Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Front end Pengertian Situs Web Nirlaba | Situs Nirlaba Terbaik di...

Pengertian Situs Web Nirlaba | Situs Nirlaba Terbaik di Indonesia 2020

-

Dengan hadirnya internet mampu memberikan dampak positif bagi para pemilik organisasi nirlaba. Apabila Anda pemilik organisasi Anda akan memerlukan situs web nirlaba yang bagus agar suara Anda didengar melalui platform web. Meskipun Anda memiliki sedikit atau tidak ada anggaran untuk sebuah situs web, Anda tetap dapat membuat situs yang efektif.

Beberapa situs telah menyediakan template website maupun platform bagi Anda memulai. Sebelum Anda mulai membuat situs web nirlaba dengan bantuan pembuat situs web tepercaya, dalam artikel ini memiliki beberapa kiat yang harus Anda ingat. Representasi online yang kuat dan bermakna dari organisasi Anda mudah dibuat jika Anda mengikuti beberapa pedoman dasar.

Pengertian Situs Web Nirlaba

Situs web nirlaba adalah situs web yang dibangun dengan tujuan tidak menjual suatu produk atau layanan kepada para pengunjung situs, tetapi situs ini hadir untuk meyakinkan para pengunjung untuk mendukung gerakan yang dilakukan suatu LSM (lembaga swadaya masyarakat). Situs web ini adalah cara paling utama organisasi amal terhubung langsung kepada para donator mereka.
5 Tujuan Utama Situs Web Nirlaba

Berikut merupakan pelayanan yang menjadi tujuan utama situs web nirlaba :

1. Bangun citra organisasi yang baik
2. Pamerkan karya dan kisah sukses yang menarik minat
3. Dorong pengunjung untuk melakukan donasi dan dukungan
4. Membangun komunitas dan menghubungkan dengan orang-orang yang memiliki pikiran yang sama
5. Jangkau kelompok yang akan dibantu para pengunjung

Situs web nirlaba harus diatur dengan baik dan mudah untuk dinavigasi. Mereka perlu menarik secara visual dan mampu menyampaikan setiap cerita dan informasi kepada pengunjung. Selain tujuan utama Anda juga perlu mempelajari tips meningkatkan situs web nirlaba Anda.

Artikel Terkait  Laman Google Tidak Nyaman Dilihat? Ini Cara Menghapus CSE Tanpa Ganti Browser

Tips Meningkatkan Situs Web Nirlaba

Berikut ini beberapa tips untuk membuat situs web nirlaba Anda lebih efektif:
1. Jadikan situs Anda ramah media sosial.Sertakan link berbagi media sosial di setiap halaman situs nirlaba Anda. Dorong berbagi video dan foto, tautkan ke profil media sosial Anda, dan permudah blogger dan jejaring sosial untuk menyematkan video Anda dan menampilkan gambar Anda di situs dan profil mereka. Ini akan menarik sumber lalu lintas baru, mempertahankan pengunjung, dan membangun komunitas di sekitar tujuan Anda.

2. Tempatkan konten Anda yang paling menarik di bagian depan dan tengah.
Jika Anda memiliki video atau foto yang menunjukkan pekerjaan yang Anda lakukan, gunakanlah! Perumpamaan yang kuat dapat membantu Anda membangun koneksi dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan kata-kata saja.

3. Lihat situs web Anda dari sudut pandang pengunjung.
Jika Anda adalah pengunjung pertama kali ke situs web nirlaba Anda, apakah Anda memahami misi organisasi Anda? Apakah tindakan yang Anda ingin pengunjung lakukan jelas? Apakah navigasinya mudah dimengerti? Survei adalah cara terbaik untuk mengukur kegunaan situs Anda dan menjaganya tetap dinamis di dunia yang selalu berubah. Situs seperti Survey Monkey memungkinkan Anda menyiapkan survei yang sederhana dan murah.

4. Pendaftaran email harus menjadi salah satu item yang paling menonjol, dan tindakan termudah untuk dilakukan pengunjung.
Jika Anda tidak memiliki buletin email, Anda harus. Anda dapat membangun daftar Anda dan memperkuat hubungan dengan mempertahankan kontak yang teratur dan bermakna dengan orang-orang yang telah menunjukkan minat pada apa yang Anda lakukan. Mengumpulkan email juga lebih mudah jika Anda memberikan konten yang menarik sebagai balasannya.

5. Pikirkan tentang deskripsi halaman rumah organisasi Anda.
Jika Anda hanya memiliki sepuluh kata untuk menggambarkan diri Anda, apakah kata-kata itu? Pastikan kata-kata yang Anda gunakan di situs web nirlaba Anda akurat dan deskriptif. Ini juga membantu jika kata-kata tersebut mencerminkan kata kunci dan frasa yang kemungkinan besar digunakan orang untuk mencari Anda atau masalah Anda.

6. Tampilkan tombol ‘Donasi Sekarang’ dengan jelas.
Pengunjung tidak perlu memikirkan cara untuk terlibat dengan Anda – Anda harus menunjukkan kepada mereka bagaimana Anda ingin mereka terlibat. Menempatkan tombol Donasi di situs Anda tidak menjamin siapa pun akan menggunakannya. Tetapi jika Anda membuat kasus yang menarik untuk pekerjaan Anda, Anda harus memudahkan pengunjung untuk mendukung Anda.

7. Jangan menyembunyikan alamat dan nomor telepon Anda.
Bahkan di dunia teknologi tinggi ini, kita masih tahu bahwa cara terbaik untuk membangun hubungan adalah dengan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda nyata. Nomor telepon dan alamat membangun kepercayaan dan rasa aksesibilitas dan sering kali merupakan satu bagian konten yang dicari orang ketika mereka membuka situs Anda.

8. Tiga klik dan Anda keluar.
Pastikan semua yang Anda inginkan agar dilakukan pengunjung di situs Anda tidak lebih dari tiga klik. Penelitian menunjukkan bahwa Anda kehilangan 40% pengunjung dengan setiap klik.

9. Bangun dan uji fungsi pencarian Anda.
Fungsi pencarian dan peta situs adalah cara yang cepat dan mudah untuk membantu pengguna mencapai tujuan mereka secepat mungkin. Alat seperti Google Analytics akan memberi tahu Anda jika pengguna menemukan apa yang mereka butuhkan di situs anda.

Situs Web Nirlaba Terbaik Di Indonesia

 

Setelah mempelajari dan memahami bagaimana meningkatkan situs web nirlaba Anda, kami telah menyusun beberapa situs nirlaba terbaik yang telah memiliki banyak pengunjung dan kepercayaan pengunjung di Indonesia.

Kitabisa.com

Kita bisa adalah situs nirlaba yang telah didirikan sejak tahun 2013 dan selalu menjadi platform bagi masyarakat untuk membuka donasi bagi orang-orang yang tengah mengalami musibah maupun kesulitan.

Rumah Zakat

Biasanya kita selalu kesulitan saat akan memberikan sumbangan maupun membayar zakat, terutama saat menjelang hari perayaan umat beragama terutama muslim. Dengan kemajuan teknologi kita tidak lagi perlu bersusah payah mengantar zakat ke lokasi namun dapat langsung menyetorkannya melalui situs web ini.

ACT (Aksi Cepat Tanggap)

Didirikan pada 2005 ACT telah menjadi salah satu organisasi yang berjasa dalam membantu musibah bencana tsunami di Aceh beberapa waktu lalu. Saat ini ACT berfokus pada pemulihan pasca bencana, melakukan pemberdayaan masyarakat dan berfokus pada zakat serta wakaf.

Change.org

Isu dan berita panas terkadang tidak secara menyeluruh tersampaikan kepada masyarakat, kondisi dan keputusan diluar nalar terkadang menjadi problematika, Change.org hadir sebagai platform yang menyediakan pengunjung untuk membuat petisi online dengan jutaan pengunjung setiap waktu untuk menandatangani petisi maupun memberikan donasi.

WeCare.id

Situs web nirlaba yang dibangun untuk mengumpulkan donasi bagi para pasien tidak mampu yang tidak lagi bisa melanjutkan pengobatannya. Wecare.id lebih berfokus pada pasien yang tidak memiliki bpjs dan sangat tidak mampu. Selain itu we care telah bekerja sama dengan banyak dokter di berbagai wilayah.

Desain Responsif Menarik Minat

Desain responsive selalu menjadi daya tarik yang mampu menyesuaikan dengan ukuran layar apapun dan media apapun. Menjadi ramah seluler begitu lazim dan penting sehingga algoritma penelusuran Google memprioritaskan situs web yang responsive bagi pengunjung yang menelusuri melalui smartphone.

Anda harus memastikan bahwa setiap halaman di situs Anda responsive untuk smartphone karena lebih dari 90% orang lebih mengandalkan seluler mereka untuk menggunakan internet.

Penting Untuk Transparansi Keuangan Demi Membangun Kepercayaan

Pemberi donasi pastinya ingin tahu kemana uang yang mereka donasikan mengalir. Berikanlah informasi setransparan mungkin tentang keuangan organisasi Anda untuk menumbuhkan kepercayaan dengan pendukung yang ada dan yang potensial.

Beberapa yang dapat Anda laporkan mungkin laporan keuangan, laporan penerima bantuan, dll. Ada baiknya juga untuk memiliki visualisasi di situs web Anda yang menguraikan dampak donasi dalam berbagai ukuran.

Kesimpulan

Situs nirlaba yang memiliki grafik indah yang dipadukan dengan fungsionalitas yang mudah sering kali memikat mata dan hati orang. Unggah semua foto dan video yang tersedia yang menjelaskan misi Anda secara mendalam. Penting untuk menunjukkan bagaimana organisasi Anda membantu atau siapa / apa yang Anda dukung.

Para pendonasi pastinya ingin mengetahui bagaimana uang mereka dibelanjakan, jadi usahakan agar ini setransparan mungkin. Promosikan situs anda di sosial media, tambahkan tombol media sosial ke situs web Anda dan dorong orang untuk membagikannya di saluran mereka sendiri.

“Menjual” barang dagangan bermerek untuk didonasikan adalah cara yang sangat populer dan berhasil untuk mengumpulkan dana, jadi jangan menghindarinya.
Dorong pengunjung untuk mendaftarkan email mereka di tempat sehingga mereka dapat menerima buletin, pembaruan, info acara, dll. Dan dengan demikian secara bertahap meningkatkan keanggotaan Anda.

Ingat, tetap fokus dan setia pada tujuan Anda dapat dilakukan bersamaan dengan memiliki situs yang bagus dan menarik minat pengunjung.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya