Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingTips Menjadi Pengembang Perangkat Lunak yang Hebat

Tips Menjadi Pengembang Perangkat Lunak yang Hebat

-

Last Updated on July 22, 2023 by

Perkembangan dunia saat ini begitu pesat dan selalu berlalu meninggalkan peristiwa atau tren lama. Sebagai pengembang perangkat lunak kalian pasti selalu untuk dituntut cepat dan bisa beradaptasi dengan hal-hal baru terutama dalam hal yang berkaitan dengan teknologi. Tentunya jangan lupakan tentang pesaing yang bisa dengan kapan saja mengambil apa yang sudah saat ini kita peroleh. Oleh karena itu mau tidak mau kita harus terlihat menonjol dengan bagusnya kinerja dan kemampuan yang kita miliki.

perangkat lunak

Cara utama untuk bisa bersaing adalah konsisten untuk menghasilkan karya yang unggul, menyingkirkan apapun yang dapat menyebabkan gangguan, memprioritaskan tugas kalian hingga dapat fokus mengerjakan satu hal dan bisa melakukannya dengan baik. Terkadang disaat kalian memulai pagi akan terlalu banyak yang dapat mengganggu kalian dari arah manapun. Mungkin kalian membalas email, terlalu banyak memikirkan ide atau berjibaku dengan pemikiran tanpa benar-benar menyelesaikan satu hal pun.

Oleh sebab itu kita harus bisa membangun “sistem” bagi diri kita sendiri agar tidak menyia-nyiakan waktu yang cenderung sangat sebentar bila kita hanya tenggelam dalam pengejaran ide-ide yang tidak berujung. Yang namanya kehidupan harus selalu berjalan supaya kita tetap dapat hidup dan jika kita tidak memiliki sistem yang baik, banyak hal yang dapat terlewat sebelum kalian dapat menyadarinya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian gunakan sebagai referensi untuk membangun “sistem” kalian sendiri.

Mulailah Pagi dengan Hal yang Membuat Kalian Bersemangat

Jogging, berjalan mengelilingi kebun rumah setiap pagi, meditasi, melakukan yoga, minum air sebelum beraktivitas, menelusuri media sosial, bermain dengan hewan peliharaan, mandi atau apapun yang bisa membuat kalian semangat untuk memulai hari lakukanlah! Cara kalian untuk memulai hari akan menentukan suasana hati kalian sepanjang hari.

Artikel Terkait  Laravel Octane: Ulasan Lengkap Teknologi Baru Laravel!

perangkat lunak

Dengan suasana hati yang baik, kalian akan dengan mudah untuk berfikir dan bahkan memperluas jalan kalian untuk mencapai ide yang baik. Sebagai pengembang perangkat lunak yang harus selalu mengikuti arus teknologi, pikiran dan suasana hati yang baik merupakan salah satu modal utama.

Carilah Alat Bantu Untuk Menulis Daftar Tugas

Pekerjaan yang banyak terkadang membuat kita bingung untuk mulai mengerjakannya dari mana karena semuanya penting untuk dilakukan. Disaat inilah kalian harus bisa membedakan mana hal yang dapat dikategorikan prioritas. Kalian bisa menggunakan pensil dan buku atau yang lainnya seperti Todoist.

Kita terkadang memiliki keterbatasan khususnya pada waktu yang terasa sangat cepat sekali berlalu bahkan sampai tidak sempat untuk mengerjakan beberapa hal yang memang perlu untuk dikerjakan. Mau tidak mau harus ada beberapa hal yang tertunda untuk mengerjakan pekerjaan prioritas dengan sempurna.

Jika kalian tidak bisa mengerjakan semuanya satu waktu, jangan berkecil hati, bukan berarti kalian payah atau tidak bisa mengerjakan hal dengan baik. Semuanya hal memiliki batasan, semua hal perlu proses dan waktu oleh karena itu jika kalian tidak ingin meninggalkan hal yang memiliki dampak besar, kalian harus bisa memilah yang mana masuk ke dalam kategori prioritas.

Matikan ponsel

Saat mengembangkan ide untuk meningkatkan pengetahuan dan skill menjadi pengembang perangkat lunak yang hebat, ponsel menjadi salah satu hal yang dapat mengalihkan perhatian kalian. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari mata kalian dari notifikasi yang ada pada ponsel kalian atau matikan ponsel kalian bila perlu.

Pilihlah Tugas Pertama yang Kalian Sukai 

Salah satu pendekatan dalam manajemen tugas adalah dengan memilih tugas pertama yang sesuai dengan mood kalian saat ini. Ide di balik ini adalah untuk mulai mengerjakan sesuatu daripada menunda-nunda.

Meskipun beberapa orang menganjurkan untuk menyelesaikan tugas terberat di awal hari, terkadang kita mungkin tidak merasa siap untuk menghadapinya. Pada hari-hari seperti itu, memilih tugas yang lebih mudah dan cepat selesai bisa membantu untuk mendapatkan momentum dan masuk ke dalam keadaan fokus.

Artikel Terkait  Eksplorasi Operator dalam Bahasa Pemrograman: Pengertian dan Jenisnya

Fokus pada Satu Tugas pada Satu Waktu

Prinsip tanggung jawab tunggal tidak hanya berlaku dalam pengembangan perangkat lunak, tetapi juga dalam manajemen waktu. Ketika bekerja pada suatu tugas, berikan perhatian penuh pada tugas tersebut dan usahakan untuk menghasilkan yang terbaik. Hal ini tidak berarti mencari kesempurnaan, yang justru bisa menghambat produktivitas. Namun, upayakan untuk melakukan tugas dengan baik.

Misalnya jika kalian sedang menulis kode, jangan hanya berhenti pada “bisa berfungsi.” Evaluasi ulang, refactor, dan pandanglah dari berbagai sudut pandang. Apakah kode tersebut mudah dibaca, dapat digunakan kembali, dan berskala? Begitu pula jika kalian sedang menulis email, pertimbangkan apakah bisa lebih jelas atau ringkas. Apakah kalian bisa mempertegas poin-poin penting dengan menggunakan teks tebal untuk memudahkan pembacaan cepat?

Dengan memberikan perhatian penuh pada setiap tugas dan benar-benar terlibat di dalamnya, kalian akan secara konsisten menghasilkan pekerjaan yang unggul. Hal ini akan membantu kalian menonjol di tengah berbagai pekerjaan yang biasa-biasa saja.

Manfaatkan Alat Bantu untuk Mengatur Layar Anda Agar Lebih Produktif

Ketika mengerjakan tugas yang melibatkan banyak jendela atau aplikasi, memiliki beberapa monitor atau monitor yang besar dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk meminta perusahaan tempat kalian bekerja untuk menyediakan fasilitas tersebut.

Jika kalian bekerja sendiri atau baru memulai, kalian dapat membeli beberapa monitor murah. Kunci utamanya adalah memiliki cukup ruang layar sehingga kalian tidak perlu terus-menerus berganti-ganti jendela.

Selain itu, gunakan aplikasi produktivitas yang memungkinkan kalian mengatur jendela-jendela dengan cepat menggunakan pintasan keyboard. Contohnya adalah aplikasi Magnet yang populer bagi pengguna Mac. Dengan Magnet, kalian dapat dengan mudah menyusun jendela-jendela di layar dengan rapi, meningkatkan alur kerja dan mengurangi kekacauan visual.

Ciptakan Lingkungan Bebas Gangguan untuk Tugas yang Membutuhkan Fokus

Untuk tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti menulis atau menganalisis dengan cermat, pertimbangkan untuk bekerja pada layar yang lebih kecil, seperti laptop, di tempat yang tenang dan terpencil.

Artikel Terkait  Skill Coding Sangat Dibutuhkan di Zaman ini, Berikut Tips Cara Mengembangkannya

Pendekatan ini membantu mengurangi gangguan dan mencegah godaan untuk terlalu banyak membuka jendela. Bekerja di luar ruangan, pergi ke kafe, atau mencari sudut tenang di kantor dapat memberikan lingkungan yang sesuai untuk fokus dan produktivitas yang tinggi.

Tetapkan Batas Waktu untuk Berhenti Bekerja

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah kunci untuk kesejahteraan jangka panjang dan produktivitas yang berkelanjutan. Menetapkan batas waktu yang jelas untuk berhenti bekerja memungkinkan kalian untuk melepaskan diri dari pekerjaan dan memulihkan energi untuk keesokan harinya.

Tentukan waktu tertentu di mana kalian akan menghentikan pekerjaan, meskipun masih ada tugas yang belum selesai. Mengatur alarm pada ponsel atau menggunakan pengingat dapat menjadi pengingat yang berguna.

Setelah waktu berhenti bekerja tiba, selesaikan tugas yang sedang dikerjakan, luangkan beberapa menit untuk merencanakan kembali prioritas kerja untuk keesokan hari, dan tambahkan langkah-langkah selanjutnya untuk setiap proyek dalam alat manajemen tugas pilihan kalian, seperti Todoist. Kemudian, tutup laptop dan tinggalkan pekerjaan secara fisik.

Dengan menerapkan praktik ini, kalian mencegah kelelahan dan memastikan kalian memiliki energi segar untuk hari kerja berikutnya. Ingatlah bahwa kalian tidak perlu bekerja lembur untuk meraih keberhasilan, dan jika kalian bekerja di perusahaan yang mendorong budaya kerja lembur, sebaiknya mencari alternatif lain. Bekerjalah secara cerdas, bukan secara panjang.

Kesimpulan

Dalam dunia yang terus berkembang, pengembang perangkat lunak dituntut untuk beradaptasi dengan cepat. Untuk tetap bersaing, konsistensi, prioritas, dan fokus pada tugas yang dilakukan dengan baik menjadi kunci.

Mengatur waktu, meminimalisir gangguan, dan menciptakan lingkungan yang sesuai juga membantu meningkatkan produktivitas. Penting untuk menetapkan batas waktu dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dengan menerapkan tips ini, pengembang perangkat lunak dapat meningkatkan kinerja mereka dan mencapai hasil yang lebih baik.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya