Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressTips Membuat Homepage WordPress yang Menarik

Tips Membuat Homepage WordPress yang Menarik

-

Pertama kali membuka sebuah situs web, hal pertama yang Anda lihat pastinya adalah Home Page atau Halaman Beranda. Homepage adalah halaman pertama dari sebuah situs web, tempat Anda melihat judul, headline dan gambar serta visual yang menunjukkan tentang situs web tersebut, dan dalam beberapa kasus, siapa yang memiliki dan mengelolanya.

Cara paling mudah untuk memiliki dan mengelola website adalah dengan membuatnya pada WordPress. Walaupun WordPress sudah menyediakan berbagai desain home page yang menarik, namun Anda juga perlu tahu dasar-dasar untuk membuat halaman beranda agar halaman beranda yang Anda buat sesuai dengan tujuan website Anda dibuat. Inilah tips membuat halaman beranda yang menarik untuk Anda.

Mengapa Membuat HomePage yang Menarik Sangat Penting?

homepage..

Untuk banyak situs web, sebagian besar pengunjung mengunjungi beranda Anda terlebih dahulu. Kecuali Anda memiliki akses ke konten tertentu yang Anda buat. Beranda WordPress yang unik dan bergaya dapat melakukan apa saja untuk menunjukkan profesionalisme dan mendorong pengguna untuk berinteraksi dengan situs Anda. Secara default, WordPress akan menampilkan posting blog Anda di halaman rumah Anda.

Namun, sebagai situs web bisnis, sebaiknya buat beranda yang lebih menarik yang membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dan meningkatkan konversi penjualan. Halaman beranda adalah pengantar standar atau halaman depan situs web Anda. Ini adalah halaman yang Anda lihat ketika seseorang memasukkan nama domain situs web Anda di bilah alamat browser Anda.

  • Langkah 1: Pilih Tema yang Dapat Disesuaikan (Customizable)

Saat menginstal WordPress, tema default akan diinstal secara otomatis di situs Anda. Pada pandangan pertama, Anda akan melihat tema yang otomatis itu akan tampak kaku dengan website tersebut. Jika Anda tetap menggunakan tema ini, Anda dapat menggunakan editor Gutenberg atau pembuat halaman lain untuk menyesuaikannya. Di antara opsi lainnya, Anda dapat mengubah warna tombol dan tautan, mengunggah gambar logo Anda, menambahkan ikon ke menu sosial, dan menambahkan widget untuk muncul di footer Anda.

Anda dapat membuat situs yang indah dengan menyesuaikan tema default ini. Namun, ada batasan yang dapat mencegah Anda mempersonalisasi situs Anda sebanyak yang Anda inginkan. Mungkin terlalu minim atau didorong oleh tipografi untuk merek Anda. Layout satu kolomnya sesuai dengan situs kaya konten, mungkin tidak sesuai dengan situs e-niaga Anda.

Untuk kontrol lebih besar atas tampilan situs, Anda dapat memilih satu dari ratusan tema WordPress gratis dan premium yang tersedia melalui direktori tema WordPress atau tema yang disediakan oleh pihak ketiga.

Dengan lebih banyak opsi warna, side bar, opsi latar belakang, Google Font, dan layout untuk dipilih, Anda dapat mendesain situs Anda untuk menarik audiens target Anda dan memastikannya terlihat unik dengan tema-tema premium tersebut.

Salah satu tema premium WordPress yang memungkinkan Anda mendesain dan menyesuaikan setiap bagian situs web Anda dari awal yaitu Divi. Setelah memilih dari lebih dari 800 tata letak situs web yang telah dibuat sebelumnya, Anda kemudian dapat menerapkan animasi ke elemen apa pun di halaman, menambahkan bayangan ke gambar dan teks, memilih dari ratusan font web atau mengunggah milik Anda, dan banyak lagi. Di bawah ini adalah halaman arahan dari paket tata letak agensi desain Divi.

Artikel Terkait  Mengenal Plugin WordPress : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

  • Langkah 2: Pilih Palet Warna Anda

Saat Anda mulai menyesuaikan tema pada situs WordPress, Anda akan disajikan dengan pilihan warna yang hampir tak terbatas. Pilihlah palet warna untuk situs Anda dan tetap konsisten menggunakannya. Menerapkan skema warna Anda di semua halaman pada situs Anda serta di seluruh materi promosi dan konten media sosial akan membantu memperkuat kesadaran merek Anda dan menarik serta mempertahankan pemirsa setia di seluruh platform dan saluran.

Tapi bagaimana Anda memilih warna yang tepat untuk situs Anda? Seperti yang ditunjukkan oleh desainer web Ben Gremillion, tidak ada rangkaian warna yang terlihat profesional dengan sendirinya. Anda hanya perlu menggunakan warna dengan cara yang terkoordinasi dan bijaksana.

Saat memilih skema warna untuk sebuah situs, Anda dapat menarik inspirasi dari logo dan konten Anda. Misalnya, Anda memiliki latar belakang foto di beranda. Anda dapat mencicipi beberapa nuansa dari foto itu dan memberikannya ke bilah sisi, tautan, judul, dan footer. Ini adalah cara yang bagus untuk mencapai tampilan terpadu di seluruh situs Anda.

  • Langkah 3 : Pilih Jenis Huruf Anda

Banyak tema WordPress datang dengan font atau jenis huruf yang sudah diinstal sebelumnya tetapi Anda dapat menambahkan font khusus secara manual atau dengan plugin untuk meningkatkan tampilan situs Anda. Di samping itu, internet hanya dapat mendukung beberapa font di berbagai browser dan perangkat. Hal ini berarti pemilik situs menghadapi pilihan font yang terbatas untuk situs mereka.

Kemudian muncullah font web yang membantu merevolusi desain web. Font web kompatibel dengan semua jenis browser dan perangkat sehingga akan ditampilkan apa pun yang digunakan pengunjung untuk mengakses situs Anda.

Sekarang Anda dapat memilih satu dari ratusan font. Dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jenis huruf Anda adalah keterbacaan dan kepribadian. Pilih font yang mudah dibaca di desktop dan perangkat seluler. Anda juga ingin memilih font yang menggambarkan kepribadian merek atau brand  Anda. Cobalah pikirkan, perasaan atau pandangan apa yang ingin Anda bangkitkan pada pengunjung ketika mengunjungi situs Anda.

  • Langkah 4 : Buat Beranda Kustom

Sama seperti ia memberi Anda tema default, WordPress akan memberi Anda home page default yang secara otomatis menampilkan daftar posting blog terbaru. Anda ingin meluangkan waktu untuk mengganti ini dengan beranda khusus Anda sendiri. Karena ini adalah kesan pertama pengunjung situs Anda dan mungkin bisnis Anda. Halaman beranda harus memperkenalkan merek Anda, menjelaskan secara singkat produk atau layanan Anda dan menunjukkan langkah selanjutnya yang dapat dilakukan pengunjung ini setelah mereka selesai menjelajahi halaman.

Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus menyertakan beberapa item, termasuk bagian tentang, formulir keikutsertaan email, dan informasi kontak. Setelah Anda membuat halaman arahan yang bersih dan persuasif, Anda kemudian dapat mengaturnya sebagai beranda situs Anda.

  • Langkah 5 : Sesuaikan Bilah Navigasi Anda

Bilah navigasi berguna untuk memudahkan pengunjung untuk menelusuri situs Anda sehingga mereka tinggal lebih lama dan membaca lebih banyak konten Anda. Untuk membuat menu navigasi khusus yang membantu meningkatkan tampilan halaman dan mengurangi rasio pentalan, Anda dapat menggunakan editor menu bawaan WordPress.

Anda akan mulai dengan memilih item menu Anda. Secara default, WordPress memberikan setiap halaman baru sebuah tab, yang dapat dengan cepat memenuhi menu Anda. Sebagai gantinya, coba pikirkan kategori yang cukup luas untuk mengatur semua posting dan halaman Anda. Misalnya, menu Anda mungkin hanya menyertakan tab Tentang Kami, Toko, dan Blog.

Anda kemudian dapat membuat sub-menu yang akan muncul sebagai item tarik-turun saat pengunjung mengarahkan kursor ke salah satu tab induk. Sistem navigasi yang terorganisir seperti itu akan memastikan pengunjung Anda memiliki pengalaman yang mulus dan membuat situs Anda terlihat lebih profesional.

Untuk membuat situs Anda lebih ramah pengguna, Anda dapat menambahkan bilah pencarian ke menu navigasi Anda. Secara default, WordPress hanya memungkinkan Anda menambahkan bagian pencarian di sidebar, footer, dan area siap widget lainnya. Namun, Anda dapat menggunakan plugin atau cuplikan kode untuk menempatkan kotak pencarian di menu navigasi. Dengan begitu pengunjung dapat mengetikkan kata kunci untuk menemukan konten yang mereka cari dengan cepat dan mudah jika mereka tidak melihatnya di antara tab menu Anda.

  • Langkah 6 : Unggah Favicon Khusus

Di WordPress, favicon Anda adalah ikon yang ditampilkan di tab browser pengunjung Anda atau sebagai bookmark saat disimpan ke browser atau ponsel mereka. Favicon juga dapat memperkuat identitas merek Anda. Pertimbangkan betapa lebih berkesannya logo Anda sebagai favicon Anda daripada gambar default yang tidak mencolok yang diberikan WordPress pada halaman.

Jika Anda belum memiliki logo, jangan khawatir. Dengan alat seperti Canva dan Pembuat Logo Online lainnya sehingga Anda tidak perlu menyewa desainer logo atau menghabiskan banyak uang untuk membuat logo berkualitas tinggi yang terlihat profesional.

Setelah Anda puas dengan logo yang Anda buat, Anda dapat mengunggahnya ke situs. Jika Anda memiliki WordPress versi 4.3 atau yang lebih baru, Anda dapat menggunakan fitur Ikon Situs bawaan untuk mengatur favicon Anda. Ini pun bisa diatur secara manual.

Artikel Terkait  Coba Langkah ini untuk Meningkatkan Kinerja Situs WordPress Anda

  • Langkah 7 : Sesuaikan Footer Anda

WordPress secara otomatis menyertakan footer bermerek di situs Anda yang bertuliskan “Proudly powered by WordPress.” Footer default ini dapat mengurangi identitas merek Anda dan membuat situs Anda tampak tidak profesional.

Untuk memastikan setiap inci real estat di situs Anda mendukung merek Anda, Anda dapat membuat footer khusus yang menyertakan logo Anda, pemberitahuan hak cipta, dan tautan ke kebijakan privasi Anda. Sumber daya tersebut akan membantu pengunjung situs mengidentifikasi dan mempercayai merek Anda. Berikut footer kustom yang mencerminkan kepribadian merek jauh lebih efektif daripada footer default.Footer khusus yang mencerminkan kepribadian merek jauh lebih efektif daripada footer default

Ada beberapa metode untuk menyesuaikan footer Anda. Anda dapat mengubah pengaturan tema, memperbarui widget footer, menggunakan plugin, merevisi kode footer.php, atau menggunakan pembuat tema dengan plugin.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat pilihan desain strategis yang mencerminkan tujuan dan merek bisnis Anda dalam Home Page yang Anda buat. Hal ini pun akan membantu meningkatkan kredibilitas situs Anda, menarik lebih banyak pengunjung, dan memperkuat identitas merek Anda.

Anda ingin mengembangkan situs web berbasis WordPress namun masih bingung bagaimana membuatnya agar terlihat professional dan menarik? Kunjungi Appkey di https://appkey.co.id/. Appkey adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan website berbasis seperti web company profile, ecommerce menggunakan plugin woocommerce.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya