Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingJenis VPN dan Manakah yang Sering Digunakan?

Jenis VPN dan Manakah yang Sering Digunakan?

-

Last Updated on October 12, 2023 by

Hai ketemu lagi! Masih semangatkah menjalani hari? Pasti semangat dong ya, jangan sampai lengah kalau kata Sherina. Untuk menemani hari yang cukup panas ini yuk kita bahas mengenai jenis VPN dan VPN manakah yang sering digunakan?

Tentunya kalian semua tidak asing dengan apa itu VPN. Biasanya jika kalian ingin mengakses tautan atau situs luar negeri yang tidak mengizinkan negara luar untuk mengaksesnya atau negara sendiri yang melarang pengaksesan tersebut, pasti dibenak kalian VPN adalah solusi yang paling pas untuk masalah ini, bukan?

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak selengkapnya!

vpn

Apa Itu VPN

Sebelum kita lanjut ke jenis VPN dan VPN mana yang sering digunakan, mungkin ada baiknya kita perlu ketahui apa itu VPN.

VPN (Virtual Private Network) merupakan teknologi yang memungkinkan kalian untuk membuat koneksi internet yang aman dan terenkripsi. Saat kalian menggunakan VPN, data akan diarahkan melalui server yang berada di lokasi yang berbeda juga menyembunyikan alamat IP asli dan membuatnya terlihat seolah-olah kalian mengakses internet dari lokasi server tersebut.

VPN akan mengenkripsi lalu lintas internet kalian sehingga sulit bagi peretas, penyedia layanan internet (ISP) atau oknum jahat lainnya untuk memantau aktivitas online kalian. Enkripsi ini membantu melindungi informasi pribadi dan data kalian dari akses atau pencurian.

VPN memungkinkan kalian untuk mengakses situs web, konten atau layanan yang mungkin dibatasi atau diblokir di negara atau wilayah kalian. Dengan menghubungkan ke server di lokasi yang berbeda, kalian dapat seolah-olah sedang menjelajah dari lokasi tersebut sehingga menghindari pembatasan geografis.

Artikel Terkait  Cara Mengatur Filter Email di cPanel

VPN dapat membantu kalian menjaga anonimitas online dengan menyembunyikan alamat IP asli. Hal ini dapat berguna jika kalian ingin melindungi identitas kalian saat menjelajah atau mengunduh konten. Saat menggunakan jaringan Wi-Fi public yang seringkali kurang aman, VPN dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan, mencegah ancaman dan serangan potensial pada perangkat.

VPN umumnya digunakan oleh bisnis untuk memberikan akses jarak jauh yang aman ke jaringan mereka bagi karyawan yang bekerja dari rumah atau lokasi remote lainnya. Di negara-negara dengan sensor internet yang ketat, VPN dapat membantu pengguna mengakses situs web dan layanan online yang diblokir.

Jenis-Jenis VPN

Terdapat beberapa jenis VPN yang berbeda, masing-masing dengan karakteristik dan kegunaan yang berbeda.

Berikut adalah beberapa jenis VPN yang umum digunakan.

VPN Remote Access (Remote-Access VPN)

VPN ini dapat menghubungkan kalian ke jaringan perusahaan atau sumber daya jaringan lainnya dari lokasi jarak jauh. VPN ini biasanya digunakan untuk mengamankan koneksi dari rumah atau tempat lain saat bekerja dari luar kantor.

VPN Site-to-Site (Site-to-Site VPN)

VPN ini digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal (LAN) yang berbeda di lokasi yang berbeda dan umum digunakan oleh perusahaan besar dengan beberapa cabang atau kantor.

VPN SSL/TLS (SSL/TLS VPN)

Jenis VPN ini menggunakan protokol SSL (Secure Sockets Layer) atau TLS (Transport Layer Security) untuk mengamankan koneksi dan biasanya diakses melalui browser web serta tidak memerlukan perangkat lunak khusus untuk diinstal.

VPN IPsec (IPsec VPN)

VPN ini menggunakan protokol keamanan IPsec untuk mengamankan koneksi, sering digunakan dalam konfigurasi Site-to-Site atau Remote-Access VPN dan merupakan salah satu jenis VPN yang paling aman.

Artikel Terkait  Kenali Apa Itu Routing, Jenis dan Sejarahnya

VPN PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol)

Meskipun masih digunakan, PPTP kurang aman dibandingkan dengan protokol VPN lainnya dan tidak sebaiknya digunakan jika keamanan adalah prioritas utama. Meskipun begitu, VPN ini mudah diatur dan masih digunakan dalam beberapa situasi.

VPN OpenVPN

OpenVPN adalah protokol VPN open-source yang sangat fleksibel dan dapat dijalankan pada berbagai platform. Sering digunakan dalam aplikasi VPN pihak ketiga dan dianggap cukup aman.

VPN WireGuard

VPN ini adalah protokol VPN berkinerja tinggi yang relatif baru dan memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan efisiensi. WireGuard juga menjadi semakin populer dalam beberapa aplikasi VPN.

VPN Mobile

Beberapa VPN dirancang khusus untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Fungsinya membantu melindungi privasi pengguna saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik dan juga memungkinkan akses konten yang terbatas secara geografis.

VPN Ad Blocker

Beberapa VPN dilengkapi dengan fitur pemblokiran iklan dan pelacakan online yang membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dengan menghilangkan iklan yang mengganggu.

VPN L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol)

L2TP awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco sebagai usaha untuk menggabungkan kelebihan dari dua protokol sebelumnya yaitu PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol) dan L2F (Layer 2 Forwarding).

PPTP adalah protokol yang mudah diatur tetapi memiliki beberapa kerentanan keamanan, sementara L2F lebih aman tetapi kurang fleksibel. L2TP mencoba menggabungkan kelebihan keduanya dengan menggabungkan keamanan L2F dan kemampuan manajemen lalu lintas PPTP.

vpn

VPN yang Sering Digunakan

Berikut adalah beberapa VPN yang paling sering digunakan.

Remote Access VPN (VPN Akses Jarak Jauh)

Remote Access VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan pribadi atau kantor dari lokasi jarak jauh. Ini sangat berguna untuk karyawan yang perlu bekerja dari luar kantor tetapi masih memerlukan akses ke sumber daya jaringan perusahaan yang aman. Remote Access VPN memberikan koneksi terenkripsi ke jaringan perusahaan sehingga data dan informasi yang dikirim antara karyawan dan jaringan tetap aman.

Artikel Terkait  Contoh Hosting yang Ditawarkan Oleh Penyedia Jasa Web Host

Mobile VPN (VPN Seluler)

Mobile VPN adalah jenis VPN yang dirancang khusus untuk perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Mobile VPN mengamankan koneksi internet seluler, melindungi data pribadi dan bisnis yang dikirim atau diterima melalui perangkat seluler.

Karena penggunaannya yang mudah dan kebanyakan orang sekarang lebih banyak berkutat pada handphone, menjadikan Mobile VPN sebagai VPN yang sering dipakai selain karena keamanannya.

Site-to-Site VPN (VPN Situs ke Situs)

Site-to-Site VPN adalah solusi yang menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal (LAN) sehingga pertukaran data yang aman dan efisien antara lokasi-lokasi tersebut melalui koneksi internet publik. Site-to-Site VPN sering digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki beberapa lokasi cabang atau kantor yang tersebar di berbagai lokasi geografis. Hal ini memungkinkan untuk berbagi sumber daya dan data dengan aman.

Kesimpulan

VPN adalah teknologi yang memungkinkan kalian untuk membuat koneksi internet yang aman dan terenkripsi dengan mengarahkan data melalui server yang berlokasi di tempat lain dan menyembunyikan alamat IP asli pengguna.

Jenis-jenis VPN yaitu Personal VPN (VPN Pribadi), Remote Access VPN (VPN Akses Jarak Jauh), Mobile VPN (VPN Seluler), Site-to-Site VPN (VPN Situs ke Situs), SSL/TLS VPN, IPsec VPN, PPTP, OpenVPN, WireGuard, dan VPN Ad Blocker. Setiap jenis VPN memiliki kegunaan dan keamanan yang berbeda.

Beberapa VPN yang sering digunakan yaitu Remote Access VPN, Mobile VPN dan Site-to-Site VPN. Jika kalian ingin mencari VPN yang bagus, pastikan apa saja kebutuhan kalian sehingga kalian dapat memilih VPN yang sesuai. Pembahasan diatas adalah beberapa opsi yang dapat kalian jadikan referensi.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya