Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingKenali Apa Itu Routing, Jenis dan Sejarahnya

Kenali Apa Itu Routing, Jenis dan Sejarahnya

-

Last Updated on September 14, 2023 by

Internet sudah bukan merupakan istilah asing dalam kehidupan sehari-hari. Setiap smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk ber internet. Namun apakah kalian mengetahui proses agar dapat terhubung dengan internet? Kemungkinan tidak semua orang mengetahui bagaimana proses terhubung dengan internet. Nah, salah satu prosesnya adalah adanya proses routing. Penasaran dengan proses routing? Yuk simak!

routing

Image by Freepik

Apa Itu Routing?

Routing adalah proses menentukan jalur atau rute yang akan diambil oleh data atau paket informasi saat bergerak melalui jaringan atau sistem komunikasi. Ini adalah aspek penting dalam pengiriman data dalam jaringan, termasuk internet. Saat data dikirim dari satu titik ke titik lain dalam jaringan, perangkat jaringan seperti router dan switch menggunakan tabel routing untuk menentukan jalur terbaik yang harus diikuti oleh data tersebut.

Mengapa Proses Routing Penting?

Setelah melihat pengertian diatas, tentu saja proses ini sangat penting. Berikut adalah pentingnya proses routing ini dalam internet.

Menentukan Jalur Tercepat

Routing memungkinkan data untuk mencapai tujuannya dengan efisien sehingga menghindari kemacetan atau jalur yang lambat.

Menangani Jaringan yang Besar

Dalam jaringan yang besar ada banyak kemungkinan jalur yang berbeda untuk data. Routing membantu dalam memilih jalur yang paling sesuai dengan kondisi jaringan saat ini.

Redundansi

Routing juga memungkinkan untuk mengatur jalur cadangan jika jalur utama mengalami gangguan atau kegagalan.

Keamanan

Routing juga dapat digunakan untuk mengimplementasikan kebijakan keamanan jaringan, seperti firewall atau VPN (Virtual Private Network).

Artikel Terkait  SMTP Adalah : Mengenal SMTP dan Cara Konfigurasinya

Dalam konteks pengembangan web dan aplikasi, istilah “routing” juga digunakan untuk mengacu pada proses mengatur bagaimana permintaan HTTP dari klien (seperti browser web) akan diarahkan ke berbagai rute atau tindakan dalam aplikasi web.

Ini adalah konsep yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis web untuk mengatur navigasi antara halaman atau fungsi berbeda dalam aplikasi web. Routing web ini dapat dikonfigurasi menggunakan berbagai kerangka kerja web dan bahasa pemrograman.

routing

Image by Freepik

Sejarah Routing

Sejarah routing berkaitan erat dengan perkembangan jaringan komputer dan internet. Berikut adalah sejarah singkat routing.

Pendahulu Routing

Sebelum ada jaringan komputer modern hanya ada jaringan telepon dan jaringan radio. Routing dalam konteks ini adalah tentang mengarahkan sinyal telepon atau radio dari satu titik ke titik lain melalui alur yang tepat.

ARPANET

Pada tahun 1969, ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) diluncurkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Ini adalah jaringan komputer pertama yang menggunakan konsep paket data dan memiliki elemen routing. Protokol pertama yang digunakan untuk routing di ARPANET adalah NCP (Network Control Program).

Pengembangan Protokol Routing

Pada awal tahun 1970-an, protokol routing yang lebih canggih seperti ARPANET Routing Algorithm (ARA) dikembangkan. ARA adalah salah satu protokol routing pertama yang menggunakan algoritma berbasis grafik untuk menentukan jalur terbaik bagi paket data.

Pembentukan Protokol TCP/IP

Pada pertengahan tahun 1970-an, protokol TCP/IP dikembangkan. Ini adalah protokol yang membentuk dasar internet modern. Dalam TCP/IP, protokol routing menjadi bagian penting untuk menghubungkan berbagai jaringan dan subnetwork.

Pengembangan Protokol Routing LAN

Selama tahun 1980-an, protokol routing yang dirancang khusus untuk jaringan lokal (LAN) mulai berkembang. Salah satu yang paling terkenal adalah RIP (Routing Information Protocol) yang dikembangkan oleh Xerox.

Munculnya Internet Publik

Pada awal tahun 1990-an, internet publik mulai tumbuh dengan cepat. Banyak ISP (Internet Service Provider) muncul, dan routing antar-ISP menjadi semakin penting. BGP (Border Gateway Protocol) menjadi salah satu protokol routing utama untuk internet global.

Artikel Terkait  Contoh Server Side Scripting adalah : PHP, Python dan banyak lagi

Rise of EIGRP and OSPF

Pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an, protokol seperti EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) dan OSPF (Open Shortest Path First) dikembangkan untuk jaringan yang lebih besar dan kompleks.

Routing dalam Jaringan Nirkabel

Dengan munculnya jaringan nirkabel dan seluler pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, routing nirkabel menjadi fokus utama. Protokol seperti Mobile IP dikembangkan untuk mendukung mobilitas perangkat dalam jaringan nirkabel.

Routing dalam Cloud Computing

Seiring berkembangnya komputasi awan (cloud computing), routing juga menjadi penting dalam mengarahkan lalu lintas data antara infrastruktur fisik dan sumber daya cloud. Banyak penyedia cloud memiliki infrastruktur routing yang canggih.

Routing Masa Depan

Routing terus berkembang dengan teknologi baru seperti jaringan 5G, Internet of Things (IoT), dan komputasi kuantum. Peran routing dalam menjaga lalu lintas data yang aman, efisien, dan andal di seluruh dunia akan terus berkembang.

Jenis-Jenis Routing

Ada beberapa jenis routing yang digunakan dalam jaringan dan pengembangan aplikasi. Beberapa jenis routing yang umum yaitu:

Static Routing

Pada static routing, administrator jaringan secara manual mengkonfigurasi tabel routing pada router atau perangkat jaringan. Ini adalah jenis routing yang sederhana dan cocok untuk jaringan kecil dengan konfigurasi yang stabil.

Dynamic Routing

Dynamic routing memungkinkan perangkat jaringan untuk secara otomatis memperbarui tabel routing berdasarkan informasi yang mereka terima dari perangkat jaringan lainnya. Protokol routing dinamis seperti RIP (Routing Information Protocol), OSPF (Open Shortest Path First), dan BGP (Border Gateway Protocol) digunakan untuk mengimplementasikan jenis routing ini.

Default Routing

Default routing digunakan ketika tidak ada entri khusus yang sesuai dalam tabel routing untuk tujuan tertentu. Dalam hal ini, data dikirim melalui jalur default yang biasanya menuju ke router atau gateway berikutnya.

Policy-Based Routing

Policy-based routing memungkinkan administrator jaringan untuk mengarahkan lalu lintas berdasarkan kebijakan tertentu. Misalnya, lalu lintas dari satu alamat IP atau subnet dapat diarahkan melalui jalur tertentu sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

Artikel Terkait  Nginx vs Apache: Mana yang Lebih Unggul untuk Web Server

Next-Hop Routing

Dalam jenis routing ini pengiriman data berdasarkan “next hop” atau tujuan berikutnya dalam jalur data. Ini adalah pendekatan yang fleksibel dan sering digunakan dalam routing dinamis.

Interior Routing dan Exterior Routing

Interior routing digunakan dalam jaringan lokal atau jaringan pribadi. Di sisi lain, exterior routing digunakan di tingkat yang lebih besar, seperti di Internet, untuk mengarahkan lalu lintas antara jaringan yang berbeda.

Adaptive Routing

Adaptive routing memungkinkan perangkat jaringan untuk secara otomatis memilih jalur terbaik berdasarkan kondisi jaringan saat ini. Ini berguna untuk menghindari kemacetan dan mengoptimalkan kinerja jaringan.

Multicast Routing

Multicast routing digunakan untuk mengirim data kepada beberapa penerima yang berada dalam kelompok multicast yang sama. Ini berbeda dengan unicast routing yang mengirim data hanya kepada satu penerima.

Anycast Routing

Anycast routing adalah jenis routing di mana alamat tujuan yang sama memiliki beberapa instance atau node yang berbeda di lokasi fisik yang berbeda. Data dikirim ke node terdekat dalam kelompok tersebut.

Hybrid Routing

Hybrid routing adalah kombinasi dari beberapa jenis routing di atas dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan khusus dalam jaringan yang kompleks.

Kesimpulan

Routing adalah proses penting dalam pengiriman data dalam jaringan, termasuk internet. Ini melibatkan penentuan jalur terbaik untuk data bergerak melalui jaringan.

Proses routing memiliki banyak kepentingan yaitu menentukan jalur tercepat, mengatasi jaringan besar dan menjaga keamanan jaringan.

Sejarah routing dimulai dengan ARPANET pada tahun 1969 dan telah berkembang seiring waktu dengan munculnya teknologi internet modern.

Ada berbagai jenis routing, seperti static routing, dynamic routing dan policy-based routing yang digunakan dalam jaringan sesuai dengan kebutuhan.

Routing terus berkembang dengan teknologi baru seperti 5G, Internet of Things (IoT) dan komputasi kuantum, memainkan peran penting dalam pengiriman data yang aman dan efisien.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya