Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteDomainParking Domain: Pengertian Hingga Tips Memilihnya Lengkap!

Parking Domain: Pengertian Hingga Tips Memilihnya Lengkap!

-

Last Updated on September 8, 2023 by

Memiliki sebuah domain kini bukan hanya soal memiliki alamat online. Domain telah menjadi identitas, merek, serta investasi yang berharga. Namun, bagaimana jika domain yang dibeli belum siap untuk digunakan? Bagaimana cara memaksimalkan nilai dari domain tersebut sementara menunggu waktu yang tepat untuk mengembangkannya? Solusinya adalah melalui apa yang dikenal dengan Parking Domain. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai Parking Domain, mulai dari pengertian, jenisnya, cara kerja, keuntungan dan kerugian hingga tips memilihnya. Yuk langsung simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Apa itu Parking Domain 

parking domain

Images by Freepik

Parking Domain adalah praktik dimana seseorang atau perusahaan mendaftarkan nama domain tetapi belum menggunakannya untuk situs web aktif. Biasanya, halaman parkir ini berisi pesan sederhana atau iklan yang menunjukkan bahwa domain sedang tidak aktif atau dijual. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi nama domain tersebut atau untuk mendapatkan pendapatan dari iklan yang tampil di halaman tersebut.

Banyak orang yang membeli domain dengan niat untuk membangun situs web di masa depan, tetapi mungkin belum memiliki konten atau waktu untuk melakukannya. Dalam kasus ini, Domain yang diparkir bisa menjadi solusi sementara yang efektif sampai mereka siap untuk mengembangkan situs web yang sebenarnya.

Jenis Parking Domain 

Parking Domain memiliki beberapa janis yang bisa dipilih esuai dengan tujuan yang diinginkan. Berikut beberapa jenis domain yang terparkir yang wajib Anda ketahui.

Monetized Parking

Monetized Parking adalah salah satu jenis parking domain di mana halaman domain yang diparkir diisi dengan iklan pay-per-click. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan pendapatan dari kunjungan pengguna yang mengklik iklan tersebut. 

Pemilik domain dapat mendapatkan keuntungan finansial meskipun domain tersebut belum digunakan untuk situs web aktif. Biasanya, layanan penyedia parking akan membagi pendapatan dari iklan dengan pemilik domain berdasarkan persentase tertentu.

Non-monetized Parking

Non-monetized Parking merujuk pada praktek memarkir domain tanpa tujuan untuk mendapatkan pendapatan dari iklan. Halaman yang ditampilkan umumnya bersifat sederhana, menunjukkan bahwa domain tersebut sedang tidak digunakan atau sedang dalam tahap pengembangan. 

Halaman ini mungkin juga menampilkan pesan kustom, logo perusahaan, atau informasi kontak. Meskipun tidak menghasilkan pendapatan langsung, Non-monetized Parking berguna untuk mempertahankan nama domain, membangun kesadaran merek, atau sementara menunggu pengembangan situs yang sesungguhnya.

Artikel Terkait  Top Level Domain Adalah? Inilah Contoh Domain TLD Terbaik

For Sale Landing

For Sale Landing adalah jenis parking domain yang ditujukan untuk menampilkan informasi bahwa domain tersebut sedang dijual. Halaman ini biasanya didesain secara profesional dengan informasi jelas tentang bagaimana cara menghubungi pemilik domain. 

Tujuannya adalah untuk menarik pembeli potensial dan memudahkan proses transaksi. Dengan memarkir domain dengan For Sale Landing, pemilik domain dapat meningkatkan visibilitas dan peluang penjualan domain kepada pihak yang benar-benar tertarik.

Under Construction

Under Construction adalah pendekatan parking domain di mana halaman yang ditampilkan memberi tahu pengunjung bahwa sebuah situs web sedang dalam proses pembuatan atau pengembangan. Halaman “Under Construction” umumnya akan memiliki desain yang sederhana dengan pesan bahwa konten sebenarnya akan segera hadir. 

Meskipun tidak memberikan fungsi langsung, jenis parking ini memberikan kesan bahwa pemilik domain serius dalam mengembangkan situs dan berencana untuk memanfaatkan domain tersebut dalam waktu dekat. 

Redirection

Redirection mengacu pada pengaturan dimana domain yang diparkir otomatis mengarahkan pengunjung ke alamat web lain. Tujuan dari pendekatan ini bisa beragam, mulai dari memanfaatkan domain dengan kata kunci tertentu untuk meningkatkan lalu lintas, sampai strategi branding. 

Melalui redirection, pemilik domain dapat memaksimalkan pemanfaatan beberapa nama domain yang dimilikinya, sekaligus memastikan bahwa pengunjung tidak kehilangan jejak ketika mencari konten atau layanan mereka di web.

Cara Kerja Parking Domain 

Parking domain memiliki proses kerja yang relatif sederhana dan bisa dilakukan sendiri oleh pemilik domain. Berikut cara kerja dari domain yang terparkir.

Pendaftaran Domain

Pendaftaran domain merupakan langkah awal dalam memiliki identitas digital di dunia maya. Ini melibatkan proses memilih dan membeli nama domain unik melalui registrar domain. Nama domain ini nantinya akan menjadi alamat web Anda. Setelah berhasil mendaftarkan, domain tersebut menjadi milik Anda selama periode tertentu, dan bisa diperpanjang. 

Pengaturan Parking

Setelah domain berhasil didaftarkan, pemilik domain memiliki opsi untuk memarkirkannya jika belum ada rencana langsung untuk pembuatan situs web. Pengaturan Parking melibatkan pengaturan Domain Name System (DNS) dari domain tersebut ke server penyedia layanan parking. Proses ini bisa dilakukan melalui panel kontrol registrar domain atau langsung melalui penyedia layanan parking. 

Tampilan Halaman

Setelah pengaturan parking selesai, halaman dari domain yang diparkir akan aktif dan dapat diakses oleh pengunjung. Tampilan halaman ini bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis parking yang dipilih oleh pemilik domain. Desain dan konten dari halaman parkir ini harus disesuaikan dengan tujuan pemilik domain dan memberikan informasi yang jelas dan relevan bagi pengunjung.

Artikel Terkait  Mengapa Kita Perlu Memakai Domain Murah XYZ?

Pendapatan dari Iklan

Salah satu manfaat utama dari parking domain adalah potensi untuk menghasilkan pendapatan dari iklan. Ketika pengunjung mengakses domain yang diparkir dan mengklik iklan yang ditampilkan di halaman tersebut, pemilik domain akan menerima sebagian pendapatan dari iklan tersebut. Besaran pendapatan biasanya ditentukan berdasarkan perjanjian antara pemilik domain dan penyedia layanan parking. 

Manajemen dan Penjualan

Manajemen domain yang efektif melibatkan pemantauan, pembaruan, dan kadang-kadang penjualan domain yang telah didaftarkan. Bagi pemilik dengan banyak domain, layanan parking bisa menjadi alat penting untuk mengatur dan memonitor domain-domain tersebut. Selain itu, bagi yang berminat untuk menjual domain, halaman parking dengan “For Sale Landing” dapat meningkatkan peluang penjualan. 

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Parking Domain

parking domain

Images by Freepik

Seperti keputusan lainnya dalam dunia digital, memilih untuk memarkir domain Anda memiliki manfaat tertentu namun juga datang dengan beberapa tantangan. Berikut beberapa keuntungan dan kerugian yang dimiliki oleh domain yang terparkir.

Kelebihan

  • Pendapatan Pasif: Melalui monetized parking, pemilik domain dapat menghasilkan pendapatan hanya dengan menampilkan iklan pay-per-click pada domain yang diparkir.
  • Menjaga Identitas Brand: Dengan memarkir domain, perusahaan atau individu dapat memastikan bahwa mereka memegang hak atas nama domain tertentu yang relevan dengan merek atau bisnis mereka.
  • Kesiapan untuk Pengembangan: Halaman “Under Construction” memberikan kesan bahwa sebuah situs sedang dalam proses dan meningkatkan antisipasi audiens.
  • Fleksibilitas: Domain yang diparkir dapat dengan mudah diarahkan ke situs lain atau diubah tampilannya sesuai kebutuhan.
  • Peralatan untuk Penjualan: Dengan “For Sale Landing”, domain dapat dipromosikan untuk dijual kepada pembeli potensial.

Kekurangan

  • Kurangnya Konten Asli: Domain yang diparkir tidak memiliki konten unik, yang mungkin mengecewakan bagi beberapa pengunjung.
  • Potensi Pendapatan Terbatas: Meskipun ada potensi untuk menghasilkan pendapatan dari iklan, ini tidak sebanding dengan pendapatan yang mungkin diperoleh dari situs web yang sepenuhnya dikembangkan.
  • Risiko Penyalahgunaan: Ada beberapa layanan parking yang mungkin menampilkan iklan yang kurang relevan atau bahkan konten yang dapat merusak reputasi domain.
  • Biaya Tambahan: Beberapa layanan parking mungkin membebankan biaya tambahan atau meminta bagian yang lebih besar dari pendapatan iklan.
  • Kurangnya Kontrol Penuh: Terkadang, pemilik domain mungkin merasa memiliki kontrol yang kurang atas jenis iklan atau konten yang ditampilkan di domain mereka saat diparkir melalui penyedia layanan tertentu.

Tips Memilih Parking Domain yang Baik

Untuk dapat memilih domain ini dengan baik, terdapat beberapa tips mudah yang bisa diikuti. Berikut beberapa tips untuk memilih domain yang terparkir.

Pilih Penyedia yang Terpercaya

Dalam memilih layanan parking domain, sangat penting untuk bekerja sama dengan penyedia yang terpercaya dan memiliki reputasi baik di industri. Penyedia yang andal akan menawarkan transparansi dalam pembagian pendapatan, menampilkan iklan yang relevan dan berkualitas, serta menawarkan dukungan pelanggan yang responsif. 

Artikel Terkait  Cara Mencari Domain Expired yang Berkualitas (Lengkap)

Menghindari penyedia dengan ulasan negatif atau sejarah menampilkan iklan yang meragukan dapat mencegah potensi masalah di masa depan. 

Pertimbangkan Biaya

Biaya yang terlibat dalam parking domain dapat bervariasi tergantung pada penyedia dan fitur yang mereka tawarkan. Sebelum memutuskan, penting untuk memahami struktur biaya dengan jelas. Beberapa penyedia mungkin menawarkan layanan parking gratis tetapi mengambil bagian yang lebih besar dari pendapatan iklan. 

Sementara yang lain mungkin membebankan biaya bulanan tetapi memberikan porsi pendapatan yang lebih besar kepada pemilik domain. Selalu bandingkan harga dan ketentuan dari beberapa penyedia untuk memastikan Anda mendapatkan nilai terbaik untuk investasi Anda. 

Pilih Jenis Parking yang Tepat

Setiap domain memiliki tujuan dan potensi yang unik, dan penting untuk memilih jenis parking yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda karena ada jenis parking yang sesuai untuk setiap skenario. Pelajari dengan cermat setiap opsi yang tersedia dan pertimbangkan trafik yang diharapkan, potensi monetisasi, dan tujuan jangka panjang Anda. 

Responsive Design

Di era digital saat ini, pengguna mengakses situs web melalui berbagai perangkat, mulai dari komputer desktop hingga smartphone dan tablet. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa halaman domain yang Anda parkir memiliki desain responsif yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layar perangkat yang digunakan pengunjung. 

Desain responsif tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga memastikan bahwa iklan dan konten lainnya ditampilkan dengan benar, maksimalkan potensi klik dan konversi. 

Pantau Performa

Sebagai pemilik domain, penting untuk terus memantau performa domain yang Anda parkir. Penyedia layanan parking yang berkualitas biasanya menawarkan alat analitik atau dashboard yang memungkinkan Anda untuk melihat statistik seperti jumlah pengunjung, klik iklan, dan pendapatan yang dihasilkan. 

Dengan memantau data ini, Anda dapat menilai efektivitas parking Anda dan membuat keputusan informasi tentang apakah perlu mengubah strategi atau jenis parking. Selain itu, pemantauan reguler dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan pendapatan.

Kesimpulan

Parking domain adalah solusi bagi mereka yang memiliki domain tetapi belum siap atau belum memiliki rencana pasti untuk penggunaannya. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, penting bagi pemilik domain untuk memahami sepenuhnya apa yang diinginkan dan apa yang diharapkan dari memarkir domain mereka. Memilih penyedia layanan yang tepat dan memahami tujuan Anda adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat dari domain yang diparkir.

Jangan lupa terus ikuti WEBAPP untuk mendapatkan informasi terupdate seputar dunia teknologi. Klik https://appkey.id untuk dapat terus mengikuti berbagai update informasi setiap harinya. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya