Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingCara Membangun Aplikasi Kalender untuk Pengobatan

Cara Membangun Aplikasi Kalender untuk Pengobatan

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Dalam pembuatan aplikasi, ada berbagai banyak ide yang dapat diimplementasikan, bahkan di bidang apapun. Ada banyak pula peluang yang bisa di-explore, salah satunya di bidang kesehatan. Kira-kira aplikasi apa yang cocok untuk bidang kesehatan? Yap, salah satunya aplikasi kalender untuk pengobatan yang dapat Anda coba. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana membangun aplikasi tersebut.

Sebelum masuk ke tahap demi tahapnya, akan lebih baik untuk melihat gambaran salah satu aplikasi sejenis, yaitu aplikasi kalender untuk pengobatan yang memberikan layanan untuk pengingat obat. Nama aplikasi tersebut adalah Medisafe yang tersedia di Android ataupun iOS.

Ada beberapa fitur dalam aplikasi ini, yaitu:

  • Pada aplikasi ini terdapat pengingat dan alarm untuk obat.
  • Menyediakan layanan untuk mengecek drug-to-drug interaction, yaitu suatu interaksi obat satu dengan lainnya dikonsumsi bersamaan yang mengakibatkan terjadinya efek obat itu sendiri.
  • Memiliki fitur untuk membantu anggota keluarga dan pengasuh dalam memanajemen kesehatan dan pengobatan pasien.
  • Menyediakan medicine tracker dan pengingat isi ulang resep.
  • Terdapat fitur untuk mengatur janji temu dengan dokter serta mengelola jadwalnya.
  • Pengguna dapat membagikan report dari pengobatan harian, mingguan, hingga bulanan dengan logbooks.

Selain itu, masih ada banyak lagi fitur yang disediakan oleh aplikasi ini selain hanya sebagai kalender.

Membuat Aplikasi Kalender Pengobatan

 

 

Aplikasi Kalender

1. Mendefinisikan Proyek Aplikasi Kalender

Pertama, buatlah tim pengembang yang terdiri dari Product Manager (PM) yang kompeten, IT architect yang berpengalaman, dan Business Analyst (BA) yang berpengalaman dalam bidang kesehatan. Kemudian, tim akan melakukan beberapa hal berikut:

Artikel Terkait  Tips-Tips AWS Security agar Keamanannya Tidak Goyah

a. Menentukan Ruang Lingkup Aplikasi Kalender

Tim harus menentukan ruang lingkup dari aplikasi melalui serangkaian diskusi dari tim. Ada beberapa ruang lingkup yang direkomendasikan untuk aplikasi kalender pengobatan ini, seperti:

  • Aplikasi ini kompatibel untuk Android maupun iOS dan memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi Medisafe.
  • Aplikasi ini memiliki website yang memberikan informasi tentang aplikasi tersebut.
  • Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan tempat target dibuat.
Artikel Terkait  Memahami Tahapan SDLC | Siklus Pengembangan Software

b. Menentukan model Software Development Life Cycle (SDLC)

Setelah menentukan ruang lingkupnya, selanjutnya adalah menentukan model SDLC. SDLC sendiri merupakan sebuah proses dan pembuatan sistem, model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan suatu software. Mengapa harus menggunakan ini?

Tentunya agar software yang dibangun dapat menghasilkan output yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan pemangku kepentingan. Ada beberapa model SDLC yang populer digunakan dalam pengembangan software, seperti model Waterfall, model Spiral, model Agile.

Lalu, untuk membangun aplikasi kalender ini, model SLDC apa yang tepat digunakan? Satu model yang direkomendasikan adalah model Agile. Metode ini mengutamakan kelincahan dan tidak terlalu terpaku pada urutan, serta beberapa tahapan dapat berjalan bersamaan.

Pengguna juga dapat memberikan feedback meskipun aplikasi belum selesai. Di samping itu, aplikasi mobile termasuk dalam System of Engagement (SoE) yang cocok diimplementasikan menggunakan model Agile.

c. Memprioritaskan Fitur untuk Minimum Viable Product (MVP)

MVP merupakan serangkaian fitur dasar yang dimiliki aplikasi dengan kegunaan yang tinggi meskipun belum terlalu canggih. Dengan adanya fitur ini akan didapatkan feedback dari pengguna sehingga aplikasi dapat dikembangan dengan lebih baik.

Anda dapat menggunakan Pain and Gain Map untuk mengkategorikan fitur berdasarkan dampak ke pengguna.

2. Merencanakan Proyek Aplikasi Kalender

Selanjutnya ke tahap dua setelah mendefinisikan proyek aplikasi adalah merencanakan proyek tersebut dengan cermat dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

a. Memformulasikan Pendekatan Development

Beberapa saran untuk hal ini, yaitu:

  • Merencanakan keamanan aplikasi.
  • Mencari layanan cloud hosting untuk keperluan hosting website.
  • Menggunakan platform layanan cloud seperti Mobile Backend as a Service (MBaaS) untuk aplikasi sehingga tidak perlu untuk mengelola infrastruktur IT lagi.
  • Menggunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress untuk website.
  • Menggunakan API pihak ketiga untuk fitur pendukung dan juga membangun API sendiri untuk fitur inti aplikasi.
  • Gunakan mobile device lab di cloud untuk pengujian secara otomatis agar lebih efisien.
Artikel Terkait  12 Istilah Sakral yang Penting Dimengerti Oleh Cloud Developer

b. Keamanan Aplikasi

Merencanakan keamanan aplikasi tentunya menjadi bagian penting dalam proses membangun sebuah aplikasi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Gunakan Multi-Factor Authentication (MFA) dan algoritma enskripsi sesuai standar industri seperti AES-256. AES kepanjangannya dari Advanced Encryption Standard.
  • Impelementasikan firewall dan antivirus.
  • Amankan API menggunakan beberapa teknis seperti encryption, authentication tokens, dan lainnya.
  • Gunakan real-time threat intelligence agar terlindungi dari serangan baik secara internal maupun eksternal secara real-time dengan akurat.
  • Gunakan cloud deployment secara hybrid sehingga dapat menyimpan data sensitif di private cloud dan menjalankan yang lainnya di public cloud.
  • Otomatisasikan pengujian keamanan dan kebijakan serta masukan ke dalam CI/CD pipeline.

c. Gunakan Cloud Platform yang Tepat

Untuk layanan cloud hosting website seperti WordPress, direkomendasikan menggunakan Amazon Lightsail dari AWS karena mudah dan aman digunakan. Sedangkan untuk MBaaS platform direkomendasikan menggunakan AWS Amplify.

Artikel Terkait  15 Software 3D Terbaik Untuk Para Animator Pemula

Keunggulan menggunakan MBaaS adalah mereka mengelola cloud infrastructure dan persistent storage. Hal ini dapat membantu mengefisiensi waktu dalam membangun dan mengelola mobile backend. MBaaS dapat diintegrasikan dengan API. Selain itu, MBaaS dapat dengan mudah mengimplementasikan fitur seperti security, push notification, dan user management.

d. Memilih Technology Stack

Technology Stack yang dapat Anda gunakan sebagai panduan, seperti:

  • Gunakan RDBMS seperti PostgreSQL untuk API development.
  • Anda dapat menggunakan NoSQL database seperti MongoDB
  • Gunakan Java untuk membangun aplikasi Android dan gunakan Swift untuk membangun aplikasi iOS.

e. Tim Pengembang

Selain yang disebutkan di atas, tim pengembang yang dibutuhkan secara lengkap, yaitu UI Designer, Android Developer yang memiliki kemampuan menggunakan Java, iOS Developer yang memiliki kemampuan menggunakan Swift, penguji, dan DevOps Engineer.

Karena menggunakan model Agile, maka atur tim dengan menggunakan dukungan teknik seperti Scrum yang sifatnya iteratif yang disebut dengan Sprint, dalam artian selama proyek aplikasi berjalan, calon pengguna terlibat dalam memberikan feedback seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Testing dapat dilakukan di tengah proses dan menyesuaikan ulang fokus dari proyek.

3. Tools untuk Desain dan Pengembangan Proyek Aplikasi

Gunakan tools yang tepat untuk proyek aplikasi yang dibangun, yaitu:

a. Tema WordPress yang sesuai

Karena bergerak dalam bidang kesehatan, gunakan tema yang memiliki kesan profesional dan sesuai dengan aplikasi. Satu tema yang direkomendasikan adalah HouseMed, yaitu tema khusus untuk bidang kesehatan.

Artikel Terkait  Memahami Tahapan SDLC | Siklus Pengembangan Software

b. API Pihak Ketiga untuk Fitur Non-Core

Dalam aplikasi kalender yang dibangun, jika ingin menyediakan dan menampilkan fitur drug-to-drug interaction yang tidak masuk ke dalam fitur inti, Anda dapat menggunakan Wolters Kluwer.

Artikel Terkait  Cara upload Project ke Github melalui Website Github dan Android Studio

Perlu dibuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakan API ini, lalu All Drug APIs dalam Wolters Kluwer ini membantu dalam memberikan informasi tentang obat seperti informasi alergi obat, efek obat, dan interaksi obatnya.

Lalu, untuk fitur non-core lainnya seperti push notification-nya Anda dapat menggunakan bulk-SMS API pihak ketiga, contohnya dapat menggunakan Programmer SMS API dalam Twilio.

c. Mobile Device Lab di Cloud

Gunakan mobile device lab di cloud agar dapat menguji aplikasi di berbagai perangkat, karena tentunya aplikasi yang dibangun harus bisa bekerja di semua perangkat seluler. Anda dapat menggunakan Experitest yang memiliki kombinasi lebih dari 1000 perangkat atau browser. Jadi, akan lebih mudah dengan pengujian otomatis ini.

4. Eksekusi dan Men-tracking Proyek

Pada tahap ini melibatkan beberapa hal dalam membangun aplikasi kalender untuk pengobatan ini, yaitu:

  • Dalam pengembangan API, hosting API menggunakan akun AWS, gunakan database seperti PostgreSQL dan MongoDB, dokumentasikan API menggunakan Swagger, serta jangan lupa untuk mengamankan API.
  • Dalam mendesain UI agar lebih user-friendly dapat dilakukan dengan mengikuti panduan “Human Interface Guidelines” untuk iOS di situs Apple Developer, “Material Design” untuk Android di situs Android Developer, dan dokumentasi tema WordPress
  • Untuk Android, gunakan IDE seperti Android Studio, integrasikan API menggunakan Java, lakukan pengujian dengan Espresso dan Experitest, dan ikuti panduan untuk mempublikasikannya di situs Android Developer.
  • Untuk iOS, gunakan IDE seperti Xcode, interagsikan API menggunakan Swift, gunakan XCTest dan Experitest untuk melakukan pengujian, serta ikuti panduan dalam mempublikasikan aplikasi di situs Apple Developer.
  • Untuk melakukan tracking aplikasi, gunakan data driven real-time dashboard.

Itulah beberapa panduan dalam membangun aplikasi kalender untuk pengobatan yang membantu sebagai reminder obat dan kompatibel dalam perangkat Android maupun iOS.  Untuk informasi lainnya seputar pemrograman dapat disimak pada artikel lainnya di Appkey.id, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya