Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Domain Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

-

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini, Anda pastinya harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satu hal yang terpenting selain konten yang menarik adalah soal domain yang akan digunakan.

Sedikit tidaknya, pemakaian domain juga akan menjadi salah satu faktor mengapa pembaca memutuskan untuk berkunjung ke website Anda untuk mendapatkan sebuah informasi. Penggunaan domain yang gratis akan mengurangi tingkat keprofesionalan dari web Anda.

Walaupun Anda sudah membuat konten yang menarik, namun saat melihat domain web Anda yang masih menggunakan domain gratis, maka hal yang terpikir oleh calon konsumen adalah perusahaan ini masih seperti perusahaan baru yang belum mempunyai dana untuk melakukan marketing melalui web.

Sering kali beberapa orang masih meragukan untuk membeli barang ataupun jasa melalui website yang masih memakai domain gratis dan cenderung berpikir apakah ini benar merupakan website official dari brand tersebut?, apakah website ini aman untuk bertransaksi? dan beberapa keraguan lainnya.

Maka dari itu, jika membuat website untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan domain yang berbayar.  Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan domain berbayar, seperti :

1. Terlihat Profesional

 
Selain keuntungan terlihat lebih profesional yang tadi disebutkan, hal ini juga didukung dengan Anda sangat memungkinkan untuk memiliki alamat email yang sama dengan nama domain Anda.

Bukan lagi menggunakan akhiran @gmail.com, @yahoo.com ataupun @roketmail.com yang terlihat sangat personal dibandingkan profesional untuk menjalankan sebuah bisnis.

2. Mengatur Top Level Domain

 
Anda bisa menentukan ingin menggunakan top level domain yang seperti apa. Apakah ingin menggunakan .com sebagai top level domain dari website Anda atau akhiran lainnya. Akhiran .com biasanya dipilih untuk website yang memiliki keperluan komersil. Semua ini bisa Anda dapatkan dengan membeli sebuah domain bukannya menggunakan domain yang berbasis gratis.

3. Dapat Memiliki Subdomain

 
Subdomain merupakan part dari domain utama yang sengaja dibuat agar tidak mengganggu tampilan dari website utama. Misalkan website utama berisi produk dan subdomain berisikan blog mengenai pengetahuan yang berkaitan dengan produk.

Nah, hal-hal tersebut merupakan beberapa keuntungan dari menggunakan domain yang berbayar.

Google merupakan perusahaan terkenal yang menjalankan bisnis di bidang jasa dan produk-produk internet. Cara paling mudah mengetahui beberapa aplikasi di internet merupakan milik Google adalah dengan melihat dari nama produknya. Biasanya nama depan produk akan disertai dengan nama Google terlebih dahulu. Seperti Google Maps, Google Translate, Google Drive dan banyak lagi produk lainnya. Ada juga beberapa produk yang tidak menggunakan nama Google di depannya seperti Gmail, Youtube, Chrome dan lainnya.

Mungkin terkadang Anda tidak sadar bahwa beberapa produk yang Anda gunakan merupakan aplikasi buatan Google. Google juga memiliki salah satu produk Andalan jika sudah membahas mengenai domain, yaitu Google Domains. Google Domains merupakan domain registration service yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2015 lalu.

Google Domains akan membantu meregistrasikan nama domain Anda, baik nama domain baru ataupun yang telah Anda gunakan pada WordPress maupun situs pembuatan website lainnya.

Lalu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih mendaftarkannya melalui Google Domains dibandingkan dengan domain biasa? Dikutip dari Google Domains, ini lah beberapa kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya.

  1. Dapat menjaga domain Anda dari potensi serangan seperti spoofing DNS menggunakan DNSSEC gratis dan hanya dengan sekali klik
  2. Ada 2 step verification yang akan dilakukan Google pada akun Anda yang akan memperkuat keamanan akun Anda
  3. Memungkinkan untuk berbagi domain dengan rekan kerja Anda, jadi Anda bisa bekerja sama dalam mengelolanya
  4.  Adanya fitur Privacy protection untuk menghindari penyalahgunaan informasi pribadi Anda
  5. Memberikan harga yang transparan dengan satu harga dan segala fitur-fitur menariknya
  6. Terintegrasi diseluruh produk Google hanya dengan satu akun
  7. Mengekspor DNS dengan cara men-download data DNS Anda ke format standar, seperti BIND atau YAML
  8. Akses mudah untuk add-on seperti Shopify, Squarespace, WIX, Bluehost, dan Weebly

Banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh Google Domains, lalu apakah domain google gratis? jawabannya adalah tidak. Dikutip dari Kinsta.com, Google Domains menyediakan harga domain google yang bervariasi untuk domain yang akan Anda pilih.

Contohnya untuk domain .com seharga $12/tahun, .org seharga $12/tahun dan .io seharga $60/tahun. Bagi Anda yang memiliki Google Site, Anda bisa pergi ke Google Domains untuk membuat custom domain Google Site Anda sendiri. Berikut ini merupakan tutorial cara beli domain google dan cara membayar domain google pada Google Domains yang dikutip dari Kinsta.com

Artikel Terkait  Virtual Private Server Adalah? memahami tentang VPS

domain-5

1. Ketikkan Domain yang Anda Inginkan

 
Pertama Anda masuk ke situs Google Domains, kemudian ketikkan alamat domain yang Anda inginkan pada box dan klik button get it. Atau Anda juga bisa mentransfer domain yang telah Anda miliki sebelumnya. Tetapi contoh disini adalah membuat alamat domain baru.

Google akan menunjukkan, domain yang tersedia dan bisa dipilih serta menampilkan harga domain tersebut per tahunnya. Jika sudah menemukan domain yang Anda inginkan, kemudian klik icon cart pada list domain pilihan Anda untuk melakukan proses lebih lanjut.

Lalu bagaimana cara mengganti domain google yang sudah kita pilih sebelumnya? Anda tetap bisa menggantinya selama Anda belum melakukan check out dan membayarnya atau jika Anda menginginkan top level domain Anda mewakili negara tempat Anda berada, seperti Singapore dengan .sg, Indonesia dengan .id dan domain google tiap negara lainnya yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Anda hanya perlu scroll down pilihan domain yang tersedia sampai Anda menemukan domain yang Anda cari.

Artikel Terkait  Propagasi DNS | Pengertian & Cara Mempercepat Prosesnya

2. Check Out dan Lakukan Pembayaran

 
Setelah memasukan domain pilihan Anda ke dalam cart, kemudian buka cart dan lakukan check out untuk memproses pembayaran. Ada 2 opsi yang akan muncul dan enable otomatis yang memang diatur default dari pihak Google. Kedua opsi tersebut adalah Privacy protection dan Auto-renew.

Auto-renew menghindarkan Anda dari tidak sengaja lupa memperbarui domain dan akhirnya kehilangan domain Anda. Opsi ini terserah Anda ingin diaktifkan atau tidak, tapi lebih baik jika fitur ini diaktifkan jadi Anda bisa menggunakan domain yang sama selama bertahun-tahun sambil mengembangkan brand Anda.

Sedangkan untuk Privacy protection merupakan layanan 100% free untuk menjaga personal information Anda tetap rahasia. Jadi biarkan saja fitur ini tetap enable. Saat Anda melakukan check out, Anda akan diminta mengisi informasi pribadi. Tetapi tenang saja, selama Anda mengaktifkan fitur privacy protection data pribadi Anda akan tetap aman.

Lanjutkan langkah berikutnya dengan melakukan pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit Anda. Di beberapa negara ada juga yang bisa melakukan pembayaran melalui rekening bank, seperti AS, Inggris dan beberapa negara di Eropa.

Dengan mengaktifkan domain melalui Google Domains, Anda bisa mendapatkan laporan mengenai perkembangan situs Anda pada mesin pencari Google. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, dengan memilih Google Domains maka Anda akan terintegrasi dengan berbagai produk Google.

Salah satunya yaitu Google Search Console , yang nantinya akan mengumpulkan data untuk aktivitas pada website Anda.

Jadi tunggu apa lagi? dengan segala kemudahan yang Google Domain sediakan untuk Anda, Anda bisa melakukan banyak hal dalam satu account. Perusahaan Google memang cukup powerfull dalam jasa-jasa produk yang terkait dengan internet.

Hanya dengan satu akun, Anda sudah bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mendaftarkan domain, menerima laporan, menganalisis pemasaran Anda dan masih banyak lagi kelebihan yang ditawarkan oleh Google.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya