Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign Web4 Pendekatan Website Mockup yang Layak untuk Dicoba

4 Pendekatan Website Mockup yang Layak untuk Dicoba

-

Sebelum menciptakan sebuah website, seorang developer harus punya gambaran tentang akan seperti apa jadinya website yang akan dibuat. Oleh karena itu seorang developer akan membutuhkan website mockup.

Mockup website ini akan membantu developer untuk tetap fokus pada tujuan dari pembuatan website. Jangan berpikir bahwa semua mockup situs web itu sama. Keputusan sederhana tentang platform, kesetiaan, dan pengkodean semuanya akan menghasilkan hasil yang sangat berbeda.

Ketahui apa yang Anda inginkan dan apa tujuan Anda bahkan sebelum Anda memulai proses website mockup design. Oleh karena itu pendekatan-pendekatan mockup pada website ini akan sangat membantu Anda.

4 Pendekatan Website Mockup untuk Anda Coba

website-mockup.

Apa itu pendekatan mockup pada website? Pendekatan ini banyak digunakan oleh para mockup designer untuk mendefinisikan apa tujuan dari pembuatan websitenya, bagaimana mencapainya, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dari pendekatan-pendekatan inilah maka akan menghasilkan mockup yang luar biasa untuk website Anda. Inilah dia 4 pendekatan website mockup yang harus Anda coba.

1. UX Tools End-to-End

Tools End-to-End adalah tools yang bisa digunakan pada seluruh alur kerja: website mockup, pembuatan prototipe, dokumentasi, penyerahan pengembang, dan sistem desain. Dengan tools ini, Anda juga bisa membangun website mockup design yang unik dan menarik.

Pendekatan UX Tools End-to-End ini adalah, memanfaatkan sebuah tools yang sudah mendukung seluruh pengembangan secara end-to-end atau melewati proses yang sangat Panjang.

Salah satu tools ini adalah UXPin. Tools UXPin telah memenuhi kebutuhan ini sejak awal 2010, tetapi sejumlah merek lain, seperti Adobe dan InVision, kini juga mencoba membuat satu alat untuk mengatur semuanya.

UXPin menawarkan prototyping yang kuat, website mockup, dokumentasi, dan handoff pengembang. Jadi bagaimana alat-alat ini menumpuk hanya untuk pembuatan mockup? Mereka dapat mengatasinya tanpa masalah dan kemudian beberapa.

Dengan UXPin, misalnya, Anda dapat membuat website mockup dengan banyak status dan interaksi. Bahkan meniru beberapa fitur Photoshop dan Sketch dengan menyertakan alat Pen.

Di sisi lain, Studio by InVision, memungkinkan beberapa pengeditan animasi yang cukup bagus; sementara Adobe XD memungkinkan Anda membuka file Photoshop dan Sketch di dalam desain XD Anda, dan menerapkan warna, simbol, gradien linier, dan gaya karakter. Studio oleh InVision bertujuan untuk menciptakan alur kerja ujung ke ujung

Yang terpenting, end-to-end tools sekarang menawarkan sistem desain untuk memastikan konsistensi website mockup di seluruh proyek. Sistem desain ini memandu dan menjadi tolok ukur bagi suatu perangkat lunak agar dapat berjalan sebagaimanamestinya. Jika Anda berencana membuat banyak mockup, fitur ini hampir menjadi keharusan.

Saat memilih end-to-end tools untuk membuat mockup situs web Anda, ada baiknya mempertimbangkan aspek-aspek berikut:

  • Fidelity: Seberapa kuat alat untuk desain visual dan interaksi?
  • Konsistensi: Fitur apa yang memastikan konsistensi desain dalam pekerjaan Anda?
  • Akurasi: Apakah elemen yang Anda kerjakan mencerminkan ‘sumber kebenaran’ di organisasi Anda?
  • Kolaborasi: Bisakah Anda berkolaborasi dengan pemangku kepentingan atau desainer lain?
  • Serah terima pengembang: Bagaimana alat menghasilkan spesifikasi dan aset untuk pengembang?

2. Alat mockup khusus

Solusi yang kurang kuat seperti Principle, Framer, Moqups, atau Balsamiq masih dapat memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk membuat mockup. Anda hanya akan kehilangan alur kerja tambahan dan fitur konsistensi desain.

Alat-alat ini dirancang untuk membuat proses pembuatan semudah mungkin, sehingga Anda dapat lebih fokus pada keputusan gaya dan lebih sedikit pada cara memanipulasi program. Alat mockup khusus memiliki keunggulan yang jelas.

Pemula mendapat manfaat dari kemudahan penggunaannya, sementara para ahli menghargai website mockup design yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan lanjutan mereka. Di ujung yang lebih maju, alat seperti Framer dan Principle berspesialisasi dalam animasi dan interaksi untuk website mockup.

Selain itu ada juga Moqups dan Balsamiq menyediakan lebih banyak fungsionalitas daripada alat non-desain yang terkadang digunakan untuk gambar rangka dan website mockup (seperti Keynote), tetapi mereka terbatas hanya pada desain dengan ketelitian rendah. Namun, mereka bisa sangat berguna jika tujuannya adalah untuk membuat wireframes dengan fidelitas rendah dengan sangat cepat.

Ketika bicara tentang mockup tools, Anda perlu memutuskan apakah solusi wireframing sederhana akan berhasil, atau jika Anda memerlukan desain layar yang lebih canggih. Apa pun alat mockup yang Anda pilih, pastikan Anda bersedia menerima kerugian dalam alur kerja kolaboratif dan lebih sedikit fitur konsistensi desain yang ditawarkan oleh end-to-end tools.

Artikel Terkait  Apa itu Design Thinking? Mengapa Ia Begitu Penting dan Populer?

3. Perangkat lunak desain grafis

Beberapa desainer bersumpah dengan perangkat lunak seperti Photoshop CC, Sketch atau Illustrator CC, terutama mereka yang sangat ahli, familiar, atau bahkan akrab dengan alat yang menawarkan kontrol hingga piksel.

Platform desain grafis bekerja paling baik jika Anda menginginkan tingkat realisme dan kesetiaan visual tertinggi. Dan seperti yang kami jelaskan dalam panduan kami tentang pembuatan prototipe cepat menggunakan Photoshop CC, ini mungkin lebih mudah dari yang Anda kira.

Photoshop memberikan kontrol yang halus, tetapi mungkin berlebihan untuk website mockup sederhana. Oleh karena itu, Photoshop lebih cocok digunakan oleh mereka yang sudah berpengalaman.

Bekerja dalam perangkat lunak desain grafis memberi Anda akses ke pilihan warna yang hampir tak terbatas, jadi jika Anda bekerja dalam batasan skema warna yang kaku dan telah ditentukan sebelumnya misalnya, di bawah aturan merek tertentu  maka program ini mungkin yang terbaik. pilihan. Lebih dari sekadar pilihan warna, program ini menawarkan lebih banyak alat visual, memungkinkan Anda menangani detail terkecil.

Namun, kelemahan menggunakan perangkat lunak jenis ini adalah sulit untuk menerjemahkan ketika tiba waktunya untuk memulai pengkodean desain. Apa yang berhasil di Photoshop mungkin tidak selalu berfungsi dalam kode (elemen seperti font, bayangan, efek gradien, dan sebagainya), yang dapat berarti membuang waktu untuk mencari solusi untuk fase pembuatan prototipe.

Untuk halaman yang penuh gaya, mungkin membantu untuk menuntaskan detail visual tertentu selama fase mockup, dalam hal ini Photoshop atau Sketch akan memberi Anda opsi terbanyak. Demikian pula, jika Anda berurusan dengan klien yang suka pilih-pilih atau sulit untuk menyenangkan, menghadirkan mereka dengan mockup yang cantik dan mengesankan mungkin akan memenangkan mereka dengan lebih mudah.

Perlu juga disebutkan bahwa mockup yang dibuat di Photoshop atau Sketch dapat drag and drop ke fase pembuatan prototipe dengan UXPin. Ini memungkinkan Anda dengan mudah menganimasikan semua lapisan (tanpa perataan) dengan beberapa klik, dan memastikan Anda tidak perlu memulai dari awal saat waktunya membuat prototipe.

Jika visual bukan satu-satunya prioritas Anda, mungkin akan lebih efisien menggunakan alat yang memungkinkan Anda melakukan wireframing, mockup, dan pembuatan prototipe semua di satu tempat.

Perangkat lunak desain grafis bisa lebih merepotkan daripada nilainya untuk mockup kecuali Anda mencari visualisasi yang optimal. Sangat dibutuhkan komunikasi yang baik dengan developer karena alat ini tidak untuk kolaborasi.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan Tipografi Desain UI Bagi Pemula

4. Mockup dengan Kode

Jika Anda seorang desainer dan tidak nyaman dengan pengkodean, maka mockup jenis ini jelas bukan pilihan. Seperti yang dibahas dalam Panduan untuk Mockup, mockup berkode bukanlah pilihan default.

Sebagian besar pengkodean dapat ditunda hingga tahap pembuatan prototipe (jika Anda membuat prototipe HTML/JavaScript) atau bahkan lebih baru (jika Anda menggunakan alat pembuatan prototipe). Namun terlepas dari kerumitan dan hambatan potensial, ada banyak desainer terhormat yang menganjurkan pengenalan kode ke dalam fase mockup.

Sementara peningkatan alat dan teknologi berarti bahwa semakin banyak kemungkinan terbuka dalam desain tata letak, tidak semuanya mudah (atau bahkan mungkin) untuk dibuat ulang dalam kode.

Memulai dengan kode membuat Anda langsung tahu apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan. Jika Anda merasa nyaman dengan kode, dapat juga dikatakan bahwa memulai dengan ini tidak terlalu boros mockup tetap akan berakhir dalam HTML/CSS.

Tetapi seperti yang kami sebutkan sebelumnya, mockup dengan pengkodean bukanlah strategi yang populer, karena lebih banyak alasan daripada kesulitan pengkodean. Memulai coding terlalu dini dapat membatasi kreativitas dan kesiapan Anda untuk bereksperimen, karena lebih mudah untuk mengkhawatirkan kelayakan ide Anda dalam kode daripada seberapa menarik tampilannya.

Terserah Anda kapan harus memperkenalkan coding. Pastikan Anda mengetahui tujuan website mockup design Anda dan terus beri tahu pengembang tentang cara Anda memprioritaskan fitur.

Ingin tahu lebih banyak perihal mockup atau pun desain website? Jangan lupa kunjungi Website Appkey.id  dan dapatkan seluruh informasi terbaru seputar website.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya