Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI Mengenal Perbedaan CLI dan GUI yang Wajib Dipahami Programmer

Mengenal Perbedaan CLI dan GUI yang Wajib Dipahami Programmer

-

Banyak sekali artikel yang memang membahas tentang UI atau User Interface. Hal ini karena User Interface merupakan istilah yang dipergunakan untuk menentukan bagaimana seorang pengguna berinteraksi dengan perangkat elektronik yang digunakan, khususnya perangkat komputer. CLI dan GUI merupakan bagian dari berbagai jenis user interface atau yang bisa disebut juga dengan antarmuka pengguna.

CLI dan GUI adalah dua jenis UI yang berbeda dalam hal grafik yang digunakan pada sistem operasi. Untuk dapat melakukan operasi pada sistem CLI maka Anda harus menuliskan sebuah perintah. Sementara itu, dalam sistem GUI, pengguna harus menyediakan alat bantu visual (grafik) yang di dalamnya terdapat gambar dan ikon, dua hal inilah yang memfasilitasi pengguna agar dapat melakukan berbagai tugas secara langsung.

Nah, mau tahu lebih jauh tentang CLI dan GUI serta perbedaan CLI dan GUI? Untuk itu, yuk simak penjelasannya hingga akhir!

Pengertian CLI

arti-CLI

CLI atau Command Line Interface adalah program yang memungkinkan memerintahkan komputer dengan cara mengetik perintah teks agar dapat melakukan tugas tertentu. Namun kendati begitu kuat, penggunaan CLI tidak selalu diterima dengan baik sehingga jarang yang menggunakannya.

Terutama pemula, mereka enggan menggunakan CLI karena berpikir bahwa CLI hanya digunakan oleh mereka yang merupakan pengguna tingkat lanjut. Padahal sesungguhnya tidak demikian. CLI dapat juga digunakan oleh semua jenis pengguna.

Saat ini penerapan CLI pada komputer pribadi sudah sangat jarang. Hal ini terjadi karena banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan GUI (graphic user interface) sebagai penghubungnya untuk dapat berinteraksi dengan sistem komputer.

Artikel Terkait  Telah Hadir : Layanan yang Mudah dalam Mendesain Kaos secara Online!

Kendati memang jarang digunakan, jangan berpikiran bahwa komputer dengan antarmuka CLI tidak berguna. Sebab karena jarang digunakan oleh pengguna komputer personal, CLI pada akhirnya sering digunakan pengguna profesional untuk mengerjakan berbagai tugas komputer tertentu.

Contohnya untuk mengelola dan mengurus server jaringan, melakukan hosting web, berbagai keperluan administrasi, keamanan dan masih banyak lainnya.

Pengertian GUI

GUI atau Graphic User Interface merupakan salah satu jenis antarmuka pengguna (user interface) yang dalam penerapannya menggunakan metode interaksi pada perangkat elektronik secara grafis tidak menggunakan perintah berupa teks antara pengguna dengan komputer.

Dalam user interface, GUI menjadi salah satu faktor yang memudahkan pengguna dalam penggunaan komputer. Sebab pada sistem GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna dengan menggunakan simbol-simbol atau ikon grafis.

Beberapa contohnya adalah dalam Microsoft Windows, macOS, dan Xwin yang di mana ketiganya menggunakan berbagai jenis  GUI yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Dalam penggunaannya, Anda dapat mengendalikan GUI menggunakan beberapa macam alat input. Mulai dari mouse, keyboard, touchpad, touchscreen, dan berbagai perangkat inputan lainnya. Pada sistem operasi GUI, secara umum di dalamnya akan ada menu, tombol, jendela, ikon, dan lain-lain. Berbagai elemen tersebut didesain supaya pengguna lebih mudah ketika berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi dalam sebuah perangkat.

Dalam penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan pengguna secara umum, sebab tujuan adanya GUI memang lebih pada penyediaan perangkat yang user friendly. Contohnya saja ketika Anda ingin mendengarkan musik dari gadget Anda, Anda hanya perlu mengklik satu tombol yang terdapat dalam layar ponsel Anda, inilah salah satu contoh dari GUI itu sendiri. Hal ini karena pada dasarnya GUI diciptakan untuk memudahkan pegguna berinteraksi dengan perangkat komputernya.

Dengan adanya GUI, Anda sebagai user hanya perlu mengeklik gambar atau ikon yang telah disediakan oleh sebuah software. Sebab graphic user interface satu ini telah mengkonversi perintah tersebut dalam bentuk sebuah ikon di dalam layar komputer yang dapat Anda diklik untuk menjalankan fungsinya.

Dalam GUI terdapat berbagai komponen. Windows adalah salah satu yang memiliki bentuk persegi panjang dan dapat tumpang tindih dengan area jendela lain di dalamnya. Terdapat juga textbox yang merupakan komponen bagi pengguna yang berfungsi untuk menginputkan data. Lalu Menu, yang menyediakan daftar berbagai opsi yang dapat dipilih pengguna untuk menentukan apa yang ingin dilakukan. Sementara itu sebuah tombol memungkinkan ngguna untuk pememilih suatu opsi tertentu. Selain empath al di atas, masih ada banyak lagi komponen dalam GUI yang akan memudahkan pengguna melakukan interaksi.

Perbedaan CLI dan GUI

CLI-vs-GUI

1. Perbedaan CLI dan GUI Berdasarkan Kelebihan dan Kekurangan

a. GUI

Kelebihan GUI ialah dalam hal desain yang dapat diubah sesuai keinginan pengguna dan lebih User Friendly. Selain itu, dikarenakan berbentuk grafis, pengguna pemula yang baru menggunakan komputer tidak memerlukan keahlian khusus untuk dapat mengoperasikan komputer.

Artikel Terkait  Cara Mewujudkan Pengalaman Onboarding Terbaik pada Aplikasi

Sementara kekurangan GUI ialah membutuhan spesifikasi komputer yang lebih besar dibandingkan dengan CLI serta membuat komputer harus melakukan performa yang lebih berat dibandingkan dengan jika komputer menggunakan sistem CLI.

b. CLI

Kelebihan CLI ialah memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan GUI, lebih efisien pada saat digunakan. Selain itu, CLIh anya membutukan spesifikasi hardware yang terbilang rendah untuk dapat digunakan. Terakhir, kelebihan CLI yang menjadi perbedaan antara CLI dan GUI ialah penggunaan memori yang kecil karena berupa teks saja.

Untuk kekurangan CLI sendiri ialah tampilannya yang kurang menarik, terutama bagi mereka yang masih pemula sehingga awam terhadap ilmu komputer.  Serta para pengguna harus memiliki ingatan yang baik agar dapat mengingat baris perintah atau code yang harus dimasukkan untuk menjalankan tugas komputer.

2. Perbedaan CLI dan GUI Berikutnya dapat Kita Lihat dari Bagaimana Keduanya Bekerja

DI mana GUI merupakan jenis user interface yang memungkinkan pengguna melakukan interaksi dengan perangkat elektronik melalui simbol-simbol atau ikon grafis dan indikator visual. Sementara itu, di sisi lain CLI adalah antarmuka bagi pengguna untuk dapat mengeluarkan perintah dalam bentuk baris teks atau baris perintah berturut-turut agar komputer dapat melakukan tugas sesuai yang diinginkan oleh pengguna.

3. Kemudahan Penggunaannya Merupakan Perbedaan CLI dan GUI

Di mana pengguna akan sangat mudah menggunakan GUI. Sebab untuk dapat menggunakan GUI Anda tidak perlu memiliki pengetahuan luas tentang ilmu komputasi atau coding untuk menjalankan berbagai operasi pada sistem yang menggunakan GUI. Sementara itu, CLI merupakan  sistem yang cukup kompleks. Pengguna CLI setidaknya harus memiliki pengetahuan dan mengingat berbagai code atau syntax yang baik terkait perintah-perintah di dalam CLI. Perintah yang salah dituliskan atau typo dapat menimbulkan error.

4. Perbedaan CLI dan GUI Berikutnya dapat Anda Lihat pada Kinerja dan Tampilannya

GUI membutuhkan lebih banyak memori dibandingkan CLI karena di dalamnya mengandung banyak komponen grafis. Mulai dari gambar, ikon, dan lain-lain. Selain itu dalam GUI ada banyak elemen grafis yang perlu diload sehingga kinerjanya cenderung lebih lambat. Hal ini karena GUI memberikan opsi untuk pengguna mengubah tampilan GUI sesuai dengan yang mereka inginkan.

Sedangkan CLI adalah interface yang menggunakan perintah sehingga tidak memerlukan banyak memori sebab hanya berupa barisan text biasa. Bagaimana dengan perubahan tampilan pada CLI? CLI merupakan sistem yang bekerja sangat sederhana sehingga tampilan CLI tidak mungkin untuk dilakukan perubahan.

Jadi kesimpulannya, CLI dan GUI masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang telah diuraikan di atas.Pada dasarnya, kedua sistem user interface ini telah disesuai dengan kebutuhan pengguna. Para pengguna User Interface GUI memberikan Anda tingkat multitasking serta efisiensi yang lebih tinggi.

Artikel Terkait  Design adalah? Mari kita belajar web design

Sementara itu User Interface pada CLI memberikan penawaran pada lebih lebih leluasa dan lebih banyaknya kontrol, presisi, dan pengulangan yang dapat Anda lakukan. Jadi, setelah mengetahui perbedaan CLI dan GUI, mana sistem yang akan Anda gunakan? Kemudahan yang ditawarkan GUI atau CLI yang memakan sedikit memori?

Tentunya apapun pilihan Anda, yang paling penting adalah menyesuaikanya dengan kebutuhan dan tujuan Anda menggunakan komputer. Sekian artikel kali ini, terima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dan semoga membantu!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya