Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Wordpress Apa itu Sidebar Wordpress dan Apa Manfaatnya? Berikut 13...

Apa itu Sidebar WordPress dan Apa Manfaatnya? Berikut 13 Tipe Sidebar untuk Inspirasi Websitemu!

-

Saat Anda mendesain website Anda, tentunya ada beberapa bagian dari website yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah sidebar.

Siapa sangka, sidebar ini selain untuk mempercantik desain website Anda, juga memiliki kegunaan untuk meningkatkan beberapa hal sekaligus. Sebagai contoh, meningkatkan konversi, traffic, juga kunjungan pelanggan.

Berikut akan dibahas manfaat sidebar, tiga belas sidebar WordPress penuh manfaat yang dapat Anda aplikasikan kepada WordPress kesayangan Anda atau WordPress yang akan Anda desain! Setelah itu diikuti dengan posisi ideal sidebar.

Sidebar dan Manfaatnya

sidebar1

Sidebar adalah kolom atau space yang terletak di area samping konten website. Anda dapat memanfaatkan space ini untuk beberapa hal sekaligus, sebagai contoh, untuk diisi menu utama ataupun pelengkap, navigasi menuju suatu halaman tertentu, atau bahkan beberapa widget sekaligus.

Manfaat Sidebar

  • Membuat website Anda lebih rapi dan informatif, sehingga dapat memudahkan pengunjung website untuk menjelajahi website Anda, dikarenakan adanya widget navigasi, search box, categories dan sebagainya;
  • Menyorot suatu informasi penting untuk membuat pengunjung Anda semakin berminat juga nyaman saat mengakses website Anda, seperti, dikarenakan adanya konten terpopuler, rekomendasi bacaan, dan sebagainya;
  • Menambah konversi sekaligus menjaring leads melalui penempatan form dan CTA yang strategis lagi jelas;
  • Mengoptimalkan ruang promosi dengan cara menjadikan sidebar sebagai tempat memasang iklan;
  • Meningkatkan engagement dengan cara memasang biografi singkat, media button, dan sebagainya.

Artikel Terkait  Java Script Adalah? Pahami artinya sebelum mulai mempelajarinya

Tiga Belas Sidebar WordPress, Manfaat beserta Keunikannya!

sidebar2

Profil Anda sebagai Pemilik Website

Sidebar WordPress dapat dipergunakan untuk memasang profil Anda sebagai pemilik website. Anda bisa memberikan banyak informasi mengenai siapa Anda, keahlian, topik atau niche yang ingin Anda bagikan kepada audiens Anda.

Dengan menggunakan sidebar yang satu ini pengunjung dapat segera mengetahui apa yang diceritakan oleh website Anda. Oleh karena itu, pengunjung website Anda akan lebih merasa engaged dengan Anda.

Untuk mendapatkan kesan mendalam terhadap website Anda, Anda juga bisa menambahkan tombol link menuju sosial media Anda.

Alhasil, Anda akan semakin terkenal dan pengunjung Anda pun merasa termudahkan untuk menambahkan akun sosial media Anda sebagai bagian dari lingkaran sosial-nya.

Sidebar tipe ini cocok sekali untuk jenis website yang membutuhkan engagement juga kesan personal kuat. Sebagai contoh, untuk blog Anda, website portofolio, dan sebagainya.

Navigasi Website

Pada umumnya Anda menjumpai menu navigasi pada bagian header. Sayangnya, kadang area yang satu ini tidak dapat memuat seluruh menu yang ingin Anda tampilkan. Dengan menggunakan sidebar, Anda bisa mengatasi beberapa hal.

Misalnya, Anda bisa menambahkan navigasi tambahan yang tidak ada di menu utama. Sebagai contoh, halaman subscription, privacy policy, halaman disclaimer, dan sebagainya. Manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh adalah pengunjung website Anda dapat dengan mudah menemukan menu navigasi. Tujuan Anda pun lebih mungkin tercapai.

Sebagai contoh, berlangganan di website Anda menjadi lebih cepat juga mudah. Alhasil, konversi pun berpeluang meningkat. Sidebar WordPress ini juga memungkinkan website Anda mendapatkan ruang yang lebih luas.

Caranya yaitu dengan mengemasnya ke dalam hamburger button, yaitu tiga garis horizontal bersusunan dari atas ke bawah, yang biasanya terletak di pojok kanan atas jika Anda sedang melakukan browsing di internet.

Artikel Terkait  Apa Itu JSON? Fungsi JSON dalam Pemrograman

Hamburger button ini baru akan menampilkan berbagai menu atau pilihan ketika Anda meng-click-nya, jika tidak menu ini akan terus tersembunyi. Alhasil website akan terlihat lebih simpel dan luas layaknya membuka versi mobile.

Sidebar ini cocok sekali untuk jenis website yang memiliki menu yang kompleks, baik itu website personal maupun untuk level bisnis. Anda pun bisa menggunakan scroll sidebar sehingga menu dapat digulir ke bawah.

Breadcrumb Website

Sidebar merupakan tempat yang strategis untuk meletakkan breadcrumb. Apa itu breadcrumb?

Breadcrumb adalah salah satu elemen dalam website yang berfungsi untuk menunjukkan lokasi halaman website yang sedang pengunjung Anda akses.

Mengapa area sidebar cocok untuk breadcrumb? Hal ini karena area kiri atau kanan website, alias sidebar, mudah terlihat.

Dengan begitu, pengunjung website Anda pun dapat langsung menemukannya sekaligus mengetahui lokasi halaman yang sedang mereka kunjungi. Website Anda pun lebih mudah dijelajahi dan informatif.

Breadcrumb juga sering tenggelam saat pengunjung melakukan scroll ke bawah, dikarenakan bagian ini terletak di bagian atas halaman.

Lalu bagaimana mengatasinya?

Yaitu dengan menjadikan breadcrumb sebagai sticky sidebar. Area ini akan tetap terlihat meskipun pengunjung melakukan scroll ke bawah. Gunakan juga warna yang menarik juga mencolok untuk menunjukkan halaman yang sedang diakses.

Sidebar ini cocok sekali untuk jenis website dengan menu navigasi sederhana. Jika menu Anda termasuk kompleks atau multi-menu, sebaiknya gunakan format dropdown menu. Tujuannya agar, sidebar tidak terlalu banyak memakan ruang.

Progress Bar

Berminat memiliki blog atau website berjenis portofolio dengan tampilan yang luas namun juga tetap informatif?

Sidebar progress bar lah jawabannya!

Progress bar yaitu suatu tampilan yang muncul ketika Anda sedang memproses sesuatu, seperti sedang men-download, upload, ataupun men-transfer file.

Dengan menggunakan sidebar WordPress tipe ini, website Anda tidak hanya terlihat lebih sederhana tetapi juga mendapatkan tampilan yang lebih luas. Dikarenakan, Anda bisa menyajikan konten secara full-screen. Pengunjung pun juga akan mudah menavigasi dari satu halaman ke halaman lain.

Artikel Terkait  Install WordPress di Localhost dengan Mudah Ikuti Cara Ini!

Biasanya bagian ini ditampilkan dalam bentuk dots berwarna. Namun, sebaiknya dots tidak terlalu banyak. Sebab, terlalu banyak dots justru akan membuat pengunjung merasa bingung. Pastikan juga layar Anda dapat menampilkan seluruh dots yang dibutuhkan.

Untuk Anda yang ingin menggunakan sidebar bertipe ini, tipe sidebar ini juga cocok sekali untuk website yang memiliki menu sederhana.

Rekomendasi Bacaan

Salah satu cara untuk menahan pengunjung agar betah berlama-lama berada di website Anda adalah menaruh rekomendasi bacaan di bagian sidebar website Anda. Memasang rekomendasi bacaan pada sidebar membawa manfaat dua arah.

Bagi pengunjung, wawasan mereka akan semakin lengkap saat membaca rekomendasi bacaan website Anda. Sedangkan Anda sebagai pemilik website, performa SEO website Anda akan meningkat seiring dengan tingkat traffic dan spend time yang tinggi.

Agar pengunjung semakin berminat untuk meng-click sidebar Rekomendasi Bacaan Anda, buatlah tmapilan sidebar yang menarik, misalnya menambahkan feature image. Berikan judul sidebar Rekomendasi Bacaan yang menarik, misalnya Top Moment, The Best for You, Most Popular, Popular on Medium, atau judul-judul menarik lainnya.

Tipe sidebar WordPress ini cocok sekali untuk website bisnis maupun blog. Dengan menggunakan sidebar tipe ini, WordPress Anda semakin memiliki kesempatan untuk dinikmati oleh para pengunjung lainnya.

Papan Ranking atau Popular Post

Sidebar adalah bagian yang cocok sekali untuk menampilkan papan ranking atau popular post. Dikarenakan posisinya yang strategis sekaligus mencolok.

Nah, untuk membuat sidebar Anda menjadi lebih eye-catching, jangan lupa untuk memberikan penomoran pada judul, tema, atau apapun yang ada di sidebar Anda tersebut.

Selain itu jangan lupa juga untuk memberikan whitespace yang cukup.

Whitespace (negative space) merupakan ruang kosong di antara, atau di sekitar unsur-unsur desain layout atau page, bisa meliputi ruang di sekitar grafik atau gambar, margin, ruang antar kolom, atau bahkan ruang antar baris. Whitespace akan memberikan batasan yang jelas pada setiap peralihan peringkat.

Biasanya website yang membutuhkan sidebar WordPress tipe ini yaitu website berita, chart musik, situs media, komunitas online untuk menunjukkan obrolan terhangatnya alias trending topic, atau pun website-website lainnya. Website bisnis pun dapat menggunakannya, misalnya untuk menonjolkan produk-produk terlarisnya.

Penjualan

Sidebar WordPress juga dapat digunakan untuk mempercepat alur konversi. Cocok sekali bagi Anda yang ingin meroketkan penghasilan website bisnis Anda. Apalagi area sidebar cukup mencolok sehingga pengunjung website pasti dapat dengan mudah menemukannya.

Agar sidebar ini menjadi lebih efektif, buatlah desain yang menarik. Sebagai contoh, gunakan CTA dengan warna yang mencolok sehingga sidebar Anda terlihat lebih eye-catching.

Artikel Terkait  10 Web Framework Golang Terbaik di 2020 yang Bisa Anda Coba!

Shopping Cart

Menyediakan CTA menuju ke penjualan saja tidak lah cukup. Anda juga perlu melengkapinya dengan shopping cart. Anda pun harus meletakkanya di area yang mudah terlihat, seperti sidebar, misalnya.

Dengan shopping cart pun, pembeli Anda pun lebih terbantu. Sebagai contoh, pembeli Anda dapat melihat berapa jumlah item yang akan dibeli, lebih bagus lagi jika shopping cart Anda mampu menampilkan total harga yang harus dibayar.

Untuk membuat sidebar dengan tipe shopping cart, relatif mudah. Anda cukup meng-install plug in e-commerce kemudian mengaturnya sesuai kebutuhan. Cukup dengan pengaturan yang sedikit saja, website Anda memiliki sidebar shopping cart yang informatif.

Kotak Pencarian

Ada kalanya pengunjung mengalami kesulitan untuk mencari sesuatu dalam suatu website. Dikarenakan website Anda yang tentunya memiliki banyak konten menarik, dan pastinya memiliki waktu lama untuk mencarinya.

Mengapa sidebar cocok sekali untuk mengatasi masalah ini?

Tentu saja karena sidebar dapat menjadi kotak pencarian untuk website Anda.

Selain itu, sidebar memiliki lokasi yang strategis sehingga widget ini akan mudah ditemukan pengunjung. Pelanggan Anda dapat langsung menuliskan keyword tertentu dan menemukan apa yang ingin dicarinya.

Tipe sidebar ini cocok sekali untuk website berjenis apapun, terutama situs e-commerce. Pelanggan Anda cukup mengetikkan barang apa yang ingin dicarinya, kemudian website akan menemukan produk yang relevan. Konversi website Anda pun selangkah lebih meningkat.

Filter Preferensi Produk

Fitur sidebar yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki website belanja atau menggeluti bidang e-commerce. Calon pelanggan atau pelanggan Anda tentunya dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka inginkan pada website belanja atau website e-commerce Anda.

Sidebar akan menampilkan berbagai jenis filter untuk menyaring produk agar sesuai niat pelanggan Anda. Dengan cepat pelanggan Anda dapat menemukan etalase produk yang sudah difilter.

Jadi jika Anda memiliki website belanja atau website e-commerce, alangkah baiknya mempergunakan sidebar WordPress yang satu ini demi menampilkan filter preferensi produk. Selain memudahkan pelanggan Anda, tentunya konversi Anda juga meningkat.

Tombol Berlangganan Newsletter

Apakah Anda punya website bisnis dan ingin mendapatkan kontak leads dengan cepat? Anda bisa menggunakan sidebar untuk tombol berlangganan. Pengunjung akan dengan mudah menemukannya, dan kontak Anda semakin gemuk!

Sebagai tips, buat formulir dan tombol CTA (Call to Action) yang sederhana. Contoh, pelanggan Anda cukup memasukkan nama dan alamat e-mail mereka. Kemudian diakhiri dengan satu tombol CTA (Call to Action) berwarna mencolok yang cantik.

Jadi, begitu pelanggan Anda sudah mengisi formulir dan menekan tombol Submit, pelanggan Anda bisa berlangganan Newsletter.

Untuk memperoleh formulir berlangganan serta CTA secara praktis, Anda bisa langsung membuatnya menggunakan plug in Contact Form 7. Bahkan Anda pun bisa memakainya sekalipun Anda tidak memiliki kemampuan coding.

Artikel Terkait  Skill Coding Sangat Dibutuhkan di Zaman ini, Berikut Tips Cara Mengembangkannya

Tombol Berbagi

Apa Anda masih ingin mendongkrak traffic website lebih tinggi lagi? Anda bisa menggunakan tombol berbagi untuk sidebar Anda! Anda bisa menggunakan tombol ini untuk dengan mudah membagikan berbagai konten, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan juga sosial media lainnya.

Karena itu pastikan Anda dapat menyematkan link yang valid pada action button, agar dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung. Supaya tombol berbagi Anda lebih meyakinkan lagi, Anda bisa menyematkan social proof demi menunjukkan kesan pada konten Anda.

Dan jangan lupa, sidebar WordPress ini cocok untuk website jenis apapun, baik untuk website pribadi hingga level bisnis. Jangan lupa, apalagi ragu untuk menyematkan tombol berbagi pada sidebar website Anda!

Daftar Testimoni

Testimoni merupakan bagian yang penting bagi sebuah website bisnis. Elemen ini dapat memperkuat keputusan seseorang untuk melakukan belanja online ataupun konversi.

Karena itu, Daftar Testimoni harus diletakkan pada bagian yang sering dilihat oleh para pengunjung website Anda, yakni sidebar Anda.

Anda dapat menampilkan testimoni terbaik dari klien Anda di bagian sidebar, bahkan Anda bisa menampilkan foto klien Anda tersebut untuk lebih meyakinkan.

Jadi, Dimana Posisi Ideal Sidebar?

sidebar3

Jawabannya, tergantung!

Sidebar kiri cocok sekali untuk menampilkan menu navigasi, Dikarenakan area kiri merupakan area yang pertama kali di lihat saat membuka website. Menu navigasi di area ini akan memberikan gambaran struktur website sehingga pengunjung dapat mengerti isi website Anda.

Sementara sidebar kanan cenderung untuk menghasilkan konversi. Mulai dari tawaran berlangganan hingga promosi produk, semua ditampilkan di sebelah sini!

Demikian informasi mengenai sidebar WordPress beserta manfaatnya hingga posisi ideal sidebar, yang dapat Anda pergunakan demi meningkatkan konversi website Anda, menambah traffic hingga jumlah pelanggan. Selamat bereksperimen!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya