Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendGolang Adalah: Ulasan Lengkap Bahasa Pemrograman Google!

Golang Adalah: Ulasan Lengkap Bahasa Pemrograman Google!

-

Last Updated on May 23, 2023 by

Saat ini bahasa pengembangan telah berkembang dan terdapat banyak jenis yang bisa digunakan untuk melakukan pengembangan baik itu aplikasi mobile maupun website. Salah satu yang populer adalah Golang. Bahasa pemrograman Go, atau yang sering disebut sebagai Golang adalah bahasa pemrograman modern yang dikembangkan oleh Google. Golang dirancang untuk menggabungkan kecepatan dan produktivitas dalam pengembangan perangkat lunak.  

Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap apa itu bahasa pemrograman Golang, fungsinya, kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman ini, framework populer untuk bahasa pemrograman ini, dan contoh aplikasi yang menggunakan Golang. Yuk simak terus ulasan tentang Golang dibawah ini!

Golang Adalah

golang adalah

Golang adalah bahasa pemrograman open-source yang dikembangkan oleh tim di Google. Bahasa pemrograman ini populer digunakan dalam pengembangan backend yang dan menjadi sebuah alternatif bagi Google untuk C++ dan Java. Golang juga menggabungkan properti dan framework lama seperti Python dan C agar lebih praktis dalam pengembangan. Bahasa pemrograman ini juga memiliki dukungan yang panjang dari Google. 

Tujuan utama pengembangannya adalah untuk menciptakan bahasa yang mudah dipelajari, efisien dalam penggunaan sumber daya, dan mampu menghadapi kompleksitas sistem modern. Golang menggabungkan sintaksis yang sederhana dengan fitur-fitur yang kuat dan menjadikannya pilihan yang populer bagi para pengembang yang mencari kombinasi kecepatan dan produktivitas dalam pengembangan.

Fungsi dari Golang

Sebagai bahasa pemrograman yang cukup populer, Golang memiliki berbagai fungsi yang membuatnya menonjol di antara bahasa pemrograman lainnya. Berikut beberapa fungsi dari Golang yang perlu diketahui.

  1. Memudahkan pengembangan perangkat lunak: Golang dirancang untuk mempermudah pengembangan perangkat lunak. Sintaksis yang sederhana dan dukungan built-in untuk konkurensi memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang lebih mudah dipahami dan dipelihara. 
  2. Menawarkan performa yang tinggi: Golang menawarkan performa yang tinggi dengan sistem pengumpulan sampah yang efisien, pengelolaan memori yang baik, dan kompilasi yang cepat untuk memberikan pengalaman pengembangan yang baik.
  3. Membantu membangun tim yang lebih scalable: Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, membangun sebuah tim pengembang yang lebih scalable untuk bisa dikembangkan menjadi sebuah startup atau perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang teknologi dan informasi.
  4. Membantu mengembangkan aplikasi yang aman dan berkualitas tinggi: Pengembang dapat mengembangkan sebuah aplikasi yang kompleks dengan kualitas yang tinggi serta sistem keamanan yang baik dengan menggunakan Golang.
  5. Dapat mengembangkan kode server jaringan yang baik: Golang tidak hanya digunakan dalam pengembangan sebuah aplikasi ataupun web, bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk membangun sebuah kode server jaringan seperti microserver maupun web server dengan sangat baik.
Artikel Terkait  Codeigniter Adalah? Mana yang Lebih Baik Dibandingkan dengan Laravel

Kelebihan Golang

Golang memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pengembang. Berikut beberapa kelebihan dari Golang yang perlu diperhatikan.

  1. Bersifat open source: Golang memiliki kode sumber yang dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa pun. Hal ini memungkinkan komunitas pengembang untuk berkontribusi, memperbaiki, dan meningkatkan bahasa ini secara kolektif.
  2. Memiliki kinerja tinggi: Golang menawarkan kinerja yang tinggi. Kode program dari Golang dapat dikompilasi menjadi bahasa mesin yang efisien dan dapat berjalan dengan cepat. 
  3. Memiliki dukungan yang baik: Golang memiliki dukungan bawaan untuk konkurensi yang memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang mudah dijalankan secara paralel. 
  4. Manajemen memori yang baik: Golang juga dilengkapi dengan sistem manajemen memori yang baik, sehingga mengurangi beban pengembang dalam mengelola alokasi memori secara manual.
  5. Mudah untuk dipelajari: Bahasa pemrograman Golang dirancang dengan sintaksis yang sederhana dan jelas, sehingga lebih mudah bagi pemula untuk memahami dan mulai mengembangkan dengan Golang. 
Artikel Terkait  Apa perbedaan Framework dan Library? Yuk Cari Infonya!

Kekurangan Golang

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Golang juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh para pengembang yang ingin menggunakan Golang untuk membangun aplikasi maupun web.. 

Salah satunya kekurangan tersebut adalah kurangnya dukungan pustaka yang matang jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Python atau Java. Meskipun komunitas pengembang Go terus berkembang, tetapi masih ada beberapa pustaka atau framework khusus yang mungkin belum tersedia dalam Go. 

Selain itu, Golang memiliki kurva pembelajaran yang cukup sulit. Bagi pengembang yang belum terbiasa dengan paradigma pemrograman yang digunakan oleh Golang mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi agar dapat melakukan proses pengembangan dengan maksimal dan efisien dengan Golang.

Framework Populer untuk Golang

golang adalah

Ada beberapa framework populer yang dapat digunakan dengan Golang untuk membangun sebuah aplikasi web dan layanan. Berikut 5 framework populer yang digunakan dalam pengembangan aplikasi maupun web dengan bahasa pemrograman Golang

1. Gin

Gin dikenal sebagai kerangka kerja yang minimalis yang menjadi pilihan tepat untuk yang baru belajar Golang. Framework ini sangat ringan dan cepat dalam pembuatan API web. GIn juga menyediakan library dan fitur yang dibutuhkan dalam pengembangan dengan Golang

2. Goji

Framework satu ini mengutamakan kesederhanaan dan kemampuan menyusun kode dengan cepat. Goji mempunyai request HTTP multiplexer yang minimalis yang menggabungkan bantuan dari Einhorn. Kerangka kerja ini  juga terdapat fitur shutdown, konfigurasi ulang middleware dan juga pola URL.

3, Revel

Salah satu framework yang menyediakan struktur MVC (Model-View-Controller) untuk pengembangan aplikasi web. Revel menjadi sebuah kerangka kerja lengkap yang tidak membutuhkan setup yang rumit. Framework ini memiliki kemampuan khusus dalam pengembangan API.

4. Buffalo

Buffalo merupakan framework lengkap yang mencakup fitur-fitur seperti routing, database, dan otentikasi untuk mempercepat pengembangan aplikasi web. Framework ini mampu mengelola semua aspek pengembangan mulai dari frontend hingga backed

Artikel Terkait  Test Driven Development : Ulasan dan Contohnya Lengkap!

5. Iris

Iris adalah framework Golang yang dirancang untuk kecepatan dan skalabilitas tinggi, dengan dukungan untuk berbagai fitur seperti routing, validasi, dan logging.

Contoh Aplikasi Menggunakan Golang

Golang telah digunakan dalam berbagai proyek aplikasi yang sukses sehingga bahasa ini menjadi semakin populer dikalangan para pengembang saat ini. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi populer yang menggunakan Golang dalam pengembangannya.

  1. Docker: Platform containerisasi yang memanfaatkan kecepatan dan efisiensi Golang untuk mengelola dan mengontrol container.
  2. Kubernetes: Sistem orkestrasi untuk pengelolaan dan penjadwalan aplikasi yang berjalan dalam container, yang juga menggunakan Golang untuk kinerja dan stabilitasnya.
  3. Terraform: Alat manajemen infrastruktur sebagai kode yang menggunakan Golang untuk menyederhanakan proses penyusunan dan manajemen infrastruktur.
  4. Prometheus: Sistem pemantauan dan pengumpulan data yang menggunakan Golang untuk efisiensi dan kemampuan pengelolaan yang tinggi.
  5. Hugo: Generator situs web statis yang memanfaatkan kecepatan dan kesederhanaan Golang untuk membangun situs web dengan performa tinggi.

Kesimpulan

Itu dia ulasan mengenai Golang. Golang adalah bahasa pemrograman modern yang dikembangkan oleh Google. Golang telah menjadi pilihan populer di kalangan pengembang. Meskipun memiliki kelebihan yang cukup banyak, Golang juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Dengan adanya framework populer dan contoh aplikasi sukses yang menggunakan Golang, bahasa ini terus berkembang dan menarik minat pengembang dalam mengembangkan perangkat lunak modern. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan pengembanagan Anda!

Ikuti WEBAPP untuk mendapatkan banyak info terbaru dan menarik seputar dunia pengembangan aplikasi maupun website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan banyak info menarik maupun artikel terbaru seputar dunia teknologi dan pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya