Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceTools yang Akan Membantu Mengecek Keamanan Website

Tools yang Akan Membantu Mengecek Keamanan Website

-

Last Updated on October 31, 2023 by

Bagi kalian yang memiliki website, mengecek keamanan website sangatlah penting dan wajib dilakukan secara rutin. Jika menurut kalian mengecek website merupakan hal yang sulit, tenang saja tools yang akan dibahas kali ini akan membantumu untuk memudahkan pengecekan website milikmu. Tanpa basa-basi lagi, yuk simak!

website

Photo by Le Buzz Studio on Unsplash

Observatory

Pengelola dari Observatory sendiri adalah Mozilla. Meskipun tools ini tidak bisa memindai malware, namun pengecekan yang dilakukan oleh observatory dapat terbilang sangat lengkap. Untuk melakukan pengecekan pada tools ini hanya cukup mengakses situs Mozilla observatory lalu masukkan situs yang ingin di cek. Lalu, tools ini akan mengecek secara otomatis.

Quttera

Quttera adalah tools yang berfokus pada keamanan siber dan layanan yang terkait dengan deteksi dan mitigasi ancaman siber. Quttera dapat membantu mendeteksi situs web dari serangan siber, malware dan ancaman online lainnya.

Quttera menggunakan teknologi deteksi malware canggih untuk mengidentifikasi dan menghapus ancaman siber dari situs web sehingga membantu pemilik situs untuk menjaga keamanan dan integritas situs mereka.

Selain itu Quttera juga menyediakan layanan keamanan siber yang lebih luas seperti deteksi serangan siber, analisis ancaman, dan solusi keamanan berbasis jaringan.

SiteGuarding

SiteGuarding merupakan salah satu tools gratis dan lumayan populer. Tools ini dapat mendeteksi masalah, virus, keberadaan malware, blacklisting dan spam. Selain itu jika dalam pemindaian ditemukan malware, kalian bisa menghapusnya langsung.

ImmuniWeb

ImmuniWeb adalah tools pengecek website berbasis kecerdasan buatan atau AI. Tools ini gratis dan cara memakainya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu memasukkan URL situs dan tunggu hingga pengecekan selesai.

Selain menawarkan fitur pengecekan gratis, ImmuniWeb juga menawarkan produk-produk lain yang mendukung pengecekan situs kalian.

Artikel Terkait  10 Langkah Dasar Algoritma Pemrograman yang Penting Untuk Diketahui Pemula

Pentest-Tools

Merupakan salah satu tools yang sering digunakan untuk simulasi kejahatan siber oleh white hat hacker. Jika hacker biasanya mendobrak sistem keamanan untuk hal jahat, white hat hacker adalah peretas sistem keamanan yang telah dipercaya oleh perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai kekurangan sistem keamanan dari suatu situs.

website

Photo by Domenica Loia on Unsplash

Berikut beberapa contoh Pentest Tools yang umum digunakan.

Nmap (Network Mapper)

Ini adalah pemindai jaringan open-source yang digunakan untuk memetakan jaringan dan menemukan perangkat yang terhubung. Ini membantu dalam mengidentifikasi port yang terbuka dan layanan yang berjalan di perangkat.

Metasploit

Metasploit adalah kerangka kerja uji penetrasi yang digunakan untuk mengembangkan, menguji, dan menjalankan eksploitasi keamanan. Ini adalah salah satu alat uji penetrasi paling populer.

Wireshark

Wireshark adalah alat penganalisis paket jaringan yang digunakan untuk mengambil dan menganalisis lalu lintas jaringan. Ini membantu dalam memahami komunikasi jaringan dan mengidentifikasi masalah keamanan.

Burp Suite

Burp Suite adalah alat uji penetrasi untuk pengujian aplikasi web. Ini membantu dalam mengidentifikasi kerentanan aplikasi web, termasuk kerentanan SQL injection dan cross-site scripting (XSS).

John the Ripper

John the Ripper adalah perangkat lunak open-source yang digunakan untuk menguji kekuatan sandi. Ini digunakan untuk menguji keamanan kata sandi dengan mencoba kata sandi yang berbeda secara otomatis.

Aircrack-ng

Aircrack-ng adalah suite alat uji penetrasi untuk menguji keamanan jaringan nirkabel. Ini digunakan untuk menguji keamanan jaringan Wi-Fi dan mengidentifikasi kerentanan.

Hydra

Hydra adalah alat pengujian keamanan yang digunakan untuk serangan kata sandi. Ini mencoba serangkaian kata sandi secara otomatis untuk mendapatkan akses ke sistem.

Nikto

Nikto adalah alat uji penetrasi untuk menguji kerentanan pada server web. Ini mencari masalah keamanan umum dalam server web.

OpenVAS

OpenVAS (Open Vulnerability Assessment System) adalah platform pemindai kerentanan open-source yang digunakan untuk mengidentifikasi kerentanan dalam jaringan dan aplikasi.

SQLMap

SQLMap adalah alat uji penetrasi yang digunakan untuk mendeteksi dan mengeksploitasi kerentanan SQL injection dalam aplikasi web.

Artikel Terkait  Ingin Coba Buat Progressive Web App? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Themecheck.info

Themecheck.info merupakan salah satu tools yang berguna untuk memeriksa keamanan atau kualitas kode dari suatu tema. Biasanya digunakan untuk mendeteksi apakah ada hal aneh atau yang semestinya tidak ada dalam tema tersebut.

Untuk menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan file zip dari tema milik kalian dan nanti tools ini akan memberikan suatu penilaian ataupun peringatan jikalau nanti ada hal-hal yang mencurigakan.

Qualys

Cara yang efektif untuk menguji keamanan sebuah situs web adalah melalui penggunaan Qualys. Tool ini dirancang khusus untuk melakukan pemindaian terhadap sertifikat SSL yang digunakan dalam situs web kalian.

Qualys tidak hanya bertugas mencari kesalahan konfigurasi dalam sertifikat, melainkan juga memberikan informasi penting seperti tanggal kadaluwarsa, jenis cipher yang digunakan, versi SSL, protokol yang digunakan, dan simulasi handshake.

Jika kalian baru saja mengubah pengaturan SSL, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan keamanan menggunakan Qualys. Hal ini akan membantu kalian memastikan bahwa situs web kalian tetap aman dan terlindungi.

Zed Attack Proxy

ZAP adalah singkatan dari Zed Attack Proxy yang dikenal luas. ZAP dikembangkan oleh Open Web Application Security Project (OWASP). Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melakukan pemindaian terhadap berbagai aspek keamanan yang mencakup rentang serangan online terhadap situs web.

Selain itu, ZAP juga akan memberikan informasi tentang berbagai hal lainnya, seperti Application Error Disclosure, SQL dan XSS, Private IP disclosure, dan banyak lagi.

Intruder

Apakah CMS kalian sering mengalami masalah? Jangan khawatir, Intruder hadir sebagai solusi yang dapat membantu kalian mengatasi masalah ini dengan efektif.

Intruder adalah alat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan keamanan pada website. Alat ini mampu mengidentifikasi berbagai jenis masalah, seperti kesalahan dalam konfigurasi, injeksi SQL, dan banyak lagi.

Yang menarik, Intruder juga terintegrasi dengan penyedia cloud populer seperti GCP, AWS, dan Azure. Namun, perlu diingat bahwa kalian hanya dapat mencoba layanan ini secara gratis selama masa percobaan selama 30 hari.

Artikel Terkait  Niche Blog Terbaik di 2023: Yuk Buat Blogmu Semakin Bersinar

ScanWP

Tidak ingin kesulitan atau repot ketika menggunakan alat pemeriksaan keamanan? ScanWP adalah solusi yang tepat untuk kalian. Cukup masukkan alamat situs, alamat email, dan kode yang telah disediakan.

ScanWP dapat dengan mudah memindai file situs dan melakukan pemeriksaan pada tag generator. Disarankan untuk secara rutin memeriksa keamanan situs kalian agar perkembangan situs tidak terhambat.

Kesimpulan

Beberapa tools yang direkomendasikan untuk mengecek keamanan website kalian yaitu Observatory, Quttera, SiteGuarding, ImmuniWeb, Pentest-Tools, Qualys, Zed Attack Proxy, Intruder, dan ScanWP. Setiap tools memiliki fungsinya masing-masing dalam mendeteksi berbagai ancaman keamanan, termasuk malware, kerentanan, dan konfigurasi yang salah.

Pengelola Observatory adalah Mozilla, yang menyediakan pemeriksaan lengkap terhadap keamanan website. Quttera berfokus pada deteksi ancaman siber dan malware, sedangkan SiteGuarding dapat mendeteksi masalah seperti virus dan blacklisting. ImmuniWeb adalah alat berbasis kecerdasan buatan untuk pengecekan website, sedangkan Pentest-Tools digunakan oleh white hat hacker untuk simulasi kejahatan siber.

Selain itu, terdapat alat-alat lain seperti Nmap, Metasploit, Wireshark, Burp Suite, John the Ripper, Aircrack-ng, Hydra, Nikto, OpenVAS, SQLMap, Themecheck.info, dan ScanWP yang memiliki fungsinya sendiri dalam menguji keamanan website.

Ketika mengubah pengaturan SSL, sangat disarankan menggunakan Qualys untuk memeriksa konfigurasi sertifikat SSL kalian. Terakhir, Zed Attack Proxy (ZAP) dan Intruder juga merupakan alat penting dalam mengidentifikasi berbagai kerentanan keamanan dan masalah dalam konfigurasi CMS. Dengan menggunakan tools ini, kalian dapat menjaga keamanan dan integritas situs web.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya