Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Pengertian Web Service : Bagaimanakah Penerapan, Contoh dan Cara...

Pengertian Web Service : Bagaimanakah Penerapan, Contoh dan Cara Kerjanya?

-

Saat ini, masyarakat yang mengakses internet, jumlahnya semakin banyak. Menurut data We Are Social, pada tahun 2020 pengguna internet di Indonesia menembus angka 175,4 juta. Hal ini menandai adanya kenaikan sebesar 17% atau 25 juta pengguna internet, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kenaikan jumlah pengguna internet di tahun 2020, tidak terlalu mencengangkan. Karena, kenaikan itu memang selalu ada dalam setiap tahunnya. Apalagi, di tengah pandemi seperti saat ini, setiap orang, baik itu tua atau muda, menjadi tanggap dan banyak yang menggunakan teknologi internet.

Seperti yang kita ketahui, selama pandemi corona virus, internet digunakan tidak hanya untuk mengakses informasi atau hiburan semata. Tetapi, internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam melakukan segala aktivitas yang dilakukan dari rumah, seperti belajar online, bekerja online (WFH), meeting online, reservasi, transaksi, dll.

Seiring dengan adanya peningkatan jumlah pengguna internet. Maka, itu artinya ada peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke website. Semua laman website yang terdaftar akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dari sebelumnya. Apalagi, website-website yang mempunyai popularitas tinggi, tentu akan memperoleh jumlah pengunjung web yang semakin banyak.

Meski, jumlah pengunjung semakin banyak. Tetapi, beban akses yang diterima oleh web semakin berat (overload), sehingga membuat kecepatan akses ke laman web semakin melambat. Bahkan, ada kemungkinan website tidak bisa dibuka sama sekali atau error. Selain itu, ada juga resiko yang lain, yaitu peretasan.

Maka dari itu, setiap website harus ditingkatkan kecepatan akses, keamanan, dan interoperabilitasnya. Caranya, yaitu dengan menggunakan Web Service.

Apa itu Web Service?

 

website-1

Sebelum berbicara lebih jauh, kita harus tahu dulu apa itu web service. Ada beberapa pengertian mengenai web service.

Pengertian Web Service

Berikut pengertian-pengertian Web Service.

  • Web service adalah aplikasi web untuk pertukaran pesan/informasi yang menggunakan sistem pesan XML berbasis internet untuk interaksi antara aplikasi ke aplikasi.
  • Web service adalah kumpulan protokol dan standard terbuka yang digunakan untuk bertukar data antar aplikasi atau sistem.
  • Web service adalah metode/cara-cara komunikasi antar mesin ke mesin yang menggunakan bahasa yang independen yang tidak terikat dengan satu sistem operasi dan bahasa pemograman tertentu. Misalnya, Java tidak hanya bisa berinteraksi dengan Java. Tetapi, Java dapat “berbicara” dengan Phyton.

Dari pengertian-pengertian tersebut, maka web service dapat diartikan sebagai berikut:

Web service adalah aplikasi yang tersedia melalui jaringan internet yang terdiri dari kumpulan protokol dan standard terbuka yang dirancang memiliki sistem pertukaran pesan/informasi berbasis XML untuk bertukar data antar perangkat ke perangkat dalam format klien-server.

Secara independen, sekumpulan fungsi atau metode yang tersimpan pada server dapat dipanggil oleh klien dari jarak jauh dengan menggunakan sistem operasi, aplikasi, dan bahasa pemograman apapun.

Artikel Terkait  Cara Mendapat Domain Gratis Tanpa Syarat

Teknologi Pendukung Web Service

Pada dasarnya, web service terdiri dari empat teknologi pendukung, berikut penjelasan singkatnya:

  1. SOAP (Simple Object Access Protocol)
  2. REST ( Representational State Transfer)
  3. WSDL (Web Service Definition Language)
  4. WDDX (Web Distributed Data Exchange)

Cara Kerja Web Service

 

Cara kerja web service menggunakan beberapa teknologi pendukung, seperti SOAP, REST, WSDL, WDDX dan protokol standar terbuka, seperti HTTP, FTP, atau SMTP.

Pada umumnya, pesan dari klien dikirim dalam format SOAP atau REST. SOAP dan REST ini ibarat sebuah amplop yang memuat pesan berupa dokumen XML yang ditransfer di dalam jaringan melalui protokol-protokol standard semacam HTTP.

Sedangkan, servis atau respon dari server ke klien direpresentasikan web service dengan format XML, JSON, HTML, CSS, JS atau format lainnya. Tetapi, umumnya dalam bentuk teks format XML, HTML, dan JSON.

Cara kerja web service dalam sistem login, contohnya dapat dilihat seperti ini:

Misalnya, ada dua aplikasi yang saling independen, aplikasi A dan B. Aplikasi A berada dalam http aplikasi-A. Sedangkan, aplikasi B berada dalam http aplikasi-B.

Aplikasi A (client) melakukan request ke aplikasi B (server) dalam pesan XML. Pesan dari aplikasi A adalah pesan XML berupa username dan password yang dikirim ke aplikasi B melalui web service.

Web services memeriksa validitas permintaan XML dan mengubahnya menjadi request klien yang mudah dipahami aplikasi B (Server).

Aplikasi B memproses pesan dan merespon dengan dokumen XML/JSON yang tersimpan di database klien berupa data TRUE atau FALSE untuk klien.

Selanjutnya, web service mengirim response pesan XML dari aplikasi B (Server) ke aplikasi A (klien).

Aplikasi A membaca pesan XML untuk hasil dari proses login. Jika, data username dan password yang dimasukan valid, hasilnya TRUE. Sebaliknya, jika data yang diinput tidak valid, hasilnya FALSE.

Artikel Terkait  Daftar Domain: Harga dan Syarat Pendaftarannya

Contoh Penerapan Web Services

Penerapan web service dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, penggunaan web service di perusahaan GOJEK. Web service di GOJEK digunakan untuk memudahkan pengguna aplikasi saat memesan ojek online (GO RIDE).

Web service yang diterapkan oleh perusahaan ini, terjadi dalam dua kali operasi sistem. Pertama, saat pengguna aplikasi melakukan request dengan menginput alamat penjemputan dan alamat tujuan. Request tersebut diproses oleh web service.

Setelah diproses, request ditransfer ke server Gojek. Sistem server Gojek menerima pesan request (alamat penjemputan dan alamat tujuan). Kemudian, mengkalkulasi biaya perjalanan berdasarkan jarak tempuh. Lalu, response (detail biaya) dari server Gojek dikirim ke pengguna lewat web service.

Kedua, saat pengguna aplikasi melakukan klik Order. Saat itu, pengguna aplikasi melakukan request ke server Gojek melalui web service mulai dilakukan. Request pengguna diterima terlebih dahulu oleh web service.

Setelah request diproses web service, baru dikirim ke server Gojek. Kemudian, server Gojek menerima request tersebut dan memproses request dengan mencarikan driver yang lokasinya berada dekat dengan lokasi pengguna aplikasi. Jika, server Gojek sudah menemukan driver yang siap mengambil orderan dan berada dekat dengan pengguna aplikasi. server Gojek mengirim response yang berupa notifikasi ke pengguna aplikasi.

Seperti biasa, sebelum sampai ke pengguna aplikasi, response diproses terlebih dahulu web service. Setelah itu, response baru dikirim ke pengguna aplikasi. Response itu berupa notifikasi mengenai driver Gojek yang siap mengambil orderan. Notifikasinya berisi profil driver; seperti nama driver, foto driver, penilaian customer, tipe motor, dan nomor plat motor.

Kesimpulan

Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa web service adalah suatu aplikasi web yang didesain untuk bekerja di balik layar dalam penyediaan layanan pertukaran data antar aplikasi yang mempunyai platform yang berbeda, antara aplikasi klien dengan aplikasi server.

Pihak klien mengirim request ke server melalui web service dalam format apa saja, seperti JSON, URI, XML dll. Sedangkan, web service mengembalikan respon dari pihak server ke klien dalam format XML, JSON, atau HTML.

Kini, aplikasi web service sudah diimplementasikan oleh beberapa perusahaan di Indonesia, otomatis telah banyak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kehadiran web service jelas sangat membantu dan memudahkan dalam memenuhi segala kebutuhan masyarakat, seperti untuk transaksi, jasa, pemesanan, informasi, konversi mata uang, pengiriman barang, dll.

Demikianlah informasi ini, semoga bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya