Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainSkeuomorphism: Ulasan Gaya Desain UI Sesuai Dunia Nyata!

Skeuomorphism: Ulasan Gaya Desain UI Sesuai Dunia Nyata!

-

Last Updated on May 27, 2023 by

Desain antarmuka pengguna (UI) memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan intuitif. Salah satu gaya desain yang telah menjadi perdebatan yang hangat dalam beberapa tahun terakhir adalah skeuomorphism dengan pendekatan meniru benda yang ada di dunia nyata.

Dalam artikel ini akan dibahas konsep skeuomorphism, kelebihan dan kekurangannya, cara menggunakannya dalam desain UI, serta beberapa contoh penggunaan yang menarik. Terus simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui semua mengenai gaya desain ini. Yuk langsung simak!

Apa itu Skeuomorphism?

skeuomorphism

Skeuomorphism adalah pendekatan desain yang mengadopsi elemen visual atau fisik dari dunia nyata ke dalam antarmuka digital. Pendekatan ini mengacu pada penggunaan elemen desain yang meniru atau menirukan objek fisik yang sudah ada. Konsep ini muncul ketika antarmuka digital mulai berkembang pesat dan desainer mencoba menciptakan pengalaman yang lebih akrab dan intuitif bagi pengguna. Gaya desain ini berusaha untuk memberikan perasaan nyata dan familiar ketika berinteraksi dengan antarmuka digital.

Tujuan utama dari penggunaan pendekatan desain ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam beradaptasi dengan antarmuka baru dan meminimalkan pembelajaran. Meskipun mendapatkan popularitas pada awal perkembangan, pendekatan ini juga telah menuai kritik. Beberapa menganggap bahwa gaya desain ini terlalu mengikat dengan dunia fisik dan menghambat eksperimen dengan konsep desain yang lebih inovatif. 

Kelebihan dan Kekurangan Desain Skeuomorphism

Desain satu ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkannya dalam proyek desain UI. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan utama dari pendekatan desain satu ini.

Kelebihan Desain Skeuomorphism:

  1. Keterpahaman dan Keakraban: Salah satu kelebihan utama dari desain skeuomorphism adalah keterpahaman yang ditawarkannya. Dengan meniru elemen fisik yang sudah dikenal oleh pengguna, antarmuka gaya desain ini memberikan pengalaman yang lebih akrab dan intuitif. Pengguna dapat dengan mudah mengenali dan berinteraksi dengan elemen UI karena kesamaannya dengan objek fisik yang sudah dikenal sebelumnya.
  2. Estetika yang Menarik: Desain satu ini sering kali menawarkan estetika yang menarik dan menawan. Penggunaan tekstur, ilustrasi, dan detail visual yang meniru objek fisik dapat memberikan sentuhan artistik yang menarik. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik visual antarmuka serta menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan memikat bagi pengguna.
  3. Konsistensi dengan Dunia Nyata: Dalam beberapa konteks, desain ini dapat membantu menciptakan konsistensi dengan objek atau lingkungan fisik yang relevan. Misalnya, ketika merancang aplikasi permainan yang mensimulasikan pengalaman berkendara mobil, maka akan menampilkan instrumen dan kontrol yang meniru desain dashboard mobil nyata dapat memberikan pengalaman yang lebih realistis dan terasa lebih otentik.
Artikel Terkait  User Research : Mengenal Perilaku dan Kebutuhan User Terhadap Aplikasi

Kekurangan Desain Skeuomorphism:

  1. Kelebihan Detail yang Berlebihan: Salah satu kekurangan utama desain ini adalah kecenderungan untuk menggunakan detail yang berlebihan. Meniru objek fisik dengan terlalu banyak tekstur, bayangan, dan efek visual kompleks dapat membebani antarmuka dan memperlambat kinerja. Kelebihan detail juga dapat membuat antarmuka terlihat berat dan berantakan serta mengganggu fokus pengguna pada fungsi utama aplikasi.
  2. Tidak Sesuai untuk Semua Konteks: Desain skeuomorphism mungkin tidak cocok untuk semua jenis aplikasi atau konteks penggunaan. Pendekatan ini lebih cocok untuk situasi di mana familiaritas dan keterpahaman pengguna sangat penting. Namun, dalam konteks aplikasi dengan fungsi yang tidak berhubungan langsung dengan objek fisik, pendekatan desain yang lebih minimalis atau modern mungkin lebih sesuai.
  3. Keterbatasan Kreativitas: Desain satu ini dapat membatasi eksperimen dengan konsep desain yang lebih inovatif dan futuristik. Desainer mungkin kesulitan menggali kemungkinan desain yang lebih unik dan berbeda karena terlalu terikat dengan peniruan objek fisik.

Cara Menggunakannya dalam Desain UI

skeuomorphism

Penerapan desain skeuomorphism yang efektif dalam desain antarmuka pengguna (UI) membutuhkan pemahaman tentang prinsip-prinsip yang relevan. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menggunakan desain ini dengan baik dalam desain UI.

Artikel Terkait  Balsamiq Mockup : Panduan Tersimpel Membuat Mockup dengan Balsamiq

1. Pilih dengan Cermat Elemen yang Akan Ditiru

Langkah pertama adalah memilih elemen desain yang akan ditiru dengan cermat. Perhatikan objek fisik yang relevan dengan fungsi antarmuka yang ingin dicapai. Misalnya, jika Anda merancang aplikasi kalender, maka elemen desain seperti tampilan bulan, tanggal, dan catatan acara dapat ditiru dengan mengadopsi tampilan kalender fisik yang sudah dikenal.

2. Pertimbangkan Keseimbangan Realisme dan Kesederhanaan

Penting untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara realisme dan kesederhanaan dalam desain satu ini. Hindari membuat antarmuka yang terlalu rumit dengan detail yang berlebihan. Fokus pada elemen kunci yang paling penting untuk dipertahankan agar pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan aplikasi. Perhatikan juga bahwa penggunaan elemen fisik yang terlalu banyak atau berlebihan dapat memperlambat kinerja aplikasi.

3. Perhatikan Konsistensi Desain

Pastikan konsistensi dalam desain skeuomorphism. Gunakan elemen desain yang sama di seluruh antarmuka untuk menciptakan pengalaman yang seragam. Misalnya, jika menggunakan ikon yang meniru objek fisik, pastikan ikon-ikon tersebut memiliki tampilan yang konsisten dan dapat dengan mudah dikenali oleh pengguna.

4. Pertimbangkan Konteks Pengguna

Penting untuk mempertimbangkan konteks pengguna ketika menggunakan gaya desain ini. Misalnya, dalam beberapa kasus, pendekatan desain yang lebih minimalis atau modern mungkin lebih sesuai daripada gaya desain ini. Pertimbangkan preferensi dan kebiasaan pengguna dalam memilih pendekatan desain yang tepat.

5. Lakukan Uji Pengguna

Sebelum meluncurkan desain ini secara penuh, lakukan uji pengguna untuk memastikan bahwa antarmuka diterima dengan baik oleh pengguna. Perhatikan umpan balik dan tanggapan mereka terhadap elemen desain yang ditiru. Uji pengguna membantu mengidentifikasi apakah desain skeuomorphism ini benar-benar memudahkan pengguna dalam beradaptasi dengan antarmuka baru dan memberikan pengalaman yang diinginkan.

Contoh Penggunaan Skeuomorphism

Gaya desain ini telah digunakan dalam berbagai aplikasi dan antarmuka pengguna. Berikut beberapa contoh penggunaan pendekatan desain ini yang menonjol.

  1. Aplikasi Nota dan Kalender: Aplikasi nota dan kalender sering menggunakan desain skeuomorphism dengan meniru tampilan fisik buku catatan atau kalender tradisional yang memiliki latar belakang tekstur kertas, tombol berbentuk fisik, dan efek animasi seperti halaman berlipat saat diubah.
  2. Aplikasi Kamera: Gaya desain ini juga populer dalam aplikasi kamera dengan meniru tampilan dan kontrol dari kamera fisik, seperti lensa, tombol rana, dan kontrol pengaturan yang dapat memberikan pengguna pengalaman yang lebih akrab saat menggunakan aplikasi kamera pada perangkat mereka.
  3. Aplikasi Musik: Aplikasi yang sering menggunakan desain satu ini adalah aplikasi pemutar musik dengan menampilkan gambar pemutar musik klasik yang memiliki tombol putar, tombol berikutnya, dan slider volume sesuai dengan  pemutar musik fisik.
  4. Aplikasi Cuaca: Beberapa aplikasi cuaca mengadopsi desain skeuomorphism dengan meniru tampilan termometer fisik, ikon cuaca seperti matahari atau awan, dan latar belakang yang mencerminkan kondisi cuaca saat ini. Hal ini membantu pengguna dengan cepat memahami informasi cuaca dengan cara yang akrab dan intuitif.
  5. Aplikasi Buku Elektronik: Aplikasi buku elektronik sering menggunakan desain ini untuk membuat tampilan halaman yang menyerupai buku fisik seperti menampilkan efek seperti tekstur halaman, penanda buku, dan animasi berbalik halaman saat pengguna menggeser konten.
Artikel Terkait  Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda

Kesimpulan

Skeuomorphism adalah gaya desain UI yang meniru elemen fisik dari dunia nyata untuk menciptakan pengalaman pengguna yang akrab dan realistis. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, penggunaan gaya desain ini dengan tepat dapat meningkatkan interaksi dalam antarmuka pengguna. Desainer dapat menciptakan pengalaman UI yang menarik dan intuitif bagi pengguna. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan desain UI Anda!

Ikuti WEBAPP untuk dapatkan lebih banyak info terbaru dan menarik dari dunia pengembangan aplikasi dan website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan banyak info menarik dan juga artikel terbaru seputar teknologi dan pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya