Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebKenali Apa Itu Love Scamming: Cinta Jadi Petaka

Kenali Apa Itu Love Scamming: Cinta Jadi Petaka

-

Last Updated on September 12, 2023 by

Kalau kata orang, cinta adalah satu kata penuh dengan makna. Bisa cinta karena benar-benar sayang, cinta karena uangnya, cinta karena saling membutuhkan, cinta karena nafsu dan lainnya. Cinta membawa banyak pengaruh dalam kehidupan dan tidak jarang karena cinta seseorang bisa mengalami kekecewaan yang mendalam bahkan sampai tidak sanggup untuk hidup di dunia jika kehilangan cintanya. Cinta tidak selalu manis, cinta juga dapat membuat kehancuran, sama dengan topik yang akan dibahas kali ini yaitu love scamming.

Apa itu love scamming dan serba serbinya? Ayolah mari kita simak pada pembahasan berikut.

scamming

Image by Freepik

Apa Itu Love Scamming?

Love scamming adalah salah satu bentuk penipuan yang memanfaatkan manisnya cinta. Manusia tentu tidak bisa hidup tanpa perasaan cinta, hal inilah yang dimanfaatkan oleh para penipu untuk mengambil hati para korbannya sehingga mereka dengan mudah mencapai apa yang mereka inginkan, kebanyakan meminta uang kepada korban.

Cara pelaku bekerja bisa bermacam-macam, berikut adalah cara kerja yang biasanya digunakan oleh para pelaku.

Melalui Aplikasi Kencan

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah karena biasanya ketika seseorang yang tidak memiliki pasangan sudah menyerah untuk mencari sendiri, mencari di aplikasi kencan merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan pasangan.

Pelaku biasanya akan memakai identitas atau foto palsu untuk menarik para pencari pasangan di aplikasi kencan tersebut. Korban yang tertarik akan menghubungi pelaku atau bisa juga pelaku sendiri yang akan menghubungi korban dengan memilihnya secara acak.

Artikel Terkait  Apa itu SSH? Cara Kerja SSH (Secure Shell)

Pelaku akan memberikan perhatian, kasih sayang atau apapun yang dapat membuat korban merasa nyaman, benar-benar merasa dicintai sampai korban percaya penuh kepada pelaku bahkan sampai ada yang berniat serius memasuki jenjang pernikahan.

Ketika korban sudah percaya, disitulah pelaku akan mulai beraksi mencoba meminta uang kepada korban dengan berbagai alasan yang dianggap korban sebagai alasan yang masuk akal sehingga terbuka hatinya untuk memberikan uang kepada pelaku. Setelah berhasil, pelaku akan terus menerus memeras korban. Jika sudah merasa cukup atau korban sudah kehabisan uang, pelaku akan meninggalkan korban.

scamming

Photo by Michael Fenton on Unsplash

Melalui Media Sosial

Cara ini dapat dikatakan merupakan cara yang paling banyak dipakai oleh para pelaku kejahatan love scamming. Ritmenya hampir sama dengan penjelasan diatas, bedanya pelaku harus mencari sendiri korban yang dianggap benar-benar memiliki peluang untuk diperas dan korban tidak hanya orang yang tidak memiliki pasangan, seseorang yang sudah menikah pun bisa menjadi korban dari kejahatan ini.

Pelaku akan mencoba menghubungi secara privat, mengajak berkenalan hingga meranah ke hal-hal yang pribadi sampai korban telah merasa nyaman dan percaya dengan rayuan, pelaku kemudian memulai aksinya.

Link VCS

VCS atau Video Call Sex merupakan salah satu hal sering dijumpai ketika kita bermain media sosial. Ajakan VCS selalu dapat ditemui ketika kita berselancar mengarungi media sosial. Namun berhati-hatilah ketika ada tawaran VCS dengan tautan link yang katanya mengarahkan langsung untuk melakukan VCS. Link tersebut akan langsung mengarah ke Video Call lalu pelaku akan mengcapture wajah korban dan mulai melakukan pemerasan.

Ciri-Ciri Love Scamming

Untuk menghindari love scamming, kalian perlu mengetahui ciri-cirinya agar dapat melakukan antisipasi. Berikut adalah ciri-ciri love scamming.

Berkenalan Melalui Media Sosial

Sudah seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebanyakan para pelaku melancarkan aksinya di media sosial. Pelaku akan menghubungi langsung atau jika beruntung, korban sendiri yang secara tidak sengaja akan masuk ke dalam jeratan pelaku.

Artikel Terkait  Apa itu Scrum? Mengenal Metode Scrum yang Digunakan Oleh Para Developer dalam Sebuah Project Manajemen

Hanya Mau Berkomunikasi Melalui Pesan Teks

Biasanya pelaku love scamming akan menghindari percakapan melalui video call dengan tujuan agar identitas asli mereka tidak terbongkar. Pelaku akan menggunakan berbagai alasan agar tidak melakukan percakapan melalui video call.

Tidak Mau Diajak Bertemu

Selain tidak mau diajak video call, mereka juga akan menolak jika diajak untuk bertemu. Apapun mereka jadikan alasan agar tidak bertemu meskipun korban sudah menjanjikan ini dan itu.

Pertanyaan Sayang dan Cinta yang Berlebihan

Demi melancarkan aksinya tentu para pelaku harus bisa menumbuhkan kepercayaan dan perasaan cinta korban agar mudah untuk dijerat. Biasanya pelaku akan mengucapkan kata-kata cinta belebihan, menghubungi terlalu sering sebagai bentuk kepedulian dan rasa sayang bahkan mengajak untuk langsung ke jenjang pernikahan.

Selalu Meminta Uang

Ketika pelaku sudah merasa korban percaya dengan pelaku, mereka akan memulai aksi mereka dengan mengatakan butuh uang untuk keperluan darurat. Awalnya dengan jumlah yang kecil dan berjanji akan mengembalikannya suatu saat nanti atau bahkan langsung dengan jumlah yang besar.

Bahkan pelaku juga akan merayu korban dengan meminta uang atau hadiah dan jika korban sudah sangat jatuh hati dengan pelaku. Korban akan melakukan atau memberikan segalanya demi seseorang yang dicintainya.

Cara Menghindari Love Scamming

Kejahatan semakin pintar saat ini untuk memperdaya siapa saja, berikut adalah cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari love scamming.

Berhati-hatilah Ketika Diajak Berkenalan

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah dengan berhati-hati terhadap orang yang kalian tidak kenal mengajak berkenalan via sosial media. Cobalah untuk lebih cermat memeriksa foto profil, nama, unggahan dan lainnya sebelum kalian memutuskan untuk menjadikannya teman. Jika kalian rasa mencurigakan, segera blok agar kalian tidak diganggu.

Artikel Terkait  Website Adalah ? | Pengertian Website

Jangan Mudah Terpancing

Jika ada seseorang yang menyatakan cinta atau melontarkan kata-kata cinta padahal kalian sama sekali tidak mengenal, harus patut untuk dicurigai karena ini adalah salah satu cara dari pelaku untuk membuat korban luluh.

Jangan Terlalu Narsis atau Menggunggah yang Tidak Perlu

Sebelum pelaku melancarkan aksinya, terlebih dahulu mereka akan ‘mempelajari’ korbannya. Jadi, kebiasaan, masalah atau apapun akan menjadi bahan yang sangat ampuh untuk pelaku melancarkan aksinya.

Jangan Percaya Jika Sudah Menyangkut Uang

Tentu saja tujuan pelaku untuk melakukan kejahatan ini adalah untuk mendapatkan uang. Banyak cara yang dilakukan pelaku agar mendapatkan uang dari korban, seperti misalnya dengan alasan untuk keperluan rumah sakit, pinjam untuk modal usaha, pulang kampung, atau lainnya. Jika korban sudah diperas, pelaku akan memutuskan kontak dengan korban hingga tidak dapat dilacak.

Kesimpulan

Love scamming adalah bentuk penipuan yang memanfaatkan perasaan cinta seseorang. Pelaku menggunakan berbagai metode, termasuk aplikasi kencan, media sosial dan tautan VCS untuk memikat korban dan meminta uang atau lainnya yang menguntungkan pelaku.

Ciri-ciri love scamming termasuk berkenalan melalui media sosial, komunikasi hanya melalui pesan teks, penolakan untuk bertemu, penggunaan kata-kata cinta berlebihan dan permintaan uang yang terus-menerus.

Untuk menghindari love scamming, penting untuk berhati-hati saat berkenalan dengan orang baru via online, tidak mudah terpancing oleh kata-kata cinta yang tidak masuk akal, menghindari mengunggah informasi pribadi yang tidak perlu dan tidak percaya jika pembicaraan berakhir dengan permintaan uang.

Dalam era di mana kejahatan semakin canggih, kesadaran dan kehati-hatian dalam berinteraksi dengan orang yang belum dikenal secara langsung sangat penting untuk melindungi diri dari penipuan seperti love scamming.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya