Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressTips Memilih Tema WordPress yang Cocok dengan Website Anda

Tips Memilih Tema WordPress yang Cocok dengan Website Anda

-

WordPress menyediakan berbagai tema yang dapat mempercantik tampilan website Anda. Ada banyak tema WordPress yang bisa Anda pakai, beberapa diantaranya tersedia secara gratis serta berbayar. Jika Anda berlangganan domain di WordPress, maka Anda akan disediakan tema premium WordPress secara gratis.

Tema WordPress adalah bagian WordPress yang membuat website Anda tampak lebih cantik dan sesuai dengan konten maupun bisnis Anda. Jika Anda baru pertama kali menggunakan WordPress, Anda mungkin akan bingung menentukan bagaimana memilih WordPress Theme dengan mudah agar cocok dengan website Anda. Ini dia 10 tips untuk memilih tema WordPress.

12 Tips Memilih Tema WordPress

tema wordpress..

Ada banyak pilihan tema WordPress untuk Anda. Saat ini ada lebih dari 7.000 tema gratis di direktori WordPress, ditambah tema premium yang tak terhitung jumlahnya dari berbagai pengembang. Ini dia tips memilih tema WordPress.

1. Pilih tema WP sederhana

Banyak designer UI memegang prinsip “Less is More” di mana mereka tidak terlalu banyak memasukan ornament-ornamen yang tidak ada gunanya pada website. Banyak tema WordPress dengan beragam pilihan warna, tata letak, dan penyesuaian, dan beberapa bahkan memiliki elemen animasi. Sepertinya semua opsi ini membantu meningkatkan situs Anda, tetapi ingatlah bahwa Anda tidak selalu membutuhkannya.

Cari tema dengan desain yang membantu bisnis Anda menyampaikan pesannya dengan jelas dan efektif. Idealnya, Anda ingin situs Anda terlihat luar biasa dan mudah dinavigasi bagi pengunjung Anda. Pilih tema yang tidak terlalu rumit. Tujuan utama desain web adalah membantu pengguna menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

Selain menemukan tema yang tampak hebat, Anda memerlukan tema yang memiliki Call To Action (CTA) yang dirancang untuk membantu situs Anda berkembang. Hal ini dapat dimasukkan ke dalam tema Anda secara manual melalui konten atau ditambahkan secara terpisah dengan bantuan plugin.

2. Pilih tema WordPress dengan desain responsif

Pada era kebangkitan gadget saat ini, di mana perangkat tidak hanya berupa PC, laptop, ponsel, dan smartphone saja. Sekarang ada banyak perangkat gadget lain yang digunakan untuk mengakses website seperti ponsel yang bisa dilipat, smartwatch, dan masih banyak lagi yang lain.

Jika situs Anda terlihat jelek dan/atau tidak berfungsi dengan baik saat dilihat di salah satu gadget tersebut, maka traffic website Anda pun menjadi rendah. Oleh karena itu pilihlah tema WordPress yang responsif.

Mayoritas tema WordPress sepenuhnya responsif, dan akan terlihat bagus di semua perangkat, termasuk komputer desktop dan laptop, tablet, dan smartphone. Google biasanya “menghukum” situs yang tidak ramah seluler, dan telah meningkatkan algoritme ramah selulernya beberapa kali. Pastikan Anda memberi situs web Anda peluang terbaik untuk muncul di hasil pencarian Google dengan membuatnya sepenuhnya responsif.

3. Menguji respons situs Anda

Setelah memilih WordPress Theme, Anda perlu menguji respon situs web Anda. Cara paling sederhana untuk menguji apakah suatu tema responsif atau tidak adalah dengan mengubah ukuran jendela browser Anda.

Saat Anda mengubah ukurannya, tata letak tema akan secara otomatis menyesuaikan agar sesuai dengan setiap lebar layar. Anda dapat mengambil langkah lebih jauh dengan menyalin URL halaman demo tema, dan menempelkannya di alat Mobile-Friendly Testing dari Google.

Tidak peduli seberapa ramah seluler temanya, pengujian ini kemungkinan akan menunjukkan beberapa peringatan. Pastikan untuk waspada terhadap tanda bahaya seperti teks yang terlalu kecil atau konten yang lebih lebar dari layar dan lain-lain.

4. Menambahkan AMP ke situs web Anda

Jika Anda ingin meningkatkan keramahan seluler situs Anda ke tingkat berikutnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan Accelerated Mobile Pages (AMP) ke situs Anda selain menggunakan WordPress Theme.

Accelerated Mobile Pages adalah inisiatif sumber terbuka yang didukung oleh Google dan Twitter. Itu bergantung pada HTML kosong dan Javascript terbatas. Semua konten AMP dihosting di cache AMP Google, lalu disajikan kepada pengunjung Anda secara instan saat mereka mengklik hasil Anda di hasil mesin telusur.

Tujuan proyek Accelerated Mobile Pages adalah membuat konten web dimuat lebih cepat bagi pengguna seluler. Ini dirancang untuk berfungsi dengan baik di setiap aplikasi, browser, dan penampil web.

Artikel Terkait  Widget Ternyata Juga Terdapat di Website | Ini cara Menambahkannya di WordPress

5. Kompatibilitas dengan plugin penting

Salah satu keuntungan utama menggunakan WordPress adalah jumlah plugin luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan semua jenis fungsionalitas ke situs web Anda. Dari SEO hingga kecepatan, keamanan dan lainnya, ada plugin untuk hampir semua hal yang Anda perlukan di situs Anda.

Ada beberapa plugin yang harus dimiliki, yang harus Anda instal dengan situs web apa pun. Ini termasuk Yoast SEO, W3 Total Cache (atau solusi caching lainnya), Wordfence Security dan BackWPup, dan lain-lain.

Anda ingin memastikan bahwa tema Anda kompatibel dengan semua plugin yang banyak digunakan. Dalam kebanyakan kasus, tema populer harus kompatibel dengan semua plugin yang Anda perlukan, tetapi tanyakan kepada pengembang tema jika Anda tidak yakin.

6. Memeriksa kompatibilitas browser

Periksa kompatibilitas situs Anda dengan Browser Sandbox. Pengunjung situs Anda akan menggunakan browser yang berbeda, jadi penting agar situs web Anda terlihat dan berfungsi dengan baik di semuanya, termasuk:

  • Google Chrome
  • Firefox
  • Safari

Mayoritas pengembang tema WordPress secara menyeluruh menguji tema mereka menggunakan berbagai alat kompatibilitas browser. Mereka cenderung menyebutkan bahwa tema mereka kompatibel dengan semua browser di detail tema, tetapi silakan periksa sendiri.

Anda dapat menjalankan beberapa tes kompatibilitas tema dasar untuk versi seluler dan desktop menggunakan salah satu alat online berikut:

  • BrowserStack (berbayar)
  • Browsershot (gratis)
  • Browser (versi gratis dan berbayar)
  • Lakmus (berbayar)
  • IE NetRenderer (versi gratis dan berbayar)
  • Sandbox Browser (gratis)
  • TestingBot (berbayar)
  • BrowseEmAll (berbayar)
  • Multibrowser (versi gratis dan berbayar)
  • CrossBrowserTesting (berbayar)
  • Sauce Labs (versi gratis dan berbayar)

Catatan: Anda dapat menjalankan halaman demo tema melalui salah satu alat yang disebutkan di atas, bukan menginstal tema dan kemudian menjalankan pengujian di situs Anda sendiri.

7. Pastikan situs Anda kompatibel dengan WooCommerce

Apakah Anda ingin menjual produk digital atau fisik di situs Anda? Jika demikian, Anda harus memastikan bahwa WordPress Theme yang Anda pilih kompatibel dengan WooCommerce, plugin eCommerce terkemuka untuk hosting mandiri di situs WordPress.

Sementara hampir semua tema harus bekerja dengan WooCommerce, beberapa pasti akan lebih cocok untuk toko online Anda. Terutama, Anda ingin melihat beberapa demo tema untuk melihat bagaimana toko, produk, dan halaman kategori produk terlihat menggunakan tema apa pun yang Anda pilih.

Anda juga dapat melakukan hal berikut untuk melihat pratinjau situs eCommerce Anda:

  • instal tema dan plugin WooCommerce
  • membuat produk
  • lihat halaman toko, produk individual, dan kategori produk untuk melihat seperti apa tampilannya

8. Pilih tema multibahasa/siap terjemahan

Jika Anda ingin memiliki situs WordPress dalam berbagai bahasa, atau hanya bahasa lain selain bahasa Indonesia, Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih tema yang siap diterjemahkan.

Selain memilih tema dengan fungsi multibahasa bawaan, ada plugin yang dapat membantu Anda menerjemahkan elemen situs tertentu juga. Loco Translate memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah menerjemahkan sejumlah string, serta plugin dan banyak lagi.

9. SEO Friendly

Tema WordPress yang Anda pilih memainkan peran penting dalam keramahan SEO situs web Anda. Situs Anda dapat terlihat luar biasa, tetapi penuh dengan kode HTML yang buruk yang dapat berdampak negatif pada kinerjanya di mesin telusur.

Jika Anda seorang pemula, akan sulit untuk menganalisis kode sumber tema Anda sendiri untuk menentukan apakah itu ditulis dengan baik. Pengembang WordPress premium sering menyatakan bahwa tema mereka dikodekan dengan baik dan dioptimalkan untuk SEO.

Anda dapat memeriksa HTML5 tema Anda secara online dengan alat Validasi Markup W3C. Ini kemungkinan akan menunjukkan kepada Anda beberapa peringatan tentang situs Anda bahkan jika itu sama sekali tidak relevan, tetapi ini adalah alat yang bagus untuk pemeriksaan umum.

10. Desain yang ramah pengguna

Sangat penting bahwa WordPress Theme Anda yang baru, dirancang dengan baik dan mudah dinavigasi. Apa pun yang Anda lakukan, pastikan bahwa semua yang ada di situs Anda jelas dan dapat ditemukan dengan mudah oleh pengunjung Anda.

Lihatlah demo tema, dan coba analisis desainnya lebih dekat. Anda dapat bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu memutuskan apakah itu pilihan yang baik:

  • Apakah situsnya mudah dinavigasi?
  • Apakah konten dapat dibaca dan mudah dicerna?
  • Apakah desainnya sesuai dengan jenis situs atau blog Anda?

Sekali lagi ingatlah untuk membuat website yang sederhana dan pilih tema yang simpel agar lebih mudah digunakan oleh pengguna.

11. Perbarui Tema Anda secara berkala

Inti WordPress diperbarui secara berkala karena peningkatan keamanan, perbaikan bug, dan fitur baru. Sangat penting untuk memilih tema yang juga dipelihara secara aktif, dan diperbarui secara teratur.

Jika sebuah tema terakhir diubah 2 tahun yang lalu atau lebih, Anda sebaiknya menghindarinya. Ingatlah untuk melakukan update pada WordPress Theme Anda agar website Anda tidak usang.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan WooCommerce Indonesia di WordPress

12. Periksa peringkat dan ulasan

Saat memutuskan tema, pastikan Anda melihat peringkat dan ulasannya. Untuk tema WordPress gratis, Anda akan melihat peringkat di bawah tombol Pratinjau dan Unduh. Lihat berapa banyak peringkat yang dimiliki tema, dan baca beberapa ulasan dengan mengklik jumlah bintang yang sesuai (1 bintang, 2 bintang, dan lainnya) Dengan tema premium yang dijual oleh pihak ketiga, Anda juga akan menemukan ulasan pelanggan.

Itulah tips memilih tema WordPress yang baik dan sesuai dengan kebutuhan website Anda. Memilih tema pada WordPress memang bukanlah hal yang sulit, namun jika Anda masih kebingungan, Appkey bisa membantu Anda untuk mengembangkan situs WordPress Anda.

Appkey dapat mengembangkan berbagai situs WordPress dengan berbagai tujuan seperti company profile, e-commerce, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak kunjungi https://appkey.id/.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya