Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Backend Meta Deskripsi Dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Situs Web

Meta Deskripsi Dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Situs Web

-

Meta deskripsi adalah ringkasan sekitar 160 karakter yang muncul di bawah URL Anda di mesin pencari atau di mana pun situs web Anda dibagikan.Selain itu juga berisi gambaran singkat tentang apa yang muncul di halaman web Anda sehingga pencari tahu apa yang diharapkan ketika mereka mengklik ke situs Anda. Setelah Anda membuat situs web, tindakan selanjutnya yang diperlukan adalah memastikan bahwa orang dapat menemukannya.

Artikel ini akan membantu Anda mendalami cara menulis meta deskripsi, mengoptimalkan panjangnya, dan memasukkannya ke dalam HTML Anda. Juga akan membahas bagaimana mereka dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengguna potensial mengklik ke situs Anda dan menunjukkan beberapa contoh meta deskripsi lain di luar sana.

Apa Itu Meta Deskripsi?

 

meta-description-center-pic

Seperti yang Anda ketahui sekarang, meta deskripsi adalah deskripsi singkat situs web yang Anda lihat di bawah hasil Google atau pembagian sosial. Tapi bagaimana mereka bisa sampai di sana? pada dasarnya adalah teks yang Anda sertakan dalam kode situs Anda agar mesin pencari tahu bagaimana Anda ingin muncul di hasil pencarian.

Namun, seperti segala sesuatu dalam hidup, tidak sesederhana itu. Google juga dapat memutuskan untuk mengambil atau mengabaikan deskripsi yang telah Anda tulis, atau memilih apa yang akan ditampilkan dalam hasil berdasarkan konten halaman Anda.

Akan tetapi, kemungkinan besar google juga akan menggunakannya. Dengan memasukkan judul dan deskripsi, anda dapat mengontrol konten pertama yang dilihat banyak pengguna terkait halaman anda.

Artikel Terkait  Fungsi Paypal | Media Pembayaran Belanja Online

Bagaimana cara menambahkan Meta Deskripsi?

Anda perlu menyematkannya ke bagian belakang situs web Anda. Jika Anda telah membuat situs web sendiri dari awal , Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke HTML. Untuk melakukannya, tambahkan tag meta ke bagian kepala Anda sebagai berikut:
Jika Anda telah membangun situs web Anda dengan pembuat situs web, menambahkan meta deskripsi adalah hal yang bahkan lebih sederhana. Cukup ikuti langkah-langkah berikut.
• Masuk ke editor halaman web yang diinginkan.
• Klik Menu & Halaman di sisi kiri.
• Klik ikon Show More di sebelah halaman yang relevan.
• Klik SEO (Google).
• Masukkan deskripsi yang diinginkan di bawah “Tentang apa halaman itu? Tambahkan deskripsi.”
• Klik Publikasikan di sudut kanan atas editor Anda.

Panjang Meta Deskripsi

Secara teknis, tidak ada batasan karakter dan Anda dapat memasukkan detail sebanyak yang Anda inginkan.
Namun, mesin pencari tidak memiliki ruang untuk memasukkan semua teks Anda. Mereka mencoba memberikan banyak hasil potensial untuk kueri pengguna sehingga ada ruang terbatas pada halaman hasil tertentu. Oleh karena itu, Google biasanya memotong deskripsi menjadi sekitar 160 karakter.

Karena itu, Anda ingin memastikan untuk memanfaatkan ruang yang diberikan kepada Anda dan mendeskripsikan halaman web Anda dengan benar. Idealnya, usahakan agar deskripsi Anda memiliki panjang antara 100-160 karakter.

Mengapa Meta Deskripsi penting?

Meskipun menambahkan tag meta sering dianggap sebagai tugas terkait SEO, sepertinya tidak berdampak langsung pada peringkat mesin pencari. Namun, mereka masih memiliki dampak SEO tidak langsung yang signifikan, itulah sebabnya mereka dianggap sebagai salah satu tip SEO terbaik untuk meningkatkan situs web Anda.

Dengan membuat salinan deskripsi yang bagus, Anda dapat meningkatkan rasio klik-tayang pada hasil mesin pencari situs Anda. Semakin banyak orang yang memilih untuk mengklik situs Anda dibandingkan situs lain pada halaman hasil, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Google memperhatikan bahwa hasil Anda cocok dengan apa yang dicari pengguna dan oleh karena itu meningkatkan hasil Anda.

Keuntungan lainnya bahwa pada dasarnya mereka adalah salinan iklan organik gratis. Tidak seperti beriklan di Google, meta deskripsi adalah cara untuk mempromosikan situs web Anda secara gratis. Meta deskripsi adalah tempat di mana Anda dapat mengambil alih real-estate di Google dan berpotensi memiliki kendali atas bagaimana situs web Anda direpresentasikan.

Ini juga merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh ribuan pencari tentang situs Anda karena Google adalah platform yang sangat besar, potensi mendatangkan pengunjung tambahan sangat besar. Tak perlu dikatakan, sangat berharga untuk memikirkan apa yang ingin Anda sertakan dalam meta deskripsi Anda.

Bagaimana Menulis Meta Deskripsi Secara Efektif

Sama seperti menulis teks iklan, saat menulis meta deskripsi Anda harus memikirkan tentang bagaimana menggambarkan produk atau layanan Anda secara akurat, sementara juga menarik pencari untuk mengklik situs Anda.

Namun, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Pencari dan Google sama-sama mengharapkan untuk melihat gambaran otentik dari halaman web Anda. Pastikan Anda jujur dan menjelaskan konten sebenarnya dari situs web Anda. Ini akan membantu pengguna mengetahui apa yang akan mereka terima dan mengurangi jumlah pengguna yang dengan cepat mengklik kembali ke hasil pencarian, daripada hanya tinggal di halaman Anda.

Untuk memikat pembaca Anda tanpa terlalu memaksa, pertimbangkan beberapa faktor kunci. Pertama, lakukan beberapa riset pasar untuk menunjukkan nilai unik Anda atas pesaing Anda. Menjelaskan dengan jelas apa yang Anda tawarkan yang tidak ditawarkan orang lain adalah benar dan memberi para pencari alasan untuk memilih Anda.

Aspek penting lainnya untuk dipertimbangkan adalah penyisipan kata kunci. Jika Anda belum melakukannya, lakukan beberapa penelitian kata kunci untuk situs Anda. Proses ini akan membantu Anda mengidentifikasi kata atau frasa utama yang digunakan orang saat menelusuri situs web seperti milik Anda. Ada banyak alat penelitian kata kunci untuk membantu Anda sepanjang proses.

Jika Anda ingin memasukkan kata kunci dalam deskripsi Anda karena beberapa alasan:

Menggunakan keyword teratas dalam meta deskripsi adalah cara mudah untuk memastikan bahwa Anda mendeskripsikan konten halaman Anda secara akurat.
Mesin pencari sering menyoroti istilah pencarian di dalam hasil yang ditampilkannya. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, hasil Anda kemungkinan besar akan menyertakan istilah penelusuran yang disorot, dan oleh karena itu lebih cenderung menonjol.

Contoh deskripsi meta

Tidak ada yang benar-benar dapat menjelaskan apa yang membuat deskripsi meta berhasil seperti melihat beberapa contoh. Berikut adalah beberapa contoh deskripsi meta bersama dengan catatan tentang apa yang membuatnya efektif dan bagaimana mereka berpotensi meningkatkannya.

01. PetSmart

PetSmart melakukan pekerjaan yang baik dalam menjelaskan penawaran mereka dengan jelas, membantu pencari mengetahui apa yang diharapkan ketika mereka mengklik. Deskripsi juga ditulis dengan orang ketiga, yang membantu membuatnya tampak lebih objektif. Namun, jawabannya terpotong, tidak membiarkan pencari melihat semua informasi yang ingin mereka berikan.

02. Compare The Market

Compare The Market dengan jelas menyajikan nilai mereka dalam deskripsi meta mereka. Seorang penelusur dapat memahami apa yang akan mereka hadapi dengan situs mereka dan dapat melihat mengapa layanan mereka mungkin lebih menguntungkan daripada yang lain. Tapi seperti pada contoh di atas, jawabannya terpotong, mengurangi nilai keseluruhan deskripsi. Ini juga ditulis sebagai orang pertama yang memberi kesan lebih subjektif pada deskripsi.

03. Amazon

Amazon melakukan pekerjaan yang hebat dalam mendeskripsikan kategori produk mereka. Ini meyakinkan pengguna bahwa mereka akan menemukan apa yang mereka cari jika mereka mengklik. Mereka juga menyatakan “harga rendah” mereka yang memikat pencari untuk memilih mereka daripada salah satu pesaing mereka. Di sisi lain, deskripsi kemungkinan akan terbaca lebih lancar jika tidak terlalu berulang.

04. Perfect Daily Grind

Perfect Daily Grind dengan jelas mengungkapkan pertanyaan yang relevan di judul dan kemudian mulai memberikan jawaban di deskripsi. Ini adalah taktik yang bagus untuk menunjukkan konten apa yang benar-benar disediakan halaman Anda. Namun, jawaban yang diberikan dalam uraian ini bukanlah sesuatu yang menjelaskan secara jelas cara menyeduh kopi.

Ini berpotensi dapat ditingkatkan dengan menjawab pertanyaan secara lebih langsung. Dengan menerapkan pro dan kontra ini ke proses penulisan deskripsi meta Anda, Anda akan menulis deskripsi bintang untuk semua halaman web Anda dalam waktu singkat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya