Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingApa Itu Bare Metal Server, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Bare Metal Server, Kelebihan dan Kekurangannya

-

Last Updated on December 15, 2023 by APPKEY-YOGI

Kebutuhan akan server menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri terutama untuk kalian yang bekerja pada bidang IT.  Mungkin ada beberapa diantara kalian yang belum mengetahui banyak tentang Bare Metal Server, kecuali untuk kalian yang sudah terjun pada bidang cloud computing pasti sudah cukup familiar bukan? Bagi kalian yang masih belum mengetahui banyak tentang bare metal server, yuk cari tahu selengkapnya dibawah ini!

Pengertian Bare Metal Server

Bare Metal Server adalah server fisik yang disewakan kepada pengguna. Server ini bersifat pribadi sehingga hanya satu penyewa saja yang dapat memakai server ini. Pelanggan yang ingin memakai server ini biasanya adalah pelanggan yang ingin meningkatkan performa server dan ingin memangkas biaya perusahaan.

Karena server ini bersifat pribadi, pengguna memiliki kontrol penuh atas sistem operasi dan perangkat keras. Dengan menggunakan bare metal server kalian dapat mengelola data yang banyak dan ribuan traffic tanpa terjadi masalah seperti server down ataupun noisy neighbour yang dapat mempengaruhi stabilitas dan kinerja.

Kalian juga tidak perlu takut untuk terganggu oleh pengguna lain karena server ini khusus untuk penggunaan pribadi sehingga sangat cocok untuk kalian yang memiliki website dengan traffic yang tinggi.

bare metal server

Kelebihan Bare Metal Server

Sebenarnya ada banyak kelebihan dari bare metal server, namun untuk penjelasan dibawah ini kita akan melihat beberapa kelebihan yang umum dari bare metal server.

Artikel Terkait  Perbedaan IMAP dan POP3 yang Harus Anda Ketahui

Kinerja yang Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, karena kepemilikan server ini pribadi dan tidak dibagikan dengan pengguna lain, pengguna memiliki akses penuh ke seluruh sumber daya perangkat keras. Ini dapat menghasilkan kinerja yang tinggi untuk aplikasi yang sangat membutuhkan banyak sumber daya seperti pengembangan perangkat lunak, game dan komputasi ilmiah.

Fleksibel

Waktu demi waktu, website pastinya mengalami perkembangan dan memiliki traffic yang tinggi. Website yang memiliki traffic yang tinggi harus didukung dengan inovasi baru yang dapat menunjang performa dan kinerja dari website.

Dengan menggunakan bare metal server, kalian bisa menyesuaikan penyimpanan data dan manajemen data sehingga dapat mengoptimalkan dan memenuhi kebutuhan website.

Kustomisasi yang Lebih Kompleks

Pengguna dapat mengunduh atau menginstal perangkat lunak apa saja yang mereka inginkan di server. Hal ini dapat membuat pengguna menggunakan server untuk berbagai aplikasi termasuk juga aplikasi yang tidak didukung oleh layanan penyimpanan (cloud) lainnya.

Availability yang Besar

Bare Metal Server memiliki kemampuan untuk selalu ada dan tetap bisa beroperasi. Artinya kalian dapat menggunakan server kapanpun kalian butuhkan. Dengan menggunakan server ini dapat memungkinkan kalian untuk menggunakannya tanpa batasan waktu dan sumber dayanya eksklusif khusus hanya untuk satu website.

Cepat, Aman dan Efisien

Website yang mengutamakan keamanan tingkat tinggi sangat cocok jika menggunakan bare metal server. Penggunaan server ini tidak perlu banyak lapisan sehingga pengelolaan hardwarenya lebih mudah melalui cloud. Karena penggunaannya khusus untuk satu orang juga menyebabkan server ini lebih cepat dan efisien.

bare metal server

Kekurangan Bare Metal Server

Setelah kira mengetahui kelebihan Bare Metal Server, yuk kita lihat apa saja kekurangan dari bare metal server.

Biaya yang Tinggi

Dibandingkan dengan server lain, bare metal server memiliki biaya langganan yang mahal. Harganya mahal dikarenakan server ini digunakan khusus untuk satu orang saja. Meskipun mahal, layanan ini sebanding dengan kelebihan yang didapatkan.

Artikel Terkait  Cara Masuk ke cPanel Hosting

Harus Memiliki Keahlian yang Khusus Mengenai Server

Untuk bisa menggunakan server ini, membutuhkan pengetahuan dan kemampuan teknis yang tinggi mengenai server atau bisa juga kalian menyewa seorang administrator server untuk melakukannya. Jika asal-asalan saja atau tidak didukung dengan dukungan teknis yang memadai, pengguna mungkin akan mengalami masalah server dan menyebabkan kinerja website menjadi menurun.

Jika kalian ingin menggunakan server ini, kalian harus mempertimbangkan biaya tambahan dan kemampuan teknis sebelum membeli dan menggunakan server ini.

Waktu Cukup Tersita

Hal ini dikarenakan pelanggan harus memantau dan melakukan perawatan server secara mandiri. Meskipun pemantauan dapat dilakukan secara remote, proses pemeliharaan dilakukan oleh masing-masing pelanggan sehingga kalian harus meluangkan waktu secara berkala untuk mengecek server.

Contoh Penggunaan Bare Metal Server

Setelah kita mengetahui apa itu bare metal server serta kekurangan dan kelebihannya, yuk kita lihat contoh penggunaan server ini!

Game Online

Game online tentunya harus memiliki kinerja yang tinggi dan harus memberikan pengalaman bermain yang lancar dan responsif sehingga harus memakai server yang memiliki kinerja tinggi dan dapat menunjang traffic yang tinggi. Oleh karena itu menggunakan server ini adalah solusi yang terbaik demi memberikan pengalaman bermain yang mengesankan.

Pengembangan Perangkat Lunak

Mengembangkan perangkat lunak tentu harus dalam keadaan lingkungan yang stabil dan dapat diandalkan untuk menguji serta mengembangkan perangkat lunak. Dengan menggunakan server ini, lingkungan yang stabil dapat tercapai sehingga para pengembang dapat fokus dalam pengembangan tanpa takut dan khawatir dengan masalah kinerja atau stabilitas.

Web Hosting

Web hosting memerlukan sumber daya perangkat keras yang lumayan memadai untuk menjalankan situs web yang besar dan ramai. Server ini dapat menyediakan sumber daya yang dibutuhkan web hosting sehingga dapat berjalan lancar dan tidak nge lag.

Artikel Terkait  Contoh Server Side Scripting adalah : PHP, Python dan banyak lagi

Aplikasi Perusahaan

Aplikasi perusahaan seringkali membutuhkan akses yang besar, kinerja yang tinggi dan kustom yang kompleks sehingga menggunakan server ini untuk memenuhi kebutuhan ini adalah pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Mungkin banyak yang belum terlalu mengetahui tentang bare metal server. Server ini penggunaannya ditujukan untuk penggunaan pribadi sehingga pengguna dapat memiliki akses penuh untuk mengontrol server. Biasanya pengguna yang memutuskan menggunakan server ini dikarenakan kebutuhan mereka akan server yang dapat menampung traffic yang tinggi juga untuk menghemat pengeluaran.

Selain itu untuk menghindari masalah server down, neighbour noisy, lag dan sebagainya. Ada beberapa kelebihan bare metal server diantaranya adalah fleksibel, dapat melakukan kustomisasi yang kompleks, availability yang besar, cepat, aman dan efisien.

Kekurangannya adalah biaya yang tinggi, harus memiliki keahlian khusus mengenai server dan waktu cukup tersita karena harus melakukan perawatan server secara mandiri. Contoh penggunaan bare metal server dalam kegiatan sehari-hari adalah penggunaan pada game online. Pengunjung game online tentunya sangat banyak dan supaya mencegah masalah seperti lag dan demi memberikan pengalaman bermain yang mengesankan sangat diperlukan sekali server yang dapat mengatasi traffic tinggi.

Lalu penggunaan pada pengembangan perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak tentunya harus berada pada lingkungan yang stabil agar para pengembang dapat berkonsentrasi dan fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus khawatir dengan kinerja server.

Pada web hosting sangat memerlukan server ini untuk menjalankan situs yang besar dan ramai, terakhir pada aplikasi perusahaan dimana demi dapat melayani customer dan segala kegiatan dalam perusahaan dengan baik, membutuhkan server yang dapat menunjangnya.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya