Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps
Perkembangan bisnis yang Anda miliki tidak lepas dari dari mudah atau tidaknya pelanggan menemukan lokasi tempat bisnis Anda. Oleh karena itu menambahkan lokasi bisnis Anda di aplikasi Google Maps sangatlah penting untuk perkembangan bisnis yang dimiliki. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai Langkah-langkah menambahkan lokasi di google maps.
23446
post-template-default,single,single-post,postid-23446,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
lokasi-di-google-maps

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui media sosial. Hampir seluruh orang didunia sudah memiliki akun media sosial bahkan ada yang lebih dari 1 platform.

Media sosial menjadi tempat berinteraksinya banyak orang, Anda bisa dapat terhubung kembali dengan teman-teman lama Anda yang bahkan sudah tidak satu pulau lagi dengan Anda.

Terlebih lagi, juga bisa terhubung dengan orang-orang yang berada di luar negeri. Adanya sosial media, selain membantu Anda tetap terhubung dengan kenalan Anda, Anda juga bisa mengetahui aktivitas terbaru dari orang-orang yang ada dalam lingkaran pertemanan media sosial Anda.

Instagram

 
Tak jarang Anda bisa mendapatkan ide dari postingan-postingan yang Anda temukan di media sosial, bahkan sampai dengan menemukan tempat-tempat menarik yang baru dan ada di sekitar Anda. Anda bisa mengetahui dengan mudah nama tempat beserta alamatnya hanya dengan mengklik tag (@) nama tempat tersebut dan juga mengklik lokasinya.

Contohnya pada Instagram Feed ataupun Instagram Story yang merupakan salah satu platform media sosial yang sedang digandrungi saat ini. Ketika lokasi tersebut Anda tap, maka akan memunculkan opsi “View Location” yang nantinya akan memunculkan beberapa foto dengan penggunaan lokasi tersebut beserta peta lokasinya.

Saat Anda men-tap peta yang tersedia maka akan ada opsi “Open in Maps” yang bisa Anda sesuaikan akan dibuka menggunakan aplikasi Google Maps ataupun Waze yang sudah terinstall pada smartphone Anda untuk mengetahui lokasi detailnya.

Google Maps

 

google-maps-2

Selain menemukan tempat baru melalui Instagram, Anda juga dapat menemukan tempat baru menggunakan aplikasi Google Maps. Hanya mengklik opsi tempat yang Anda ingin temukan dalam fitur Explore Nearby.

Maps merupakan salah satu produk Andalan dari Google yang cukup terkenal di masyarakat karena memudahkan kita dalam mencari tempat. Maps merupakan layanan web mapping yang dikembangkan oleh Google. Ada banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan dari Google Maps.

Mulai dari pencarian lokasi lengkap dengan rute-rute yang harus dilalui serta estimasi jarak dari lokasi Anda berada menuju tempat yang ingin dituju. Baik estimasi waktu dan jarak dengan berbagai macam kendaraan seperti jarak dan waktu yang ditempuh dengan menggunakan motor, sepeda, mobil, bus, kereta bahkan estimasi jarak jika Anda berjalan kaki. Semuanya disesuaikan dengan letak geografis masing-masing negara.

Jika berbicara lokasi di Bali, maka tidak akan ada rute kereta yang tersedia. Jika Anda berada di Jepang, maka Anda akan sangat jarang menemukan rute untuk motor. Rute yang umum adalah dengan menggunakan bus dan kereta, bahkan ada rekomendasi apakah Anda mau memilih secara keseluruhan menaiki kereta atau sebagian dengan kereta dan sebagian dengan bus.

Disediakan pula beberapa pilihan rute untuk beberapa jenis kereta beserta jarak dan estimasi waktu sampai di tujuan. Google Maps juga menyediakan fitur 360° interactive panoramic views of streets (Street View) yang memungkinkan Anda melihat jalan secara 3D dengan gambar yang benar-benar real, tidak lagi hanya mengandalkan foto yang tidak bisa digerakkan.

Adanya fitur ini sangat membantu para pencari jalan untuk melihat lokasi disekitar tempat yang ingin dituju, bahkan juga bisa digunakan untuk mencari patokkan jalan. Maps ini pun dapat menunjukan tingkat kemacetan jalan secara real time yang memungkinkan Anda untuk mencari rute lain jika ingin menghindari kemacetan lalu lintas. Masih banyak lagi fitur menarik yang ditawarkan oleh Maps yang bisa Anda explore pada aplikasi tersebut.

Artikel Terkait  10 Keuntungan Membuat Website Bagi Bisnis

Pentingnya Google Maps untuk Bisnis

 

google-maps-3

Adanya Google Maps benar-benar memudahkan masyarakat dalam menemukan sebuah tempat bahkan jika Anda tidak pernah kesana sekalipun. Ada map yang bergerak secara real time yang dapat menunjukkan posisi Anda, jadi Anda tidak perlu lagi kesusahan membaca peta 2D dan tidak perlu banyak bertanya jalan kepada orang sekitar.

Maps juga memiliki fitur-fitur yang mendukung keeksistensian suatu bisnis. Seperti, Anda bisa menambahkan foto yang terkait dengan bisnis dan tempat Anda serta juga bisa melengkapi info detail mengenai tempat Anda seperti jam buka, website resmi, nomor telepon dan detail lainnya.

Masyarakat juga dapat memberikan kontribusi mereka terhadap tempat bisnis Anda. Misalnya orang-orang yang telah berkunjung ke tempat Anda dapat memberikan review berdasarkan pandangan mereka. Mulai dari komentar, foto dan juga rating berupa bintang. Semakin bagus review dari masyarakat maka akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda yang juga membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap tempat Anda.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps

 
Dalam usaha untuk meningkatkan kunjungan calon konsumen ke tempat Anda, setidaknya Anda harus mempermudah calon konsumen untuk menuju tempat Anda. Saat ini jika suatu tempat tidak ditemukan di Maps, maka akan menimbulkan sedikit rasa kecurigaan bagi masyarakat. Apakah tempat bisnis Anda itu benar adanya? juga tidak ada review yang mengulas layanan dari tempat bisnis Anda serta tidak ada gambar yang merepresentasikan mengenai bisnis Anda yang menyebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat.

Untuk bisa menyisipkan lokasi tempat bisnis Anda di media sosial seperti Instagram, tempat bisnis Anda haruslah dapat ditemukan di Google Maps terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara membuat alamat di google map? berikut ini langkah-langkah untuk membuat lokasi di Google Maps.

Artikel Terkait  Cara Mudah dan Cepat Membuat Akun Youtube

1. Klik Opsi A Missing Place

 
Pertama, buka apps pada smartphone Anda. Klik garis tiga di sebelah kiri atas yang berada tepat di dalam search box, pilih tambahkan tempat atau pilih add a missing place.

2.Lengkapi Detail

 
Setelah itu, nanti muncul form yang berisikan nama dan lokasi alamat yang harus diisi kemudian tandai lokasinya di peta dalam Google Maps. Pastikan Anda menaruh titik pada tempat yang tepat. Kemudian tambahkan kategori apakah ini perusahaan, sekolah, bank, tempat makan atau kategori lainnya. Serta lengkapi untuk jam buka, no telepon, situs web dan juga beberapa foto agar saat calon konsumen mencari alamat tempat bisnis Anda ada foto yang mewakili.

3.Klik Tambahkan (Add a Place)

 
Jika data sudah terisi semua, scroll kembali ke bagian atas sampai menemukan opsi tambahkan tempat kemudian klik ikon kirim. Google akan mengirimkan data untuk proses penambahan tempat baru di map.

Kemajuan teknologi juga seiring dengan perkembangan cyber crime (kejahatan dunia maya). Ketika Anda ingin mendaftarkan lokasi bisnis Anda pada Maps tapi telah menemukan alamat bisnis Anda sudah didaftarkan orang lain dengan detail yang salah. Bisa saja orang tersebut ingin melakukan modus penipuan mengatasnamakan lokasi bisnis Anda. Hal ini tentunya tidak baik bagi reputasi bisnis Anda. Beginilah cara menanganinya :

1.Claim This Business

 
Buka aplikasi Google Maps pada smartphone Anda dan cari nama bisnis Anda yang dibuat dengan data palsu. Scroll down di bagian ringkasan sampai menemukan opsi “Claim This Business” atau “Anda Pemilik Business ini? Klaim Sekarang”

2.Pengelolaan Bisnis

 
Kemudian Anda akan diminta melakukan pengelolaan terhadap bisnis Anda tersebut, ikuti langkah demi langkah yang muncul.

3.Verifikasi Laporan

 
Setelah menyelesaikan semua langkah, Anda harus melakukan verifikasi laporan yang membuktikan bahwa Anda adalah pemilik sebenarnya. Hal ini bisa dilakukan melalui panggilan telepon, email ataupun mengirim surat langsung. Anda juga harus memberikan alamat lengkap jika memilih opsi terakhir.

Nah itulah cara-cara mudah untuk menambahkan lokasi alamat bisnis Anda di Google Maps, semakin cepat Anda menambahkan lokasi maka semakin mudah orang lain akan menemukan tempat Anda dan menginformasikan tempat bisnis Anda kepada orang lain baik melalui metode mouth to mouth ataupun postingan di media sosial.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami