Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UI6 Prinsip Desain UI yang Harus Anda Ketahui

6 Prinsip Desain UI yang Harus Anda Ketahui

-

UI atau user interface adalah titik di mana pengguna manusia berinteraksi dengan komputer, situs web, atau aplikasi. Tujuan dari antarmuka pengguna (user interface) yang efektif adalah untuk membuat pengalaman pengguna menjadi sederhana dan intuitif, membutuhkan sedikit usaha dari  pengguna untuk mendapatkan hasil maksimal yang diinginkan.

User interface dibuat berdasarkan desain yang dibuat oleh desainernya. Jika Anda salah satu orang yang ingin menjadi seorang UI Designer yang membuat berbagai desain UI, Anda harus ketahui prinsip desain UI yang harus Anda ikuti untuk membuat Desain UI yang baik.

6 Prinsip Desain UI yang Harus Anda Ketahui

desain-UI.

UI merupakan lapisan interaksi yang menarik bagi indera manusia (penglihatan, sentuhan, pendengaran, dan lainnya). Ini termasuk  perangkat input seperti keyboard, mouse, trackpad, mikrofon, layar sentuh, pembaca sidik jari, epen dan kamera, dan perangkat output seperti monitor, speaker, dan printer.

Perangkat yang berinteraksi dengan banyak indera disebut Multimedia User Interface. Misalnya, antarmuka pengguna sehari-hari menggunakan kombinasi output visual, auditori (monitor dan speaker) input taktil (keyboard dan mouse) dan input taktil (keyboard dan mouse). Ketika mendesain UI, seorang desainer harus mengikuti prinsip desain UI.

Prinsip-prinsip desain User Interface adalah metode/proses untuk merancang tampilan ujung depan aplikasi perangkat lunak di mana klien atau pengguna dapat dengan mudah berinteraksi/menggunakan aplikasi perangkat lunak tanpa bahaya apa pun.

Jika tampilan UI dari aplikasi perangkat lunak yang diberikan menarik, mudah digunakan, sederhana, dapat dimengerti, responsif, maka aplikasi perangkat lunak akan sangat berguna.

Sederhananya, prinsip-prinsip desain UI menyediakan antarmuka/tampilan pengguna produk perangkat lunak dengan fokus pada tampilan & nuansa dan gaya yaitu pendekatan evolusioner yang memberikan kegunaan maksimum dan pengalaman pengguna terbaik. Berikut ini adalah  6 prinsip desain user interface.

1. Kejelasan (Clarity)

Dari mengenali elemen interaktif dan statis hingga membuat navigasi menjadi intuitif, kejelasan adalah bagian penting dari desain UI yang hebat. Ketika Anda membuat produk Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah navigasi Anda intuitif?
  • Apakah pengguna diarahkan dan didorong untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya dengan mudah?
  • Sudahkah Anda menggunakan tombol yang sangat terlihat yang mendorong pengguna untuk mengkliknya?
  • Apakah tujuan dari setiap elemen pada produk, situs web atau aplikasi Anda, jelas dan mudah dipahami?

Perlu diingat bahwa, Anda hanya memiliki delapan detik untuk menarik perhatian pengguna, jadi pastikan Anda tidak menyia-nyiakan detik itu dengan membuat kebingungan dan kekacauan.

Artikel Terkait  10 Rekomendasi Aplikasi Desain UI Terbaik untuk Pemula

2. Keakraban (Familiarity)

Apakah Anda secara otomatis mencari menu di bagian atas beranda situs web baru? Mengapa? Karena di situlah kami melihat menu. Menampilkan menu situs web di bagian atas adalah cara yang bagus untuk menggabungkan prinsip desain keakraban seperti yang dilakukan Sephora di sini

Interface terbaik sudah familiar bagi pengguna. Kegunaan, yaitu seberapa mudah pengguna berinteraksi dengan produk atau situs web, terkait erat dengan keakraban. Pengguna akan bergantung pada elemen dan antarmuka yang bertindak dengan cara yang akrab dengan pengalaman digital mereka.

Anda tidak hanya harus memanfaatkan prinsip dan aturan desain UI yang sudah ada untuk menggabungkan familiarity dalam desain Anda, tetapi juga memastikan bahwa semua elemen sinkron di seluruh antarmuka.

Ada beberapa manfaat menggabungkan prinsip desain UI yang familiar dalam produk Anda:

  • Meningkatkan retensi pengguna

Semakin akrab pengguna dengan antarmuka Anda dan semakin mudah mereka menggunakan situs web atau aplikasi Anda, semakin mereka akan kembali ke sana. Penelitian menunjukkan bahwa memperoleh pelanggan baru membutuhkan biaya 6x hingga 7x kali lebih banyak daripada mempertahankan yang lama, sangat penting bagi Anda untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lancar dengan memanfaatkan keakraban.

  • Lebih mudah untuk desainer UI

Lebih mudah bagi desainer UI untuk menggabungkan solusi desain antarmuka yang telah dicoba dan diuji daripada membuat yang baru dari awal.

  • Mengurangi kurva belajar bagi pengguna

Semakin sedikit waktu yang harus dihabiskan pengunjung untuk memahami cara kerja antarmuka pengguna, semakin cepat mereka dapat mulai menggunakan produk atau layanan Anda. Ini juga mengurangi kemungkinan mereka keluar dari situs web Anda dan pindah ke situs web berikutnya karena situs Anda memiliki kurva belajar yang curam.

3. Kontrol Pengguna

Tempatkan pengguna dalam kendali antarmuka. Jakob Nielsen menjelaskan mengapa hal ini penting: “Pengguna sering kali tidak sengaja memilih fungsi sistem dan akan membutuhkan ‘keluar darurat’ yang ditandai dengan jelas untuk meninggalkan keadaan yang tidak diinginkan tanpa harus melalui dialog yang diperpanjang. Mendukung undo dan redo.”

Ini pada dasarnya berarti memberi pengguna opsi berbeda untuk mundur selangkah ketika mereka merasa telah melakukan kesalahan. Ini terkait erat dengan aturan desain UI emas Ben Shneiderman, ‘Mendukung locus of control internal’, dan memungkinkan pengguna untuk membalikkan tindakan mereka dengan mudah’.

Sebagai contoh, setiap kali Anda membuat formulir, izinkan pengguna mengklik tombol <Kembali> dan kembali ke halaman terakhir mereka berada. Jangan bawa mereka kembali ke beranda atau awal formulir.

4. Hirarki

Hirarki visual yang kuat adalah prinsip desain inti dari antarmuka pengguna yang sukses. Ini terdiri dari mengatur elemen visual dengan cara yang menjelaskan tingkat kepentingan setiap elemen dan memandu pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Sebagai seorang desainer, tugas Anda adalah mengatur elemen desain UI dengan cara yang memudahkan pengguna untuk bernavigasi dalam produk Anda.

Seperti yang dikatakan Pascal Potvin, pemimpin desain di IBM, “Hirarki visual menciptakan urutan kepentingan elemen visual untuk mengarahkan perhatian pengguna dan membuat informasi lebih mudah dikonsumsi.”

Ini memastikan bahwa pengguna melihat informasi yang paling penting terlebih dahulu, kemudian berikutnya, dan seterusnya, dan ditetapkan melalui berbagai elemen. Beberapa di antaranya adalah:

  • Warna

Yang pertama dan salah satu elemen terpenting dalam membangun hierarki visual adalah warna. Warna-warna cerah paling menonjol dan dapat digunakan dalam skema warna yang diredam untuk mengarahkan pengguna agar mengambil tindakan tertentu.

  • Ukuran

Ukuran sangat penting dalam desain UI, terutama saat membuat hierarki visual. Semakin besar elemennya, semakin terlihat. Elemen yang lebih kecil biasanya kurang penting. Jadi, sebagai seorang desainer, cobalah untuk membuat hal-hal penting (seperti headline atau CTA) lebih besar dan lebih berani.

  • Font

Bermain-main dengan berbagai ukuran, bobot, dan gaya font untuk membangun hierarki visual. Inilah yang dilakukan Odoo di sini. Perhatikan bagaimana judul utama, yang dengan tepat menjelaskan tentang semua itu, memiliki ukuran font terbesar dan dua kata utama (‘real’ dan ‘CRM’) ditulis dalam huruf tebal untuk menekankan pesannya.

Meskipun CTA memiliki ukuran font yang lebih kecil, CTA disorot melalui kotak berwarna untuk memastikan bahwa mata audiens langsung tertuju padanya setelah membaca judulnya.

Artikel Terkait  Proses Desain User Experience : Memulai Dari Awal dan Apa Saja Tahapannya?

5. Negative Space

Beri elemen Anda ruang untuk bernafas – jangan menjejalkan semua objek dan elemen di layar. Ruang negatif atau negatif space membuat elemen penting menonjol dan menonjol. Seperti yang disarankan oleh Nick Kampouris, User Experience & User Interface Designer, “Jarak sosial elemen Anda, blok teks, dan semua yang ada di layar sialan Anda.

Angkasa adalah teman semua orang. Gunakan Hukum Kedekatan untuk membantu pengguna menavigasi halaman Anda secara visual. Ini adalah bagian dari desain Anda daripada yang lainnya, jadi harap perhatikan celahnya. ”

6. Fleksibilitas

Menurut Brooke Cowling, Co-founder & CMO Digital of Things, fleksibilitas tidak hanya mengikuti jalur linier, ini tentang mengetahui pelanggan Anda dan memberikan fleksibilitas untuk maksud pelanggan yang berbeda.

Jadi, mulai dari merancang solusi yang bekerja dengan baik di semua situasi  hingga menggunakan pintasan yang mempercepat interaksi bagi pengguna, fleksibilitas adalah prinsip utama desain antarmuka pengguna.

Anda tidak hanya perlu membuat antarmuka pengguna Anda dapat dipelajari oleh pengguna baru, tetapi juga harus memiliki akselerator yang membantu pengguna ahli mempercepat proses mereka. Dari pemula hingga ahli, pastikan produk Anda fleksibel dan efisien untuk semua jenis pengguna.

Beberapa contoh desain UI yang fleksibel meliputi:

  • Pintasan untuk melakukan langkah-langkah yang sering digunakan dengan satu klik
  • Fitur pencarian lanjutan
  • Menggabungkan bilah filter

Antarmuka pengguna multimodal memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem melalui berbagai mode, seperti ucapan, sentuhan teks, penglihatan. Sebagai seorang desainer, Anda harus memperhatikan semua mode ini.

Selain itu, rancang antarmuka pengguna dengan mengingat bahwa audiens Anda mungkin menggunakannya melalui ponsel, tablet, laptop, atau komputer lama yang sudah lama.

7. Aksesibilitas

Merancang situs web Anda untuk semua pengguna sangat penting. Menurut WHO, sekitar 285 juta orang mengalami gangguan penglihatan, antara 110 juta dan 190 juta orang dewasa mengalami kesulitan mobilitas yang signifikan dan 360 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan pendengaran yang melumpuhkan.

Saat merancang produk dan situs web, pastikan Anda memenuhi persyaratan WCAG (Web Content Accessibility Guidelines). Beberapa cara mudah untuk memasukkan prinsip aksesibilitas saat merancang produk adalah:

  • Gunakan WebAim Color Contrast checker untuk membuat kontras warna yang kuat
  • Pastikan semua gambar Anda memiliki atribut alt yang sesuai
  • Tanyakan pada diri Anda apakah pengguna dapat dengan mudah menavigasi situs web Anda melalui tombol tab di keyboard Anda

Jadi, saat mengerjakan proyek desain antarmuka pengguna Anda berikutnya, ingatlah semua prinsip desain UI ini dan Anda akhirnya akan membuat produk yang tidak hanya cantik tetapi juga ramah pengguna. Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak tentang cara membuat desain UI, kunjungi Appkey di https://appkey.id/.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya