Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIPerbedaan JPEG dan JPG, Apakah Keduanya Berbeda?

Perbedaan JPEG dan JPG, Apakah Keduanya Berbeda?

-

Last Updated on September 4, 2023 by

Ketika kalian memasukkan gambar atau mengubah ekstensi file gambar, pasti kalian pernah melihat format JPEG dan JPG. Sejenak mungkin kalian berfikir apa bedanya dengan kedua format gambar tersebut atau mungkin ketika kalian punya file dengan ekstensi JPEG namun pilihannya hanya JPG disana kalian mulai bingung apakah harus mengganti dengan ekstensi yang sama atau tidak karena kedua ekstensi tersebut memiliki nama yang hampir sama. Pada artikel kali ini kita akan mengulas perbedaan diantara kedua format gambar tersebut. Yuk disimak baik-baik!

jpg jpeg

Image by Freepik

Table of Contents

Apa Itu JPEG?

JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah format kompresi gambar yang populer dan umum digunakan. Format ini dirancang untuk mengurangi ukuran file gambar sehingga dapat dengan efisien disimpan dan ditransfer melalui berbagai saluran komunikasi, seperti internet atau perangkat penyimpanan.

Berikut adalah beberapa ciri format gambar JPEG.

Kompresi Lossy

JPEG menggunakan metode kompresi lossy yang berarti sebagian informasi gambar akan hilang selama proses kompresi. Namun kompresi ini umumnya diatur sedemikian rupa sehingga kualitas gambar yang terlihat oleh mata manusia tetap cukup tinggi.

Warna 24-Bit

Format JPEG mendukung gambar berwarna 24-bit yang memungkinkan jutaan warna yang berbeda direpresentasikan dalam gambar. Ini membuatnya cocok untuk gambar dan foto yang berwarna.

Kontrol Kualitas dan Ukuran File

Saat menyimpan gambar dalam format JPEG, pengguna dapat mengatur tingkat kompresi yang akan mempengaruhi kualitas gambar dan ukuran file. Semakin tinggi tingkat kompresi, semakin kecil ukuran file tetapi kualitas gambar juga dapat terpengaruh.

Penggunaan di Internet

JPEG adalah format yang paling umum digunakan untuk gambar yang diperlihatkan di internet. Ini karena kemampuannya untuk menghasilkan ukuran file yang relatif kecil sehingga memungkinkan gambar untuk dimuat dengan cepat di halaman web.

Artikel Terkait  UI Designer : Tips dan Perbedaannya dengan UX Designer

Kualitas Variabel

Karena pengaturan kompresi yang dapat diatur, JPEG bisa digunakan untuk menghasilkan gambar dengan kualitas bervariasi mulai dari gambar berkualitas tinggi yang cocok untuk cetakan hingga gambar dengan ukuran file kecil untuk berbagi online.

Ketidakkompatibelan Transparansi

Format JPEG tidak mendukung lapisan transparansi seperti format PNG atau GIF. Sehingga area gambar yang tidak terlihat oleh mata manusia (seperti latar belakang transparan) akan diisi dengan warna solid.

Secara keseluruhan JPEG adalah format yang sangat berguna untuk mengompresi dan menyimpan gambar dan foto berwarna dalam ukuran file yang lebih kecil. Namun penting untuk mempertimbangkan tingkat kompresi dengan hati-hati agar kualitas gambar yang dihasilkan tetap memenuhi kebutuhan kalian.

jpg jpeg

Image by Freepik

Histori JPEG

Pengembangan Awal

Pada tahun 1986, kelompok peneliti bernama Joint Photographic Experts Group (JPEG) mulai mengembangkan format kompresi gambar yang efisien. Tujuannya adalah untuk mengembangkan metode kompresi yang dapat mengurangi ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitas gambar yang terlalu banyak.

Pengenalan Format JPEG

Pada tahun 1992, format JPEG pertama kali diterbitkan dan menjadi standar internasional untuk kompresi gambar. Format ini cepat diterima oleh industri dan pengguna karena kemampuannya untuk menghasilkan file gambar yang relatif kecil tanpa kehilangan kualitas gambar yang signifikan.

Penggunaan Luas

Seiring dengan pertumbuhan internet dan penyebaran komputer pribadi, format JPEG menjadi populer sebagai format standar untuk menyimpan dan berbagi gambar secara digital. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk fotografi digital, desain grafis, situs web, perangkat lunak pengolahan gambar, dan lebih banyak lagi.

Kualitas dan Kompresi

Salah satu fitur utama format JPEG adalah kemampuannya untuk mengontrol tingkat kompresi. Pengguna dapat memilih antara kualitas gambar yang lebih tinggi dengan ukuran file yang lebih besar atau kualitas yang lebih rendah dengan ukuran file yang lebih kecil. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam mengoptimalkan ukuran file gambar sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Terkait  Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Pengembangan Lanjutan

Selama bertahun-tahun, ada beberapa variasi dan pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kompresi dan kualitas gambar dalam format JPEG. Namun format ini masih menjadi salah satu format kompresi gambar yang paling banyak digunakan dan dikenal oleh banyak orang.

Sebagai salah satu format gambar yang paling umum digunakan JPEG telah menjadi bagian penting dari industri fotografi digital, desain grafis, dan berbagi konten visual di dunia digital saat ini.

Apa Itu JPG?

Saatnya kita beralih pada format gambar JPG. Untuk ciri format JPG sama sama dengan JPEG karena sebenarnya kedua format tersebut adalah format yang sama. Lalu mengapa ketika kita akan mengubah format gambar, kedua format tersebut ada padahal keduanya sama?

Jawabannya adalah karena pada tahun 1992 ketika JPEG mulai tercipta, MS-DOS merupakan sistem operasi komputer yang digunakan hampir oleh sebagian besar komputer pribadi di dunia. Pada saat itu MS-DOS hanya mendukung format gambar atau ekstensi hanya tiga huruf saja sehingga format JPEG diubah menjadi JPG. Keduanya merujuk pada format yang sama.

Sedangkan platform Apple Macintosh hanya digunakan oleh segelintir komputer yang tidak memiliki batasan penamaan format gambar atau ekstensi sehingga penamaan file JPEG dapat digunakan disana.

JPEG dan JPG Saat Ini

Meskipun format JPEG dan JPG tersebut sama, namun penamaan JPEG dan JPG keduanya masih terus digunakan. Perbedaan penamaan hanyalah tergantung kepada kebiasaan dan preferensi pengguna. Jadi jika kalian menemukan file JPG atau JPEG atau hanya memiliki file JPEG sedangkan yang harus dimaksukkan adalah file JPG, jangan khawatir karena keduanya merupakan format yang sama sehingga kalian tidak perlu mengubah format dari JPEG ke JPG atau sebaliknya.

Kesimpulan

Saat berurusan dengan gambar atau mengubah ekstensi file, mungkin kalian pernah melihat format JPEG dan JPG. JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah format kompresi gambar yang populer dan sering digunakan, dirancang untuk mengurangi ukuran file secara efisien agar dapat disimpan dan ditransmisikan melalui berbagai saluran komunikasi. Format ini memiliki beberapa karakteristik yaitu kompresi lossy, dukungan untuk warna 24-bit, pengendalian kualitas dan ukuran file, penggunaan umum di internet, kualitas yang bervariasi, dan ketiadaan kompatibilitas transparansi.

Artikel Terkait  Inilah Perbedaan Mockup dan Prototipe, Pemula Wajib Tahu

Sejarah JPEG bermula dari pengembangannya pada tahun 1986 oleh Joint Photographic Experts Group, dengan tujuan menciptakan kompresi gambar yang efisien namun tetap mempertahankan kualitas gambar. Format ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1992. Seiring berjalannya waktu, JPEG semakin umum digunakan dalam fotografi digital, desain grafis, situs web, dan berbagai aplikasi berkat kemampuannya dalam mengontrol tingkat kompresi.

JPG pada dasarnya adalah format yang sama dengan JPEG. Kedua istilah tersebut merujuk pada format gambar yang sama. Namun perbedaan dalam penamaan muncul karena keterbatasan sistem operasi MS-DOS, yang hanya mendukung ekstensi file tiga huruf. Akibatnya, JPEG disingkat menjadi JPG. Meskipun kedua nama tersebut digunakan secara bersamaan, pengguna dapat dengan bebas menggunakan JPG atau JPEG tergantung pada preferensi masing-masing. Jika kalian menemui salah satu format gambar tersebut, tidak perlu mengubah antara keduanya karena keduanya mengacu pada format yang sama.

Memahami perbedaan dan sejarah antara format JPEG dan JPG memberikan pemahaman bahwa keduanya sebenarnya adalah format yang sama dan memiliki penggunaan yang serupa. Hal ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menggunakan istilah mana pun berdasarkan kebiasaan dan preferensi masing-masing.

Bagaimana dengan informasi diatas?Menarik bukan?Ikuti WEBAPP untuk terus mendapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan artikel terbaru dan menarik terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya