jika berpengaruh kepada perjalanan kalian, waze map akan memberikan pemberitahuan sehingga pengguna dapat mengatur kembali jam keberangkatan.

Real-Time Traffic

Pada fitur ini, kalian dapat berbagi info mengenai keadaan lalu lintas saat itu juga.

Pilih Google Maps atau Waze Map?

Bagi kalian yang sedang ingin bepergian namun bingung pilih alat navigasi yang mana? Mari kita bahas mana yang lebih baik untuk dipakai.

Sesuai dengan penjelasan diatas, google maps tidak sedetail waze sehingga lebih aman dipakai untuk kalian yang sudah mengerti bagaimana keadaan jalan di suatu daerah atau rute tertentu.

Artikel Terkait  Strategi Membuat Nama Blog yang Menarik dan Memorable

Bagi kalian yang sama sekali tidak tahu mengenai keadaan jalan di suatu daerah atau baru pertama kali mengunjungi daerah tersebut, mungkin akan lebih baik untuk menggunakan waze map karena lebih detail membagikan informasi tentang lokasi atau rute yang dilalui.

Kesimpulan

Petunjuk navigasi merupakan alat yang sangat berguna dikala kita akan melakukan sebuah perjalanan. Umumnya alat navigasi yang sering diketahui orang banyak adalah google maps yang diciptakan oleh google.

Waze juga merupakan milik google namun sebelumnya adalah milik sebuah perusahaan israel bernama Waze Mobile dan diakuisisi oleh google pada tahun 2013 jadi, sekarang google memiliki dua alat navigasi.

Google maps memiliki beberapa fitur yaitu mengubah rute, mengukur jarak, live view, personalisasi, sesuaikan kendaraan dan menambah lebih dari satu tujuan. Waze map memiliki beberapa fitur yaitu share route, smart traffic, smart baterai, smart calendar dan real time traffic.

Jika kalian bingung memilih mana yang bagus untuk dipakai, pertama lihat dulu kemana kalian akan pergi, jika kalian sudah paham rute atau sudah paham dengan kondisi jalan di daerah kalian, disarankan untuk menggunakan google maps.

Jika kalian belum atau sama sekali tidak tahu tentang rute yang dilewati dan tidak tahu bagaimana kondisi lalu lintas di tempat yang kalian akan kunjungi akan lebih baik menggunakan waze. Tetaplah berhati-hati dan waspada ketika bepergian.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya