Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendMERN Stack: Pengertian Hingga Keunggulannya Lengkap!

MERN Stack: Pengertian Hingga Keunggulannya Lengkap!

-

Last Updated on June 6, 2023 by

MERN Stack telah menjadi salah satu pilihan populer untuk pengembangan aplikasi web modern. Dengan kombinasi MongoDB, Express.js, React, dan Node.js, tumpukan teknologi ini menawarkan fondasi yang kuat dan terintegrasi untuk membangun aplikasi yang efisien dan responsif. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci tentang MERN Stack, komponen utamanya, kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan tumpukan lainnya, serta contoh aplikasi yang menggunakannya dalam pengembangan. Yuk langsung simak selengkapnya!

Apa itu MERN Stack?

mern stack

MERN Stack adalah singkatan dari MongoDB, Express.js, React, dan Node.js. Ini adalah kombinasi teknologi yang digunakan untuk membangun aplikasi web berbasis JavaScript yang efisien dan responsif. Setiap komponen dalam kombinasi ini memiliki peran khusus dalam proses pengembangan aplikasi.

Kombinasi keempat komponen ini memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web yang kompleks, responsif, dan efisien. Tumpukan teknologi ini memanfaatkan JavaScript sebagai bahasa pemrograman di seluruh tumpukan, yang membuatnya lebih mudah dalam hal integrasi dan kolaborasi tim pengembang. 

Komponen Utama MERN Stack

Kombinasi teknologi ini terdiri dari empat komponen utama yang saling berintegrasi dan saling melengkapi. Berikut adalah penjelasan tentang setiap komponen dalam kombinasi ini.

1. MongoDB

MongoDB adalah sebuah database NoSQL yang digunakan sebagai komponen penyimpanan data dalam MERN Stack. MongoDB menyimpan data dalam format dokumen JSON-like yang disebut “BSON” (Binary JSON) yang memungkinkan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi. 

Kelebihan MongoDB termasuk kemampuan untuk mengelola data semi-struktur dan mengubah skema data dengan mudah tanpa perlu migrasi. MongoDB dalam kombinasi ini bertindak sebagai database yang digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan memanipulasi data aplikasi.

Artikel Terkait  Apa itu API Security? Wajib Tahu dan Penting Diterapkan!

2. Express.js

Express.js adalah kerangka kerja aplikasi web yang dibangun di atas Node.js. Express.js menyediakan cara yang sederhana dan efisien untuk mengatur rute (routing) dalam aplikasi web dan menangani permintaan HTTP dari klien. 

Pengembang dapat dengan mudah membuat API (Application Programming Interface) yang memungkinkan komunikasi antara frontend dan backend aplikasi. Express.js juga menyediakan fitur-fitur middleware yang mempermudah penanganan permintaan dan respon, pengaturan sesi, dan autentikasi.

3. React

React merupakan pustaka JavaScript yang digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (user interface) dalam aplikasi web. React menggunakan konsep komponen yang setiap komponennya merepresentasikan bagian-bagian terpisah dari antarmuka pengguna. Komponen React dapat dikombinasikan untuk membentuk aplikasi yang kompleks dan interaktif. 

React juga memanfaatkan Virtual DOM (Document Object Model) untuk mempercepat perubahan pada tampilan antarmuka pengguna, sehingga memberikan performa yang lebih baik. Dalam MERN Stack, React berperan sebagai komponen frontend yang bertanggung jawab untuk mengelola tampilan dan interaksi dengan pengguna.

4. Node.js

Node.js adalah lingkungan runtime JavaScript yang berjalan disisi server. Node.js digunakan untuk menjalankan dan mengelola server aplikasi. Node.js memungkinkan eksekusi kode JavaScript di sisi server dan menyediakan berbagai fitur dan modul yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi web yang skalabel. 

Dengan menggunakan Node.js dalam MERN Stack, pengembang dapat dengan mudah mengelola permintaan dan respon HTTP, mengintegrasikan dengan MongoDB, dan membangun logika bisnis aplikasi di sisi server.

Kelebihan dan Kekurangannya Dibanding Tumpukan Lainnya

mern stack

MERN Stack memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan pengembang web. Namun, tumpukan teknologi ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan tumpukan lainnya:

Kelebihan MERN Stack

  1. Keseragaman Bahasa Pemrograman: Salah satu kelebihan utama kombinasi teknologi ini adalah penggunaan bahasa pemrograman JavaScript di seluruh tumpukan. Pengembang dapat menggunakan satu bahasa pemrograman yang seragam dan konsisten untuk mengembangkan seluruh aplikasi web, baik di sisi klien (frontend) maupun di sisi server (backend).
  2. Kecepatan Pengembangan: Tumpukan teknologi ini menyediakan komponen yang terintegrasi dengan baik dan banyaknya sumber daya komunitas. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi dengan kecepatan pengembangan yang tinggi. React memberikan kemampuan untuk membuat antarmuka pengguna yang responsif dan menarik dengan cepat, sementara Express.js dan Node.js menyediakan kerangka kerja yang efisien untuk mengatur rute dan menangani permintaan HTTP. 
  3. Skalabilitas: Komponen tumpukan teknologi ini, seperti MongoDB dan Node.js dirancang dengan skalabilitas yang tinggi. MongoDB dapat dengan mudah diukur sesuai kebutuhan aplikasi yang berkembang, sementara Node.js memungkinkan penanganan permintaan secara non-blokir (non-blocking) yang memungkinkan aplikasi untuk menangani banyak permintaan secara bersamaan dengan performa dan skalabilitas yang baik. 
Artikel Terkait  Web API Tutorial | Belajar Dasar Web API untuk Pemula

Kekurangan MERN Stack

  1. Waktu Muat yang Lebih Lambat: Salah satu kelemahan kombinasi ini adalah waktu muat yang mungkin lebih lambat dibandingkan dengan tumpukan lain yang menggunakan bahasa pemrograman yang dikompilasi. Karena semua komponen pada kombinasi ini menggunakan JavaScript yang dieksekusi di runtime membuat waktu muat aplikasi mungkin sedikit lebih lama. 
  2. Kurva Pembelajaran yang Curam: Kombinasi ini menggunakan teknologi baru dan canggih, yang berarti pengembang yang belum terbiasa dengan tumpukan ini mungkin perlu mengalami kurva pembelajaran yang lebih curam. Pengembang harus menguasai MongoDB, Express.js, React, dan Node.js, serta memahami cara mengintegrasikan dan menggunakan komponen-komponen ini secara efektif. 

Contoh Aplikasi yang Menggunakan MERN Stack:

kombinasi ini telah digunakan dalam berbagai jenis aplikasi web. Berikut adalah beberapa contoh populer dari aplikasi yang menggunakan kombinasi teknologi ini.

1. Instagram Clone 

Aplikasi sosial media seperti Instagram dapat dibangun menggunakan kombinasi teknologi ini. Pengembang dapat membuat antarmuka pengguna yang menarik dan responsif dengan React. Node.js dan Express.js digunakan untuk membangun backend yang dapat menangani permintaan HTTP dan menyediakan API. MongoDB digunakan sebagai basis data untuk menyimpan dan mengelola gambar, komentar, dan informasi pengguna.

2. E-commerce Platform 

MERN Stack juga dapat digunakan untuk membangun platform e-commerce. Pengembang dapat menggunakan React untuk membuat antarmuka pengguna yang menarik dan dinamis, sementara Express.js dan Node.js digunakan untuk mengelola permintaan HTTP dan melakukan transaksi ke basis data MongoDB. Pengembang dapat membangun fitur-fitur seperti keranjang belanja, pembayaran online, dan sistem manajemen produk.

Artikel Terkait  Tutorial Cara Membuat Database MySQL dengan Phpmyadmin dan Cmd

3. Real-time Chat Application 

Aplikasi obrolan real-time seperti Slack atau WhatsApp dapat dibangun menggunakan MERN Stack. React memungkinkan pengembang untuk membuat antarmuka pengguna yang interaktif dan responsif, sementara Express.js dan Node.js dapat digunakan untuk mengelola permintaan HTTP dan menyediakan WebSocket untuk komunikasi real-time antara pengguna. MongoDB dapat digunakan untuk menyimpan riwayat obrolan dan informasi pengguna.

4. Blogging Platform 

Kombinasi teknologi ini juga cocok untuk membangun platform blogging. Pengembang dapat menggunakan React untuk membuat tampilan blog yang menarik, sementara Express.js dan Node.js digunakan untuk mengelola permintaan HTTP dan menyediakan API untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus posting blog. MongoDB dapat digunakan untuk menyimpan konten posting blog dan informasi pengguna.

5. Data Visualization Tools 

Tumpukan teknologi ini dapat digunakan untuk membangun aplikasi visualisasi data yang kompleks. React memungkinkan pengembang untuk membuat komponen visualisasi yang interaktif dan dinamis, sementara Express.js dan Node.js dapat digunakan untuk mengelola permintaan HTTP dan menyediakan API untuk mengambil dan memanipulasi data. aplikasi ini dapat menyimpan dan mengambil data secara efisien dengan MongoDB.

Kesimpulan

MERN Stack adalah kombinasi MongoDB, Express.js, React, dan Node.js yang digunakan untuk membangun aplikasi web modern. Kombinasi ini memiliki Keunggulan dalam kemudahan, kecepatan dan skalabilitas yang baik. Namun, perlu diingat bahwa terdapat beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kombinasi ini untuk pengembangan proyek. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan Anda tentang pengembangan web dan aplikasi!

Ikuti terus WEBAPP untuk mendapatkan lebih banyak update informasi terbaru dan juga menarik tentang pengembangan aplikasi maupun web! Klik https://appkey.id/ untuk terus update dan tak ketinggalan informasi menarik dan juga artikel terbaru tentang teknologi dan pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya