Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming Apa Itu Python? Dan Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajarinya

Apa Itu Python? Dan Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajarinya

-

Jika Anda ingin beralih ke karier dalam pengembangan web atau perangkat lunak, Anda tidak salah dengan mulai mempelajari trio bahasa pemrograman dasar HTML, CSS, dan JavaScript. Tetapi untuk BENAR-BENAR menonjol dalam bidang yang penuh sesak ini, Anda akhirnya harus menambahkan bahasa pemrograman tambahan ke skill yang Anda kuasai.

Di situlah segala sesuatunya menjadi rumit karena ada begitu banyak bahasa coding di luar sana. Bagaimana Anda bisa tahu mana yang layak dipelajari? Tapi, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih, karena ini tentang mencari tahu bahasa pemrograman mana yang akan memberi Anda pengembalian investasi tertinggi.

Dan itu membawa kita untuk belajar Python. Saya sudah bolak balik berselancar di internet untuk mencari tahu tentang beberapa bahasa pemrograman yang bisa menjadi investasi karir kita di masa depan dan berhasil mengetahui alasan mengapa Python adalah bahasa pemrograman yang layak untuk kita pelajari dari sekarang. Tapi sebelum itu, mari kita bahas tentang pengertiannya.

Python Adalah? Pengertian Dasar

 

apa-itu-phyton 

Python adalah bahasa pengkodean untuk tujuan umum — yang berarti bahwa, tidak seperti HTML, CSS, dan JavaScript, ia dapat digunakan untuk jenis pemrograman dan pengembangan perangkat lunak selain pengembangan web.

Python dapat digunakan untuk hal-hal seperti:

  1. Pengembangan aplikasi web dan seluler back end (atau sisi server)
  2. Pengembangan aplikasi atau perangkat lunak untuk dekstop
  3. Memproses data besar dan melakukan perhitungan matematis
  4. Menulis skrip sistem (membuat instruksi yang memberitahu sistem komputer untuk “melakukan” sesuatu)

Tapi jangan biarkan jangkauan luas Python membuat Anda takut. Sama seperti bahasa yang terdengar lebih akrab, Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan diminati yang secara eksponensial dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima dan penghasilan dalam hitungan bulan.

Python Ini Bagus untuk Siapa?

 

phyton-untuk-siapa 

Python adalah bintang yang naik daun di dunia pemrograman karena dua alasan utama: Bisa menangani sejumlah besar tugas, ditambah lagi dengan fakta bahwa ini sebenarnya bahasa yang sangat ramah-pemula. Sintaksis kode python menggunakan kata kunci bahasa Inggris, dan itu memudahkan siapa pun untuk memahami dan memulai dengan bahasa tersebut. Misalnya, lihat kode yang Anda gunakan untuk mencetak teks “Hello World” di layar Anda menggunakan bahasa pemrograman Java:

/* This is a simple Java program.
FileName : “HelloWorld.java”. */
class HelloWorld
{
// Your program begins with a call to main().
// Prints “Hello, World” to the terminal window.
public static void main(String args[])
{
System.out.println(“Hello, World”);
}
}

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Profesional
Artikel Terkait  Mudah Membuat Blog dengan Laravel 7 | Seri Set-Up Front End Layout

Pada Java, ada begitu banyak kode untuk fungsi yang begitu sederhana.

Sekarang lihat latihan yang sama yang ditulis dengan kode Python:

my_string = "Hello, World!"
print(my_string)

Tidak ada pertanyaan yang mana yang Anda sukai, bukan? Tetap saja, sesederhana seperti sintaksis Python, itu digunakan untuk proyek yang terdengar rumit seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Itu berarti Python sangat cocok untuk berbagai pengguna, termasuk:

  • Coders pemula
  • Pengembang aplikasi web dan seluler
  • Teknisi perangkat lunak
  • Ilmuwan Data
  • DAN orang lain yang bekerja dengan atau belajar tentang pemrograman komputer!

“Lalu apa gunanya buat saya?” Lucu jika Anda harus bertanya, karena kami telah mengumpulkan 13 alasan mengapa ANDA harus mempertimbangkan untuk belajar dan menggunakan Python, SEGERA.

13 Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Python

 

alasan-pakai-phyton 

1. Banyak Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Menggunakan Python

 

Di seluruh dunia begitu banyak lowongan kerja terkait Python. Karena pemrograman Python dapat digunakan dalam banyak hal, ada pekerjaan Python yang sesuai dengan setiap tingkat pengalaman dan minat kerja — termasuk peran insinyur penjaminan kualitas, posisi insinyur perangkat lunak entry-level, dan pekerjaan tingkat tinggi seperti pembelajaran mesin dan insinyur kecerdasan buatan .

2. Menguasai Python Berarti Anda Layak Mendapatkan Gaji yang Tinggi

 

Oh, dan apakah kami menyebutkan bahwa Python akan membuat Anda DIBAYAR? Kembali membahas di luar negeri, inilah besaran gaji rata-rata dilihat berdasarkan posisi teknisi yang menguasai bahasa program Python:

  • Entry Level Software Developer: $52,491
  • Quality Assurance Engineer: $61,459
  • Junior Python Developer: $80,994
  • Senior Python Developer: $117,822
  • Machine Learning Engineer: $141,029

Dengan gaji seperti itu (terutama $ 80rb untuk pengembang Python junior), kita semua harus belajar Python sekarang, kan?

3. Startups Menyukai Python

 

Perusahaan pemula harus menjalankan lean untuk bertahan hidup, dan itu berarti ketika mereka membangun produk digital mereka (apakah itu situs web, aplikasi seluler, atau program perangkat lunak) produk tersebut harus diselesaikan sesuai anggaran dan lebih cepat dari jadwal. Karena kemampuannya untuk membantu mencapai kedua tujuan ini, Python adalah bahasa pemrograman yang disukai di dunia startup.

Efisiensi dan kemudahan penggunaan Python berarti waktu pengembangan yang lebih sedikit, QA yang ramping dan proses debugging, dan pengembalian investasi yang lebih besar secara keseluruhan daripada sulit untuk menavigasi alternatif pengkodean. Startup adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan pertama dan mulai mendapatkan pengalaman industri, dan mengetahui jalan Anda di sekitar Python akan membuat Anda jauh lebih menarik.

4. Tidak Perlu Waktu Lama untuk Mempelajarinya

 

Untuk bahasa yang sama kuat dan serbagunanya dengan Python, Anda mungkin berpikir perlu bertahun-tahun untuk mempelajari Python. Tidak begitu! Profesional industri mengatakan bahwa dasar-dasar Python (hal-hal seperti sintaksis Python, kata kunci, dan tipe data) dapat dipelajari hanya dalam 6-8 minggu jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya dengan bahasa pengkodean.

5. Anda Bisa Mempelajari Python Dasar secara Gratis

 

Python Software Foundation menyelenggarakan tutorial Python gratis di situs web resmi mereka. Sumber daya gratis ini adalah tutorial Python yang luas untuk pemula, termasuk materi yang dirancang khusus untuk pengguna tanpa pengalaman pemrograman, dan materi untuk pemula dengan beberapa pengalaman pemrograman Python.

Artikel Terkait  Apa itu Scrum? Mengenal Metode Scrum yang Digunakan Oleh Para Developer dalam Sebuah Project Manajemen

Sementara itu, jika Anda mencari LEBIH BANYAK sumber daya pemula gratis untuk mempelajari Python, situs-situs seperti learnpython.org dan python-guide.org memiliki tutorial tambahan. Mudah dipelajari DAN Anda bisa mulai belajar secara gratis? Saya pikir Anda akan setuju, ini saatnya untuk mendaftar.

Artikel Terkait  Apa itu Scrum? Mengenal Metode Scrum yang Digunakan Oleh Para Developer dalam Sebuah Project Manajemen

6. Python Memiliki Komunitas yang Suportif

 

Python adalah bahasa pengkodean open source, artinya gratis untuk digunakan dan siapa pun dapat memodifikasi atau membuat ekstensi untuk bahasa Python. Menjadi open-source adalah apa yang memungkinkan bahasa memiliki pustaka, kerangka kerja, dan alat-alat lain yang membuat bahasa Python tetap relevan dan mudah beradaptasi dari waktu ke waktu. Tetapi open-source hanya memenuhi potensinya jika ada komunitas pengguna yang mendukung yang terlibat dengan bahasanya.

The Python Software Foundation memiliki halaman komunitas khusus di situs mereka yang menghubungkan ke beberapa grup dan forum komunitas di mana Anda dapat menemukan sesama penggemar Python untuk mendapatkan saran, bimbingan, inspirasi, atau hanya untuk mengobrol tentang kehebatan Python. Apa yang kamu tunggu? Ada ruang untuk setidaknya satu lagi di kereta musik Python!

7. Python Adalah Anak yang Populer

 

Apakah penting jika bahasa pemrograman populer? Jika bahasa pemrograman terbaik di dunia tidak memiliki pengguna, itu seperti pepatah pohon yang jatuh di hutan — bukan masalah besar jika tidak digunakan. Dan menginvestasikan uang dan waktu untuk mempelajari bahasa yang tidak cukup banyak digunakan untuk mendapatkan pekerjaan adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan.

Python sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadi bahasa pengkodean paling populer di dunia. Karena bahasa seperti Fortran dan Lisp telah mengalami penurunan drastis, dan bahasa seperti C dan C ++ tetap stabil tetapi datar, bahasa seperti Python dan JavaScript sedang naik tajam.

8. Python Adalah Versatilitas yang Membangun dengan Baik

 

Menjadi tujuan umum berarti bahasa Python dapat melakukan banyak hal … itulah sebabnya pemukul teknologi berat seperti Google, Facebook, dan Instagram semuanya menggunakan pemrograman Python untuk membangun bagian dari tumpukan teknologi mereka. Tetapi kode Python juga dapat digunakan untuk membangun program dasar seperti virtual magic 8-balls dan roller dadu (dan memproyeksikan di semua titik di antaranya).

Fleksibilitas Python berarti bahwa, sebagai pengembang, Anda akan memiliki berbagai pilihan pekerjaan yang sangat luas. Apakah Anda ingin bekerja untuk raksasa teknologi, membangun program perangkat lunak skala kecil Anda sendiri, atau bekerja sebagai pengembang web full stack, pemrograman Python adalah keterampilan yang memungkinkan salah satu dari opsi ini untuk Anda lakukan.

9. Dengan Python Project Front dan Back End Anda Bisa Bekerja Sama dengan Lebih Baik

 

Anda dapat menjadikan seluruh karier sebagai pengembang web front end, tetapi ada lebih banyak hal di bidang teknologi daripada hanya front end. Ada juga back end (sisi server dari situs web dan aplikasi seluler) yang terdiri dari basis data dan server web yang mendukung situs web dan aplikasi.

Ketika Python Foundation berbicara tentang menggunakan Python sebagai “bahasa perekat” untuk situs web dan aplikasi seluler, mereka berbicara tentang menggunakannya untuk skrip tindakan back end, memungkinkan front dan back end produk digital Anda bekerja dalam harmoni. Jika Anda ingin menambahkan keterampilan sisi server atau back end ke repertoar front end Anda (dan untuk lebih memperdalam keterampilan sebagai full stack developer), mempelajari Python adalah cara sempurna untuk memulai.

Artikel Terkait  Redirect adalah? Jenis-jenis dan Manfaatnya
Artikel Terkait  Panduan Belajar Git Bash Bagi Developer Pemula (Lengkap)

10. Anda Bisa Menggunakan Python “OUT OF THE BOX”

 

Pemrograman dengan beberapa bahasa bisa menjadi membosankan dan sulit … Tapi tidak Python!

Python hadir dengan pustaka standar yang kuat langsung dari kotak (sans frameworks atau add-ons lainnya), membuat proses pengkodean yang lebih efisien. Pustaka standar Python juga memasok pengembang dengan “modul” yang telah dikemas sebelumnya (file yang terdiri dari kode Python) yang memungkinkan pengembang melewatkan proses pengkodean fungsi-fungsi ini sendiri — menghemat waktu dan membuat kodenya lebih tersusun secara seragam.

Dan kemudian ada fakta bahwa kode Python dibuat dengan penekanan khusus pada keterbacaan kode, sehingga bahasa tersebut berfokus pada kata kunci bahasa Inggris alih-alih simbol dan tanda baca. Ini berarti lebih mudah sebagai pengembang untuk memindai melalui kode dan untuk memelihara dan memperbarui perangkat lunak, situs web, dan aplikasi seluler.

11. Memiliki Fungsi Add On

 

Jika Anda memang membutuhkan sesuatu yang lebih dapat dikustomisasi, tidak masalah! Seperti halnya JavaScript, Anda tidak akan kekurangan library dan kerangka kerja untuk Python agar sesuai dengan kebutuhan pengkodean spesifik Anda.

Kerangka kerja Python populer seperti Django dirancang untuk membuat Python lebih efektif dalam membuat aplikasi web, sementara PyQt adalah kerangka kerja yang memungkinkan Python untuk membangun Graphic User Interfaces (GUI) – antarmuka pengguna yang melibatkan penggunaan ikon di layar dan gambar untuk memproses perintah.

12. Python Mengotomasi Segala Sesuatu yang Membosankan

 

Salah satu bagian tersulit dari bekerja di bidang teknologi (terlepas dari peran Anda) adalah mengelola semua tugas yang berhubungan dengan pengulangan, yang memakan waktu, dan terkait dengan teknologi. Hal-hal kecil seperti menyalin file, menyeret folder di sekitar dan mengganti nama mereka, mengunggah aset ke server dan lain-lain. Ini semua memakan banyak waktu dalam jangka panjang.

Otomasi adalah kelebihan lain yang kita dapatkan dari belajar Python. Kemampuan Python untuk menulis skrip sistem berarti Anda dapat membuat program Python sederhana untuk mengotomatiskan tugas-tugas tak berguna yang menggerogoti produktivitas Anda. Waktu yang akan Anda hemat dengan mengetahui cara mengotomatiskan proses dengan Python adalah nilai jual yang sangat besar untuk mempelajari bahasa program ini.

13. Python Memberi Anda Modal untuk Bekerja di Semua Bidang dalam IT

 

Mempelajari kode Python mempersiapkan lebih dari sekadar masa depan Anda untuk pengembangan internet. Ini akan mempersiapkan Anda untuk masa depan dengan pekerjaan di bidang teknologi informasi.

Mengapa? Karena Python digunakan untuk lebih dari sekadar pengembangan tradisional. Faktanya, Python adalah bahasa teratas untuk bidang ilmu data yang muncul, termasuk:

  • Analisis data
  • Kecerdasan buatan
  • Pembelajaran mesin

Tetapi bagaimana ini membantu Anda? Bahasa program ini membuat opsi Anda terbuka. Ilmu data adalah kemungkinan teknologi lain yang terbuka jika Anda memutuskan untuk belajar Python.

Jadi, jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang salah satu bahasa pemrograman paling serbaguna di luar sana, mulailah dengan Python.

[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya