Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendDaftar Framework Python Terpopuler 2023 yang Bisa Dicoba!

Daftar Framework Python Terpopuler 2023 yang Bisa Dicoba!

-

Last Updated on May 29, 2023 by

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia dengan penggunaannya yang semakin meluas dari tahun ke tahun. Salah satu alasan utama popularitas Python adalah kerangka kerja (framework) yang kuat dan fleksibel yang memudahkan pengembang dalam membangun aplikasi web. Ada beberapa framework Python di tahun 2023 yang mendominasi dan masing-masing menawarkan keunggulan yang beragam sesuai dengan tujuan pengembangan. 

Artikel kali ini akan membahas daftar framework Python terpopuler yang patut dicoba oleh pengembang web di tahun ini. Ikuti terus pembahasan lengkapnya dibawah ini agar tidak ketinggalan informasi menarik tentang kerangka kerja Python kali ini. Yuk langsung simak selengkapnya!

Daftar Framework Python Terpopuler 2023

framework python

Saat ini telah banyak terdapat kerangka kerja dari Python yang bisa dicoba untuk memaksimalkan pengembangan web sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa framework Python populer di tahun 2023 yang dapat dicoba.

Django

Daftar pertama adalah kerangka kerja yang paling populer bagi para pengembang Python yaitu Django. Django menjadi salah satu framework Python yang paling terkenal dan sering digunakan. Kerangka kerja ini dikenal karena kekuatan dan kemudahan penggunaannya dalam pengembangan. Django menawarkan sistem manajemen database yang kuat, pengembangan aplikasi yang cepat, dan keamanan yang tinggi. 

Fitur-fitur penentu seperti ORM yang kuat, sistem admin bawaan, dan dukungan untuk skema URL yang jelas menjadikan Django pilihan utama dari banyak pengembang web yang menggunakan Python.

CherryPy

Jika mencari framework Python yang ringan dan efisien untuk pengembangan aplikasi web, CherryPy menjadi solusi terbaik. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, CherryPy tetap kuat dalam hal fungsionalitas dan kinerja dalam pengembangan. Framework ini menyediakan solusi yang sederhana untuk membangun aplikasi web yang responsif dan skalabel. CherryPy menjadi pilihan yang menarik bagi developer karena memiliki dukungan penuh terhadap protokol HTTP, manajemen sesi, dan integrasi yang mudah dengan berbagai mesin template.

Artikel Terkait  Kenali ChatGPT API : Langkah Mengaksesnya dan Harganya!

Flask

Flask dikembangkan dengan filosofi “less is more” dimana memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada pengembang untuk membangun aplikasi web sesuai dengan preferensi. Kerangka kerja satu ini memiliki dokumentasi yang baik dan komunitas yang besar dan menjadi pilihan yang populer bagi pengembang yang ingin memiliki kontrol penuh atas aplikasi web. Flask merupakan salah satu kerangka kerja Python yang minimalis. 

Bottle

Bottle adalah framework Python yang dibangun dengan satu file modul dan tidak memiliki dependensi eksternal, sehingga framework ini mudah untuk dipelajari, diimplementasikan dan dikonfigurasi. Meskipun menjadi framework yang sederhana, Bottle tetap mampu menangani aplikasi web yang kompleks dengan kecepatan yang tinggi. 

Dengan desain yang intuitif dan dukungan terhadap routing URL, maka Bottle adalah pilihan yang tepat untuk para pengembang yang ingin mulai melakukan pengembangan dengan menggunakan Python.

Web2Py

Web2Py merupakan kerangka kerja Python yang aman dan ramah pemula. Framework satu ini dibangun dengan fokus pada keamanan dan kinerja dari project yang dikembangkan. Web2Py menyediakan berbagai alat yang lengkap untuk pengembangan aplikasi web yang skalabel dan stabil. Fitur kunci seperti debugging yang kuat, migrasi database otomatis, dan sistem caching yang efisien membuat Web2Py lebih menonjol dibandingkan dengan framework lainnya.

Falcon

framework python

Falcon dibangun pada tahun 2016 dan menjadi kerangka kerja Python yang dirancang untuk kecepatan dan kinerja tinggi. Dibuat dengan mempertimbangkan efisiensi, Falcon sangat cocok untuk pengembangan aplikasi web yang membutuhkan responsivitas yang cepat. Falcon menggunakan pendekatan yang minimalis dan fokus pada desain API yang mudah digunakan. Framework ini memiliki dukungan untuk pembuatan API RESTful yang efisien dan kemampuan penanganan permintaan yang baik sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi pengembang yang mengutamakan performa aplikasi.

Artikel Terkait  Apa itu Sidebar Wordpress dan Apa Manfaatnya?

CubicWeb

CubicWeb adalah framework Python yang kuat dan komprehensif untuk pengembangan aplikasi web semantik serta menjadi salah satu kerangka kerja yang bersifat open source. CubicWeb menawarkan alat yang kuat untuk memodelkan dan mengakses data secara semantik. Framework ini juga memiliki kemampuan integrasi yang baik dengan teknologi web lainnya seperti JavaScript dan XML. Jika Anda tertarik dengan pengembangan aplikasi web semantik, CubicWeb adalah pilihan yang layak untuk digunakan dan dipelajari.

Tornado

Tornado merupakan kerangka kerja Python yang dikembangkan dengan tujuan kecepatan dan skalabilitas dengan menggunakan library asinkron. Tornado terinspirasi oleh teknologi non-blocking seperti Node.js sehingga framework ini menggunakan model I/O non-blocking yang memungkinkan pengembangan aplikasi web yang responsif dan dapat menangani banyak koneksi secara bersamaan. 

Dukungan bawaan seperti WebSocket, user authentication, web templates, localization, signed cookies serta keandalan yang tinggi menjadi fitur-fitur penting yang membuat Tornado cocok untuk pengembangan aplikasi real-time yang berperforma tinggi.

Dash Python

Dash Python adalah framework Python bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi web interaktif berbasis data. Framework ini memiliki integrasi yang kuat dengan paket analisis data seperti Pandas dan beberapa teknologi populer seperti Plotly, React JS, dan Flask. Dash Python memungkinkan pengembang untuk membuat visualisasi data yang menarik dan interaktif. 

Framework ini memiliki banyak keunggulan dalam kustomisasi yang tinggi, dukungan yang baik untuk pembaruan data secara real-time, URL Routing, LDAP integration dan desain tata letak yang fleksibel yang membuat Dash Python menjadi pilihan yang menarik untuk pengembangan aplikasi web dengan metode data-driven.

Artikel Terkait  Apa itu API Security? Wajib Tahu dan Penting Diterapkan!

Pyramid

Framework terakhir dalam daftar ini adalah Pyramid. Pyramid merupakan kerangka kerja Python yang fleksibel dan kuat untuk pengembangan aplikasi web. Pyramid menawarkan pendekatan yang modular dan memungkinkan pengembang untuk memilih komponen-komponen yang sesuai dengan kebutuhan. Framework ini dikenal dengan keandalannya dalam identifikasi dan routing karena dapat melakukan pemetaan URL yang baik.

Pyramid memiliki fitur penting yang dapat membuat pengembangan menjadi lebih terstruktur seperti fitur validasi dan pembuatan struktur HTML dan template yang mencakup semua dan detail aset. Dengan dukungan untuk ORM yang beragam, sistem keamanan yang kuat, arsitektur yang berskala serta dokumentasi yang baik membuat Pyramid menjadi pilihan yang menarik untuk pengembang yang menginginkan fleksibilitas dalam membangun aplikasi web yang rumit dan kompleks.

Kesimpulan

Tahun 2023 menjadi tahun di mana framework Python terus mengalami perkembangan dan menghadirkan fitur-fitur baru yang menarik bagi pengembang web. menawarkan keunikan dan keunggulan masing-masing dalam konteks pengembangan aplikasi web. Memilin framework yang tepat dan sesuai tujuan dapat mempercepat pengembangan aplikasi web, meningkatkan produktivitas, dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan Anda mengenai pengembangan aplikasi!

Ikuti terus WEBAPP untuk dapatkan lebih banyak informasi terbaru dan menarik seputar pengembangan aplikasi dan website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan banyak informasi menarik dan juga artikel terbaru tentang teknologi dan pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya