Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressWordpress Elementor : Yuk Pahami lebih Jelas!

WordPress Elementor : Yuk Pahami lebih Jelas!

-

Belakangan ini, WordPress Elementor menjadi salah satu tools dari WordPress yang banyak digunakan oleh para pemilik website belakangan ini. Elementor sendiri merupakan WordPress plugin page builder yang membantu Anda untuk membangun website dengan mudah.

Anda ingin mencoba menggunakan Elementor? Namun masih ragu-ragu apakah elementor akan berguna untuk Anda sepenuhnya, Anda hanya perlu memahami apa itu elementor dan sejauh apa elementor akan membantu Anda dalam menciptakan halaman website. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu WordPress Elementor serta kegunaannya.

Apa itu WordPress Elementor?

elementor-wordpress...

WordPress Elementor adalah WordPress Elementor adalah page builder dengan konsep drag-and-drop yang membantu memudahkan Anda dalam membangun halaman wordpress. Elementor memungkinkan Anda membuat postingan dan halaman yang tampak asli dan unik, dibandingkan dengan template postingan/halaman standar yang disertakan dengan tema WordPress Anda.

Dengan elementor, Anda bisa memperoleh interface yang terpisah 100% untuk mengerjakan posting dan halaman Anda. Sebagian besar pekerjaan Anda tidak terjadi di editor blok standar yang disertakan dengan WordPress. Ketika menggunakan elementor, Anda tidak memerlukan keterampilan HTML/CSS/PHP/coding. Pengkodingan ini dapat dilakukan melalui user interface yang praktis.

Elementor berfungsi di ujung depan situs web Anda, artinya ini menunjukkan kepada Anda hasil pekerjaan Anda segera dengan cara asli ‘apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Anda dapat menggunakannya untuk membuat tata letak konten atau tata letak halaman apa pun yang dapat Anda bayangkan terlepas dari apa yang diizinkan oleh tema WordPress Anda saat ini.

Bagian yang terpenting adalah elementor bisa berfungsi dengan semua tema WordPress, sehingga Anda dapat mempertahankan desain Anda saat ini dan tetap mendapatkan semua barang yang disertakan dengan WordPress Elementor.

Ada dua bagian dari WordPress Elementor yaitu:

1. Visual

Hal ini berarti bahwa ketika Anda mendesain konten Anda, Anda melihat dengan tepat apa yang akan dilihat pengunjung Anda. Tidak pernah ada kebingungan tentang bagaimana halaman Anda akan terlihat setelah Anda mempublikasikannya.

2. Drag-and-drop

Drag-and-drop berarti Anda dapat memindahkan berbagai elemen desain seperti tombol, formulir, atau gambar hanya dengan menyeret dan melepasnya. Tidak diperlukan pengkodingan di dalamnya.

Hasil akhirnya adalah alat yang membantu Anda membuat situs WordPress Anda terlihat seperti yang Anda inginkan tanpa perlu mempelajari kode atau membayar seorang programmer.

Fitur dan Manfaat Menggunakan WordPress Elementor

Ketika Anda menggunakan Elementor, Anda akan memperoleh fitur dan manfaat yang luar biasa. Berikut ini adalah fitur dan manfaat ketika Anda menggunakan WordPress Elementor.

Manfaat menggunakan Elementor :

  1. Elementor memiliki fungsi pembuatan halaman utama itu sendiri.
  2. Ada lebih dari 90 elemen/modul konten untuk dipilih gambar, judul, tombol, korsel, penghitung, bilah kemajuan, testimonial, dan banyak lagi.
  3. Kebanyakan tools dalam elementor bisa bekerja dengan cara drag-and-drop. Anda dapat mengambil elemen apapun dan memindahkannya ke tempat baru hanya dengan menyeretnya melintasi layar.
  4. What You See is What You Get yang berarti ‘Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan’. Hal ini berarti versi halaman yang Anda lihat di interface Elementor persis seperti yang akan dilihat pengunjung Anda. Tentunya, WordPress plugin ini bisa dikerjakan dengan mudah karena ia tidak seperti bekerja dengan HTML dan CSS, cara kuno.
  5. Semua halaman dalam WordPress Elementor responsif seluler dan ramah SEO.
  6. Elementor memiliki library yang menyediakan template halaman siap pakai yang dapat diimpor dan dimodifikasi. Pada saat penulisan, ada 150-plus template gratis dan 300-plus pro yang tersedia. Selain itu, Anda dapat menyimpan template Anda sendiri.

Jika Anda menggunakan Elementor versi Pro, Anda dapat menggunakan fitur Theme Maker atau pembuat tema, yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi elemen inti tema Anda, seperti header, footer, template posting tunggal, atau arsip blog Anda.

Pada Elementor biasa maupun Elementor Pro, Anda bisa menggunakan modul WooCommerce Builder yang benar-benar baru. WooCommerce sendiri mirip dengan theme maker, tetapi yang ini memungkinkan Anda untuk mengulang semua halaman WooCommerce default Anda, seperti halaman produk tunggal atau arsip produk Anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi inti dari WordPress plugin ini adalah untuk memungkinkan Anda membuat, mengubah, dan menyesuaikan halaman Anda dengan bebas dan kemudian melihat hasilnya secara real-time.

Fitur preview (pratinjau) langsung itu berarti Anda tidak perlu bertanya-tanya seperti apa tampilan halaman Anda saat diterbitkan yang merupakan skenario standar dengan halaman WordPress asli yang sangat bergantung pada tema.

Jadi, apa yang bisa Anda lakukan? Pertama, Elementor memungkinkan Anda memanfaatkan banyak elemen/modul konten (lebih dari 90 di antaranya), yang dapat Anda tempatkan di mana saja di halaman. Anda kemudian dapat mengatur ulang elemen-elemen tersebut dengan dukungan drag-and-drop yang disebutkan di atas. Berikut ini adalah beberapa elemen yang tersedia dalam WordPress Plugin Elementor.

Elemen konten yang tersedia meliputi judul, gambar, paragraf teks, video, tombol, pembagi, pengatur jarak, ikon, galeri gambar dan korsel, penghitung, testimonial, ikon media sosial, kode pendek, dan banyak lagi. Juga, Anda bisa menggunakan widget apa pun yang sudah Anda miliki di situs WordPress Anda.

Selain itu, Elementor memberi Anda akses ke pengaturan tampilan. Di sinilah Anda dapat mengubah latar belakang, margin dan nilai padding, warna default, font, dan sebagainya. Selain itu, ada riwayat revisi lengkap, artinya Anda dapat kembali ke versi halaman sebelumnya (jika Anda mengacaukan sesuatu dan tidak tahu cara memperbaikinya).

Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya, Elementor memberi Anda kendali penuh atas tampilan halaman Anda di desktop, tablet, dan seluler. Dengan menggunakan sakelar kecil itu, Anda dapat beralih antar perangkat, dan menyesuaikan detail halus untuk membuat halaman terlihat bagus di mana saja.

Artikel Terkait  Company Profile Website : 10 Langkah Mudah untuk Membuatnya

Kekurangan dan Kelebihan yang Dimiliki oleh WordPress Elementor

Kelebihan dari WordPress Plugin Elementor :

1. Mudah Digunakan

Elementor sangat mudah digunakan, terutama jika Anda tidak paham teknologi dan tidak tahu cara membuat kode dengan CSS, HTML, atau PHP. Setelah Anda berada di dalam editor Elementor, Anda dapat dengan mudah mengimpor template halaman yang telah dirancang sebelumnya atau blok dari perpustakaan templat atau mulai menyeret salah satu widget mereka.

Anda bisa membuat beberapa perubahan agar sesuai dengan merek dan bisnis Anda, dan BOOM, Anda telah halaman web indah yang Anda buat dengan cepat. Jika Anda pernah membuat kesalahan, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat merujuk riwayat revisi lengkap Anda & memulihkan iterasi desain lama!

2. Fungsionalitas

Elementor mengemas banyak fungsi ke dalam plugin yang satu ini dengan fitur dasar dan lanjutan. Sebelum menggunakan Elementor, Anda harus menambahkan banyak plugin pihak ketiga yang, meskipun mungkin gratis, membebani situs. Anda perlu menambahkan banyak plugin untuk mendapatkan fungsionalitas yang sama dengan yang diberikan Elementor.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan LeadPages sebelumnya untuk mengembangkan blog dan daftar email. Dan dengan Elementor, Anda tidak lagi membutuhkan itu.

Anda dapat menghemat banyak uang ($27/bln) setiap bulan dengan menghilangkannya sama sekali. Jadi Elementor sangat berharga karena memungkinkan Anda mengurangi plugin tambahan, terutama plugin pihak ketiga yang membebani Anda dengan biaya tambahan.

3. Mudah Dikustomisasi

Elementor membuatnya sangat mudah untuk menyesuaikan setiap inci persegi situs web Anda. Seperti yang Anda ketahui, Anda bisa dengan mudah mengubah situs dengan elementor karena ia tidak memerlukan pengkodingan untuk mengubah isinya.

4. Harga/Nilai

Nilai Elementor benar-benar luar biasa karena apa yang Anda dapatkan dengan harga $49 setahun. Dengan harga kurang dari 50 dolar setahun, Anda dapat menghilangkan kebutuhan akan banyak plugin lain, memiliki kemampuan untuk membuat apa pun di situs web Anda tanpa memerlukan pengkodean apa pun, menjadikannya mudah!

5. Kemampuan Berintegrasi

Elementor bisa berintegrasi mulus dengan ConvertKit untuk mengembangkan daftar dengan autopilot, tetapi Elementor juga terintegrasi dengan lebih dari sekadar ConvertKit. Mereka juga terintegrasi dengan alat pemasaran seperti ActiveCampaign, HubSpot, GetResponse, MailChimp, dan banyak alat pemasaran lainnya.

6. Desain Responsif untuk Optimalkan Tampilan Seluler, Tablet & Desktop

Elementor adalah page builder yang membantu Anda membuat desain website yang responsive. Dengan Elementor, Anda dapat beralih antara tampilan desktop, tablet, dan seluler dan menyesuaikan setiap elemen per setiap perangkat.

Jadi misalnya, jika font heading Anda disetel ke 55 piksel pada tampilan desktop dan Anda menginginkannya menjadi 30 piksel pada tampilan seluler, Anda dapat membuat perubahan tersebut untuk setiap perangkat. Anda juga dapat menyembunyikan widget, kolom, dan seluruh bagian serta mengontrol perangkat yang menampilkannya.

Kekurangan dari WordPress Elementor :

1. Masalah Kinerja atau Kecepatan Situs

Ada banyak pengembang yang mengeluhkan bahwa Elementor menyebabkan penurunan kecepatan pada situs Anda. Jika Anda ingin meningkatkan situs, Anda bisa gunakan plugin WordPress khusus untuk meningkatkan kecepatan situs Anda.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan WooCommerce Indonesia di WordPress

2. Pembaruan yang Cukup Mengganggu

Ketika tim Elementor meluncurkan beberapa pembaruan besar di masa lalu, ada beberapa gangguan yang muncul. Mereka perlu lebih berhati-hati dalam menguji fitur beta tersebut sebelum meluncurkannya ke publik.

Sekarang setelah mereka memiliki lebih dari 5 juta pemasangan aktif, sekarang lebih penting daripada sebelumnya untuk menguji tiga kali sebelum merilis pembaruan besar.

Namun, jangan khawatir karena semua ini bisa Anda atasi dengan mengikuti cara di bawah ini:

  • Selalu pastikan bahwa Anda memiliki cadangan situs web Anda sebelum Anda membuat perubahan dan pembaruan plugin besar apa pun sehingga Anda selalu dapat memulihkan situs web Anda seperti semula sebelum Anda membuat perubahan itu.
  • Anda selalu dapat mengkloning situs langsung Anda ke situs pementasan (yang biasanya disediakan oleh host Anda untuk Anda) dan menguji semua pembaruan plugin tersebut sebelum menerapkan perubahan apa pun ke situs langsung Anda yang sebenarnya.
  • Jika tidak ingin memperbarui plugin Anda pada rilis awal itu, Anda dapat menunggu hingga perbaikan bug berikutnya keluar sebelum Anda memperbarui plugin Anda. Biarkan pengguna lain menguji yang bermasalah terlebih dahulu dan dengarkan umpan balik dari pengguna Elementor lainnya. Jika perlu, Anda selalu dapat memutar kembali versi Elementor Anda.

Itulah penjelasan tentang WordPress Elementor yang mungkin ingin Anda gunakan namun masih ragu-ragu. Artikel ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan apakah Anda akan menggunakan Elementor atau tidak kedepannya. Jika tidak, Anda bisa coba gunakan WordPress Plugin lainnya yang memudahkan Anda.

Anda ingin membangun website berbasis WordPress namun bingung bagaimana caranya? Jangan khawatir! Kunjungi Appkey di https://appkey.co.id/. Appkey adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan website, khususnya berbasis WordPress seperti Company Website ataupun e-commerce.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya