Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingApa Itu Debug Technique? Gunakan Cara Ini Untuk Debug...

Apa Itu Debug Technique? Gunakan Cara Ini Untuk Debug Project Anda

-

Debug adalah proses untuk mendeteksi dan menghilangkan potensi eror pada suatu komputer. Eror ini juga dikenal bug. Untuk melakukan debug, Anda membutuhkan beberapa debug technique. Apa itu debug technique? Sebelum membahasnya lebih jauh, kami akan mengajak Anda untuk mengingat tentang apa itu debug serta penjelasannya.

Apa Itu Debug?

apa-itu-debug

Gunakan debugging untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan atau cacat untuk mencegah perilaku buruk perangkat lunak atau sistem Anda. Ketika berbagai subsistem atau modul digabungkan dengan erat, debugging menjadi lebih sulit karena setiap perubahan dalam satu modul dapat menyebabkan lebih banyak bug muncul di modul lain.

Mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk men-debug program daripada memprogramnya. Untuk men-debug program, pengguna harus memulai dengan masalah, mengidentifikasi kode sumber masalah, dan memperbaikinya.

Melakukan debug juga membutuhkan teknik. Apa itu debug technique? Apa saja yang perlu dilakukan untuk menerapkan debug technique? Ini dia penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Debug Technique?

Pengguna program diharapkan memiliki pengetahuan tentang analisis masalah dan perlu mengetahui cara memecahkan masalah. Setelah kesalahan teratasi, Anda akan dapat menggunakan perangkat lunak. Alat debugging (disebut debugger) digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan pengkodean pada berbagai tahap pengembangan.

Ini digunakan untuk mereproduksi kondisi di mana kesalahan terjadi dan untuk memeriksa status program saat ini untuk menentukan penyebabnya. Pemrogram dapat melacak eksekusi program langkah demi langkah dengan mengevaluasi nilai variabel dan menghentikan eksekusi di mana pun diperlukan untuk mendapatkan nilai variabel atau mengatur ulang variabel program.

Beberapa paket bahasa pemrograman menyediakan debugger untuk memeriksa kesalahan kode saat sedang ditulis pada saat run time. Oleh karena itu Anda akan membutuhkan debug technique atau teknik saat melakukan debug agar perbaikan bug dalam program dapat dilakukan dengan benar.

Apa itu debug technique? Debug technique adalah teknik yang digunakan oleh seorang developer untuk melakukan debug.

Artikel Terkait  Github io Tutorial untuk Pembuatan Halaman Web Github

8 Debug Technique yang Harus Diketahui Developer

Setelah memahami tentang apa itu debug, sekarang Anda bisa memahami tentang debug technique yang bisa Anda terapkan ketika debugging. Ini dia teknik debug yang harus diketahui developer.

1. Tanyakan pada Diri Anda Pertanyaan yang Tepat

Mulai proses debugging dengan mendefinisikan masalah dan bertanya pada diri sendiri tentang hal itu. Sebagai contoh:

  • Apa yang Anda butuhkan untuk melakukan program?
  • Apa yang sebenarnya dilakukan?
  • Apa masalah yang Anda temukan?
  • Pernahkah Anda mengalami masalah seperti ini sebelumnya?
  • Apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya?
  • Di mana dan mengapa menurut Anda bug itu terjadi?

Seringkali, membuat pertanyaan-pertanyaan ini akan mengarahkan Anda pada pembentukan semacam hipotesis tentang sifat error atau kesalahan, yang akan memungkinkan Anda menemukan akar masalahnya dan menyelesaikannya.

2. Perhatikan Error Message

Error message tidak hanya ada sebagai gangguan, pesan ini benar-benar dapat memberi tahu Anda dengan tepat apa masalahnya dengan perangkat lunak Anda. Jadi, ketika pesan kesalahan muncul, pastikan Anda membacanya, karena itu dapat memberi Anda banyak wawasan tentang apa yang terjadi dengan produk.

Jika Anda tidak yakin apa arti error message yang Anda dapat, coba cari maknanya secara online. Kemungkinannya adalah orang lain pernah mengalami masalah yang sama di masa lalu dan dapat mengetahui dengan tepat cara memperbaikinya.

3. Manfaatkan Debugger

Debugger, juga dikenal sebagai alat debugging atau mode debugging. Alat ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki bug dengan mudah. Untuk memanfaatkan alat secara efektif, Anda harus menjalankan program Anda di dalam debugger, yang memungkinkan Anda untuk memantaunya secara real-time dan melihat kesalahan saat itu terjadi.

Anda dapat menjeda program saat sedang berjalan untuk menunjukkan dan menyelidiki masalah apa pun yang terjadi dan meninjau kode Anda baris demi baris. Anda biasanya akan menggunakan debugger setelah Anda menemukan pengecualian. Dengan alat ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi.

4. Buat Catatan

Cobalah untuk membuat catatan setiap masalah yang Anda temui, serta langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasinya dan memastikan program Anda berjalan dengan benar. Setelah Anda mendokumentasikan kesalahan, Anda dapat mulai memetakan skenario dan solusi potensial.

Anda harus melacak semua langkah yang mungkin diambil dan informasi yang Anda perlukan untuk membuat keputusan terkait kesalahan Anda. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk menavigasi solusi potensial yang berbeda.

5. Lokalisasi Masalah

Metode pelokalan masalah memerlukan penghapusan potongan kode baris demi baris sampai Anda menemukan masalah yang mengganggu program Anda. Meskipun ini adalah cara yang agak melelahkan dan melibatkan untuk mengidentifikasi kesalahan yang terjadi.

Hal ini pun bisa sangat efektif dalam menentukan apa yang sebenarnya salah dengan produk Anda. Tentu saja, Anda harus terus mengulangi prosesnya sampai Anda menemukan bug atau kesalahannya

6. Coba Buat Replikasi Masalah

Dengan mereplikasi masalah pada program, Anda pun akan mengetahui apa sifat masalahnya secara tepat. Sebenarnya, replikasi ini dapat membantu Anda membuat kode yang lebih baik dan lebih bersih secara umum karena Anda melatih keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk menemukan penyebab suatu masalah.

Hal ini tentu saja menuntut penyelidikan yang mendalam terhadap seluk beluk produk tersebut. Tetapi setelah Anda berhasil mereproduksi kesalahan yang mengganggu kinerja, kegunaan, atau fungsionalitas produk Anda, memperbaiki masalah akan membutuhkan waktu yang jauh lebih sedikit. Faktanya, sebagian besar waktu, mereplikasi masalah adalah kerja keras, sementara menyelesaikannya hanya membutuhkan beberapa menit.

Anda mungkin beralih ke solusi ini baik karena klien datang kepada Anda dengan masalah, dan untuk memperbaikinya, Anda harus mereproduksinya, atau sebagai teknik debugging untuk dimiliki di gudang senjata Anda saat Anda mengembangkan produk dari awal.

Artikel Terkait  Cara Bikin Barcode Produk Dengan Barcode Generator

7. Beralih ke Komunitas

Sangat mungkin bahwa kesalahan apa pun yang Anda temui adalah kesalahan yang pernah dialami orang lain sebelum Anda. Akan sangat membantu untuk beralih ke komunitas yang terkait dengan bahasa, kerangka kerja, atau alat pengembangan lain yang Anda gunakan untuk menemukan solusi untuk mengatasi bug yang Anda temui.

Banyak developer tools, seperti bahasa seperti Python dan kerangka kerja seperti Ruby on Rails, memiliki komunitas yang besar dan berkembang, menawarkan banyak dukungan kepada pengembang di dalamnya.

8. Lakukan Pengujian Secara Terus Menerus

Cara terbaik untuk menemukan bug dan berhasil menyelesaikannya sebelum membuat program Anda menjadi gagal, adalah dengan menguji produk berulang kali. Sementara tim QA akan memeriksa produk secara lebih menyeluruh, pengembang sendiri dapat membuat skrip pengujian sederhana selama fase pengembangan, seperti pengujian unit, yang melibatkan pengujian secara individual berbagai bagian kode unit.

Itulah 8 teknik dasar debugging sederhana yang harus diketahui dan dimiliki dalam perangkat Anda untuk membangun dan menyempurnakan perangkat lunak dan pada akhirnya membuat produk yang lebih baik.

Metode yang berbeda akan lebih masuk akal tergantung pada masalah dan skenario yang tepat yang Anda hadapi, tetapi merupakan ide yang baik untuk menjadi berpengalaman dalam semuanya untuk memiliki lebih banyak alat yang Anda inginkan dan meningkatkan keterampilan pengembangan Anda.

Itulah penjelasan tentang apa itu debug dan 8 debug technique yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan debug. Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak tentang pengembangan website dan aplikasi, kunjungi Web App sekarang juga!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya