Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Ads4 Tanda Utama Kamu Harus Migrasi Server dan Beralih...

4 Tanda Utama Kamu Harus Migrasi Server dan Beralih ke VPS

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Saat kecepatan akses semakin terasa lambat, sepertinya kamu sudah harus melakukan migrasi server dan memilih VPS murah sebagai alternatif. Selain itu, VPS dan hosting murah saat ini adalah teknologi yang sangat dianjurkan untuk pengelolaan website agar lebih optimal secara keseluruhan.

Apa Itu VPS?

 

4 Tanda Utama Kamu Harus Migrasi Server dan Beralih ke VPS

 

Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah server yang berfungsi menyimpan data serta file dalam sebuah website. Layanan teknologi pengelolaan server website ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai layanan hosting murah di Indonesia.

Biasanya, sistem VPS ini digunakan dalam website yang memerlukan sumber daya media penyimpanan dengan skala besar. Selain itu, saat menggunakannya, kamu tidak perlu lagi berbagi sumber penyimpanan dengan situs web lain. Konsep ini jauh berbeda dengan pengguna layanan shared hosting.

Atas alasan inilah mengapa saat ini pengelolaan website secara manual sangat tidak efisien. Selain itu, migrasi server dan beralih ke VPS adalah langkah paling tepat agar website kembali bekerja optimal terutama dari segi akses.

Apa Saja Pertimbangan Sebelum Memilih VPS?

Setelah mengetahui apa itu VPS, berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih Virtual Private Server bagi website kamu:

1. Kapasitas Bandwidth

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan migrasi server bagi keperluan website adalah memperhatikan kapasitas bandwith dari Virtual Private Server  tersebut. Pastikan kamu mencermati tarif bulanan dari Virtual Private Server tersebut untuk mencegah tagihan berlebih yang bisa saja terjadi.

2. Penggunaan Website

Pertimbangan yang kedua dalam memilih layanan VPS adalah dengan mempertimbangkan pembelian paket VPS tersebut sesuai dengan penggunaannya bagi website. Hal ini bertujuan agar pemilihan paket Virtual Private Server tersebut sesuai dengan tujuan dari pengelolaan situs website kamu.

Selain itu, pertimbangkan juga budget yang kamu miliki dan penyedia layanan Virtual Private Server tersebut.

3. Kapasitas RAM

Faktor teknis lain yang harus kamu perhatikan dalam melakukan migrasi server Virtual Private Server adalah pertimbangkan juga kapasitas RAM dan CPU perangkat komputer yang kamu gunakan.

Hal ini bertujuan agar komputer kamu bisa tetap berjalan optimal ketika mengakses Virtual Private Server. Apalagi, kamu perlu kapasitas RAM yang besar untuk bisa mengakses server virtual tersebut.

4. Jenis VPS

Menentukan jenis VPS adalah poin paling penting dalam pertimbangan pemilihan layanan private server. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisimu saat ini.

Biasanya, penyedia layanan hosting akan menawarkan dua jenis pilihan, yaitu unmanaged dan managed. Misalnya, jika kamu tidak paham tentang konfigurasi yang terdapat dalam VPS, silakan pilih jenis paket managed saat akan migrasi server.

Pada paket VPS berjenis managed, nantinya semua setelan konfigurasi Virtual Private Server akan terkonfigurasi oleh setelan asli dari pihak layanan hosting tersebut.

Tanda Website Harus Beralih Ke Server VPS

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih layanan server VPS. Lalu, selanjutnya adalah tanda-tanda website kamu harus beralih ke layanan VPS:

1. Website Membutuhkan Akses Root Full

Akses paling tinggi dalam sebuah VPS yaitu username yang bernama root. Jadi, username ini setara dengan sistem akses pada super administrator. Salah satu tanda kamu harus melakukan migrasi server ke VPS adalah karena website membutuhkan kontrol dan akses penuh pada server dan administrator.

2. Trafik Website Semakin Tinggi

Jika website yang kamu kelola memiliki peningkatan dari segi trafik atau jumlah kunjungan audiens, maka akan sangat berdampak pada optimasi dari website tersebut.

Tanpa adanya optimasi tambahan yang lebih mutakhir, maka trafik yang tinggi tersebut justru akan menjadi bumerang bagi website kamu karena akan sering terjadi error.

Atas dasar inilah mengapa kamu harus melakukan migrasi server dan beralih ke sistem teknologi VPS. Selain itu, faktor lain terkait perawatan rutin website juga sangat berpengaruh terhadap optimasi situs web yang kamu kelola tersebut.

3. Akses Semakin Melambat

Ketika kamu berhasil mendapatkan trafik dengan jumlah besar, maka hal tersebut juga akan berdampak pada kecepatan akses dari website tersebut. Semakin tingginya intensitas kunjungan trafik pengunjung, maka akan semakin lambat kecepatan akses pada web tersebut.

Maka dari itu, agar kecepatan akses tetap stabil, migrasi server ke VPS adalah langkah yang bisa kamu lakukan. Selain itu, VPS yang menggunakan sistem private website juga akan membuat daya akses pada situs web menjadi semakin optimal dari segi kecepatan.

4. Website Membutuhkan Konfigurasi Tambahan

Konfigurasi server dan juga instalasi software tambahan memang memerlukan sistem dari VPS yang baru. Hal ini terjadi karena website nantinya akan membutuhkan ruang serta konfigurasi yang lebih besar.

Sudah Siap Beralih Ke VPS?

Nah, itu dia beberapa pertimbangan serta tanda bahwa website kamu harus melakukan migrasi server ke VPS. Pada dasarnya, VPS adalah teknologi manajemen website yang berfungsi sebagai pusat atau induk dari website yang nantinya akan dikelola secara independen.

Jika hendak beralih server ke VPS, kamu bisa pertimbangkan penyedia layanan Virtual Private Server terpercaya yaitu Niagahoster.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya