Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteFront endReact 18 Telah Hadir! Inilah yang Baru dari React...

React 18 Telah Hadir! Inilah yang Baru dari React Lengkap!

-

Last Updated on June 2, 2023 by

React 18 telah resmi dirilis dan menghadirkan berbagai fitur baru dan peningkatan kinerja yang ditunggu-tunggu oleh para pengembang. Sebagai pustaka JavaScript yang sangat populer dalam membangun antarmuka pengguna interaktif, React versi baru membawa berbagai perbaikan yang akan membuat pengembangan aplikasi lebih efisien dan mudah. 

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap apa saja yang baru dalam React 18, keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan versi sebelumnya, serta panduan instalasinya. Ikuti terus ulasan di bawah untuk tambahan wawasan tentang React versi terbaru. Yuk simak!

Ulasan Singkat React 18

react 18

React 18 merupakan pembaruan signifikan dalam pustaka JavaScript ini yang menyediakan sejumlah fitur baru dan perbaikan performa yang lebih baik. Salah satu peningkatan utama dalam React versi ini adalah mode Server-Side Rendering yang telah ditingkatkan. Waktu rendering dapat dioptimalkan sehingga aplikasi dapat merespons dengan lebih cepat.

Selain itu, React versi terbaru juga membawa peningkatan dalam Concurrent Mode yang memungkinkan penanganan kesalahan, penundaan, dan prioritas rendering yang lebih baik. Aplikasi dapat memberikan respons yang lebih responsif kepada pengguna, bahkan dalam kondisi jaringan yang buruk.

Pembaruan terbesar dalam React versi baru ini ada dalam pengenalan React Server Components. Komponen ini memungkinkan rendering di sisi server dan menghilangkan kebutuhan untuk memanipulasi HTML pada sisi klien. Pengembang dapat menciptakan antarmuka pengguna yang dinamis dan menarik dengan lebih efisien.

Fitur Baru dari React 18

React 18 membawa sejumlah fitur baru yang akan meningkatkan pengembangan aplikasi web. Berikut adalah beberapa fitur baru yang menonjol dalam React versi terbaru kali ini.

Artikel Terkait  12 Istilah Sakral yang Penting Dimengerti Oleh Cloud Developer

1. Mode Server-Side Rendering yang Ditingkatkan

React versi 18 menyempurnakan mode Server-Side Rendering (SSR) yang telah ada sebelumnya. Pembaruan ini mengoptimalkan waktu rendering, mempercepat respons aplikasi, dan meningkatkan performa secara keseluruhan. Pengembang dapat menggunakan SSR yang telah ditingkatkan ini untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan waktu muat yang lebih cepat.

2. Peningkatan Concurrent Mode

Concurrent Mode dalam React 18 mengalami peningkatan signifikan. Fitur ini memungkinkan pengembang untuk mengelola prioritas rendering, menangani kesalahan dengan lebih baik, dan mengoptimalkan penundaan dalam aplikasi yang kompleks. Aplikasi dapat merespons interaksi pengguna dengan lebih responsif dan lancar dengan Concurrent Mode baru ini.

3. Pengenalan React Server Components

Salah satu pembaruan terbesar dalam React versi 18 adalah pengenalan React Server Components. Fitur ini memungkinkan pengembang untuk merender komponen di sisi server dan mengurangi beban kerja pada klien. Adanya fitur ini memungkinkan pengembang untuk menciptakan antarmuka pengguna yang lebih dinamis dan kolaborasi yang lebih baik antara tim frontend dan backend. React Server Components membuka pintu untuk pengembangan yang lebih efisien dan skala yang lebih besar.

4. Pembaharuan Pustaka Lainnya

Selain fitur-fitur utama yang disebutkan di atas, React versi terbaru juga menghadirkan sejumlah pembaharuan pada pustaka lain yang terkait. Pembaharuan tersebut termasuk React DOM, React Native, dan React Test Renderer. Pembaharuan ini memastikan kompatibilitas dan peningkatan performa secara menyeluruh di seluruh ekosistem React.

Keunggulan dari Versi Sebelumnya

react 18

React versi baru mempertahankan keunggulan yang dimiliki oleh versi-versi sebelumnya dengan membawa sejumlah peningkatan yang signifikan. Berikut adalah beberapa keunggulan React versi terbaru  dibandingkan dengan versi sebelumnya.

1. Performa yang Lebih Baik

React 18 memiliki peningkatan performa yang memungkinkan aplikasi web berjalan lebih cepat dan responsif. Pembaruan dalam mode Server-Side Rendering dan Concurrent Mode mengoptimalkan waktu rendering, mengurangi penundaan, dan meningkatkan kecepatan respons aplikasi secara keseluruhan. Pengguna akan merasakan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan nyaman dalam versi baru ini.

Artikel Terkait  TLS Adalah? Mengenal Istilah SSL/TLS dan HTTPS

2. Fleksibilitas Pengembangan yang Lebih Besar

Pembaruan React versi 18, terutama dengan pengenalan React Server Components memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengembangan aplikasi. Pengembang dapat merender komponen di sisi server, mengurangi kerja di sisi klien, dan meningkatkan kolaborasi antara frontend dan backend. Fleksibilitas ini memungkinkan pengembang untuk menghasilkan kode yang lebih bersih, efisien, dan mudah dipelihara.

3. Peningkatan Keselarasan Pustaka

React versi baru tidak hanya memperbarui pustaka React inti, tetapi juga menghadirkan pembaharuan pada pustaka lain seperti React DOM, React Native, dan React Test Renderer. Pembaruan ini untuk memastikan bahwa semua komponen dalam ekosistem React bekerja secara sinergis, meningkatkan kompatibilitas dan performa secara menyeluruh.

4. Kemudahan dalam Memperbarui

React 18 dirancang dengan fokus pada keselarasan mundur yang berarti aplikasi yang dibangun dengan versi React sebelumnya dapat ditingkatkan ke React versi 18 dengan relatif mudah. Hal ini memberikan keuntungan bagi pengembang yang sudah memiliki aplikasi yang berfungsi, karena dapat memperbarui aplikasi mereka tanpa perlu memulai dari awal.

Cara Instalasi React 18

Untuk menginstal React versi 18 dan memulai pengembangan aplikasi menggunakan versi terbaru ini, Berikut beberapa langkah mudah yang bisa diikuti.

1. Pastikan telah memiliki Node.js yang terbaru terpasang di perangkat: React versi 18 memerlukan Node.js untuk dijalankan. Pastikan versi Node.js yang terpasang pada perangkat kompatibel dengan React 18. Node.js terbaru dapat diunduh dan diinstal dari situs resmi Node.js (https://nodejs.org).

2. Buka terminal atau command prompt: Setelah Node.js terinstal, buka terminal atau command prompt di perangkat komputer. 

Artikel Terkait  Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

3. Buat direktori untuk proyek React: Pilih atau buat direktori yang ingin dijadikan penyimpanan proyek React baru. Perintah cd dapat digunakan untuk berpindah ke direktori yang tepat di terminal atau command prompt.

4. Inisialisasi proyek React: Ketik perintah di bawah untuk menginisialisasi proyek React baru dengan React versi 18. Gantilah “nama-proyek” dengan nama yang diinginkan untuk proyek baru tersebut. Perintah ini akan membuat struktur dasar proyek React versi baru dan menginstal dependensinya.

npx create-react-app nama-proyek

5. Masuk ke direktori proyek: Setelah perintah selesai dijalankan, masuk ke direktori proyek yang baru saja dibuat dengan perintah cd nama-proyek (gantilah “nama-proyek” dengan nama yang digunakan sebelumnya).

6. Instal React 18: Jalankan perintah di bawah untuk menginstal React versi baru dan react-dom 18 dalam proyek baru tersebut. Perintah ini akan menginstal versi 18 dan react-dom 18 secara spesifik dalam proyek baru.

npm install react@18 react-dom@18

7. Mulai pengembangan: Setelah proses instalasi selesai, pengembangan aplikasi menggunakan React versi terbaru sudah dapat dimulai. Pengembang dapat menjalankan perintah di bawah ini untuk memulai server pengembangan: Perintah Ini akan menjalankan server pengembangan dan membuka aplikasi React di browser.

npm start

Kesimpulan

React 18 adalah versi terbaru dari pustaka JavaScript yang populer untuk membangun antarmuka pengguna interaktif. Pembaruan ini membawa sejumlah fitur baru dan peningkatan performa yang akan membantu pengembang meningkatkan produktivitas dalam pengembangan aplikasi. React versi baru membuka pintu bagi pengembangan aplikasi yang lebih canggih dan responsif dengan fitur barunya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang pengembangan perangkat lunak!

Terus ikuti WEBAPP untuk mendapatkan lebih banyak informasi terbaru dan juga menarik tentang pengembangan aplikasi dan website! Klik https://appkey.id/ agar terus update dan tak ketinggalan banyak informasi menarik dan artikel baru tentang teknologi dan pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya