Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebGoogle Drive: Yuk Simak Pengertian dan Keunggulannya!

Google Drive: Yuk Simak Pengertian dan Keunggulannya!

-

Last Updated on December 14, 2023 by APPKEY-YOGI

Kalian pasti tidak asing dengan google drive bukan? ketika kalian ingin menyimpan data dalam jumlah yang banyak tapi tidak ingin memenuhi memori handphone kalian, pasti kalian akan menggunakan google drive sebagai solusinya. Meskipun google drive sudah akrab dengan kalian, namun apakah kalian sudah mengenal lebih dalam? Jika belum, yuk simak artikel ini!

Apa Itu Google Drive?

Google drive adalah layanan yang diluncurkan google pada 24 April 2012. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mem-backup file, menyimpan file dan bahkan bisa untuk mengedit file pengguna lainnya. Penggunanya dapat menyimpan file diluar batas hard drive. Layanan ini gratis dengan penyimpanan maksimal 15GB.

Jika kalian memiliki jumlah file melebihi 15GB, tenang, layanan ini juga menyediakan fitur yang lebih luas lagi. Namun untuk menikmati fitur ini kalian harus membayar. Layanan ini menyediakan penyimpanan dengan kapasitas 100GB, 200GB bahkan hingga 2TB. Setiap paket memiliki harga yang berbeda sehingga kalian harus kenali berapa kebutuhan kalian.

Drive menyediakan enkripsi sehingga kalian dapat mengakses dan membagikannya dengan aman. Drive juga terintegrasi dengan dokumen, slide, spreadsheet sehingga kalian dapat berkolaborasi secara real time dan tentunya efektif.

google drive

Fungsi Google Drive

Selain digunakan untuk penyimpanan data, google drive juga memiliki fungsi yang lainnya. Berikut adalah diantaranya.

Menyimpan Link

Ketika kalian membrowsing internet dan berniat untuk menyimpan link tersebut, maka kalian bisa menggunakan google drive. Kalian bisa menggunakannya hanya dengan memasang ekstensi google drive yang ada di google chrome. Tinggal klik ikon segitiga yang ada pada browser dan kalian bisa menyimpannya.

Artikel Terkait  Magento adalah : Definisi, Keunggulan dan Cara Menggunakannya!

Berbagi File

Selain dapat menyimpan file secara pribadi, drive juga dapat digunakan untuk berbagi file dengan ukuran besar sekaligus dengan orang tertentu. Kalian juga dapat mengundang orang lain untuk berkomentar, melihat dan mengedit file.

Backup File

Drive dapat membantu kalian membackup file ketika handphone atau komputer kalian mengalami kerusakan. Dengan drive, kalian dapat membackup file dengan efektif, cepat dan mudah tanpa harus menggunakan penyimpanan fisik yang rentan terkena virus.

Membuat Catatan

Ketika kalian ingin mencatat sesuatu, kalian bisa menggunakan google keep yang telah terintegrasi dengan google drive sehingga kalian bisa menyimpan seluruh catatan kalian dengan aman dan mudah.

Mengedit File

Drive dapat berfungsi untuk mengedit file seperti word, excel, atau power point. Hasil pengeditannya akan langsung tersimpan sehingga kalian tidak perlu khawatir jika kalian lupa untuk menyimpannya. Mengeditnya juga tidak harus melalui komputer, kalian juga bisa mengeditnya melalui ponsel Android sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Kalian juga bisa mengundang teman kalian untuk melakukan pengeditan atau mengomentari file. Sangat berguna sekali ketika kalian kerja kelompok dan praktis karena hasil editannya akan langsung terlihat tanpa menunggu waktu yang lama.

Keunggulan Google Drive

Setelah kita melihat fungsi drive diatas, tentu layanan dari google ini memiliki banyak keunggulan yang dapat kita lihat pada penjelasan dibawah ini!

Mudah Ketika Mencari File

Drive memiliki fitur pencarian sesuai dengan kata kunci dan filter sesuai dengan jenis file. Dengan begitu kalian dapat dengan mudah mencari file yang diinginkan hanya dengan mengetik namanya saja atau dengan jenis filenya.

Bisa Diakses di Berbagai Perangkat

Seperti yang dijelaskan diatas, drive dapat diakses di berbagai perangkat, tidak terbatas pada layar desktop saja. Kalian bisa mengaksesnya melalui ponsel android, iPhone atau iPad.

Artikel Terkait  Fungsi Paypal : Media Pembayaran Belanja Online

Mampu Berbagi dan Mengedit File

Seperti yang sudah dijelaskan pada fungsi drive, keunggulan dari drive adalah dapat berbagi file dengan ukuran yang besar kepada beberapa atau banyak orang secara cepat dan mengedit file secara real time sehingga pekerjaan akan semakin cepat selesai dan efektif.

Bisa Mengakses File Dimana Saja

Hanya dengan mengaktifkan data seluler atau menyambungkannya dengan koneksi internet, kalian sudah bisa untuk mengakses file-file yang tersimpan di dalam google drive. Google menyimpan file kalian di dalam server dan ketika kalian membutuhkannya, kalian hanya cukup mengaksesnya melalui drive saja.

Pemberitahuan

Ketika kalian mengerjakan tugas bersama memakai google drive, jika teman kalian melakukan perubahan, drive akan mengirim pemberitahuan dimana terdapat perubahan pada file.

Dapat Mengedit Ketika Offline

Kalian dapat melakukan pengeditan bahkan ketika dalam keadaan offline atau tidak terhubung ke internet. Perubahan akan disingkronkan ketika online.

Kekurangan Google Drive

Setelah kalian mengetahui fungsi dan kelebihan dari google drive, yuk kita simak apa saja kekurangan dari drive.

Batasan

Untuk versi gratis, kalian hanya bisa menyimpan data maksimal 15GB dan jika kalian ingin menambah kapasitas, kalian harus mengeluarkan biaya untuk itu.

Kecepatan Sinkronisasi

Beberapa pengguna akan mengalami keterlambatan sinkronisasi jika mengaksesnya pada perangkat yang berbeda sehingga terjadilah keterlambatan dan ketidaktepatan informasi terbaru.

Fitur Terbatas

Pada versi gratis, fitur yang disediakan sangat terbatas. Fitur seperti dukungan 24 jam setiap hari dan pengaturan keamanan hanya tersedia pada versi berbayar.

Harus Menggunakan Akun Google

Untuk menggunakan google drive, pengguna harus memiliki akun google sehingga pengguna harus mendaftar dan login melalui akun google.

google drive

Perbedaan Menyimpan File di Google dengan Flashdisk

Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk menyimpan file, terdapat beberapa perbedaan yang menonjol diantara keduanya. Berikut adalah perbedaannya.

Akses yang Mudah

Menggunakan google drive, kalian dapat mengakses dimana saja dan kapan saja selama ada akses internet. Kalau flashdisk biasanya memiliki bentuk fisik dan selalu dibawa-bawa, menyimpan di drive hanya perlu link saja untuk mengaksesnya. Juga jika kalian menggunakan flashdisk, kalian hanya bisa mengaksesnya pada komputer.

Artikel Terkait  Mengenal Project IDX, Inovasi Google Untuk Pemrograman!

Pembaruan pada google drive juga dapat bisa langsung terlihat, tidak seperti flashdisk yang pembaruan filenya hanya bisa dilihat dan diketahui kalian pribadi.

Ruang Penyimpanan

Ruang Penyimpanan pada Flashdisk sangat terbatas tergantung pada kapasitas yang kalian beli berbeda dengan google drive yang kapasitasnya dapat langsung ditingkatkan.

Keamanan Data

Data yang terdapat pada google drive cenderung lebih aman daripada disimpan dalam flashdisk. Pada google drive terdapat lapisan keamanan melalui enkripsi dan jika perangkat kalian hilang, data yang terdapat pada drive tidak akan hilang. Berbeda dengan flashdisk, jika flashdisk hilang atau rusak, kemungkinan semua data yang tersimpan akan hilang.

Kolaborasi

Google drive menyediakan fitur yang efektif untuk dapat berkolaborasi. Kalian dapat mengundang teman kalian dengan email dan lalu kalian dan teman kalian akan dengan mudah melihat, mengedit atau mengomentari. Fitur ini tidak tersedia pada flashdisk yang tujuannya hanya untuk penyimpanan individu.

Kesimpulan

Menyimpan data atau file dengan google drive adalah hal yang sudah sering dan tidak asing dilakukan. Layanan ini pertama kali muncul pada 24 April 2012. Ada banyak fungsi dari google drive, diantaranya menyimpan link, berbagi file, backup file, membuat catatan dan mengedit file. Keunggulan dari google drive diantaranya mudah ketika mencari file, dapat diakses di berbagai perangkat, mampu berbagi dan mengedit file, dan lainnya.

Kekurangan dari google drive diantaranya batasan ruang, fitur terbatas, harus menggunakan aku google dan lainnya. Perbedaan menyimpan di drive dan flashdisk adalah terutama pada fitur kolaborasi dan keamanan.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya