Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteDomainDomain Gratis 2021 | Daftar Domain Gratis

Domain Gratis 2021 | Daftar Domain Gratis

-

Bagi pemula yang hendak membuat website pasti akan berpikir sekian kali untuk membeli domain. Pasalnya, mereka masih merasa ragu dengan web pertama yang baru dibuat, sehingga masih perlu banyak belajar.

Jadi solusi terbaiknya adalah, dengan memilih menggunakan domain gratis.
Bagaimana cara mendapatkan nama domain website secara gratis? Mudah saja, karena memang ada banyak situs-situs besar dan ternama yang turut memberikan domain gratis (free name domain) bagi siapa saja yang menginginkannya.

Layanan yang diberikan pun beragam, ada yang menggratiskan nama domain selama beberapa bulan, tahunan hingga selamanya. Biasanya, nama domain yang digratiskan untuk selamanya merupakan domain name dengan nama atau inisial yang sulit untuk diingat.

Contohnya, apabila Anda membuat situs website lewat CMS WordPress, biasanya CMS tersebut telah memberikan nama domain bawaan secara gratis, yakni wordpress.com.

Namun apabila Anda memang kurang berkenan menggunakan name domain gratis bawaan CMS WordPress atau CMS lain, maka Anda bisa mencari layanan pembuatan free name domain dari situs-situs lainnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak informasi ini hingga tuntas.

Domain Gratis  Di Indonesia

domain-2

Apakah Anda pernah melihat ada web atau blog yang menggunakan free domain namun berada pada posisi teratas di mesin pencarian Google? Terkadang yang mampu membuat sebuah web maupun blog selalu menduduki peringkat teratas pada mesin pencarian bukan karena nama domain yang digunakannya, melainkan bagaimana cara pihak pengelola situs tersebut mampu menyajikan konten yang unik, menarik dan bermanfaat, sehingga informasi yang disajikan menjadi banyak dicari oleh para pengunjung.

Terlebih lagi jika sajian konten tersebut mengandung keyword yang relevan dan telah dioptimasi dengan teknik SEO yang optimal, maka situs tersebut akan mampu bertahan di halaman pertama mesin pencarian meskipun banyak situs lain yang berebut menginginkan posisi tersebut.

Hal yang hendak disampaikan di sini adalah, percuma saja jika Anda menggunakan domain berbayar namun, Anda sendiri pun masih dalam tahap belajar dan uji coba dalam membuat serta mengembangkan website.

Sebab, jika nantinya Anda mampu mengembangkan dan mengelola website dengan baik, maka Anda bisa langsung menggantinya menggunakan nama domain berbayar agar kualitas situs website Anda menjadi terlihat lebih profesional.

Domain Gratis 2021 | Wacana Pemerintah

Di pertengahan tahun 2015 – 2016 lalu, pemerintah mengeluarkan wacana bahwa di tahun 2020 lalu setidaknya harus ada situs-situs penyedia layanan domain dan hosting yang turut menyediakan free domain bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Tujuannya adalah, agar masyarakat kita mampu mengembangkan kemampuan IT yang dimiliki, terutama bagi para pebisnis yang hendak belajar memperkenalkan usahanya melalui situs profesional.

Selain itu, dengan adanya layanan free domain, masyarakat dapat lebih leluasa dalam belajar mengembangkan situs website miliknya, tanpa harus terbebani dengan biaya pembeliaan nama domain berharga relatif mahal.

Coba bayangkan, jika dengan domain seharga Rp. 150.000 per tahun, Anda gagal dalam mengelola dan mengembangkan website tersebut, sehingga harus membuat web dengan nama domain baru maka berapa akan semakin banyak kerugian yang akan dialami.

Oleh karena itu, penggunaan free domain sangat direkomendasikan bagi pemula yang masih belajar dan yang masih ingin mencoba-coba dalam mengelola serta mengembangkan website miliknya.

Di awal, mungkin Anda sudah bertanya-tanya, “dimana bisa dapatkan layanan free domain dengan kualitas terbaik?”. Oleh karena itu, kami merasa berkewajiban untuk merekomendasikan beberapa diantaranya hanya untuk Anda.

Artikel Terkait  Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

1. Freenom

Sejauh ini, Freenom merupakan salah satu penyedia layanan free domain yang paling besar di internet. Layanan free domain yang disediakan di sini, diantaranya adalah : .ml, .ga, .cf, .tk. .gq dan lain sebagainya.

Setiap layanan free domain yang disediakan memiliki kualitas yang cukup baik, yakni dapat digunakan untuk mengatur DNS, forwarding hingga mengatur name server. Selain itu, melalui Freenom Anda bisa melakukan renew tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.

2. Biz.Nf

Dengan layanan free domain gratis dari situs Biz.Nf, Anda bisa menikmati free domain bernama .co.nf Yang mana, name domain tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis lengkap beserta hosting nya.

Walaupun nama domain .co.nf lebih cendrung seperti sub domain, namun fungsinya sama dengan nama domain .co.uk, karena memang hanya berbeda nama belakangnya saja, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pembelajar dalam membangun website untuk pemula.

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan name domain .com secara gratis, maka Anda diharuskan untuk membeli produk hosting personal maupun bisnis yang ditawarkan pada situs ini.

3. Free Domain PRO

Kelebihan yang dimiliki oleh penyedia layanan free hosting di situs Free Domain Pro ini adalah, tidak ada iklan sama sekali untuk URL Forwarding nya. Selain itu, setiap layanan yang ditawarkan dapat sepenuhnya Anda nikmati secara gratis 100%.

Nama domain yang digratiskan adalah .co.nr, dimana sudah ada ribuan website yang terdaftar menggunakan nama domain tersebut.

4. Dot.tk

Dot.tk adalah salah satu ekstensi domain terbaik di dunia saat ini. Dot.tk adalah perusahaan berbasis di pulau Tokelau, sama seperti Freenom. Sesuai dengan namanya, Dot.tk menyediakan domain gratis berekstensi .tk. Maka nantinya setelah Anda mendaftar domain maka website Anda akan bernama seperti ini: www.websiteku.tk.

Dot.tk telah menyediakan domain gratis sejak tahun 2001, dan masih menyediakan domain gratis untuk Anda pengelola blog, situs, maupun e-commerce. Namun domain ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti server yang kinerjanya cukup lambat. Meski demikian, Dot.tk bisa menjadi pilihan provider domain yang dapat Anda coba.

5. TMD Hosting

TMD Hosting, seperti namanya, ia juga menyediakan layanan hosting disamping layanan domain gratis. TMD Hosting meruapakan salah satu penyedia domain gratis yang sudah sangat lama bergerak di industri ini sehingga kerap dijuluki “veteran.” Keunggulan dari domain ini adalah memiliki kecepatan, keandalan, serta keamanan yang baik.

Paket layanan hosting yang disediakan oleh TMD Hosting pun cukup menarik sehingga Anda dapat menggunakannya sekaligus dengan domain Anda, sehingga Anda tak perlu lagi mencari layanan penyedia hosting lainnya.

Keuntungan Anda membeli paket hosting di TMD adalah, website Anda menjadi lebih terjamin keamanannya. Harga paket TMD Hosting pun dimulai dari Rp 42.071/bulan, Anda sudah bisa menikmati berbagai fitur-fitur layanan hosting yang dimiliki oleh TMD Hosting. Catatan, harga paket hosting di TMD Hosting bisa saja meningkat apabila kurs dollar terhadap Indonesia juga meningkat.

6. Biz,ly

Biz.ly adalah salah satu penyedia domain gratis yang dapat Anda jadikan alternative ketika Anda membutuhkan domain yang jitu untuk situs Anda sendiri. Biz.ly menyediakan domain gratis yang sangat singkat dengan domain .bis.ly yang berarti bisnis.

Menggunakan Biz.ly maka nama website Anda akan menjdi seperti ini: www.websiteku.biz.ly. Biz.ly sudah menjadi perusahaan layanan domain gratis sejak tahun 2002. Layanan mereka pun dapat dikatakan sederhana, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang masih pemula.

7. Wix

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Wix. Ya, Wix adalah pemain lama dalam industri teknologi khusus dengan pengembangan website. Bahkan, Wix disebut-sebut sebagai raja pembuat situs. Wix telah menyediakan layanan website builder, layanan hosting, serta layanan domain. Wix bisa menjadi opsi terbaik bagi Anda yang sedang membutuhkan penyedia domain gratis.

Dengan paket level awal gratis, yang dilengkapi dengan subdomain untuk aksesibilitas ke situs web. Wix sudah sangat terkenal di kalangan developer maupun blogger karena kualitasnya yang sangat baik. Domain yang disediakan oleh Wix dapat meningkatkan kredibilitas situs yang Anda miliki dan secara instan membuat tampilan laman web Anda terlihat lebih professional.

Keuntungan Daftar Domain Gratisan

domain-3

Memilih untuk menggunakan free domain bukan hanya dapat menghemat biaya pembuatan dan pengolahan website saja. Pasalnya, masih ada banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh dari penggunaannya. Adapun diantaranya, meliputi :

  • Bisa lebih leluasa dalam belajar mengembangkan dan mengelola website.
  • Bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran yang baik untuk mengelola web dari awal hingga menjadi situs profesional.
  • Berguna sebagai media pembelajaran dalam mempelajari ilmu coding atau bahasa pemrograman untuk mengembangkan web.
  • Dapat belajar mengenai bagaimana tata cara mengembangkan dan mengelola web dengan baik.
  • Berguna sebagai bahan eksperimen untuk menghasilkan web yang lebih profesional dan lebih berkarakter.

Artikel Terkait  Propagasi DNS | Pengertian & Cara Mempercepat Prosesnya

Cara Membuat Domain Gratis

  • Setelah mengetahui rekomendasi situs penyedia layanan free domain terbaik, maka berikutnya juga akan diinformasikan tentang tata cara membuat atau mendaftar domain gratisan untuk situs website Anda.
  • Masuklah ke dalam salah satu situs penyedia layanan free domain yang Anda pilih.
  • Login menggunakan email yang sebelumnya sudah Anda gunakan untuk membuat website.
  • Kemudian, masukkan name domain Anda secara lengkap seperti: namawebAnda.co.nf.
  • Lanjutkan dengan mengecek ketersediaan nama domain tersebut, apabila sudah ada maka klik Ok untuk melakukan konfirmasi.
  • Kemudian, lihat perubahan nama pada website Anda.

Bagaimana, sangat mudah sekali kan? Saat ini memang ada banyak sekali situs-situs penyedia layanan domain gratis, sehingga Anda harus cerdas dalam memilih. Pilihlah free domain dengan kemampuan kontrol dan kualitas yang cukup baik. Kalaupun memungkinkan Anda bisa memilih situs yang menyediakan layanan domain dan hosting sekaligus.

Walaupun demikian, penggunaan domain gratis hanya direkomendasikan sebagai media pembelajaraan dan percobaan saja. Jadi, ketika Anda hendak membuat website dengan tujuan yang lebih serius, seperti untuk mengembangkan bisnis, maka disarankan untuk menggunakan website berbayar.

Sebab, memang ada banyak penyedia layanan domain berbayar dengan biaya yang terjangkau dalam kurun waktu 1 tahun, sehingga Anda tidak akan terbebani dengan pembayaran penggunaan nama domain tersebut. Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan. Kunjungi terus situs Web App yaa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya