Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign WebPlatform Pembuat Desain Landing Page Gratis Tanpa Ribet

Platform Pembuat Desain Landing Page Gratis Tanpa Ribet

-

Last Updated on September 13, 2023 by

Landing page adalah halaman yang biasanya ditujukan untuk kegiatan promosi dan sebagainya. Bagi para pelaku bisnis pasti landing page merupakan salah satu unsur yang memiliki peranan penting dalam menjalankan dan mempromosikan bisnisnya. Namun pasti banyak orang yang akan berpikir kalau membuat landing page itu sangat sulit karena harus memiliki keterampilan desain yang mumpuni, oleh karena itu artikel ini akan membahas situs yang dapat membantu untuk membuat landing page dan gratis, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Sebelum masuk ke pembahasan lebih jauh, mari kita simak dulu apa itu landing page dan manfaatnya!

landing page

Image by Freepik

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman web tunggal yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu dalam konteks pemasaran online. Landing page memiliki beberapa manfaat yang penting terutama dalam mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan atau prospek yang berpotensi.

Inilah beberapa manfaat utama dari adanya landing page.

Fokus pada Tujuan Tertentu

Landing page dibuat dengan tujuan yang jelas dan fokus, seperti mengumpulkan informasi kontak, mendapatkan langganan email, atau mengarahkan pengunjung untuk membeli produk atau layanan. Hal ini membantu menghilangkan gangguan yang dapat membingungkan pengunjung.

Meningkatkan Konversi

Karena landing page didesain untuk tujuan tertentu, landing page dapat memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan halaman beranda atau halaman web lainnya. Pengunjung yang “mendarat” di landing page biasanya lebih terfokus dan lebih mungkin untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

Pelacakan yang Akurat

Landing page memungkinkan kalian untuk melacak efektivitas kampanye pemasaran dengan lebih akurat. Kalian dapat mengukur berapa banyak pengunjung yang mendarat di halaman tersebut, berapa banyak yang mengisi formulir atau melakukan tindakan lain, dan dengan demikian, mengukur ROI (Return on Investment) dari kampanye kalian.

Artikel Terkait  TailwindCSS, untuk Proses Prototyping Desain Web yang Lebih Cepat

Pengoptimalan Kampanye

Dengan data yang akurat tentang kinerja landing page, kalian dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Ini memungkinkan kalian untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran kalian baik dengan mengubah teks, desain, atau elemen-elemen lainnya.

Mengumpulkan Informasi Kontak

Jika tujuan landing page adalah mengumpulkan informasi kontak seperti alamat email, kalian dapat membangun daftar pelanggan potensial yang berharga untuk pemasaran lebih lanjut.

Personalisasi Pengalaman Pengunjung

Kalian dapat membuat landing page yang disesuaikan dengan segmen tertentu dari audiens kalian. Ini memungkinkan kalian untuk memberikan pesan yang lebih relevan dan meningkatkan peluang konversi.

Mengurangi Biaya Per Klik

Dalam kampanye periklanan berbayar seperti Google Ads, memiliki landing page yang relevan dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan Skor Kualitas kalian, yang pada gilirannya dapat mengurangi biaya per klik (CPC).

landing page

Image by Freepik

Platform Pembuat Desain Landing Page Gratis

Berikut adalah beberapa platform yang dapat membantu kalian untuk membuat landing page.

Canva

Siapa yang tidak mengenal canva? Platform ini merupakan salah satu platfrom yang sangat digemari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan canva memiliki banyak jenis gambar, template dan elemen gratis yang dapat diakses dengan mudah. Meskipun gratis, kualitas dari gambar, template dan elemennya pun dapat dikatakan sangat bagus.

Namun penting untuk diingat bahwa Canva sebagian besar dirancang untuk membuat grafis, dan meskipun kalian dapat menggunakannya untuk merancang elemen-elemen individu dari landing page, Canva mungkin tidak memberikan fungsionalitas lengkap yang diperlukan untuk membangun dan meng-host seluruh landing page dengan fitur-fitur interaktif.

Jadi bagaimana cara membuat landing page dengan canva? Berikut adalah step-stepnya.

Pertama

Tentu kalian mendownload canva terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, canva juga memiliki versi web jadi jika memori kalian tidak cukup, kalian hanya perlu mengakses melalui web. Lalu setelah mendownload atau mengaksesnya, kalian hanya perlu daftar atau login. Telusuri Landing Page pada kolom pencarian.

Kedua

Canva sudah menyediakan beberapa template yang dapat kalian gunakan sesuai dengan keinginan kalian, atau jika kalian merasa template-template tersebut belum memenuhi kebutuhan kalian, kalian bisa membuat baru pada halaman kosong.

Ketiga

Edit sesuai dengan kebutuhan kalian lalu jika sudah selesai tinggal tampilkan di website.

Instapage

Instapage adalah platform yang dirancang khusus untuk membuat dan mengoptimalkan landing page. Instapage adalah alat yang sangat berguna jika kalian ingin membuat landing page yang efektif tanpa perlu memiliki keterampilan pengkodean atau desain yang mendalam.

Artikel Terkait  Review Adobe Muse : Sebuah Software untuk Web Design

Berikut adalah beberapa langkah untuk menggunakan Instapage dalam membuat desain halaman arahan.

Buat Akun Instapage

Kalian perlu membuat akun di Instapage. Ada berbagai rencana berbayar yang tersedia serta uji coba gratis yang memungkinkan kalian mencoba platform ini sebelum berlangganan.

Pilih Template

Instapage menyediakan berbagai template landing page yang siap digunakan. Kalian dapat memilih template yang sesuai dengan tujuan dan gaya desain kalian.

Edit Template

Setelah kalian memilih template, kalian dapat mengeditnya sesuai kebutuhan. Ini mencakup mengganti teks, gambar, mengubah tata letak, dan menyesuaikan elemen-elemen lainnya. Instapage memiliki antarmuka drag-and-drop yang memudahkan dalam melakukan perubahan ini.

Tambahkan Elemen

Kalian dapat dengan mudah menambahkan elemen-elemen seperti formulir kontak, tombol tindakan (CTA), video, gambar, ikon, testimonial, dan banyak lagi ke landing page kalian. Ini membantu kalian membuat halaman arahan yang menarik dan berfungsional.

Optimalkan untuk Responsif

Pastikan halaman arahan kalian dioptimalkan untuk tampil dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel. Instapage memungkinkan kalian untuk melihat tampilan halaman kalian di berbagai perangkat dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Integrasi Alat Pihak Ketiga

Jika kalian ingin menghubungkan landing page kalian dengan alat pihak ketiga seperti sistem manajemen pelanggan (CRM) atau platform email marketing, Instapage mendukung berbagai integrasi yang dapat membantu kalian mengotomatiskan proses ini.

Uji A/B

Instapage memungkinkan kalian untuk melakukan uji A/B untuk mengukur kinerja berbagai versi landing page. Ini membantu kalian menentukan elemen mana yang paling efektif dalam mengonversi pengunjung.

Publikasikan

Setelah kalian puas dengan desain dan konten landing page kalian, kalian dapat mempublikasikannya secara online. Instapage juga menyediakan hosting untuk landing page kalian, atau kalian dapat mengintegrasikannya dengan situs web yang sudah ada.

Analisis Kinerja

Instapage menawarkan alat analisis kinerja yang memungkinkan kalian melacak konversi, klik, dan perilaku pengunjung pada landing page kalian. Ini membantu kalian mengoptimalkan halaman kalian seiring waktu.

Site123

Site123 adalah pembuat situs web yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis halaman web termasuk landing page. Meskipun mungkin tidak sebagus pembuat landing page lainnya, Site123 menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan beragam fitur untuk membantu kalian mendesain dan mempublikasikan landing page.

Berikut adalah cara agar kalian dapat menggunakan Site123 untuk membuat landing page.

Daftar dan Pilih Paket

Kalian perlu mendaftar akun di Site123. Mereka menawarkan paket gratis dan berbayar. Kalian dapat memilih paket yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Terkait  Ikuti 6 Tips Ini untuk Membuat Responsive Web dengan Mudah

Pilih Template

Site123 menyediakan sejumlah template yang dapat dipilih. Template ini dapat disesuaikan dengan tujuan landing page kalian. Pilih template yang sesuai dengan tujuan dan gaya desain kalian.

Sesuaikan Konten

Setelah kalian memilih template, kalian dapat mulai menyesuaikannya. Tambahkan teks kalian sendiri, gambar, dan konten lain yang ingin kalian sertakan di landing page kalian. Site123 memiliki editor drag-and-drop yang sederhana untuk memudahkan pengaturan elemen dan penyesuaian tata letak.

Tambahkan Formulir dan Elemen

Untuk membuat landing page kalian efektif, kalian dapat menambahkan formulir, tombol panggilan tindakan, informasi kontak, dan elemen lain yang relevan dengan kampanye atau tujuan. Site123 memungkinkan kalian menambahkan dan menyesuaikan elemen-elemen ini untuk mengumpulkan prospek atau mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu.

Optimalkan untuk SEO

Site123 menyertakan alat SEO yang membantu kalian mengoptimalkan landing page kalian agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kalian dapat mengedit tag meta, deskripsi, dan pengaturan SEO lainnya untuk meningkatkan visibilitas halaman kalian di hasil pencarian mesin pencari.

Responsif untuk Perangkat Mobile

Pastikan landing page kalian responsif di berbagai perangkat dengan fitur desain responsif Site123. Pratinjau halaman kalian di berbagai perangkat untuk memastikan tampilan yang baik di ponsel pintar dan tablet.

Pratinjau dan Publikasikan

Sebelum mempublikasikan landing page kalian, gunakan fitur pratinjau untuk melihat bagaimana halaman tersebut akan muncul kepada pengunjung. Lakukan penyesuaian yang diperlukan, lalu publikasikan halaman kalian saat sudah puas dengan desainnya.

Domain dan Hosting

Site123 menyediakan layanan pendaftaran domain dan hosting. Kalian dapat menggunakan domain kustom kalian sendiri atau menggunakan subdomain yang disediakan oleh Site123.

Analisis

Site123 juga menawarkan analisis dasar untuk melacak kinerja landing page kalian. Kalian dapat memonitor lalu lintas pengunjung, keterlibatan, dan metrik-metrik lain yang relevan.

Kesimpulan

Landing page adalah halaman web khusus yang memiliki banyak manfaat dalam pemasaran online seperti meningkatkan fokus pada tujuan tertentu, konversi yang lebih tinggi, pelacakan yang akurat, dan pengoptimalan kampanye. Beberapa situs yang dapat membantu kalian untuk membuat landing page yaitu Canva, Instapage dan Site123.

Dengan memahami manfaat landing page dan menggunakan alat yang sesuai, kalian dapat menciptakan landing page yang efektif dalam mendukung tujuan pemasaran kalian.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya