Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Begini Cara Melindungi Website Anda dengan WHOIS Protection

Begini Cara Melindungi Website Anda dengan WHOIS Protection

-

Tahukah Anda bahwa melindungi website adalah sebuah hal yang penting? Sebagian orang mungkin sudah menyadari betapa pentingnya melindungi sebuah website dengan menggunakan software-software proteksi yang canggih dan mumpuni.

Namun masih tidak sedikit juga pemilik web yang belum memproteksi website mereka dengan alat perlindungan tambahan. Apakah Anda juga salah satunya?

Melindungi website dengan software pengaman merupakan hal wajib yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari kemungkinan pembajakan atau peretasan data-data penting dari website Anda untuk kemudian disalahgunakan oleh oknum tak bertanggungjawab.

Bayangkan jika data-data penting diri Anda seperti identitas, alamat, rincian kartu kredit/debit dan rekening bank berhasil dibobol oleh pencuri untuk dijual ke orang lain, dikuras, atau diajukan sebagai identitas pinjaman online. Tentunya Anda akan mengalami kerugian besar!

Website yang tidak diproteksi dan mudah dibobol pun tidak akan dipandang baik oleh masyarakat (user). Sekali saja masyarakat mengetahui bahwa website Anda sangat beresiko menjadi korban peretasan, maka masyarakat akan mengurungkan niatnya untuk mendaftar akun atau berlangganan newsletter di website Anda.

Hal ini tentunya karena mereka juga tidak ingin data-data dirinya dicuri dan disalahgunakan oleh hacker.

Lalu bagaimana caranya agar website Anda bisa terproteksi dengan baik? Jawabannya tak lain adalah dengan memakai software atau layanan proteksi web.

Saat ini sudah ada banyak sekali layanan proteksi website yang tersedia secara online dan dari beragam rentang harga. WHOIS Protection adalah satu layanan proteksi website terbaik yang bisa Anda coba.

Apa itu WHOIS Protection? Apa manfaatnya dan bagaimana cara mengaktivasinya? Anda beruntung sebab WHOIS Protection adalah topik yang akan kami kupas tuntas secara lengkap pada artikel edisi kali ini.

Yuk langsung kita simak pembahasan seputar WHOIS Protection: Definisi, Manfaat, dan Cara Aktivasinya berikut ini. Selamat membaca!

WHOIS Protection Adalah: Definisi Lengkap dan Cara Kerja Hacker Menyerang Web Tanpa WHOIS

hacker

Saat menelusuri rekomendasi layanan pemasangan proteksi pada website, nama WHOIS Privacy Proection adalah salah satu nama layanan yang akan muncul dalam daftar rekomendasi. Hal ini tidaklah mengherankan sebab WHOIS Privacy Protection adalah salah satu layanan terbaik dalam bidang proteksi website.

Namun sesungguhnya, apa itu WHOIS Privacy Protection?

Nama WHOIS Privacy Protection adalah sesuatu yang bisa jadi masih asing bagi sebagian masyarakat awam. WHOIS Privacy Protection adalah sebuah layanan perlindungan website yang diberikan oleh penyedia domain untuk pelanggan mereka. Adapun tujuan perlindungan WHOIS Privacy Protection adalah untuk melindungi rincian informasi yang terdapat dalam website.

Sama seperti layanan perlindungan website pada umumnya, manfaat perlindungan dengan WHOIS Privacy Protection adalah menjaga informasi Anda dari hacker dan spammer agar aktivitas berjejaring Anda dapat berlangsung dengan semakin aman dan nyaman.

WHOIS Privacy Protection adalah perlindungan yang berorientasi pada perlindungan domain. Nantinya, hal-hal seperti nama domain, tanggal daftar dan kadaluarsa, rincian pembaruan domain, dan informasi pribadi dari pendaftar domain (Anda sendiri) akan dilindungi dengan Perlindungan Privasi dan basis data WHOIS. Domain Privacy Protection dari WHOIS Privacy Protection ini akan memastikan bahwa data-data pada domain web tidak akan muncul dengan mudah ke publik. Selain itu, WHOIS Privacy Protection dapat turut membantu mengontrol data Anda dan menyetop email sampah dan spam.

Oleh sebab fungsinya itulah, WHOIS Privacy Protection juga turut dikenal sebagai ID Protection. Akan tetapi biasanya layanan WHOIS Privacy Protection adalah layanan yang bersifat tambahan atau opsional saja dari pihak penyedia register domain. Jadi keputusan untuk menggunakan WHOIS Privacy Protection adalah tetap berada di tangan Anda sendiri.

Jika Anda merasa membutuhkan perlindungan lebih untuk web, maka pasanglah WHOIS Privacy Protection ini. Namun apabila Anda masih merasa belum membutuhkan WHOIS Privacy Protection, website Anda tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya hanya saja, website Anda tetap memiliki resiko besar menjadi korban peretasan.

Kira-kira bagaimana cara kerja hacker dalam menyerang website yang tidak dilindungi WHOIS Privacy Protection? Jawabannya ternyata sederhana Jika website Anda tidak dilindungi oleh WHOIS Privacy Protection, maka hacker dapat dengan mudah mengakses nama domain terdaftar milik Anda.

Nantinya, mereka cukup memasukkan nama domain Anda ke alat pencarian WHOIS untuk mendapatkan data-data penting lain (telepon, nama bisnis, alamat, e-mail, rincian rekening, dan seterusnya). Dengan begini, hacker sudah sukses mengcopy dan mencuri data-data Anda.

WHOIS Privacy Protection juga berguna untuk melindungi website dari serangan spam dan e-mail sampah yang bisa mengganggu kelancaran kerja website Anda serta kenyamanan pengunjung web. Dengan memakai WHOIS Privacy Protection, web Anda tidak dapat dikenali oleh hacker sehingga dia tidak bisa mengirimkan software spam dan e-mail sampah.

Tak hanya sampai di sana saja, ternyata masih ada lebih banyak manfaat lain dari memasang WHOIS Privacy Protection. Apa sajakah manfaat tersebut? Yuk lanjutkan membaca untuk mengetahui jawabannya!

Artikel Terkait  Buat Website Toko Online dengan Lapak Instan (Fitur Lengkap)

Manfaat WHOIS Privacy Protection

Anda sudah mengetahui sejumlah manfaat dari WHOIS Privacy Protection. Selain berfungsi sebagai pelindung domain, WHOIS Privacy Protection masih mempunyai segudang manfaat lainnya untuk Anda. Beberapa manfaat WHOIS Privacy Protection adalah:

  • Mencegah website menerima spam baik berupa e-mail spam, panggilan telepon, komentar pada web, dan lain sebagainya.
  • Melindungi website dari panggilan telepon telemarketers.
  • Melindungi web dari name hijackers (pembajak nama domain).
  • Tidak menampilkan data-data diri kita ke publik, sehingga spammers tidak akan mendapat nama e-mail kita melalui WHOIS domain.
  • Menolak aneka kiriman surat penawaran atau paket dari perusahaan atau pihak anonim karena mereka tidak akan mendapatkan rincian alamat tempat tinggal Anda.

Banyak bukan manfaat dari WHOIS Privacy Protection? Bagaimana, tidakkah kini Anda ingin melindungi website dari beragam serangan hacker dengan WHOIS Privacy Protection?

Sebagai catatan, Anda mungkin masih akan tetap menerima beberapa e-mail sampah meski sudah memakai WHOIS Privacy Protection. Mengapa? Sebab WHOIS Privacy Protection masih belum bisa mengurangi atau memblokir e-mail sampah dan spam yang dikirimkan oleh hacker melalui alamat e-mail yang ia dapat dari luar alamat domain (seperti mendapat keterangan e-mail dari konten website Anda sendiri atau media sosial). WHOIS Privacy Protection hanya dapat mencegah hacker dn spammer untuk memperoleh alamt e-mail web Anda melalui data-data di WHOIS (whois.net).

Cara Mudah Mengaktivasi WHOIS Privacy Protection

web-protection-2

Tertarik untuk mengaktivasi WHOIS Privacy Protection pada website Anda? Caranya mudah sekali! Ada banyak penyedia web domain yang kini turut menyediakan paket langsung pemasangan WHOIS Privacy Protection. Berikut ini kami tampilkan cara mudah mengaktivasi WHOIS Privacy Protection melalui layanan penyedia web domain yang tersedia di internet.

Sebagai catatan, cara-cara di bawah ini hanyalah cara-cara aktivasi WHOIS Privacy Protection yang general. Untuk informasi lebih detail, mungkin Anda akan perlu atau diarahkan untuk membaca instruksi, rincian harga, dan syarat serta ketentuan dari jasa penyedia layanan WHOIS Privacy Protection yang dipilih.

Sebelum mengaktivasi WHOIS Privacy Protection, Anda harus memastikan bahwa nama domain web Anda sudah resmi terdaftar atau telah didaftarkan oleh registrar. Proteksi WHOIS Privacy Protection hanya bisa digunakan untuk domain dengan TLD internasional seperti .net, .com dan .org. Cara memasang WHOIS Privacy Protection adalah:

1 . Kunjungi website/media sosial dari jasa penyedia layanan WHOIS Privacy Protection.

  1. Klik menu hosting/domain > pilih domain yang sesuai dengan domain yang dikelola.
  2. Pilih paket domain yang ingin diamankan. Jangan lupa simak rincian harga yang tertera. Harga paket WHOIS Privacy Protection umumnya tidak mahal. Jika Anda cermat dalam memilih, Anda bisa mendapatkan paket perlindungan WHOIS Privacy Protection mulai harga 40 ribu rupiah saja.
  3. Klik “Whois” > klik “Aktivasi”.
  4. Jika diarahkan ke menu pembayaran/pelunasan tagihan, klik konfirmasi dan lakukan pelunasan tagihan sesuai instruksi yang diberikan.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang WHOIS Privacy Protection. Tunggu apa lagi, yuk segera lindungi keamanan web dan data-data diri Anda menggunakan WHOIS Privacy Protection! Ingatlah bahwa tidak ada salahnya untuk membayar sedikit demi keamanan jangka panjang di kemudian hari. Ibarat kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari Appkey.id!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya