Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteDomainPerbedaan Domain Indonesia dan Domain Internasional

Perbedaan Domain Indonesia dan Domain Internasional

-

Last Updated on September 5, 2023 by

Ketika kalian mengakses sebuah website tertentu, kalian pasti akan menemukan website yang berakhiran .id atau .com bukan? Pernahkan di benak kalian berfikir meski website tersebut berbasis di Indonesia, mengapa mereka menggunakan akhiran domain atau ekstensi yang berbeda? Pada artikel kali ini mari kita bahas perbedaan antara domain Indonesia (.id) dan domain Internasional (.com). Yuk simak!

Sebelum itu mari kita ketahui apa itu domain.

domain

Image by Freepik

Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah situs web di internet. Setiap situs web memiliki domain yang terdiri dari nama unik dan ekstensi tertentu (seperti .com, .net, .org, .id, dll.).

Domain membuat lebih mudah bagi pengguna internet untuk mengakses situs web dengan mengingat nama domain daripada harus mengingat alamat IP numerik yang kompleks yang sesungguhnya digunakan oleh server untuk mengidentifikasi situs web. Domain juga membantu dalam pembentukan identitas online, apakah itu bisnis, organisasi, atau individu.

Domain terdiri dari dua komponen utama yaitu nama unik dan ekstensi.

Nama Unik (Domain Name)

Ini adalah bagian yang bisa kita identifikasi dan mudah diingat. Misalnya dalam alamat “www.contoh.com”, “contoh” adalah nama unik. Nama unik ini biasanya mencerminkan identitas situs web atau bisnis, seperti nama merek, nama organisasi, atau topik yang relevan dengan situs tersebut.

Ekstensi (Top-Level Domain/TLD)

Ini adalah bagian akhir dari domain, seperti “.com”, “.org”, “.net”, atau “.id”. Ekstensi ini memberikan informasi tentang jenis situs web atau wilayah geografis asal domain. Misalnya, “.com” umumnya digunakan untuk tujuan komersial, “.org” untuk organisasi nirlaba, “.net” untuk jaringan, dan “.id” untuk domain Indonesia.

Mengapa domain penting?

Memudahkan Akses: Domain membuat situs web lebih mudah diakses oleh pengguna internet. Mengingat alamat IP numerik yang kompleks untuk setiap situs web sangatlah sulit sementara nama domain mudah diingat dan diidentifikasi.

Membangun Identitas: Domain membantu dalam membentuk identitas online suatu entitas. Nama domain yang relevan dengan merek atau topik situs web dapat membantu dalam branding dan mengkomunikasikan tujuan situs.

Artikel Terkait  Propagasi DNS | Pengertian & Cara Mempercepat Prosesnya

Profesionalitas: Memiliki domain sendiri memberikan kesan profesionalitas. Situs web dengan domain kustom sering kali lebih dipercayai daripada situs dengan alamat yang panjang atau menggunakan subdomain.

SEO dan Visibilitas: Nama domain yang relevan dengan konten situs dapat mempengaruhi peringkat dalam hasil pencarian. Search engines cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada situs dengan nama domain yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Kontrol dan Milik: Memiliki domain berarti memiliki kontrol penuh atas konten situs web dan alamat email yang berkaitan dengan domain tersebut.

Dengan demikian, domain berperan penting dalam menghubungkan pengguna dengan situs web serta membangun identitas dan reputasi online suatu entitas.

domain

Image by Markus Winkler on Unsplash

Domain Indonesia (.id)

Domain Indonesia (.id) adalah ekstensi domain tingkat teratas (Top-Level Domain/TLD) yang secara khusus digunakan untuk mengidentifikasi situs web yang berafiliasi dengan Indonesia. Ekstensi .id menunjukkan bahwa situs web tersebut memiliki keterkaitan dengan wilayah geografis Indonesia. Domain .id merupakan alat penting untuk membedakan situs web yang berhubungan dengan Indonesia dari situs web dengan ekstensi domain lainnya.

Ekstensi .id memiliki beberapa subkategori yang memungkinkan pengguna untuk memilih domain yang sesuai dengan tujuan situs web mereka seperti:

.co.id: Dikhususkan untuk identitas bisnis atau komersial di Indonesia.

.web.id: Cocok untuk situs web personal, seperti blog atau portofolio online.

.ac.id: Digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi dan akademis seperti universitas dan sekolah tinggi.

.sch.id: Diperuntukkan bagi lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga menengah, seperti sekolah dasar dan menengah.

.go.id: Reservasi khusus pemerintah dan lembaga pemerintah Indonesia.

.or.id: Disediakan untuk organisasi nirlaba dan masyarakat sipil di Indonesia.

.mil.id: Khusus digunakan oleh lembaga militer Indonesia.

.net.id: Digunakan oleh penyedia layanan internet atau jasa teknologi informasi di Indonesia.

.my.id: Cocok untuk pengguna individu dan personal yang ingin memiliki domain dengan identitas Indonesia.

Situs web dengan domain .id sering kali memiliki nilai tambah dalam konteks local karena dapat memberikan pengakuan dan kepercayaan khusus dari pengunjung atau pelanggan di Indonesia. Ekstensi .id membantu mengindikasikan asal geografis situs web serta tujuan atau kategorinya sehingga membantu dalam memahami isi dan fungsionalitas situs sebelum mengaksesnya.

Artikel Terkait  Cara Mencari Domain Expired yang Berkualitas (Lengkap)

Domain Internasional (.com)

Domain internasional (.com) adalah salah satu dari banyak ekstensi domain tingkat teratas (Top-Level Domain/TLD) yang umum digunakan di seluruh dunia. Ekstensi .com secara khusus tidak terkait dengan wilayah geografis tertentu dan lebih bersifat global. Domain ini awalnya diciptakan untuk mewakili identitas komersial tetapi seiring berjalannya waktu, penggunaan .com telah meluas dan dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web termasuk organisasi nirlaba, blog, proyek pribadi, bisnis, dan banyak lagi.

Kelebihan dari domain .com adalah:

Universal Appeal: Ekstensi .com dikenal secara internasional dan menjadi salah satu yang paling dikenal dan diakui di seluruh dunia.

Keterbukaan: Domain .com tidak memiliki batasan geografis, sehingga cocok untuk situs web yang ingin menjangkau audiens global.

Fleksibilitas Penggunaan: Meskipun aslinya ditujukan untuk bisnis, .com sekarang digunakan untuk berbagai jenis situs web dan tujuan.

Profesionalitas: Domain .com sering dianggap lebih profesional dan dapat memberikan kesan stabilitas dan kepercayaan kepada pengunjung situs.

Potensial Bisnis: Bagi bisnis, domain .com dapat menjadi pilihan yang baik karena memiliki potensi lebih besar untuk mengingat dan dicari oleh calon pelanggan.

Namun karena popularitasnya yang tinggi domain .com mungkin memiliki lebih sedikit pilihan nama yang tersedia terutama jika nama yang diinginkan sudah digunakan oleh orang lain. Selain itu karena karakter globalnya, kadang-kadang mungkin sulit untuk mengidentifikasi asal atau kategori situs hanya dari ekstensi .com.

Sebaiknya yang Mana Lebih Baik Digunakan?

Pemilihan antara domain .id atau .com tergantung pada tujuan dan sifat situs web yang kalian miliki. Berikut adalah beberapa pertimbangannya.

Jika Situs Ditujukan untuk Pasar Indonesia

Jika situs kalian fokus pada audiens di Indonesia, menggunakan domain .id dapat memberikan kesan lokal dan relevan dengan wilayah. Ini dapat membantu membangun kepercayaan di antara pengguna Indonesia.

Jika Situs Bersifat Lokal atau Bisnis Lokal

Jika kalian memiliki bisnis lokal di Indonesia atau situs web yang menyediakan informasi khusus untuk masyarakat Indonesia, domain .id dapat lebih sesuai dan menarik bagi pengunjung lokal.

Jika Situs Bersifat Internasional atau Bisnis Global

Jika situs kalian memiliki tujuan internasional atau ingin menjangkau audiens global, domain .com bisa lebih cocok. Ini memberikan kesan bahwa situs kalian bersifat universal dan tidak terbatas oleh batasan geografis.

Ketersediaan Nama Domain

Pertimbangkan ketersediaan nama domain yang diinginkan. Karena domain .com lebih umum digunakan, mungkin sulit untuk menemukan nama domain yang sesuai. Di sisi lain domain .id mungkin memberikan lebih banyak opsi nama yang relevan.

Artikel Terkait  Memilih Domain adalah Langkah Awal Membuat Website | Tips Memilih Domain yang Bagus untuk Web

Profesionalitas dan Kepercayaan

Kedua domain memiliki kelebihan masing-masing dalam hal profesionalitas dan kepercayaan. Domain .com memiliki kesan global dan bisa terdengar lebih umum. Sementara itu, domain .id bisa memberikan kesan lokal dan lebih spesifik.

Tujuan Jangka Panjang

Pertimbangkan rencana jangka panjang situs kalian. Jika kalian ingin berkembang secara internasional di masa depan, domain .com mungkin lebih fleksibel. Namun, jika fokus kalian tetap di Indonesia, domain .id bisa lebih sesuai.

Konsistensi Merek

Jika kalian sudah memiliki merek atau nama bisnis yang berhubungan dengan Indonesia, menggunakan domain .id dapat memberikan konsistensi dalam citra merek kalian.

Penting untuk memahami sasaran dan audiens situs kalian sebelum memilih domain. Jika kalian ingin lebih menonjolkan identitas lokal dan lebih fokus pada pasar Indonesia, domain .id bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika kalian ingin fleksibilitas internasional, domain .com mungkin lebih sesuai.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara domain Indonesia (.id) dan domain Internasional (.com).

Definisi Domain: Domain adalah alamat unik untuk mengidentifikasi situs web. Setiap domain terdiri dari nama unik dan ekstensi seperti .id atau .com.

Domain Indonesia (.id): Domain .id adalah ekstensi khusus untuk situs web terkait Indonesia. Ini memberi kesan lokal dan relevan. Cocok untuk bisnis lokal, organisasi, atau situs yang ingin menargetkan audiens di Indonesia.

Domain Internasional (.com): Domain .com lebih umum dan global. Cocok untuk situs web yang ingin mencapai audiens internasional. Dikenal secara luas dan memiliki fleksibilitas penggunaan.

Pemilihan Domain: Pilih domain berdasarkan tujuan dan target audiens situs web. Gunakan .id untuk fokus lokal di Indonesia, dan .com untuk cakupan global atau universal.

Kelebihan Domain .id: Memberikan kesan lokal, relevan, dan khusus. Cocok untuk identitas Indonesia dan tujuan dalam negeri.

Kelebihan Domain .com: Dikenal secara global, memberi kesan profesional dan umum. Cocok untuk situs dengan tujuan internasional.

Ingatlah untuk memilih domain yang sesuai dengan rencana jangka panjang dan karakteristik situs web kalian.

Bagaimana dengan informasi diatas?Menarik bukan?Ikuti WEBAPP untuk terus mendapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan artikel terbaru dan menarik terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya