Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIJenis-Jenis User Interface, Penjelasan dan Manfaatnya

Jenis-Jenis User Interface, Penjelasan dan Manfaatnya

-

Last Updated on October 23, 2023 by

Hai guys, sudah lama sekali kita tidak membahas tentang User Interface atau akrab disebut dengan UI tapi bukan nama universitas yaa. UI merupakan tampilan yang langsung berinteraksi dengan pengguna. Interaksi yang dimaksud adalah antara penglihatan, sentuhan, pendengaran dan lain-lainnya. Pembuatan situs web atau aplikasi, wajib harus benar-benar memprioritaskan tampilan dari UI. Penasaran dengan jenis-jenis UI, penjelasan dan manfaatnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Dalam penggunaannya User Interface dapat dibagi ke dalam beberapa jenis, berikut adalah diantaranya.

user interface

Graphical User Interface

Graphical User Interface atau GUI adalah salah satu jenis User Interface yang banyak digunakan dalam situs web atau aplikasi. Saat pengguna berinteraksi, seperti mengkliknya, GUI menampilkan objek yang menyampaikan informasi dan mewakili tindakan yang dapat dilakukan oleh pengguna. Objek dapat berubah warna, ukuran, atau visibilitas.

GUI menggunakan beberapa elemen seperti window, menu, icon dan komputer dapat menjalankan beberapa perintah seperti memindahkan file, membuka dan menghapusnya. Misalnya jika kalian ingin menampilkan menu pada komputer, maka dengan memencet logo menu atau pintasan pada keyboard, kalian bisa membuka menu tanpa memakai mouse.

Contoh dari GUI adalah:

Menu

Menu adalah daftar perintah atau pilihan yang dapat dipilih oleh pengguna melalui bilah menu. Menu terdiri dari berbagai icon program, beberapa di antaranya mencakup nama program, fitur dan file yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai kebutuhan.

Button

Yang dimaksud button adalah pintasan dari keyboard. Beberapa diantaranya dapat digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak. Ada juga yang digunakan dengan kombinasi atau secara mandiri.

Dialog Box

Salah satu jenis window adalah dialog box, yang menampilkan informasi tambahan dan meminta input pengguna. Beberapa opsi yang biasanya ditampilkan dalam dialog box adalah cut, copy, view, open, dan sebagainya.

Artikel Terkait  Tableizer sampai Color Picker : Ini Dia Trik HTML Terbaik yang Bisa Anda Coba

Ribbon

Ribbon adalah pengganti menu file dan bilah alat yang menyatukan aktivitas program bersama. Dalam Microsoft Word, ribbon berisi menu file, home, insert, design, layout, references, mailings, review, view, help, dan banyak menu lainnya. Pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat lunak dan melakukan aktivitas mereka dengan menu-menu ini.

Window

Menu Window, sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan komputer, biasanya terletak di bagian kiri pojok sebelah bawah layar. Di dalam menu Window, pengguna dapat melihat berbagai menu yang berisi program, fitur, dan file yang ada di laptop.

Natural-Language Interfaces

Melihat dari namanya, jenis yang satu ini membuat pengguna dapat berinteraksi dengan bahasa sehari-hari atau bahasa alami. Karena bukan bahasa programming, pengguna dapat dengan mudah memahami maksud bahasanya.

Cara kerjanya yaitu pengguna memasukkan bahasa alami yang diketahui manusia melalui tulisan atau metode lain. Nantinya sistem akan memberikan tanggapan yang akan diketahui melalui teks atau ucapan atau modalitas lain yang sesuai.

Contohnya yaitu tidak jauh dari aktivitas sehari-hari saat browsing sesuatu diinternet. Kalian bisa langsung mengetiknya dengan keyword tertentu atau dengan perintah suara.

Question and Answer Interfaces

Sesuai dengan namanya, perangkat akan menampilkan pertanyaan di layar kepada pengguna. Dalam interaksinya, pengguna akan memasukan jawaban melalui klik mouse atau mengetik jawaban. Lalu komputer akan berjalan sesuai dengan jawaban dengan sistem yang tentunya sudah diprogram.

Seperti misalnya muncul kotak dialog yang berbunyi “Apakah anda yakin ingin menghapusnya?” lalu ada jawaban “ya” atau “tidak” dibawahnya. Yang kalian lakukan adalah memilih salah satu diantara keduanya.

user interface

Menu-Driven Interface

Jenis ini menggunakan daftar pilihan dalam interaksinya. Pengguna hanya dapat melihat opsi yang ditampilkan saat menanggapi menu. Meskipun pengguna tidak perlu memahami sistem, mereka harus tahu tugas apa yang harus diselesaikan.

Misalnya pengguna dapat memilih edit, salin atau cetak dari menu pengolah kata standar. Contoh Menu-Driven Interface adalah ATM atau mesin pemesanan makanan di restoran yang menggunakan antarmuka pengguna berbasis menu yang mudah digunakan.

Artikel Terkait  10 Poin Penting untuk Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi yang Sukses

Command Line Interface

Pada jenis ini, pengguna diwajibkan mengetik instruksi yang sesuai ke dalam baris perintah. Keunggulan jenis ini yaitu dapat bekerja lebih cepat daripada jenis User Interface lainnya. Pengguna dapat mengetikkan perintah dalam CLI untuk melakukan berbagai tugas sistem operasi atau perangkat lunak seperti menyalin, mengubah nama, memotong, menghapus, dll.

Berikut adalah contoh dari perintah CLI.

  • ls (UNIX/Linux) atau dir (Windows) untuk menampilkan daftar file atau folder saat ini.
  • cd (Change Directory) untuk mengubah direktori saat ini ke direktori lain. Contoh: cd Documents akan memindahkan kalian ke direktori “Documents”.
  • mkdir (Make Directory) untuk membuat direktori baru.
  • rm (UNIX/Linux) atau del (Windows) untuk menghapus file.
  • cp (UNIX/Linux) atau copy (Windows) untuk menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain.

Form Based Interface

Jenis ini cukup banyak digunakan pada perangkat. Biasanya digunakan untuk memasukkan data atau aplikasi dengan pilihan yang terbatas. Contoh dari Form Based Interface yang sering ditemui pengguna adalah halaman kontak bisnis pada situs web atau pada Google formulir yang kegunaannya untuk mengumpulkan data.

Keunggulan dari Form Based Interface adalah pengguna dapat mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Selain itu jawabannya disimpan dengan baik. Pengguna juga dapat menghemat kertas demi merawat bumi kita yang tercinta ini.

Mobile User Interface

Jenis UI ini biasanya digunakan pada layar yang kecil seperti pada layar smartphone atau tablet. UI seluler seperti ini biasanya dibuat sebagai layar sentuh. Layar sentuh sensitif memungkinkan pengguna menggunakan jari mereka untuk mengaktifkan layar. Baik layar berukuran besar maupun kecil dapat menggunakan UI jenis ini.

UI jenis ini sangat berguna untuk berbagai aplikasi seperti lukisan atau pahatan virtual, mouse simulation dan instrumen musik seperti keyboard piano di mana intensitas tekanan yang diterapkan sangat penting untuk output.

Manfaat User Interface

Berikut adalah beberapa manfaat dari user interface.

  • Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Artikel Terkait  Eksistensi Kode VS Terbaik Untuk Pengembangan Javascript

Tampilan yang kreatif, mudah digunakan dan mengikuti tren akan membuat para pengunjung terpancing sehingga situs kalian akan banyak dikunjungi. Apalagi untuk kalian yang menggunakan website demi memperkenalkan produk atau sebagai sarana promosi.

  • Branding Perusahaan

User Interface yang jelas pada situs web atau aplikasi kalian akan mudah diingat oleh para pengunjung dan tidak menutup kemungkinan akan datang kembali. Tampilan dapat menjadi ciri khas yang dapat membedakannya dengan produk yang lain. Sehingga dengan ciri khas itu, pengguna internet yang pernah berkunjung langsung dapat mengingat bahwa produk itu milik perusahaan kalian.

  • Meningkatkan Keuntungan

Aplikasi atau web yang mudah digunakan tentunya akan membuat pengguna puas dengan produk web atau aplikasi dan kalian akan mendapatkan ulasan bagus. Dan sudah pasti akan meningkatkan keuntungan kalian.

Kesimpulan

UI atau User Interface adalah tampilan yang langsung berinteraksi dengan pengguna. Interaksi yang dimaksud adalah antara penglihatan, sentuhan, pendengaran dan lain-lainnya. Jenis-jenis dari User Interface yaitu Graphical User Interface (GUI) yang banyak digunakan pada web atau aplikasi, Natural-Language Interfaces yang termasuk mudah karena menggunakan bahasa alami manusia, Question and Answer Interfaces yang berinteraksi dengan menjawab pertanyaan, Menu-Driven Interface yang terdapat daftar pilihan dalam interaksinya.

Command Line Interface yang mewajibkan untuk mengetik instruksi dalam baris perintah, Form Based Interface yang dapat kalian lihat pada form dari situs web atau google form dan Mobile User Interface yang menekankan sentuhan pada outputnya. Beberapa manfaat dari User Interface adalah meningkatkan jumlah pengunjung, branding perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya