Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Google AMP Adalah : Solusi untuk Meningkatkan SEO Situs

Google AMP Adalah : Solusi untuk Meningkatkan SEO Situs

-

Di jaman yang serba cepat seperti sekarang ini, tidak ada yang punya waktu untuk menunggu sebuah situs yang dimuat dengan lambat. Menurut Unbounce’s 2019 Page Speed Report, hampir 70 persen konsumen mengatakan bahwa kecepatan halaman memengaruhi kesediaan mereka untuk membeli dari toko online.

Dan fakta lainnya adalah pengguna seluler sekarang menyumbang sekitar setengah dari lalu lintas web di seluruh dunia, sehingga laman web yang dioptimalkan untuk seluler tidak lagi menjadi prioritas kedua.

Pengguna kini tidak lagi menginginkan sesuatu yang sekedar cepat, mereka ingin instan. Untuk memenuhi hal itulah Google AMP ada.

Google AMP adalah teknologi yang kompatibel dengan banyak browser web utama, termasuk Chrome (ini sudah pasti) Firefox, Edge, Safari, Opera, dan UC Brows. Terlebih lagi, Google AMP mungkin lebih lazim daripada yang Anda sadari.

Banyak merek global telah mengadopsi Google AMP untuk melayani audiensi target dan pelanggan mereka dengan lebih baik, termasuk raksasa sosial media seperti Facebook, Baidu, Pinterest, Twitter, Berita BBC, The New York Times, dan The Washington Post.

Artikel Terkait  10 Alternatif Penyedia Google Adsense Untuk Blog di 2020

Untuk lebih memahami apa itu AMP, simak penjelasan berikut ini.

Google AMP Adalah?

 

google-amp 

Bahkan, sekarang ada lebih dari 31 juta domain telah menciptakan lebih dari 5 miliar AMP. Jika Anda meramban Google pada perangkat seluler pada tahun lalu, Anda hampir pasti melihat Google AMP.

Mari kita lihat cara mengidentifikasi laman seluler yang dipercepat dengan menggunakan Google AMP.

Lakukan pencarian di Google melalui perangkat seluler Anda, dan Anda akan melihat halaman seluler yang dipercepat menampilkan ikon petir yang tersebar di seluruh halaman hasil mesin pencari.

OK, apa sebenarnya yang bisa kita lakukan dengan Google AMP?

4 Jenis Google AMP

 
Anda dapat menggunakan Google AMP untuk membuat empat jenis halaman seluler yang dipercepat:

  1. Situs Web / Halaman Web
  2. Cerita
  3. Iklan
  4. Email

Mari kita cermati masing-masing.

Google AMP

 
Google AMP mungkin merupakan yang paling mudah dari empat jenis halaman seluler yang dipercepat.

Pada dasarnya, situs web Google AMP hanyalah salinan HTML dari situs web yang lebih ramping dan memuat hampir seketika di perangkat seluler. Selain dari ikon kilat pada halaman hasil mesin pencarian Google, sulit untuk membedakan antara halaman web normal, yang dioptimalkan untuk seluler dan situs web Google AMP. Karena itu, Google memungkinkan Anda untuk beralih di antara berita situs web AMP teratas saat ditampilkan di hasil pencarian.

Google AMP Stories

 
Bayangkan Google AMP seperti Cerita Facebook atau Cerita Instagram, tetapi lebih fleksibel.

Keren kan?

Anda dapat menggunakan cerita Google AMP untuk berbagi narasi visual Anda, seperti yang Anda lakukan di situs media sosial. Ini contoh Google AMP lain dari BBC yang menunjukkan format cerita.

Ini adalah langkah penting ke depan dalam memenuhi permintaan konsumen. Saat ini, lebih banyak orang mengkonsumsi konten dalam format cerita, pada kenyataannya, setiap hari, 500 juta orang menggunakan Cerita Instagram saja.

Jadi, apakah itu cerita AMP, Facebook, Instagram, atau Snapchat, jelaslah bahwa format ini tetap ada.

Greg Manifold, direktur desain The Washington Post, mengatakan, “Sebagai sumber berita dan informasi, cerita AMP memungkinkan kita menampilkan jurnalisme berkualitas kami ketika ada banyak elemen yang ingin kami himpun. Menggabungkan pelaporan, fotografi, video, dan grafik gerak, ini memberi pembaca titik masuk yang lebih visual ketika mereka mencari liputan kami.

Ingat, Google AMP bersumber terbuka. Ini berarti bahwa siapa pun dapat membuat dan mengintegrasikan cerita AMP ke situs web mereka. Dengan kata lain, cerita AMP dapat dibagikan dan tertanam di seluruh web dan tidak terbatas hanya pada satu platform media sosial tertentu.

Google AMP Ads

 
Periklanan adalah komponen vital dari hampir semua model bisnis online. Berbicara tentang periklanan, setiap keunggulan kompetitif penting dan kecepatan pengiriman jelas merupakan variabel kunci. Jika iklan Anda tidak dimuat dengan cepat, mereka mungkin saja pemalas yang malang ini mencoba menyeberang jalan: malapetaka. Jadi, inilah masalahnya: Iklan Google AMP memuat hingga lima detik lebih cepat dari iklan biasa pada halaman AMP.

Lima detik adalah waktu yang lama.

Kecepatan pemuatan hampir instan ini meminimalkan gangguan bagi pengguna, membantu meningkatkan visibilitas, dan sebagai hasilnya, dapat meningkatkan rasio klik-tayang.

Selain itu, iklan AMP lebih mudah dibuat, ada format kreatif baru yang tersedia, dan didukung oleh lebih dari satu muatan jaringan iklan dan platform analitik.

Singkatnya, semua orang diuntungkan. Akibatnya, Google AMP merevolusi cara bisnis membuat dan menayangkan iklan online.

Artikel Terkait  Apa itu RPL? Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Jurusan RPL

Google AMP Emails

 
Pemasaran email bisa sangat kuat. Namun, dibandingkan dengan banyak saluran pemasaran baru, email ketinggalan zaman dan kurang dalam fitur dinamis.

Masalah utama: Pesan email bersifat statis.

Ini berarti bahwa jika seseorang kembali ke email seminggu setelah Anda mengirimnya, kontennya mungkin sudah ketinggalan zaman dan tidak relevan. Ini juga berarti bahwa email standar hanya dapat berfungsi sebagai rambu-rambu. Pengguna harus mengklik tab baru di browser mereka untuk terlibat dengan konten. Email Google AMP menyelesaikan kedua masalah ini.

Email AMP dapat berisi konten dinamis dan komponen yang dapat berinteraksi dengan pengguna secara langsung dalam pesan email. Mari kita lihat contoh Google AMP ini dari Pinterest. Pengguna dapat menelusuri dan berinteraksi dengan pin di dalam email itu sendiri tanpa harus mengklik ke tab browser lain atau membuka aplikasi.Consequently, Google AMP emails provide a richer, more streamlined experience for users. Plus, they also provide seemingly limitless opportunities to creatively engage with your audience.

Apa Kelebihan Google AMP?

 

kelebihan-google-amp 

Dalam satu kata: Kecepatan.

Tetapi mengapa kecepatan merupakan keuntungan yang sangat kuat? Karena biasanya halaman web tidak memiliki bilah pemuatan yang dapat memprediksi berapa tingkat kelambatan ketika terjadi perlambatan. Hal ini kemungkinan besar akan membuat pengguna meninggalkan situs.

Karenanya, waktu pemuatan yang lebih cepat dapat meningkatkan keterlibatan dan menurunkan rasio pentalan. Studi Dampak Ekonomi Total Forrester menemukan bahwa AMP mengarah pada peningkatan lalu lintas situs web sebesar 10 persen dan menggandakan jumlah waktu yang dihabiskan untuk satu halaman.

Perlu juga diingat bahwa sebagian besar halaman arahan pemasar tidak mencapai kecepatan yang dapat diterima. Bahkan, Unbounce’s 2019 Page Speed Report mengungkapkan bahwa 85 persen halaman arahan peserta lebih lambat dari rekomendasi Google 5 detik atau kurang saat menggunakan koneksi 3G.

Ini menjadikan Google AMP cara yang Andal untuk mendapatkan keunggulan kompetitif utama. Plus, berkat kecepatannya, Google AMP juga sangat berguna untuk mengirimkan konten kepada pengguna dengan koneksi internet yang lambat. Ini termasuk area dengan jangkauan seluler yang buruk atau jaringan Wi-Fi publik yang lambat, seperti yang sering ditemukan di bandara dan kedai kopi.

Namun, Google AMP juga dapat membantu Anda meningkatkan upaya SEO Anda. Bagaimana? Nah, Carousel Top Stories Google di perangkat seluler hanya menggunakan cache AMP untuk menampilkan artikel. Plus, AMP diharuskan untuk peringkat No 1 di hasil pencarian Google mobile. Jadi, jika Anda ingin peringkat di korsel ini, lebih baik Anda dapatkan dengan program ini.

OK, tetapi bagaimana jika Anda bukan situs web penerbitan, dan Anda menjalankan bisnis online? Bagaimana Google AMP membantu Anda mengembangkan bisnis e-commerce Anda? Pertanyaan bagus.

Bagi Ecommerce AMP Adalah?

 
Tidak masalah seberapa hebat produk Anda jika orang tidak pernah melihatnya karena mereka mengklik halaman web Anda sebelum bahkan dimuat.

Laporan Unbounce yang sama menemukan bahwa ketika situs e-commerce melambat, 45 persen orang cenderung melakukan pembelian, dan 36,8 persen orang lebih kecil kemungkinannya untuk kembali di masa depan.

Aduh.

“Kecepatan halaman adalah salah satu faktor yang paling diabaikan namun paling penting dalam perhatian pelanggan, retensi, dan, akhirnya, mengubah browser menjadi pembeli,” kata Krista Seiden, pendukung analisis di Google. Kegagalan dan keberhasilan dalam hal ini ditentukan oleh bagaimana Anda mengambil langkah untuk menjadikan situs lebih cepat dimuat.

Inilah mengapa Google AMP dapat membantu Anda meningkatkan penjualan Anda.

Ingat studi Total Dampak Ekonomi Forrester? Yah, itu menemukan bahwa situs web e-commerce menggunakan AMP melihat peningkatan 20 persen dalam konversi penjualan dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Iklan yang mengarahkan pengguna ke halaman AMP melihat penurunan tingkat bouncing 4,8 persen dan kenaikan tingkat konversi 39 persen.

Pengguna juga memiliki rata-rata 19,2 persen lebih banyak tampilan halaman per sesi – yaitu, orang meramban lebih banyak produk.

Noah Jeffrey, insinyur pemasaran senior di Range Digital Media, agen pemasaran Merchology, menjelaskan, “Ketika kita melihat kecepatan pemuatan halaman, benar-benar tidak mengejutkan bahwa halaman AMP mengungguli halaman responsif standar kami di hampir setiap metrik yang kami analisis.”

Apa Kekurangan Google AMP?

 
Anda tahu kesepakatannya, tidak ada yang sempurna, dan ada beberapa kelemahan menggunakan Google AMP. Pertama, ada trade-off ironis ketika datang ke SEO.

Sebelumnya, kami menyebutkan bagaimana Anda tidak dapat peringkat No 1 di hasil pencarian Google di perangkat seluler tanpa menggunakan Google AMP. Namun, halaman Google AMP di-host di server Google AMP Cache. Ini berarti bahwa setiap otoritas domain atau backlink yang Anda hasilkan untuk halaman Google AMP Anda tidak akan ditransfer ke situs web Anda yang sebenarnya, tetapi hanya akan masuk ke … yah, Google. Menurut Google, tidak ada cara nyata untuk mengatasi masalah ini sekarang.

Selanjutnya, pelacakan data dari halaman AMP masih agak terbatas, meskipun AMP terintegrasi dengan Google Aalytics, dan kemampuan pelacakan semakin meningkat.

Tapi mungkin yang terpenting, menggunakan Google AMP dapat berarti mengorbankan banyak elemen di halaman web Anda. Google AMP adalah tentang kecepatan dan efisiensi. Akibatnya, elemen kreatif dibatasi.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Profesional

Namun, ini bisa dilihat sebagai positif karena berarti memberikan pengalaman yang lebih ramping bagi pengguna.

Sederhananya, AMP dapat mempersulit pelacakan, melukai upaya SEO Anda secara keseluruhan, dan menghilangkan kekuatan Anda untuk mengontrol navigasi pengunjung melalui situs web Anda.

Bagaimana Google AMP Bekerja?

 
Untuk memenuhi kepuasan pengguna, sebuah situs yang dimuat dengan cepat ada persyaratan utama sebuah situs web masa kini. Namun, halaman web yang dioptimalkan untuk seluler masih menyertakan banyak elemen desktop yang kikuk. Dan pada kenyataannya, banyak elemen halaman web ini sama sekali tidak perlu ketika melihat halaman pada perangkat seluler.

Di sinilah AMP bersinar.

Itu hanya menghilangkan banyak unsur-unsur itu. Pada dasarnya, Google AMP mengurangi kebutuhan untuk permintaan CSS tambahan dan membatasi elemen-elemen besar, seperti gambar dan Javascript. Intinya, halaman seluler yang dipercepat ini adalah salinan strip-down dari halaman web yang ada yang memungkinkan banyak elemen memuat secara bersamaan dan bukan secara berurutan.

Dengan kata lain, mereka kehilangan padding, dan file lebih terorganisir. Perlu disebutkan bahwa AMP memuat paling cepat ketika dikunjungi melalui pencarian Google.

Dalam hal ini, Google akan meng-host halaman AMP di servernya sendiri. Ini berarti pengguna tidak perlu meninggalkan Google untuk mengakses konten – yang membuat waktu pemuatan lebih cepat.

Ini seperti Artikel Instan Facebook, yang memungkinkan pengguna mengakses konten tanpa meninggalkan aplikasi seluler Facebook.

Tetapi, tidak seperti Artikel Instan Facebook, Google AMP tidak terbatas pada satu platform. Ia bekerja dengan banyak mesin pencari dan platform media sosial, seperti Bing, Reddit, Twitter, Medium, Tumblr, dan LinkedIn.

Bagaimana Memulai Dengan Google AMP

 
Untuk membuat halaman AMP, Anda perlu membuat versi lain dari situs web Anda yang mematuhi standar Google AMP. Dengan cara ini, situs web Google AMP Anda akan memiliki URL uniknya sendiri seperti “site.com/page/amp” dan akan kompatibel dengan sebagian besar browser web.

Jika Anda menggunakan Shopify untuk toko e-niaga Anda, ada banyak aplikasi Google AMP Shopify yang hebat yang akan membantu Anda membuat halaman web Google AMP dalam waktu singkat.

Kesimpulan

 
Google AMP adalah teknologi sumber terbuka yang memungkinkan Anda membuat dan menayangkan konten dengan kecepatan hampir instan di seluruh web.

Ingat, AMP singkatan dari “halaman seluler yang dipercepat.”

Saat ini, Anda dapat menggunakan Google AMP untuk membuat empat jenis konten: halaman web, cerita, iklan, dan email.

Teknologi ini bekerja dengan memotong semua komponen yang tidak perlu, membatasi penggunaan komponen pemuatan lambat seperti gambar besar dan javascript, dan memungkinkan elemen yang berbeda untuk memuat secara bersamaan, bukan secara berurutan.

Ada banyak manfaat yang datang dari konten yang memuat lebih cepat, seperti pengalaman pengguna yang lebih baik, keterlibatan yang lebih baik, dan tingkat pentalan yang lebih rendah.

Artikel Terkait  9 Tips Menjaga Keamanan Web (Web Security)

Menggunakan Google AMP pada berita Anda juga membuat Anda layak peringkat di Google’s News Carousel di perangkat seluler.

Jika situs web dapat dimuat dengan cepat akan sangat menguntungkan, misalnya dalam penerbitan iklan, kepentingan pengguna hingga transaksi pembelian melalui situs.

Anda mungkin tidak membutuhkan Google AMP saat ini, tetapi satu hal yang pasti: Internet semakin cepat.Akan lebih bijak untuk tidak ketinggalan.

Sekarang Anda sudah memahami pengertian AMP. Apa pendapat Anda tentang Google AMP? Apakah Anda sudah menggunakannya?


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya