Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web 15 Tren Pengembangan Web di Tahun 2021

15 Tren Pengembangan Web di Tahun 2021

-

Setiap bisnis membutuhkan semacam portal online untuk membangun kredibilitas bisnisnya. Teknologi seperti aplikasi web progresif, kecerdasan buatan, dan augmented/virtual reality diperkirakan akan terus berkembang pada tahun 2021.

Saat ini, ada lebih dari 1,5 miliar situs web dan sekitar 200 juta situs web aktif. Jumlahnya terus bertambah. Selama bertahun-tahun, tren dan teknologi baru telah muncul di pasar. Untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan, bisnis perlu fokus pada tren, teknik, dan pendekatan pengembangan web kustom yang meningkat.

Demikian pula, pengembang web mau tidak mau harus mengikuti tren yang sedang berlangsung saat mengembangkan situs web tingkat perusahaan. Berikut adalah tren pengembangan web tahun 2021 terbaik.

15 Tren Pengembangan Web Teratas untuk tahun 2021

pengembangan-web

1. Aplikasi Web Progresif (PWA)

PWA adalah situs web yang berfungsi seperti aplikasi seluler asli. Dengan memanfaatkan teknologi baru dan mengadaptasi HTML 5, bisnis dapat mencapai yang terbaik dari kedua dunia. Yaitu jangkauan luas situs web dan aksesibilitas aplikasi seluler.

Ada empat teknologi utama yang membedakan PWA dari aplikasi web tradisional. Itu termasuk arsitektur shell aplikasi, keamanan lapisan transport, pekerja layanan, dan file manifes aplikasi web. Banyak merek besar telah beralih dari menggunakan situs web ke aplikasi web progresif dan mengalami peningkatan keterlibatan pengguna yang signifikan.

PWA mengungguli aplikasi asli dalam berbagai cara dan mengubah cara menggunakan web. Tidak hanya cepat dan memuat secara instan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk bekerja secara offline sambil tetap menjalankan semua fungsi aplikasi asli.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Chatbots

Menurut perkiraan, akan ada lebih dari 85% interaksi pelanggan akan berlangsung tanpa manusia pada tahun 2021. Dan AI meniru kecerdasan manusia dan meningkatkan fungsi kognitif solusi seperti pembelajaran, pengumpulan/analisis data, dan otomatisasi multi-tugas.

Kita dapat mengharapkan teknologi AI – seperti chatbots – menjadi lebih umum pada tahun 2021.

Chatbots menangani persyaratan dukungan pelanggan secara efektif, dan Anda dapat mengandalkan bot untuk bantuan sepanjang waktu. Ini merupakan cara efisien untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan Anda dengan mengatur riwayat pesanan dan pertanyaan layanan pelanggan. Ini berguna untuk tren pengembangan web seperti:

  • Menawarkan kepuasan pelanggan yang lebih besar
  • Meningkatkan basis pelanggan Anda
  • Mengurangi kesalahan manusia
  • Menghemat waktu, uang, dan tenaga
  • Berfokus pada pengalaman pengguna

3. Web Assembly

Untuk aplikasi pengembangan web, kinerja tidak boleh dikompromikan. JavaScript membuat perhitungan besar menjadi lambat, yang secara langsung memengaruhi kinerja pengguna. Inilah sebabnya mengapa banyak game terkenal dan aplikasi canggih tersedia sebagai aplikasi desktop asli.

Web Assembly adalah pengubah permainan di dunia pengembangan web. Ini adalah standar terbuka yang mendefinisikan format kode biner portabel untuk program yang dapat dijalankan. Dengan bantuan ini, Anda dapat mengompilasi kode bahasa pemrograman menjadi bytecode yang berjalan di browser. Ini dibangun dengan tujuan tingkat tinggi, yang meliputi:

  • Memanfaatkan kemampuan perangkat keras agar portabel dan efisien
  • Membuat biner modular dengan memanfaatkan impor dan ekspor dengan cara tertentu
  • Mendukung penyematan non-browser
  • Mengintegrasi platform web yang ada

4. Aplikasi Satu Halaman

Aplikasi satu halaman mengurangi kebutuhan memuat ulang halaman web dengan menggunakan JavaScript untuk memuat konten. Aplikasi ini tidak memerlukan waktu tunggu tambahan dan merender halaman web di browser pengguna. Google, Gmail, dan GitHub adalah contoh terbaik dari aplikasi satu halaman.

Aplikasi satu halaman juga populer karena semua informasi yang relevan ditampilkan pada satu halaman. Karena kita tahu, kebanyakan orang tidak suka berkeliling halaman untuk mencari informasi. Hal ini memungkinkan kita untuk berpikir tentang konsep situs satu halaman dan bagaimana hal itu memengaruhi pengalaman pengguna.

5. Push Notification

Push notification adalah salah satu solusi paling ampuh bagi pengunjung. Untuk tren pengembangan web 2021, ini akan mengubah efektivitas pemasaran ulang. Ini berdasarkan seberapa tepat waktu, relevan, dan ketepatan notifikasi tersebut, seperti:

  • Menargetkan basis pengguna tertentu berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan riwayat pembelian
  • Menghindari filter spam untuk menyampaikan pesan Anda
  • Menjaga merek Anda di atas benak pelanggan
  • Memasarkan bisnis Anda tanpa membuat pelanggan dikenai biaya

Namun jangan menggunakannya secara berlebihan. Anda harus mencoba terus memberi tahu pelanggan tentang diskon khusus, acara, aktivitas yang berpusat pada pelanggan.

6. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

AR dan VR telah berkembang jauh dari konsep fiksi ilmiah di masa lalu. Dengan popularitas Google Earth dan Pokemon Go, 2017 menunjukkan pertumbuhan dan kesadaran yang luar biasa akan teknologi AR dan VR. Teknologi ini mengubah industri dengan caranya sendiri.

Tahun-tahun mendatang penuh dengan banyak kejutan yang menunggu untuk muncul dengan peningkatan kualitas, efisiensi, dan produktivitas aplikasi AR/VR saat ini.

Artikel Terkait  CSS Adalah? Memahami Pengertian, Cara Kerja dan Penggunaannya dalam Website

7. Cloud Computing

cloud-computing

Masalah penyimpanan internal yang berulang dapat diselesaikan melalui cloud computing. Google Cloud, Dropbox, Microsoft Azure adalah contoh terbaik dari platform ini. Melalui cloud, server jarak jauh dapat menyediakan ruang penyimpanan yang diperlukan untuk kelancaran fungsi aplikasi yang dapat diunduh tanpa memengaruhi memori internal perangkat Anda.

Tren pengembangan web cloud untuk tahun 2021 memiliki fokus yang berkembang pada operasi multi-cloud dan hybrid. Contohnya Google Anthos, yang menggabungkan beberapa layanan cloud publik yang berbeda serta cloud publik dan pribadi untuk tujuan yang sama.

Perkembangan cloud computing dan multicloud membawa banyak keuntungan:

  • Keamanan data
  • Pengurangan biaya
  • Akses mudah
  • Mobilitas

8. Antarmuka Pengguna Gerakan (UI)

Pengguna web mencari hal-hal yang sederhana namun intuitif. Motion UI adalah tentang membuat hal-hal memantul di layar. Elemen umum termasuk bagan animasi, hover, grafik latar belakang, dan header yang indah.

Motion UI tidak hanya menjadi penting untuk pendekatan desain antarmuka, tetapi juga menggerakkan seluruh UI. Selama pengembangan web khusus, ini meningkatkan kemampuan komputasi perangkat untuk menjalankan animasi kompleks dengan lancar.

Itu juga dapat membedakan antara desain lengkap dan situs web minimalis, meninggalkan antarmuka yang elegan dan berguna. Ini pasti bekerja dengan sangat baik untuk meningkatkan tingkat konversi di situs web.

9. Blockchain

Pada tahun 2009, teknologi blockchain muncul secara resmi untuk pertama kalinya. Ini banyak digunakan dalam cryptocurrency seperti Bitcoin, Litecoin dan Libra. Serta tujuan non-keuangan seperti InterPlanetary File System yang menggunakan blockchain untuk menghubungkan file bersama melalui internet untuk mendesentralisasi penyimpanan file.

Sejak itu, transformasi yang luar biasa telah diamati dan perkembangan blockchain akan terus berkembang.

Tren pengembangan web yang diharapkan akan dihadapi di tahun 2021 adalah untuk media sosial. Facebook berencana meluncurkan cryptocurrency digitalnya. Jaringan blockchainnya akan terpusat di bawah otoritas asosiasi.

Dapat dipastikan bahwa semua data yang dipublikasikan tidak dapat diduplikasi. Pengguna akan menyimpan data dengan lebih aman dan melindungi kepemilikannya. Pengguna akan dapat menggunakan solusi blockchain pribadi dan publik melalui Hybrid Blockchain. Dengan kata lain, kebebasan dan akses terkontrol pada saat bersamaan.

10. Keamanan Cyber

Ancaman dunia maya, peretasan situs web, dan pencurian informasi adalah ancaman mengerikan yang bersembunyi di bayang-bayang kemajuan teknologi dan kemajuan ilmiah yang paling gelap. Tahun ini tidak terkecuali.

Keamanan siber atau cybersecurity adalah sistem perlindungan komputer terhadap pencurian, gangguan layanan, atau penyesatan. Penjahat dunia maya dan penyusup akan terus mencari kerentanan dari korban.

Dengan mengingat hal itu, perusahaan harus memperkuat sistem keamanan mereka sambil melindungi informasi rahasia, server, dan database mereka.

11. Native App

Bagaimana jika Anda sedang bekerja dan tiba-tiba ada masalah jaringan internet? Tentunya hal ini sangat menjengkelkan bagi Anda bergantung pada internet sepanjang waktu. Di situlah Native App ini berperan.

Native App memungkinkan Anda untuk bekerja secara offline. Native App adalah aplikasi yang dipasang langsung di smartphone dan dapat berfungsi, dalam banyak kasus, tanpa konektivitas internet tergantung pada sifat aplikasinya.

Nah, pengembangan aplikasi asli sudah sangat diminati, ke depannya, pengembang perangkat lunak memprediksi tren ini mendominasi tren pengembangan web pada tahun 2021.

Karena dirancang secara unik untuk platform tertentu, umumnya memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kinerja yang lebih kuat dibandingkan dengan aplikasi hybrid. Itulah alasannya, semakin banyak bisnis yang berinvestasi di beberapa aplikasi asli untuk iOS dan Android agar mereka dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

Keuntungan Native App

  1. Fungsionalitas yang luas karena menggunakan kemampuan perangkat yang mendasarinya
  2. UI yang lebih cocok dengan pengalaman pengguna OS
  3. Performa responsif dan cepat
  4. Terdapat notification push
  5. Jaminan kualitas melalui peringkat di toko aplikasi.

Dengan meningkatnya popularitas smartphone di pasar dan dengan dominasi sistem operasi iOS dan Android yang terus meningkat di pasar, sepertinya investasi dalam pengembangan aplikasi asli tidak akan berkurang dalam waktu dekat atau justru semakin meningkat, tidak hanya di tahun 2021 atau di masa mendatang.

12. Serverless Architecture (Arsitektur tanpa Server)

Serverless Architecture adalah cara untuk membangun dan menjalankan aplikasi serta layanan secara mandiri untuk mengelola infrastruktur. Aplikasi Anda masih berjalan di server, tetapi semua manajemen server dilakukan oleh AWS (Amazon Web Service). Amazon saat ini telah melebarkan sayapnya dibidang pengembangan web, dan telah membuat layanan web modern yaitu AWS.

Layanan dari Amazon ini membantu Anda dalam menjalankan Aplikasi dengan Serverless Archittecture. Anda tidak lagi harus menyediakan, menskalakan, dan memelihara server untuk menjalankan aplikasi, database, dan sistem penyimpanan Anda.

Pada dasarnya, aplikasi tanpa server ini adalah sistem berbasis cloud yang digerakkan oleh peristiwa di mana pengembangan aplikasi hanya bergantung pada sekelompok layanan pihak ketiga, logika sisi klien, dan panggilan prosedur jarak jauh yang dihosting di cloud.

Tidak diragukan lagi, aplikasi tanpa server mencapai level baru dalam jalurnya untuk mengganggu infrastruktur server Anda. Tanpa server sudah digunakan dalam produksi oleh perusahaan seperti Netflix, Reuters, AOL, dan Telenor, karena arsitektur tanpa server membantu mengurangi kelebihan beban sistem, kehilangan data, dan pengembangan yang mahal. Akibatnya, salah satu solusinya adalah komputasi cloud, yang dapat menggantikan server biasa.

Keuntungan:

  1. Mudah diterapkan
  2. Skalabilitas yang lebih baik
  3. Serverless Architecture App mengurangi pengembangan dan anggaran dukungan yang berkelanjutan
  4. Memperkuat arsitektur aplikasi
  5. Meningkatkan fleksibilitas

Tugas paling umum pada Serverless Architecture App dapat dijalankan dengan sangat cepat karena teknologi tanpa server adalah mengunduh cadangan file, pengiriman notifikasi, dan ekspor objek. Dinyatakan secara berbeda, arsitektur tanpa server adalah satu lagi tren, yang secara dramatis akan mengubah pendekatan pengembangan web.

Artikel Terkait  Sebuah Pengantar Tentang Flowchart (pengertian, contoh dan cara pembuatan)

13. Mixed Reality (MR)

Tidak hanya Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), Mixed Reality juga diprediksi akan bertumbuh di tahun 2021. Mixed Reality (MR), merupakan kombinasi dari Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). MR mempunyai peran penting dalam aplikasi perusahaan.

AR menggabungkan konten digital dengan lingkungan fisik pengguna, sedangkan VR menciptakan pengalaman yang imersif bagi pengguna. Organisasi di banyak sektor seperti pengembangan aplikasi Web, pertahanan, pariwisata, arsitektur, konstruksi, permainan, perawatan kesehatan, menggunakan MR karena nilai bisnis utama dengan bantuan teknologi ini.

Bagaimana MR dapat bertumbuh tahun ini? Berikut beberapa alasannya:

  1. Bisnis, organisasi pemerintah, dan bahkan organisasi nirlaba dapat menggunakan gabungan AR dan VR untuk melatih karyawan mereka dalam pekerjaan yang kompleks.
  2. MR memiliki kemampuan untuk menghamparkan informasi digital pada lingkungan fisik secara real-time menciptakan banyak kemungkinan untuk augmented reality dalam bisnis.
  3. Bisnis media dan hiburan menggunakan AR dan VR dengan cara yang signifikan untuk menawarkan konten yang menarik kepada konsumen.
  4. Bisnis dapat menggunakan AR dan VR untuk membiarkan calon pelanggan mereka “mencoba” produk mereka secara virtual, dan ini menambah upaya penjualan mereka.

Sesuai laporan, pasar AR / VR yaitu realitas campuran akan tumbuh dari $ 1,054 miliar pada 2017 menjadi $ 9,982 miliar pada 2024, dan akan melihat CAGR 73,2% selama periode 2018-2023. Pengalaman MR di situs web akan terus meningkat selama beberapa tahun mendatang.

14. MEAN akan banyak digunakan untuk pengembangan Aplikasi

Berbicara tentang tren pengembangan web tidak akan lengkap tanpa membicarakan tentang perangkat lunak pengembangan. Tahun ini, MEAN diprediksi akan menguasai dunia pengembangan web. MEAN adalah kumpulan perangkat lunak JavaScript gratis dan sumber terbuka untuk membangun situs web dinamis dan aplikasi web.

Karena semua komponen program dukungan MEAN ditulis dalam JavaScript, aplikasi MEAN dapat ditulis dalam satu bahasa untuk lingkungan eksekusi sisi server dan sisi klien

MEAN stack adalah salah satu yang paling populer di luar sana. Beberapa perangkat lunak yang termasuk dalam MEAN: MongoDB (database), ExpressJS, React.js (framework), Vue.js (frontend framework), Angular (frontend framework), dan Node.JS. Berikut penjelasan masing-masing perangkat lunak ini:

a. MongoDB

MongoDB adalah database dengan berbagai tujuan umum dari suatu database diciptakan, berbasis dokumen, dan terdistribusi yang dibangun untuk pengembang aplikasi modern dan untuk era cloud.

Perusahaan seperti Invision, Adobe, eBay, dll, dan tim pengembangan dari yang besar hingga kecil menggunakan MongoDB karena model data dokumen adalah cara yang ampuh untuk menyimpan dan mengambil data yang memungkinkan pengembang untuk bergerak cepat. Arsitektur horizontal, skala keluar MongoDB dapat mendukung volume besar data dan lalu lintas.

b. ExpressJS atau Express

adalah framework aplikasi web back end untuk Node.js, dirilis sebagai perangkat lunak gratis dan sumber terbuka di bawah Lisensi MIT. Ini dirancang untuk membangun aplikasi web dan API. Ini telah disebut framework server standar untuk Node.js

c. React

React adalah pustaka JavaScript open-source, front-end untuk membangun antarmuka pengguna atau komponen UI. React dikelola oleh Facebook dan komunitas pengembang individu dan perusahaan.

Library React merupakan pemain utama dalam MEAN. React sering digunakan sebagai pengganti Angular di MEAN stack.

React memungkinkan para developer melakukan implementasi perubahan yang lebih cepat dan mudah, sehingga semakin banyak pengembang yang memilihnya daripada Angular.

d. Vuejs

Vue.js adalah kerangka kerja JavaScript front-end model-view-control yang bersifat open-source untuk membangun antarmuka pengguna dan aplikasi satu halaman. Vue telah mendapatkan tempatnya di pasar global setelah raksasa seperti Xiaomi dan Alibaba beralih ke sana. Perangkat lunak ini adalah solusi front-end yang sangat baik.

e. Angular

Angular adalah framework aplikasi web sumber terbuka berbasis TypeScript yang dipimpin oleh Tim Angular di Google dan oleh komunitas individu dan perusahaan. Arsitektur aplikasi Angular bergantung pada konsep dasar tertentu.

Blok bangunan dasar dari kerangka Angular adalah komponen Angular yang diatur ke dalam NgModules. NgModules mengumpulkan kode terkait ke dalam set fungsional; aplikasi Angular didefinisikan oleh satu set NgModules. Sebuah aplikasi selalu memiliki setidaknya modul root yang memungkinkan bootstrap, dan biasanya memiliki lebih banyak modul fitur.

f. Node.js

Node.js adalah lingkungan runtime JavaScript back-end sumber terbuka, lintas platform, yang menjalankan kode JavaScript di luar browser web. Node.js umumnya digunakan untuk non-pemblokiran, server yang digerakkan oleh peristiwa, karena sifatnya yang single-threaded. Node.js juga digunakan untuk situs web tradisional dan layanan API back-end.

15. Internet of Things (IoT)

Memasuki era Society 5.0, di mana pada era ini teknologi akan melengkapi kehidupan manusia. Jika di era 4.0, teknologi lebih banyak menggantikan kerja manusia, di era 5.0 ini justru sebaliknya, manusia akan lebih banyak dilibatkan dalam pemanfaatan teknologi.

Beberapa peneliti dan pengembang memprediksi lebih dari 20 miliar perangkat IoT akan aktif dan terhubung ke internet pada tahun 2021. Angka ini cukup fantastis mengingat bahwa saat ini saja setiap detik, ada 127 Perangkat Lain Tersambung ke Internet.

Permintaan akan gadget pun makin meningkat setiap harinya. Di sinilah peran IoT, tidak hanya untuk memajukan peradaban manusia, tetapi juga untuk membangun sistem peradaban yang lebih cerdas.  IoT mengacu pada berbagai perangkat yang terhubung ke internet yang mampu berkomunikasi dengan perangkat dan jaringan lain.

Mereka dapat melakukan berbagai fungsi tetapi paling sering digunakan untuk mengumpulkan informasi dan melakukan tindakan tertentu. Sementara IoT di era 5.0 tidak hanya sekedar mengumpulkan informasi, tetapi juga melakukan kegiatan lainnya.

Anda mungkin dapat berjalan-jalan hanya dengan menggunakan internet yang kemudian dibantu oleh Augmented Reality, Virtual Reality, maupun kombinasi keduanya. Nantinya, seluruh teknologi yang kita bahas sebelumnya akan terhubung langsung dengan IoT.

Artikel Terkait  DFD dan Manfaatnya Dalam Proses Pengembangan Website

Keuntungan IoT:

  1. Adanya peningkatan pemantauan.
  2. IoT menyediakan kemampuan baru untuk memprediksi dan bertindak
  3. Peningkatan dialog antara penjual atau penyedia jasa dengan pelanggan dalam bidang perdagangan maupun layanan barang dan jasa.
  4. IoT membantu Anda menyempurnakan layanan dan produk
  5. Peningkatan kendali proses operasi

Saat ini, internet membuat hidup menjadi sangat mudah tetapi juga membuat dunia menjadi tempat yang kecil sekarang. Berkat peningkatan yang terus berkembang, internet sekarang menjadi bagian dari sistem dan rutinitas kita.

Demikianlah tren pengembangan web di tahun 2021. Beberapa tren tersebut memang masih berupa prediksi namun peningkatannya sudah dapat dipastikan bagaimana teknologi-teknologi tersebut bertumbuh di tahun-tahun sebelumnya dan terus berinovasi serta berkembang di tahun ini.

Oleh karena itu, sebagai orang yang terlibat langsung dengan teknologi ada baiknya kita mempelajari atau paling tidak mengetahui tren-tren teknologi masa kini agar kita dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik.

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya