Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendExpress JS Adalah: Ulasan Pengertian Hingga Manfaatnya!

Express JS Adalah: Ulasan Pengertian Hingga Manfaatnya!

-

Last Updated on June 8, 2023 by

Pada era digital saat ini, pengembangan aplikasi web telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia teknologi. Express.js, yang juga dikenal sebagai Express JS adalah kerangka kerja (framework) aplikasi web yang populer dan berbasis JavaScript. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian Express JS, cara kerjanya, manfaatnya, kelebihan dan kekurangannya, serta panduan cara menginstalnya. Yuk langsung simak selengkapnya dibawah!

Express JS adalah

express js adalah

Express JS adalah sebuah kerangka kerja (framework) aplikasi web yang terkenal dan populer yang dibangun di atas platform Node.js. Dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, Express JS menyediakan solusi yang efisien untuk membangun aplikasi web dengan mudah dan cepat.

Express JS dirancang dengan filosofi “minimalis” yang memungkinkan pengembang fokus pada logika bisnis inti tanpa harus terbebani dengan konfigurasi yang rumit. Kerangka kerja ini memberikan lapisan abstraksi yang kuat di atas Node.js, sehingga pengembang dapat dengan mudah mengatur rute (routing) aplikasi dan mengelola permintaan HTTP yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Kerja dari Express JS adalah

Express JS beroperasi dengan menggunakan konsep middleware dan sistem routing yang kuat. Mari kita jelajahi secara lebih mendalam bagaimana Express JS bekerja:

Middleware 

Express JS menggunakan middleware untuk melakukan berbagai tugas, seperti pengolahan data, autentikasi, penanganan kesalahan, dan banyak lagi. Ketika permintaan HTTP diterima, Express JS secara berurutan memanggil setiap middleware yang ditentukan oleh pengembang. 

Setiap middleware memiliki akses ke objek permintaan (request) dan objek respons (response) yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Middleware yang telah dieksekusi dapat memilih untuk menjalankan middleware berikutnya dalam rantai atau menghentikan aliran eksekusi jika diperlukan. 

Routing 

Express JS menyediakan sistem routing yang kuat untuk mengatur pemetaan antara permintaan HTTP dan fungsi penangan yang terkait. Sistem routing ini memungkinkan pengembang untuk menentukan jalur (route) yang harus ditangani oleh aplikasi. Saat sebuah permintaan HTTP diterima, Express JS mencocokkan jalur permintaan dengan definisi jalur yang telah ditentukan.

Artikel Terkait  Apa itu MEAN Stack? Penjelasan Tentang Pengembangan Web JavaScript

Sistem routing Express JS juga mendukung metode HTTP yang berbeda, seperti GET, POST, PUT, DELETE, dll. Express JS juga mendukung parameter dalam jalur. Parameter ini memungkinkan pengembang untuk mengekstrak nilai-nilai yang dinamis dari URL permintaan. 

Manfaat Express JS

Express JS memiliki sejumlah manfaat yang membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pengembang. Berikut beberapa manfaat utamanya dalam pengembangan aplikasi web.

  1. Efisiensi dan Kecepatan: Express JS adalah kerangka kerja yang ringan dan minimalis, yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi web dengan cepat. Dengan menyederhanakan tugas-tugas umum dalam pengembangan web, Express JS memungkinkan pengembang fokus pada logika bisnis inti untuk  meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu pengembangan.
  2. Fleksibilitas: Express JS memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam mengatur aplikasi web. Dengan menggunakan middleware, pengembang dapat menambahkan fungsi-fungsi tambahan ke dalam aliran pemrosesan permintaan. Middleware juga dapat disusun dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan proyek. 
  3. Pengembangan Aplikasi RESTful API: Express JS sangat cocok untuk mengembangkan aplikasi RESTful API yang efisien. Dengan menggunakan Express JS, pengembang dapat dengan mudah menentukan endpoint-endpoint API dan mengatur pemetaan permintaan HTTP ke fungsi penangan yang sesuai. 
  4. Komunitas yang Aktif: Express JS memiliki komunitas yang besar dan aktif yang menyediakan banyak sumber daya, dokumentasi, dan modul tambahan untuk membantu pengembang dalam membangun aplikasi. Pengembang juga dapat mengakses forum diskusi dan kelompok pengguna untuk berbagi pengetahuan dengan anggota komunitas lainnya.
  5. Skalabilitas: Express JS dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dari yang sederhana hingga yang kompleks. Dengan adanya opsi untuk menambahkan modul tambahan, Express JS memberikan kerangka yang dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan aplikasi.
  6. Dukungan Cross-platform: Express JS berjalan di atas platform Node.js, yang mendukung pengembangan aplikasi web cross-platform yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan aplikasi Express JS di berbagai sistem operasi, seperti Windows, macOS, dan Linux.

Kelebihan dan Kekurangan Express JS

express js adalah

Express JS adalah kerangka kerja aplikasi web yang populer, namun seperti kerangka kerja lainnya, memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum digunakan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Artikel Terkait  Eksplorasi Operator dalam Bahasa Pemrograman: Pengertian dan Jenisnya

Kelebihan Express JS adalah

  1. Sederhana dan Mudah Dipelajari: Express JS memiliki struktur yang sederhana dan mudah dipahami. Dengan dokumentasi yang lengkap dan banyaknya sumber daya yang tersedia, pengembang baru dapat dengan cepat mempelajari dan menguasai Express JS.
  2. Fleksibel: Express JS menyediakan sistem middleware yang kuat yang memungkinkan pengembang untuk fleksibel dalam menambahkan fungsi tambahan dan mengatur aliran pemrosesan permintaan sesuai dengan kebutuhan proyek.
  3. Performa yang Baik: Express JS merupakan kerangka kerja yang ringan dan minimalis, sehingga memiliki performa yang baik. Express JS memanfaatkan kecepatan dan efisiensi yang ditawarkan oleh runtime JavaScript di sisi server.
  4. Komunitas yang Aktif: Express JS memiliki komunitas yang besar dan aktif yang memberikan banyak sumber daya, modul tambahan, dan dukungan yang tersedia. Pengembang dapat dengan mudah mencari solusi untuk masalah yang dihadapi atau berbagi pengetahuan dengan anggota komunitas lainnya.

Kekurangan Express JS adalah

  1. Kurangnya Fitur Bawaan: Express JS dirancang sebagai kerangka kerja minimalis, sehingga beberapa fitur yang ada di kerangka kerja lain mungkin tidak tersedia secara langsung. Pengembang seringkali harus menggunakan modul-modul tambahan atau mengimplementasikan sendiri fitur yang dibutuhkan untuk memperluas fugsi.
  2. Butuh Pengaturan Tambahan: Untuk membangun aplikasi yang lebih kompleks, seringkali diperlukan pengaturan tambahan dan penggunaan modul-modul lain selain Express JS. Pengembang perlu memahami ekosistem JavaScript dan modul-modul yang dapat digunakan bersama Express JS.
  3. Kurangnya Standarisasi: Karena Express JS adalah kerangka kerja yang fleksibel, tidak ada aturan baku yang mengatur bagaimana aplikasi harus dikembangkan. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan dalam pendekatan dan struktur kode antara proyek-proyek yang berbeda, terutama jika ada lebih dari satu pengembang yang terlibat dalam proyek.

Cara Install Express JS

Untuk menginstal Express JS dan mulai mengembangkan aplikasi web dengan kerangka kerja ini, berikut panduan instalasi yang bisa diikuti.

  • Persyaratan Awal: Pastikan terdapat Node.js yang terinstal di komputer sebelum menginstal Express JS. Node.js adalah platform yang diperlukan untuk menjalankan Express JS. Pengembang dapat mengunduh dan menginstal Node.js dari situs resmi Node.js (https://nodejs.org).
  • Inisialisasi Proyek: Buat direktori baru untuk proyek dan masuk ke dalam direktori tersebut melalui terminal atau command prompt.
  • Inisialisasi Package.json: Di dalam direktori proyek, jalankan perintah berikut untuk membuat file package.json dengan pengaturan default yang akan digunakan untuk mengelola dependensi proyek.
npm init -y
  • Instalasi Express JS: Di dalam direktori proyek, jalankan perintah berikut untuk mengunduh dan menginstal Express JS dari registry NPM (Node Package Manager) sebagai dependensi proyek.
npm install express
  • Import Express JS: Setelah Express JS terinstal, pengemang dapat menggunakan kerangka kerja ini dalam aplikasi. Buat file JavaScript baru (misalnya app.js atau index.js) dan impor Express JS dengan menambahkan kode berikut di bagian atas file.
const express = require('express'); const app = express();
  • Mulai Server: Untuk menjalankan server web dengan Express JS, tambahkan kode berikut di bawah impor Express JS. Kode ini akan menjalankan server Express JS pada port 3000 dan menampilkan pesan di console ketika server berhasil berjalan.
const port = 3000; // Port yang digunakan oleh server app.listen(port, () => { console.log(`Server berjalan pada port ${port}`); });
  • Uji Server: Untuk menguji server Express JS Anda, jalankan perintah berikut di terminal atau command prompt. Pengembang juga dapat membuka browser web dan kunjungi http://localhost:3000 untuk melihat hasil dari server Express JS.
node app.js

Kesimpulan

Express JS adalah kerangka kerja aplikasi web yang populer dan berbasis JavaScript. Dengan fitur-fitur unggulannya, Express JS memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web dengan cepat dan efisien. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, Express JS tetap menjadi pilihan yang populer dalam pengembangan aplikasi web modern. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait pengembangan aplikasi maupun web!

Artikel Terkait  gRPC Adalah? Kenali Lebih Dalam Framework RPC Satu Ini!

Terus ikuti WEBAPP untuk mendapatkan lebih banyak update artikel baru dan juga menarik terkait pengembangan aplikasi maupun web! Klik https://appkey.id/ untuk selalu update dan tak ketinggalan info menarik dan juga artikel baru terkait teknologi dan pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya